Lebaran Identik Baju Baru? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 11 Mei 2020

Lebaran Identik Baju Baru?

Lebaran Identik Baju Baru? 

Baju baru saat lebaran

Assalamualaikum Sahabat. Mendekati lebaran gini biasanya masjid akan sepi dari jemaah shalat sunnah tarwih. Bahkan sampai dibuatkan meme. Kalimatnya lucu-lucu. 

Dicari jemaah shalat tarwih, kemana kah mereka? Ada-ada aja sih. Meski benar juga ya meme-meme itu. Dan kebanyakan memang beralih memenuhi mall,  atau restoran juga untuk buka bersama. 

Saat ini masjid maupun mall dan restoran justru tetap sepi. Semua karena pandemi virus covid. Semua aktivitas warga hanya dilakukan di rumah saja. Dari kegiatan belajar, baik siswa SD hingga SMA, juga anak mahasiswa, dilakukan di rumah. Begitu juga dengan para pekerja yang melakukan hal sama. 

Dan saat bulan ramadan, kita pun dihimbau untuk melakukan ibadah di rumah aja. Karena sebelumnya pun MUI maupun pemerintah menganjurkan agar ibada cukup di rumah. Menghindari perkumpulan atau kemungkinan penyebaran virus covid. 

Jadi tarwih, tadarus, bahkan buka bersama di rumah aja bersama keluarga. Nggak perlu mengadakan arisan keluarga sambil buka bersama.

Baju Baru atau Baju Lama?

Sejak sekitar tahun 2007 saya tak lagi memikirkan baju baru saat lebaran. Guru ngaji saya dan suami mengajarkan bahwa baju baru itu hendaknya disiapkan untuk menyambut ramadan. 

Nggak hanya baju baru, tapi juga mukena baru. Dengan catatan ada dana untuk membeli kebutuhan ini.

Ibaratnya untuk baju baru aja direncanakan untuk belanja, padahal cuma dipakai untuk ketemu orang. Sementara mukena baru, apakah pernah terpikirkan untuk membeli yang baru saat istimewa?

Baju baru atau baju lama
1 tahun yang lalu
belanja di store 

Ramadan adalah bulan yang istimewa, bulan penuh maghfirah. Selayaknya menyambutnya dengan hati gembira dan menyiapkan perangkat untuk beribadah dengan istimewa. Mukena baru, baju koko baru, sarung baru. Itu semua yang saya siapkan menjelang ramadan sejak tahun 2007.

Nah, lebaran bagi saya bukan sekadar baju baru atau baju lama. Sering saya berlebaran mengenakan gamis yang udah dua tahun usianya. Cukup dipasangkan dengan hijab yang berbeda. Penampilan pun jadi berbeda.

Siapa sih yang akan mengetahui kalo gamis ini sudah sering dipakai?

Ah ada kali yang tahu, terutama kalo mereka suka mengamati penampilan kita ya, hihiii.

Baju Baru atau Baju Lama
Tunik yang sering saya pakai
untuk acara formal maupun informal

Lantas nggak ada salahnya juga kalo lebaran mengenakan gamis atau koko yang sama. Yang penting adalah esensi lebaran, saling silaturahmi dan meminta maaf. Saling mengabarkan kebahagiaan tanpa ada tekanan menanyakan hal yang tidak disukai saudara, kerabat, atau teman.

Padu Padan Baju Lama

Agar tetap terlihat berbeda tampil saat lebaran dengan baru lama, bisa loh modifikasi antara tunik, celana, dan hijab.

Kalian bisa mengenakan celana legging dengan tunik yang berbeda atau bukan pasangannya. Pilih tunik polos dan hijab dengan motif bunga, abstrak, atau lainnya.

Tampil dengan baju lama bukan masalah sepanjang kita hepi mengenakannya. Karena tampil rapi dan wangi saat lebaran untuk silaturahmi bukan untuk pamer baju baru atau bukan. That's it!

Tapiii, sepanjang kalian ingin tetap berlebaran dengan mengenakan baju baru pun tak mengapa. Duit juga duit kalian kan yaaa, ngapain juga saya mengatur. Hihihii.

Eh tapi baju lebaran mau dipakai kemana? Kita masih dalam suasana physical distancing. Kagak boleh kemana-mana juga agar tidak tertular virus covid. 

Baju baru bisa untuk foto keluarga, atau foto sendirian juga. Iya sih, boleh aja. Jadi udah beli baju baru? Beli di toko online aja untuk mengantisipasi penyebaran virus covid. Jangan lupa barang datang langsung disemprot dengan hand sanitizer ya. Wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Ngerem belanja baju baruuuuu... Lebaran kali ini blas saya nggak ada persiapan apapun untuk baju, ehehehe. Mungkin juga masih physical distancing jadi lebarannya di rumah saja. ��

    BalasHapus
  2. Lebaran memang identik dengan baju baru dan segala sesuatu yang bersih ya. Namun ga apa2 juga sih kalau kita ga berbelanja khusus buat lebaran. Padupadankan pakaian lama yang ada di lemari sudah cukup oke kok. Yang penting hati kita bersih ya aamiin.

    BalasHapus
  3. Iya nih, aku jarang banget beli baju lebaran. Soalnya ga lebaran suka beli, jadinya biasa aja. Yang penting bajunya bersih dan bisa di mix n match.
    Dan kebiassaanku ntr pas besok lebara langsung obrak abrik kain batik buat dibikin celana gombrang hahhaaa buat shalat ied.

