Tips Mencari Info PO Bus Efisiensi di Traveloka - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 17 April 2019

Tips Mencari Info PO Bus Efisiensi di Traveloka

Tips Mencari Info PO Bus Efisiensi 



Info PO Bus Efisiensi
pict by aneka tempat wisata

Assalamualaikum Sahabat. Tips Mencari Info PO Bus Efisiensi di Traveloka.  Umat muslim sebentar lagi akan mulai menunaikan ibadah bulan Ramadhan. Itu tandanya juga merupakan saatnya memikirkan transportasi untuk mudik ke kota kelahiran. 

Yang paling menyenangkan saat mudik ke kota kelahiran itu adalah, bisa kangen-kangenan lagi bersama keluarga dan sahabat masa kecil.

Nggak hanya kangen-kangenan dengan sahabat masa kecil. Tapi sahabat bisa juga mengeksplore tempat wisata yang bisa aja dahulu merupakan tempat yang memorable. Menyimpan kenangan masa remaja, ahaaaiiii.

Seperti kenangan saat keluarga saya jalan-jalan ke Pacitan empat tahun lalu. Hmmm, jadi kangen pantai. Air biru, pasir putih lembut, duhhh.

Silahkan baca : Wisata Air dan Menanti Suara Seruling di Pantai Klayar

Mengenang Masa Kecil dengan Naik Bus

Sebenarnya nggak hanya pemudik yang bisa menikmati tempat wisata satu daerah tertentu. Seperti juga saya yang asli kelahiran Kota Semarang. Namun karena suka traveling di beberapa kota di Pulau Jawa, sejak kecil udah memiliki kenangan bersama keluarga.

Karena bapak saya memiliki adik yang tinggal di Purwokerto, sejak kecil saya dan adik-adik sering diajak berkunjung ke rumah keluarga Om.

Tidak punya mobil pribadi nggak masalah. Jaman dahulu pun transportasi dari Semarang ke Purwokerto cukup mudah diakses.

Naik bus sekeluarga itu mengasyikkan. Selama dalam perjalanan, bapak mengenalkan saya dan adik-adik ketika bus singgah di kota yang dilintasi.

Kami tidak hanya mengunjungi rumah keluarga Om. Tapi ada juga beberapa tempat wisata yang kami kunjungi saat di Purwokerto. Terlebih kota ini memiliki tempat wisata alam yang mempesona. Yaitu Baturaden, yang memiliki kisah legenda Lutung Kasarung. 

Baturaden memiliki ragam wisata yang komplit. Mulai dari pemandian air hangat, air terjun, kolam renang, taman bunga, telaga, dan bumi perkemahan.

Jadi kalo kalian berkunjung ke Purwokerto, jangan lupa mampir ke Baturaden. Satu tempat dengan belasan fasilitas wisata yang memanjakan pengunjung.

Rencana Wisata ke Baturaden Saat Liburan

Akhir tahun 2018 saya dan keluarga sudah jalan-jalan di Kota Malang. Menikmati suasana kota yang ternyata cukup padat di kawasan wisata Batu. Saya dan keluarga juga menikmati foto selfi di Museum Angkut. Untuk tiketnya, saya pesan di aplikasi Traveloka. 

Baca yuk cerita keluarga saat bersenang-senang di Museum Angkut :

Wisata di Malang dari Museum Angkut Hingga Candi Singosari

Sedangkan awal tahun 2019 liburan keluarga saya adalah di Kota Bogor. Ada wisata kekinian yang bikin pemilik akun Instagram bakal kesenangan.

Nah, saatnya menjelang bulan Ramadhan, saya ingin mengajak keluarga berkunjung ke Purwokerto. Apalagi Om saya sekarang sendiri sejak tante meninggal akhir tahun kemarin. Pasti Om saya senang menerima kunjungan saya bersama suami dan anak-anak.

Namun saat di Purwokerto, saya ingin mengulang kenangan wisata di Baturaden dan sekitarnya. 

Saya sudah menuliskan catatan rencana perjalanan wisata dan ingin membagikannya kepada kalian, sahabat saya. Yuk, intip catatan rencana wisata keluarga saya :

- Telaga Sunyi

Seperti nama yang disematkan, telaga ini memang sunyi. Mungkin karena terletak di tengah hutan. Lokasinya masih satu lokasi dengan tempat wisata Baturaden.

pict by boboasik
Telaga Sunyi ini konon katanya merupakan tempat yang sakral. Pengunjung dihimbau tidak berenang di telaga karena kedalamannya mencapai 3 meter. Kecuali kalian memang perenang handal yang punya nyali berenang dengan kedalaman 3 meter.

