BUMN Mencatat Sejarah Tiga Rekor MURI HUT BUMN ke 21 di Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 15 April 2019

BUMN Mencatat Sejarah Tiga Rekor MURI HUT BUMN ke 21 di Semarang

HUT BUMN ke 21, One Family, One Nation, One Vision to Excellence


Assalamualaikum Sahabat. Sabtu tanggal 13 April 2019 menjadi hari yang mengesankan. Menjadi bagian dari syukuran HUT BUMN yang ke 21 bersama ribuan karyawan dan komisaris di Marina Convention Centre, Semarang. Bangga loh bisa menjadi salah seorang yang ikut menyuarakan kemeriahan ulang tahun perusahaan milik negara.

Sejak pukul 4 pagi, saya sudah mulai siap-siap. Karena pukul 5.30 wib saya dan teman-teman blogger yang tinggal di Semarang harus hadir di lokasi acara. Namun rencana tak seindah kenyataan. Pukul 5.37 saya masih berkutat di tengah kepadatan arus lalu lintas menuju kawasan Marina. 

Saya diantar paksuami melintasi jembatan Banjir Kanal Barat. Dari sini lalu lintas masih ramai lancar. Begitu pula ketika melewati perumahan Semarang Indah, yang menghubungkan dengan lokasi Marina Convention Centre.

Namun begitu mulai memasuki komplek Marina, jalan sudah padat dengan motor dan mobil yang membawa peserta acara syukuran ultah BUMN.

Bersyukur banget suami bersedia mengantar dan menggunakan motor. Jadi kami bisa nyelip di antara mobil yang berjalan tersendat.

Rejeki Bertemu dan Foto Bersama Ibu Mentri BUMN

Karena melihat antrian mobil dan motor yang memanjang dan padat merayap di jalan kompleks Marina, saya pun turun dari motor. Saya berjalan di sela kepadatan lalu lintas bercampur dengan pejalan kaki. Wahhh, saya begitu bersemangat karena ingin hadir menjadi saksi dari pncatatan sejarah tiga rekor MURI.  Apa aja sih tiga rekor MURI yang akan tercatat di Kota Semarang ini? 



Saya udah nyampe di Marina Convention Centre, tempat acara HUT BUMN ke 21 bakal diselenggarakan. Gedung itu sebagai transit peserta dari kartawan ataupun komisaris BUMN se Indonesia. Sementara untuk pesta ulang tahun diadakan di halaman parkir yang menghadap pantai Marina. 

Sedang asik mengambil beberapa foto di dekat pintu masuk ke area parkir, saya mendengar suara sapaan bersamaan. Penasaran dong dan saya pun menengok asal suara yang terdengar bahagia di belakang posisi saya berdiri.

"Foto dong Buuu,"

Beberapa orang meneriakkan nada yang nyaris serupa. Eh siapa sih yang datang dan bikin pengunjung excited?

Sosok perempuan yang familiar tertangkap indera penglihatan saya. Mata saya berbinar ceria. Ada Ibu Rini Soemarno, Menteri BUMN kabinet Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia!

Saya segera bergerak mendekat. Dan meminta tolong pada seorang pengunjung untuk mengambil foto saya dengan Ibu Rini.


Senyum hangat Ibu Rini bikin saya mendekat dan memosisikan foto bareng. Hahaaa, bersyukur banget dan ini adalah rejeki tak terduga bagi saya bisa foto bareng perempuan hebat milik ibu pertiwi.

"Terima kasih Ibu," saya mengucapkan terima kasih. Tersentuh dengan keramahan beliau.


Seremoni HUT BUMN ke 21 

Dihadiri Ribuan peserta baik karyawan, keluarga karyawan BUMN, maupun tamu undangan. Suasana meriah terasa banget sejak masuk ke area parkir. Wajah cerah, sorot mata yang nampak semangat, seolah tak sabar menanti acara HUT hari Sabtu pagi.

Acara dimulai dengan senam lintas 3 generasi. Dimulai dari SKJ, Poco-Poco, dan Zumba. Seluruh peserta nampak mengikuti instruktur yang memimpin di atas panggung. Matahari yang mulai naik tak menyurutkan semangat seluruh peserta.


Setelah peserta dipompa semangatnya dengan rangkaian olah tubuh hingga berkeringat, acara berlanjut Kirab Budaya. Peserta Kirab Budaya terdiri dari penari kontemporer, pembawa Warak Ngendog, serta peserta yang membawa umbul-umbul. 









Rangkaian peringatan HUT ke 21 BUMN berlangsung khikmat dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Juga terselip doa yang dipimpin oleh Habib Umar Muttohar.

