Review Drama Korea Red Shoes, Cinta dan Dendam Seorang Putri Pada Sang Ibu - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 19 September 2023

Review Drama Korea Red Shoes, Cinta dan Dendam Seorang Putri Pada Sang Ibu

Assalamualaikum. Minggu lalu saya baru kelar nonton Drama Korea yang episodenya panjang sampe 104. Eh ini kok ketemu lagi drakor dengan episode yang nyaris sama panjangnya. Tapi saya nontonnya nyante meski marathon. Ketika sedang luang waktunya ya baru nonton beberapa episode. Nah kalo yang ingin saya tulis review sekarang adalah Drama Korea Red Shoes. Meski baru 5 episode pertama, udah bikin saya tertarik karena termasuk drama keluarga. Jadi pengen cerita di blog ini tentang drakor Red Shoes.


Drama Korea Red Shoes ini berkisah tentang Kim Jem Ma / Gemma (So Yi Hyun), seorang putri yang memiliki keinginan kuat untuk membalas dendam pada ibunya. Perempuan yang tidak berperasaan, yang meninggalkan ayah dan saudara laki-lakinya, karena bertemu cinta pertamanya.

Min Hee Kyung (Choi Myung Gil) menggambarkan seorang ibu berhati dingin yang meninggalkan keluarganya setelah bersatu kembali dengan cinta pertamanya. Kim Gemma juga ingin mengetahui rahasia terkait kematian ayahnya yang bersamaan dengan kepergian ibunya. Ji An sampai berganti nama menjadi Kim Gemma karena saking bencinya pada sang ibu yang tidak peduli dengan dirinya dan adiknya.

Ji an bertemu ibunya tanpa sadar

Yoon Gi Suk (Park Yoon Jae) tidak percaya pada cinta karena pengkhianatan oleh istrinya. Namun dia jatuh cinta pada Kim Gemma. Yoon Hyun Suk (Shin Jung Yoon) adalah adik Yoon Gi Suk, dengan jiwa bebas dan pesona menantang. Dia baru pulang dari USA karena mendengar sang nenek sakit.


Info lengkapnya :

Drama: Red Shoes (literal title)
Revised romanization: Bbalgang Goodu
Director: Park Ki-Hyun
Writer: Hwang Soon-Young
Network: KBS2
Episodes: 100
Genres: Romance, Drama, Family, Melodrama
Release Date: July 5, 2021 -
Runtime: Monday - Friday 19:50
Language: Korean
Country: South Korea


Orang-Orang di sekitar Min Hee-Kyung

  • Sun Woo Jae Duk sebagai Kwon Hyeok-Sang
  • Choi Young-Wan sebagai Kwon Soo-Yeon
  • Ban Hyo-Jung sebagai Choi Sook-Ja

Orang-orang di sekitar (Jin A) Gemma

  • Kyeong In-Seon sebagai So Ok-Kyung
  • Lee Sook sebagai Yang Sun-Hee
  • Kim Kwang-Young sebagai So Tae-Gil
  • Ji Sang-Yoon sebagai Lee Gun-Wook
  • Ha Eun-Jin sebagai Jung Yoo-Kyung

Pemeran Pendukung

  • Kim Dong-Ha – Kim Jin-Ho
  • Han In-Su – Yoon Jin-Beom
  • Yang Geum-Seok – Lee Kyung-Hee
  • Kim Yu-Seok – Kwon Seok-Hwan
  • Kim Ri-Won – Ye-Won
  • Park Chan-Hwan
  • Seo Kwon-Sun

Kesimpulan 5 Episode Pertama Red Shoes

Cover Drakor Red Shoes
Picture dari asiandrama

Drakor yang mengangkat tema Balas Dendam ini dimulai dari cerita kehidupan Min Hee Kyung dengan suami dan dua anaknya (laki-laki dan perempuan). Hidup mereka bisa dibilang dalam keadaan ekonomi yang pas-pasan. Suaminya pembuat sepatu, Min Hee Kyung juga pintar membuat desain sepatu. Sayangnya mereka hanya bisa memproduksi sepatu di kios yang disewa bulanan dan tidak juga berkembang pesat.

Kim Ji An kecil sebenarnya anak yang tumbuh dengan bahagia bersama adiknya Jin Ho. Mereka menikmati kehidupan layaknya anak seusianya yang bermain bersama dengan teman-teman sepermainan yang tinggal di lingkungan rumah sewa. 

Malam saat sang ibu meninggalkan rumah mereka karena diusir oleh ayahnya, mereka menjadi anak yatim. Sang ayah Jung Guk, meninggal tertabrak mobil. Ada dua tetangga kakak adik yang menjadi saksi tabrakan itu dan menemukan dompet si pelaku tabrakan.