Kalo melihat foto-foto yang ada di media sosial, saya udah terpesona. Suasanya kok mirip dengan telaga yang ada di Jepang. Airnya jernih hingga terlihat jauh ke dalam telaga. Udara dingin tempat wisata yang berada di kaki Gunung Slamet ini mendukung banget menjadi tempat untuk menyepi. 

Kata sepupu saya, harga tiketnya terjangkau, tahun lalu masih 13 ribu dan ditambah tiket parkir mobil 5 ribu. Kalian kepengen ke tempat ini juga nggak sih?

- The Village

Pict by aneka tempat wisata
Sepertinya banyak kota-kota di Indonesia yang mulai menciptakan tempat wisata kekinian. Yaitu tempat wisata dengan spot foto yang banyak berada di satu lokasi wisata. 

The Village ini mengingatkan saya dengan tempat wisata instagramable di Kota Bogor yang udah kami kunjungi awal tahun ini. 

Wisata dengan tema rumah dan desa ala Eropa ini memang sangat menarik minat wisatawan. Lokasinya ada di jalan Baturaden KM 7 dan bisa diakses dengan kendaraan umum. Jadi kalo kalian naik bus untuk menuju ke Kota Purwokerto, jangan cemas bila ingin mengunjungi tempat wisata ini.

The Village menawarkan tempat wisata yang komplit. Mulai dari tempat wisata ramah anak, dengan kebun binatang mini, naik perahu dan memberi makan ikan, hingga naik kuda. Tempat ini juga ada kafe yang menjual gelato, rumah bergaya Eropa, danau buatan, dan food court.

- Caping Park

pict by aneka tempat wisata
Nah ini dia tempat wisata yang tengah nge-hits di Jawa Tengah. Wisata yang anti mainstream dan bisa jadi merupakan tempat kalian uji nyali.

Bukan hanya tempat wisata yang menganut tema farming dan edutainment. Namun juga memiliki spot foto favorit yang bikin kaki gemetar dan hati katanya kayak mau lepas.

Yup, ada jembatan kaca yang fenomenal. Kalian nggak usah jauh-jauh berkunjung ke China. Cukup naik bus ke Kota Purwokerto dan berkunjung ke Caping Park. Hmmm, melihat foto milik bobo cantik ini, saya bakal berani nggak ya mengikuti jejaknya?

Sengaja saya memilih hanya tiga tempat ini sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Karena di Kota Purwokerto niatanya memang ingin silaturahmi. Sisa waktu yang ada akan saya jadikan jalan-jalan bersama keluarga saya dan sepupu.

Baca yuk cerita traveling saya di Malaysia :

Pengalaman Terbang Bersama Tiket Promo


Cara Mencari Info PO Bus Menuju Kota Purwokerto

Menginap semalam di Kota Purwokerto, cukup lah bagi saya dan keluarga mengunjungi ketiga tempat di atas. Saya dan keluarga akan berangkat dari Kota Jogja karena si sulung sekarang kost di kota Gudeg ini.

Bagi saya mencari info bus untuk tranportasi kami ke Purwokerto cukup mudah. Saya udah lama menggunakan aplikasi Traveloka untuk urusan memesan tiket kereta, tiket masuk tempat wisata, tiket jemputan dari dan ke bandara, ataupun membeli pulsa internet saat di Kuala Lumpur. 

Jadi enjoy sih saat suami menyarankan kami memilih transportasi umum untuk traveling kali ini. Akhirnya saya menemukan info PO Bus Efisiensi sesuai saran Om saya saat mendengar rencana kunjungan keluarga ini.

Bus Efisiensi ini tarifnya cukup masuk akal. Suami nggak perlu nyetir mobil, duduk manis aja sampai ke kota tujuan. Beres deh, nggak bakal capai juga matanya.


pict by Traveloka


Dengan kursi model 2-2, saya dan suami bisa duduk bersisian. Sementara anak-anak juga mendapatkan tempat duduk tipe sama. 