Dan dilanjutkan dengan menyanyikan jingle BUMN oleh milenial bersama seluruh peserta yang hadir. 





Sambutan Ibu Menteri BUMN tentang Prestasi dan Harapan Masa Depan

Dalam kata sambutannya, Ibu Rini menuturkan tentang prestasi BUMN serta aset keseluruhan yang dimiliki dalam 4 tahun terakhir. 

Perlu kalian ketahui, sejak tahun 2015 hingga 2018 aset BUMN tumbuh rata-rata 12% hingga mencapai Rp. 8.092 triliun. 

Tutur Ibu Rini Soemarno :
"Peningkatan aset tersebut didukung oleh peningkatan laba, manajemen perusahaan yang teruji menghadapi tantangan perkembangan ekonomi yang ada,"

Menurut Ibu Rini peningkatan aset juga mendukung kontribusi BUMN terhadap penerimaan Negara untuk mendukung pembangunan. Tahun 2018, kontribusi BUMN terhadap penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai Rp 422 triliun baik dalam bentuk dividen, pajak maupun penerimaan Negara bukan pajak. 

Angka tersebut lebih tinggi atau naik sekitar 19% dibandingkan tahun 2017 yang mencapai Rp 354 triliun. Pun kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara terus tumbuh. Dalam empat tahun terakhir rata-rata sebesar 11,68%.

Melihat angka-angkat tersebut bikin semangat ya, bener kan?! Yuk positif thinking untuk Indonesia lebih maju.

“Dalam banyak waktu dan kesempatan BUMN sudah banyak melakukan kegiatan untuk bagaimana lebih mendekatkan BUMN dengan masyarakat di seluruh Indonesia. Terutama melaui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilakukan secara sinergi bersama BUMN di daerah. Semoga apa yang telah kami lakukan bisa lebih mengakrabkan dan menghangatkan hubungan BUMN dengan masyarakat, sehingga BUMN dapat selalu hadir untuk negeri dan memberi manfaat untuk masyarakat,” kata Rini.

“Kami optimistis kinerja BUMN akan lebih baik, kekuatan sinergi semakin jelas dan kami on the track untuk mewujudkan holding di BUMN agar organisasi lebih ramping dan menjalankan bisnis lebih cepat dalam mengejar hasil usaha maksimal untuk akhirnya kita kembalikan kepada masyarakat,” kata Rini.

Pagi hari itu, Menteri BUMN Rini M. Soemarno beserta jajarannya dan 52 Direksi serta Komisaris BUMN hadir untuk menyampaikan rasa terima kasih atas kerja keras para insan BUMN atas kontribusinya terhadap kemajuan BUMN. Ucapan terima kasih juga diberikan kepada seluruh pegawai di lingkungan BUMN yang telah bekerja keras untuk perusahaannya.

Terkait HUT BUMN dijelaskan Rini rangkaian kegiatah social edukatif telah digelar Kementerian BUMN bersama seluruh keluarga besar BUMN dan mencapai puncaknya pada hari Sabtu, 13 April 2019 tepat pada Hari Ulang Tahun Kementerian BUMN ke 21.

Semarak kegembiraan HUT BUMN diramaikan oleh sekitar 30 ribu keluarga karyawan BUMN yang berasal dari 56 BUMN di seluruh Indonesia. Mereka berkumpul dan bersuka cita bersama di Marina Convention Center, Semarang Jawa Tengah.  Hadir bersama-sama mengucapkan rasa syukur dan doa atas prestasi, kinerja, sinergi BUMN dalam membangun negeri.

Program BUMN : Kegiatan Sosial dan Edukatif 

Sebagai bagian dari Good Corporate Governance (GCG), BUMN turut aktif dalam kegiatan sosial dan edukatif dengan melibatkan masyarakat maupun milenial BUMN.

Melalui program BUMN Goes to Campus yang dilakukan sekitar 27 BUMN berhasil meraih perhatian sekitar 30.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia, seperti Karawang, Riau, Tasikmalaya, Lampung dan Padang. Program ini juga melibatkan para petinggi BUMN yang dikemas dalam kegiatan seperti CEO Talks, Kelas Kreatif, Magang & Vokasi Bersertifikasi untuk 10 ribu mahasiswa dan perekrutan bersama BUMN untuk 11 ribu orang.

Selain itu, digalakkan juga aktivitas sosial yang melibatkan masyarakat yakni program Pangan Murah yang dilakukan oleh 38 BUMN dengan menyalurkan 600.000 paket di 56 kota dan kegiatan Bersih-bersih Kampung Sehat di 18 kota dengan melibatkan 11.000 warga.