    BalasHapus
  4. Aku jarang beli baju lebaran, kalau ingin beli bisa kapan saja hehe ga mesti nunggu baju lebaran sih

    BalasHapus
  5. Aku jarang bgt beli baju pas lebaran, seringnya jauh2 hari dan itupun baju biasa aja, pas lebaran pake yg ada di lemari aja yg cocok setelah janjian sama anak2 ato suami... Paling beli koko buat anak2 klo udah pd buluk hehehe

    BalasHapus
  6. Padu-padan baju baru dan lama boleh juga, sering saya lakukan karena saya sukanya memakai pakaian yang terbagi 2 piece, 3 piece dengan jilbab. Nah, kalo sekarang katanya orang lebih identik berlebaran dengan masker baru, Mbak Wati, Jadi bukan pamer baju lebaran tapi pamer masker lebaran hihihi.

    BalasHapus
  7. setuju mba, aku juga sering pas lebaran padu padan baju yang lama, heheh masih bisa dipakai dan bagus juga kalo bisa padu padankan

    BalasHapus
  8. Sy ampir ga pernah beli baju lebaran tp klo anak2 suka dibeliin baju baru bilangnya hadiah krn mereka puasa jd lbh untuk menyenangkan hati mereka. Terlebih sy termasuk mama pelit jarang banget beliin anak2 baju,kepikiran beliin baju baru ya pas lebaran

    BalasHapus
  9. Hahaha...duit ya duit gue kenapa situ ikut atur, sih. Wkwkwk. Makasih untuk sharing pengalamannya, Mbak. Setuju banget, mungkin yang perlu ganti itu hijabnya ya, Mbak. Baju lama dipadukan hijab baru, tuh, yang liat berasa pakai baju baru juga. :D

    BalasHapus
  10. Aku ga kepikiran masih mau beli baju baru mbak, soale bajuku masih pada bagus kayaknya. Tapi beli baju koko buat anak2 dan bapake kayaknya iya. Mereka tambah tinggi soale badannya yang dulu2 ga muat xD

    BalasHapus
  11. Kalau beli baju online sekarang, kayaknya nyampenya lama karena paketnya dari Pulau Jawa yang kalau ke sini harus nyebrang keluar pulau. Kalau beli baju ke mall walaupun sebagian udah buka tetap takut corona. Serba bingung saya tuh haha. Jadinya paling beli baju yang ditawarin oleh tetangga.

    BalasHapus
  12. Tahun-tahun sebelomnya sih iya. Tiap lebaran, harus punya baju baru. Sebab memang, jarang beli baju baru kalo gak butuh-butuh amat. Terusnya, aku sejak kecil ditanamkan nilai kalo abis puasa sebulan penuh, kita kalo bias ngasih award ke diri sendiri, ke badan sendiri yang sudah bersusah payah menahan hawa nafsu. Dan rewardnya dalam bentuk beli baju baru. :)

    BalasHapus
  13. Padu padan memang menjadi kebutuhan jelang lebaran... namun ada masa2 tertentu yang beli bajunya ditunda2 nunggu momen lebaran... biar sekalian :)

    BalasHapus
  14. Aku sering banget nih mbak padu padankan baju lama dan baru, bahkan ada beberapa baju ibuku waktu muda dulu yang aku padu padankan sama trend sekarang

    Tahun ini aku gak mikirin baju lebaran buat diri sendiri, tapi aku punya keinginan banget buat beliin baju anakku dan yang jadi masalah belinya dimana karena toko baju pada tutup.. hehehe

    BalasHapus
  15. Lebaran di keluargaku memang identik dengan baju baru apalagi biasanya anak-anak dapat kiriman dari tantenya

    BalasHapus
  16. saking identiknya hari raya dg baju baru, dulu saat kecil, Natal saya pakai baju baru. tapi lebaran juga doong...jd satu taun dua kali baju baru hehehe

    BalasHapus
  17. Aku gak pernah bli baju lebaran, kak..
    Tapi, hehehe...kalapnya kalau pas gak lebaran. Karena teman-teman di sekolah anakku pada punya usaha baju gamis kaan...jadi sering ngadain sale-sale menggoda.
    Giliran lebaran, kita uda ayem, dirumahaja.

    BalasHapus
  18. Enaknya punya koleksi baju dan kerudung yang gampang dimix and match ya, Mbak. Kalau baju aku malah sering pake yang itu-itu aja. Kerudungnya aja yang dibedain. Kenapa abis baca postingan ini aku malah pengen beli mukena baru, nih. Di rumah ada dua, tapi udah pada pudar warnanya. Aaaah Mbak, ayo tanggung jawab nih hihi

    BalasHapus
  19. kalo banyak koleksi asik ya bisa dipadu padankan, apalagi kalo badan ngak berubah, bisa kepake semua itu baju, nah kalo bb nambah, alamat beli baju baru yah kan

    BalasHapus
  20. Bagi saya pun baju lebarang engak harus baru yang penting masih bisa dipakai dan enggak kumal, hehehe. Dan saya emang bukan tipe yang suka fashion sih, yang penting ada buat ganti aja

    BalasHapus
  21. setuju banget mbak, padu padan baju lama pasti bisa menambahkan kesan nyaman di saat Lebaran nanti

    BalasHapus
  22. Sama mb, saya juga cuma gonta-ganti jilbabnya. Hihi. Di jogja blm psbb nih, jd beberapa toko baju tetap buka. Meskipun kalau masuk harus ukur suhu dan cuci tangan sebelum masuk. Saya sih milih mlipir saja, hihi..

    BalasHapus
  23. sebenarnya yaa ini.kebetulan ajah kan suami dapat THR. uang lebih ini buat beli baju deh. sebab sebelum2nya kami emang gak.pernah punya baju baru, selain pas menjelang lebaran. hehe

    BalasHapus