Saya dan keluarga bisa memilih tempat duduk berjajar kanan dan kiri. Jadi bisa ngobrol bila membutuhkan sesuatu, atau berbagi cemilan selama dalam perjalanan.


pict by Traveloka
Bus dengan fasilitas mewah di dalam kabinnya ini memang memanjakan penumpangnya. Fasilitas lainnya adalah shuttle bus, tempat peristirahatan yang nyaman, dan tentu saja pelayanan awak bus yang sopan.

Kalo saya dan suami udah langsung suka dengan fitur kemudahan dan kelebihan memesan tiket bus di Traveloka ini. Udah memesannya praktis dan nggak perlu datang ke terminal atau agen bus.



Nah yang penting adalah, Customer service pun melayani keluhan atau pertanyaan kalian selama 24 jam. Yang asik juga adalah ada info lengkap seputar harga tiket, trayek bus, bahkan jadwal dan fasilitas yang ditawarkan.

Untuk pembayaran juga dibikin gampang. Bisa melalui transfer bank, kartu kredit, ataupun seperti saya yang memilih bayar di mini market Alfamart. Sambil pulangnya beli es krim favorit. Ahseeeekkkk.

Saya udah memilih tanggal kunjungan ke Kota Purwokerto sekitar awal Mei sebelum memasuki bulan Ramadhan. Berkunjung ke rumah keluarga Om saya untuk silaturahmi dan juga mampir ke tempat wisata. Ahhh, saya udah nggak sabar menanti awal bulan Mei mendatang. Nantikan cerita jalan-jalan saya di Kota Purwokerto ya. Wassalamualaikum.

60 komentar:

  1. Lebih nyaman n tenang ya mbk,pergi wisata ke tempat jauh seperti Baturaden dengan akomodasi bis yg rekomended bgt.Ish jadi pngin ngeTrip nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk ngetrip, asik aku jadi ketagihan jalan-jalan

      Hapus
  2. Memang mudah sekali ya Bun, kalau mau travelling nggak usah takut antri karena bisa beli tiketnya di Traveloka

    BalasHapus
  3. Memang banyak sekali ya tempat wisata yang indah di Purwokerto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, satu lokasi aja ada mungkin sekitar 6 tempat wisata

      Hapus
  4. Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  5. Memang memudahkan sekali ya Traveloka ini. Beli tiket bus ternyata juga bisa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa, suamiku sering tuh booking tiket bus. Kalo aku seringnya kereta, sama sekali booking jemputan di bandara

      Hapus
  6. Wah keren banget ya tempatnya.
    Aku juga suka banget nih naik bus

    BalasHapus
  7. dengan mudahnya beli tiket semoga juga bisa meningkatkan wisata ya, jadi liburan no ribet ribet hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jangan ribet lah ya, mau liburan kudu seneng-seneng

      Hapus
  8. Wah asyik ya..Purwokerto makin banyak pilihan wisatanya. Di antara 3 yg disebutkan mba Wati, saya baru pernah ke Telaga Sunyi. Jadi pengen juga nih ke 2 tempat lainnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telaga Sunyi aku pun belum pernah mba. Jadi masih ada PR jalan2 ya ini ke Purwokerto untuk menikmati berbagai tempat wisata yang disebutkan Mba Wati di atas.

      Hapus
  9. Belum pernah ke wisata sana mbk. Duh duh... aku mupeng. Pingin bgt ke sono mbak.

    BalasHapus
  10. Aku kok baru tahu semua ya obyek wisatanya. Ternyata mainku kurang jauh, eh kurang sering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw itu busnya nyaman banget ya. Pasti betah deh keliling sana sini kalau naik kendaraan ini.

      Hapus
  11. Belum pernah ngerasain ke Purwokerto naik bus. Keknya perlu dicoba jugak sekalian pesen tiketnya via traveloka

    BalasHapus
  12. Jaman masih LDRan dulu bis tu jadi andalan banget. Kadang kangen juga si pengen ngebis. Cari ah bus ke Purwokerto

    BalasHapus
  13. Wahh bus ke kota kota lain udah asyek ya. Jadi inget dulu ke mana mana naik bus

    BalasHapus
  14. Naik bis sekarang gak alah nyaman kok dengan moda transportasi lain. Sekarang kalo balik ke Jakarta, suamiku juga lebih suka naik bis, Mbak..

    BalasHapus
  15. Sekarang gampang ya mbak kalau mau pesen tiket bus, dulu mah harus ke terminal dulu beberapa hari sebelum hari keberangkatan.