"BUMN tidak hanya merujuk pada profit dan kinerja di atas kertas, tapi juga berprestasi mendapatkan tempat di masyarakat dengan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan sebagai wujud social corporate responsibility BUMN,” kata Ibu Rini Soemarno.
Kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke21 BUMN memang diputuskan di Semarang, Jawa Tengah. Setelah sebelumnya acara yang sama dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Dan puncaknya nanti akan digelar di Jakarta pada tanggal 20 April 2019. 


Tumpeng HUT BUMN ke 21 Mencatatkan Rekor MURI

HUT BUMN yang digelar di kota Semarang ini menjadi berbeda. Pada perayaan HUT BUMN di Semarang telah disiapkan tumpeng khusus berbentuk stupa. Dan tumpeng tersebut berhasil memecahkan rekor MURI. 



Rekor yang berhasil diraih adalah : 


  1. Makan nasi kuning lebih dari 5800 orang bersama 
  2. Rekor prestasi Nusantara yaitu "Tumpeng berbentuk Miniatur Borobudur 6mx6mx4,12m" 
  3. Transaksi QR code terbanyak, yakni sejumlah 50.000 transaksi selama 5 jam

Kalo kalian berada di kegiatan HUT BUMN di Marina Convention Center sini, pasti akan merasakan kekaguman yang sama seperti yang hadir di sini.


Tumpeng yang setinggi 6 meter tersebut menjadi saksi sejarah HUT ke 21 BUMN di Kota Semarang. Tumpeng ini masuk MURI karena menjadi tumpeng tertinggi yang pernah dibuat di nusantara.

Ukuran puncak tumpeng yang tinggi merupakan simbolisasi dari kinerja BUMN yang 4 tahun ini terus menanjak.

Pemotongan tumpeng pun dilakukan oleh Ibu Rini Soemarno dengan menaiki crane menuju puncak tumpeng. Baru kali ini saya melihat motong pucuk tumpeng menggunakan crane. Kereeen ya. 



Oiya, konstruksi tumpeng ini dikerjakan oleh BUMN WIKA. Waktu saya melihat dari dekat, tumpeng yang asli hanya bagian atas. Jadi nasi kuning yang bisa dinikmati bagian atas. Sementari konstruksi bagian bawah, adalah papan yang pinggirnya ditutup dengan nasi kuning. 

Dalam pesan berikutnya, Ibu Rini Soemarno pada para milineal BUMN :
"Sebagai generasi milenial yang bekerja di BUMN, kalian harus kreatif, inovatif, dan berani menyuarakan pemikiran untuk membuat BUMN besar dan tangguh menghadapi segalam tantangan,"

Setuju banget Ibu!

Terlebih selama ini generasi milenial BUMN senantiasan dilibatkan dengan misi khusus oleh Kementrian dalam seluruh rangkaian HUT BUMN.

Dalam kesempatan HUT BUMN, dibagikan juga penghargaan mulai dari untuk karyawan termuda yaitu usia 23 tahun. Ada juga penghargaan karyawan terbaik kinerjanya, prestasi beberapa karyawan, dan masih banyak lagi.

Kulineran Cukup Bayar 500 Rupiah dengan LinkAja

Saat memasuki area parkir ketika saya tiba di lokasi, ada beberapa orang laki-laki dan perempuan yang mengenakan selempang. Mereka menawarkan absensi. Semula saya nggak paham absensi apa sebenarnya yang ditawarkan.

Ternyata mereka adalah customer service yang membantu pengunjung untuk top up saldo LinkAja. Buat apa sih kudu ngisi saldo LinkAja? Trus kalo belum pasang aplikasi LinkAja di gawai gimana dong?

Tenaaaang, sahabat. Saya dulu udah pernah ditawari anak saya untuk install aplikasi LinkAja. Namun saya tolak karena saat itu gawai udah full memori. 

Namun kemarin saya nyoba install aplikasi LinkAja karena pengen bisa kulineran dengan harga 500 rupiah untuk satu jenis makanan. Rugi dong kalo nggak ikut kulineran dengan penawaran harga sebombastis di acara HUT BUMN ini.

Nah, kalo kalian nggak punya kartu kredit, atau belum punya T-Cash, bisa kok meminta bantuan mbak dan mas yang mengenakan selempang. Saya pun ikut mengisi saldo LinkAja sebesar 20 ribu rupiah. Saya pikir cukup lah ya duit segitu untuk bekal kulineran. 

Tadinya sebelum top up saldo 20 ribu, saya ditraktir sama Koko jajan cemilan. Satu bungkus isi roti kecil dan lemper ini harganya 500 rupiah. Kepala yang sempat pening gara-gara belum sempat sarapan, langsung deh agak berkurang.