    BalasHapus
  16. Bus jadi salah satu transportasi yang akrab banget dengan kehidupanku sejak SMP kelas 7, Buk. Makanya, sekarang kalau pas ada kesempatan libur aku sering ajak Kak Ghifa naik busa sampai Semarang, main2 ke pasar tempat Atungnya jualan, terus pulang. Ternyata dia juga hepi.

    Kapan-kapan kalau mau backpackeran ke Jogja, pengen deh coba pesan bus lewat Traveloka. Bisa juga kan ya?

    BalasHapus
  17. Dulu aku pesan bus harus sampai ke mangkanya. Sekarang pakai aplikasi sudah bisa pesan. Sangat membantu banget.ngomong tentang Purwokerto aku jadi pingin kesana

    BalasHapus
  18. Bisa jadi pilihan nih kalau ada family gathering. Keluarga saya suka jalan-jalan pakai bis. Dan saya kalau naik bis, sukanya duduk paling depan. Biar luar pandangannya :D

    BalasHapus
  19. Semoga rencana ke Purwokerto aman dan lancar ya Mba Hiday, oleh-olehnya wkwkwk
    aku belum pernah mesen bus make traveloka, jadi pengen pesen kalo mudik hehehe

    BalasHapus
  20. Mbaa.. pas ke Purwokerto kapan hari aku belum ke The village dan Caping Park, padahal deket banget kayaknya dengan Little World yang kukunjungi. Udah kesorean dan cape sih waktu itu.
    Kapan-kapan kudu nyobain ah, penasaran sama Caping Park.

    BalasHapus
  21. Wah..wah...jd tahu gegara artikelnya mbak Wati nih...
    Buka traveloka ah...siapa tau bojo nyadar klo istrinya sdh kasih sinyal.
    Sinyal dolan..hihi

    BalasHapus
  22. Aku niatnya mau mudik ke Semarang naik bis, Mbak. masih bayangin sih kuat apa nggak selama hampir 24 jam bawa bayi. Asyik deh sekarang bisa pesan tiketnya lewat traveloka, nggak ribet harus ke agen dulu :)

    BalasHapus
  23. Nyaman banget bus nya ya mba, emang enak dan praktis cari tiket bus di Traveloka.

    gak ribet dan harganya pun banyakan promo hahaha.
    asyik juga nih mudik atau liburan naik bus, banyak banget manfaatnya :)

    BalasHapus
  24. naik bus bersisian duduk gitu bisa jadi makin ikrib ya Mbak, sambil nyanyi sepanjang jalan kenangan *upss :D

    sekarang mah klo mau bepergian tinggal serahkan saja pada Traveloka, secara udah lengkap banget deh fasilitas moda transportasinya :)

    BalasHapus
  25. Traveloka emang tempat mencari segala tiket ya bu, hahaa
    Udah biasa juga nyari tiket apapun di traveloka.

    BalasHapus
  26. Ternyata di Purwokerto banyak tempat wisata yang nge-heits dan asyik yah mbak :))

    Emang udah yang paling lengkap mah di Traveloka aja yah mbak, paling cucok akutu :))

    BalasHapus
  27. Aku jg sukanya beli tiket di traveloka, tp bukan bis mslainkan kereta dan pesawat. Aa g kuat naik bis lama2 hehe.

    Oia soal Purwokerto, aa penasaran bgt sma telaga sunyi, dlu mau ksna gagal

    BalasHapus
  28. Sebagai anubis, anak suka ngebis, aku seneng deh sama kabar ini mbk, jd skrg aku bisa pesan bis juga di traveloka. Tentu memudahkan bgd nih kalau pgn ngebis sekeluarga. Makasih infonya ya mbk

    BalasHapus
  29. Sewa bus memang gampang gampang susah. Enak sih kalau dapat supir yang tidak ugal ugalan.ngeri bus tukang serobot jalur.

    Traveloka bisa jadi solusi mendapatkan agen bus yang supir beepengalaman

    BalasHapus
  30. Bus efisiensi ini kayaknya legend ya buat orang-orang yang mudik ke daerah Jawa.
    sekarang makin mudah pula buat pesen tiket bus, bisa di traveloka.
    keren ya inovasi Traveloka <3

    BalasHapus
  31. Pas tahu ada layanan pemesanan tiket bus lewat Traveloka ini saya ngerasa sebagai busmania, jadi seneng banget. Sayangnya, sekarang udah jarang ke mana-mana. Padahal pengen juga nyobain layana Traveloka yang satu ini.