Gula darah saya memang rendah banget, jadi udah beberapa hari ini rajin sarapan. Nah, karena baru menyicipi roti mungil, saya jadi pengen sarapan kenyang.

Saya pun mulai berjalan bareng Diko dan Koko mencari kuliner yang mantap rasanya. 



Ada tiga kuliner yang saya cicipi, yaitu Tahu gimbal, pempek, dan Prol Tape. Untuk pempek cuma nyicipi dua iris, nggak habis gara-gara cuma direbus. Mengapa nggak digoreng? Karena eh karena, kompor gas kejebak macet di jalan menuju lokasi acara.

Iyesss, sebegitunya ya kepadatan lalu lintas menuju venue acara HUT BUMN. Kayaknya memang harus sabar juga ntar kalo mau pulang. Tapi hari itu memang suasana venue begitu meriah dengan kebahagiaan dan semangat yang ceria. Saya aja bahagia bisa ikut merasakan kemeriahan suasana ulang tahun BUMN. Bangga bisa hadir menjadi bagian saksi pemecahan rekor MURI di Kota Semarang.



Sementara dalam rangka mensosialisasi alat bayar digital hasil kerjasama 8 BUMN dalam LinkAja, sejumlah promo juga diberikan ke masyarakat umum yang sudah menggunakan LinkAja, seperti cashback untuk pembelian makanan, minuman, pembelian voucher listrik dan lain sebagainya dari mitra-mitra BUMN maupun swasta. Saat ini, sekitar 75.000 merchant yang sudah bekerjasama dengan LinkAja dengan sejumlah promo menarik.


“Ekosistem BUMN akan meningkatkan frekuensi dari transaksi LinkAja ke depan, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat dan tentu saja BUMN itu sendiri. Kita akan mulai memobilisasi bagaimana uang beredar dalam transaksi digital itu dimulai dengan LinkAja dari lingkungan pegawai BUMN dan pegawai, sehingga ke depan kita ingn dan berharap bagaimana uang berputar itu nanti akan tetap di dalam negeri,” kata Rini.


Semoga BUMN makin jaya, bisa menjadi perusahaan pemerintah yang peduli dengan masyarakat umum. Menjadi pilihan bagi anak milenial untuk berinovasi dan kreatif membangun negeri ini. Sampai jumpa pada HUT BUMN tahun depan, Sahabat. Wassalamualaikum.

Dokumentasi :
- Doc Pribadi
- Foto dari WA Grup

25 komentar:

  1. Halo saya di sini untuk memenuhi salah satu janji saya kepada pria hebat Dr Solo Wise yang membantu saya mendapatkan suami saya kembali setelah 4 tahun berpisah. Dia meninggalkan saya dan anak-anak kami dan pergi ke wanita lain yang Dr Solo mengatakan dia menggunakan Voodoo aneh yang kuat pada suami saya. Tetapi terima kasih Tuhan untuk menggunakan Dr Solo untuk membantu memecahkan voodoo dan membawa suamiku kembali. Saya berharap saya bertemu dengannya sebelumnya tetapi saya tetap berterima kasih padanya. Dia juga dapat membantu Anda memecahkan masalah lain, email-nya
    drsolowisetemple@gmail.com

    WhatsApp +855976707219 menghubunginya hari ini dan berterima kasih padaku nanti.

    BalasHapus
  2. Acaranya seramai dan semeriah itu ya bu, sempet meriding waktu menyayikan lagu Indonesia Raya bareng-bareng dan aku mengabadikan dari aatas.

    BalasHapus
  3. Seruuuu buangeeett acaranya ya Mbaaa
    Moga2 next year ada kesempatan buat ikut acara HUT BUMN jugak.
    Keren pol polan ini mah :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Wah ramai banget acaranya yah, sayangnya bukan diadakan di sini hikss, mudah2an next time BUMN rayakan ultahnya di Mksr yah ���� btw selamat ultah buat BUMN makin memberi arti demi bangsa selalu yah ��

    BalasHapus
  5. Asik nih seru ya mba acaranya HUT BUMN ini apalagi ada Ibu Rini :) btw aku salfok sama tahu gimbal jadi inget 7 tahun lalu diajakin makan ini pas ke Semarang :D

    BalasHapus
  6. seremoninya meriah, seru! kaget liat nasi kuningya, luar biasa...
    sebagai anak pensiunan karyawan bumn, saya turut mendoakan semoga bumn indonesia semakin maju mensejahterakan negeri aamiin

    BalasHapus
  7. Yay bisa wefie bareng Bu Menteri. Beliau ramah sekali.. Eh itu namanya warak ngendog toh, awalnya saya kira sisingaan. Hehe
    Saya takjub lihat besarnya nasi kuning. Kayak borobudur yaa bertingkat2 begitu

    Salam manis, artha

    BalasHapus
  8. Kemeriahan HUT BUMN ke-21 dirasakan di mana-mana ya mbak, jadi masyarakat juga ngeh perusahan=perusahan di bawah naungan BUMN itu apa aja sih. ALlhamdulillah rezeki ketemu & foto bareng bu Menteri ya, ramah ya mbak orangnya

    BalasHapus
  9. Ceremonial yg luar biasa! Selamat ultah BUMN dengan kemeriahannya hingga menyabet Piala MURI. Selamat, selamat, selamat.

    BalasHapus
  10. Tumpengnya tinggi dan ebsar banget Mbak, pasti semua orang yang hadir di situ kebagian sampai tersisa dong ya. Saya sudah menggunakan aplikasi linkaja mbak, untuk bertransaksi kuliner. Sekarang gak bawa dompet bisa banget ya bayar cashless

    BalasHapus
  11. Asyiknyaaa bisa foto bareng Bu Rini huhuuu... aku mupeeengg... Keren ya acaranya seruuu.. pada tumplek blek di Marina. Aku pengin juga lho nyobain LinkAja, selama ini belum pernah.
    Hebat juga nih bisa mencatat tiga rekor MURI saat penyelenggaraan HUT BUMN. Ntabzzz...

    BalasHapus
  12. Keren y BUMN semoga bner programnya hadir untuk Negeri dan tdk dikuasai asing,btw aku jugs udzh unduh aplikasi linkAja kmrn coba buat bstar listrik

    BalasHapus
  13. aku baru ngeh ternyata di mandiri online ku udah ada LinkAja ini...kalo banyak promo or cashback pasti aku pakailah buat bayar-bayar...hehehe emak-emak pantang liat diskon :D

    anyway seru ya, mba acaranya...jane deket ya dari Salatiga..tapi nggak tau kalo ada acara ini

    BalasHapus
  14. Wah sy ngiri mba hidayah bisa foto sm bu Rini superwomennya BUMN

    BalasHapus
  15. Seru banget sampai senam 3 generasi versinya ya. Kulineran 500 rupiah, mau dong...

    BalasHapus
  16. Gede banget tumpengnya, pantes dapat rekor muri.
    LinkAja ini yang e-money gabungan dari BNI, BRI dan mandiri itu ya mbak?

    BalasHapus
  17. Wow itu tumpeng raksasa bener-bener rekor deh. Seru ya ada acara begini dari kantor. Di tempatku malah udah lama nggak ada acara ngumpul atau funday atau apalah namanya karena manajemennya bilang demi penghematan biaya.

    BalasHapus
  18. Waaaa.....jajan 500 perak....mauuuuu mbak. Maklum doyan mamam soalnya. Hahaha. LinkAja ini berarti semacam e-money gitu ya mbak? Yg ngeluarin bank mana ya?

    BalasHapus
  19. Banyak juga ya acara yang dibuat BUMN dalam rangka memperingatii HUT-nya. Aku mupeng deh dengan acaranya. Kepengen bisa mampir ke booth2 itu. Terutama booth jajajanan :D

    BalasHapus
  20. dari ketiga rekor yang mba sebutin, aku tertarik sama rekor prestasi Nusantara yaitu "Tumpeng berbentuk Miniatur Borobudur 6mx6mx4,12m" dan Transaksi QR code terbanyak, yakni sejumlah 50.000 transaksi selama 5 jam. Uwowww

    BalasHapus
  21. Seru nih acara HUT BUMN ini ya.. Yang jelaa mari kita doakan semoga kinerja BUMN di negeri kita makin mantap..

    BalasHapus
  22. Menarik sekali tumpengnyaa...
    Aku sampai gak bisa mengalihkan pandangan menakjubkan di Tumpeng Raksasa yang masuk MURI.
    Udahannya dibagi-bagikan pada semua yang datang ya, kak?

    BalasHapus
  23. Acaranya seru banget ya, mbak. Meriah karena pesertanya tumpah ruah. Sayangnya aku kemarin hampir pingsan karena panas dan haus banget

    BalasHapus
  24. Sukses terus ya BUMN. Semoga semakin baik ke depannya.

    BalasHapus
  25. Waw selebrasinya luar biasa meriah ya. Semoga makin meningkat lagi performanya ya BUMN di seluruh Indonesia, sejahtera juga pegawainya. Sukses teruuus..

    BalasHapus