    BalasHapus
  32. Wah mantaps ya jd bs dgn gampang mencari kalau kita membutuhkan..

    BalasHapus
  33. Saya pernah menjadi pengguna bis Efisiensi trayek Cilacap Jogja Mbak, pada jamannya. Pada jaman bus Efisiensi awal mula beroperasi malah. Sekarang lebih mudah ya, bisa mencari info lewat aplikasi traveloka. Makin komplit juga nih Traveloka

    BalasHapus
  34. Aku kangen purwokerto jadinya mbak hehe. Udah lama banget gak kesana. Inget gimana semilirnya udara di batu raden. Semoga bisa ngajak anak2 ke sana kalau udah agak gedean. Aamiin.

    BalasHapus
  35. Jadi inget naik bus kalau dulu mau mudik ke sumatera. sekarang malah udah tinggal di sumatera ga pernah naik bus hehehe

    BalasHapus
  36. Naik bus itu solusi paling praktis kalau lagi cape nyetir ya mbak, tinggal duduk manis & kalau cape bisa tidur. Ternyata sekarang Traveloka bisa pesan tiket bus juga ya mbak.

    BalasHapus
  37. Melihat tiket pesawat melambung tinggi maka bis adalah pilihan terbaik. Aman dan nyaman, nah kalau pesan bis saya baru tahu ada di traveloka. Traveloka itu mudah dan biasanya banyak diskon/promo ya mbak.

    BalasHapus
  38. duh, kemana aja saya baru tahu Traveloka jual tiket bus juga. Minggu lalu saudaraku bingung cari tiket bus sampai mendatangi terminalnya satu-persatu.

    BalasHapus
  39. Wah Traveloka jg bada pemesanan tiket bus skrng, baru tau mbak. Enak nih buat yang mudik jarak dekat drpd bawa mobil sendiri, bisa memanfaatkan fiur ini aja ya :D
    thx infonya

    BalasHapus
  40. Pas ke Jogja bulan lalu, aku juga pesen travel lewat fitur pencarian tiket bus/travel di Traveloka. Gampang dan cepet banget nyarinya. Dan yg lebih seneng lagi, harganya lebih murah lho dibanding dg beli tiket on the spot. Beneran

    BalasHapus
  41. Bisnya banguuss~
    Aku belum pernah naik bis yang jarak antar kursinya besar gitu..
    Dijamin ga pegel yaa...

    BalasHapus
  42. Kalau bisnya bagus dan fasilitas mewah gini, perjalanan jadi tidak melelahkan ya, saya suka naik bis tapi suka capek kalau dapat bis jelek dan nggak bisa milih bis

    BalasHapus
  43. Dulu aku tahunya tiket pesawat aja bisa dibeli di Traveloka
    Sekarang sudah banyak bisa diperoleh di Traveloka termasuk tiket masuk destinasi wisata.

    BalasHapus
  44. Aku penasaran jadinya Mba HIday
    bisa pesen bus dari comal ke Kendal nggak ya traveloka ini
    asik tinggal pesan langsung jalan ya kalo ada traveloka order bus gini

    BalasHapus
  45. Asyik ya sekarang Traveloka.Makin lengkap fiturnya. Bahkan bisa pesan bus di Traveloka. Gak usah takut kehabisan tiket deh.

    BalasHapus
  46. Duh jembatan kacanya serem amiirrr. Saya gak bakal berani ini mah.

    BalasHapus
  47. aku pernah pesan bus pakai traveloka buat mamaku, enak yaa.. praktis banget, biasanya harus ke pool di terminal yang tempatnya nggak banget.

    BalasHapus
  48. Aku sih kurang suka naik bus. Soalnya gampang mabuk hehe. Tapi kalau naik mobil, aman. Kalau jalan-jalan lebih suka naik kereta atau pesawat biar cepat sampai.

    BalasHapus
  49. Oohh ada fitur br lg ya di Traveloka, lengkal bgt dong yak kalo sampai sudah bisa pesan bus di traveloka. Ceki2 ahh bisa kemana aja :)

    BalasHapus
  50. Baru tahu lho mba kalau di traveloka bisa pesen bus :)
    Lebih mudah ya :)

    BalasHapus
  51. Wah gampang banget ya sekarang. Di traveloka pun bisa nyari tiker bus dengan mudah. yang mau mudik lebaran bisa langsung intip harga tanpa harus pergi ngecek langsung ya. keren banget traveloka

    BalasHapus