Pelaku yang menabrak adalah Hyuk Sang, cinta pertama Hee Kyung yang mencampakkannya karena dijodohkan dengan putri orang berharta. Hyuk Sang ini menawari Hee Kyung agar mau meninggalkan suaminya dan menikah dengannya. Dia menjanjikan sebuah perusahaan produksi sepatu impian Hee Kyung. Dia juga akan menceraikan istrinya yang menurutnya tidak bakal sembuh dari sakit jiwa yang diderita sejak awal pernikahan.

Meninggalkan Pesan Arti Sebuah Keluarga

Min Hee Kyung adalah karakter yang merintis kesuksesan dan jalan hidupnya sendiri setelah meninggalkan perannya sebagai seorang istri dan ibu. Ada pula Kim Gemma yang ingin balas dendam dengan kematian sang ayah. Terlebih dia mendengar kedua tetangganya membicarakan kepergian sang ibu bersama laki-laki lain, pada saat malam ayahnya tabrakan dan meninggal.

Ji An mencoret foto ibunya

Serial ini menimbulkan pertanyaan tentang menjalani kehidupan seseorang dan makna di dalam suatu keluarga. Tentang pencurian ide desain sepatu milik Gemma yang diakui oleh Hee Kyung. Juga tentang kepergian si adik, Jin Ho yang sekolah kedokteran dan tengah magang di RS. Namun tragisnya meninggal saat membantu seorang perempuan yang dirampok. 

Pengalaman Waktu Menonton

Sinopsis yang tercantum dalam video sedikit berbeda, saya kira bakal sebal dengan sikap si Ibu yang meninggalkan keluarganya demi cinta pertamanya. Ternyata oh ternyata, karakter ayahnya lah yang sangat menyebalkan. Dia sangat cemburu pada sang cinta pertama istrinya. 

Ketika tahu istrinya masih menjual desain sepatu pada pria itu, sang suami ini cemburu dan marah besar. Saat marah, dia akan melampiaskan dengan minum hingga mabuk dan melakukan KDRT pada istrinya.

Nonton drama ini sampe episode 5, ternyata semua terasa logis sih. Sang ibu menderita dengan keadaan dan tidak mencintai suaminya. Sementara mantan pacarnya tiba-tiba muncul dan mengaku kebenaran kalo dia dulu terpaksa meninggalkannya demi mengikuti perkataan orang tua.

Bagaimanapun, tetap anak-anak yang menjadi korban dari sebuah perpisahan. Apalagi mereka akhirnya terlantar dan nyaris dibawa ke panti asuhan. Beruntung ada tetangga yaitu Ok Kyung yang tidak tega hingga akhirnya menjadikan Jin A dan Jin Hoo sebagai anaknya. Terlebih dia merasa bersalah karena adiknya, Tae Gil meminta uang pada Hyuk Sang. Intinya uang tutup mulut tidak lapor pada pihal berwajib.

Menonton episode 1 - 5 drama korea Red Shoes, sudah memperlihatkan bagaimana kehidupan Kim Gemma begitu menyedihkan. Dia bekerje part time di berbagai tempat agar dapat membiayai kuliah adiknya di kedokteran. 

Jin ho ultah

Bahkan dia pun berhutang dengan rentenir. Namun tragisnya sang adik meninggal dunia. Gimana nggak sedih ya, bahkan hutangnya pun belum lunas. Hingga dia dikejar-kejar si penagih hutang.

Nonton drama Korea bagi saya adalah healing yang menyegarkan setelah mengerjakan urusan rumah dan nulis. Sampai saat ini saya belum tertarik nonton drama lainnya, seperti drama cina atau Turki misalnya. Seperti teman blogger yang rupanya memiliki banyak review drama cina di blognya Curhat si Ambu ini.

Nah, apakah saya bakal nonton drakor Red Shoes sampai kelar? Kayaknya iya meski nggak janji kapan akan selesai. Apalagi bulan ini bakal banyak kerjaan. Namanya juga nonton untuk healing, jadi ya sebisanya aja kapan waktunya kelar. Kalo kalian udah nonton drakor Red Shoes? Boleh komentar tapi jangan spoiler ya, wassalamualaikum. 

9 komentar:

  1. Saya belum menonton sih, tapi jadi penasaran juga nih setelah membaca sekilas tadi hihi

    BalasHapus
  2. Aku jd penasaran juga nih baca review ini..bgmn nanti akhirnya. BTW, klo nonton episode puanjaaang gitu suka bosen nunggunya ga sih mba?

    BalasHapus
  3. Waaah penuh intrik yang menantang nih sepertinya tapi kok episodenya panjang bener saat ini cuma pengen nonton yang menghibur dan ga perlu mikir hehehe

    BalasHapus
  4. Red shoe ni bisa ditonton di platform apa ya mbak? Kok aku bkm familier sama judulnya tapi ya emang aku nonton drakor on and off si. Tergantung mood heheh

    BalasHapus
  5. Waah 100 episode? Biasanya aku nonton yang 32 episose ajaa haha. Tapi keknya menarik ya mbaak cuma blm terlalu banyak dibicarakan orang sptnya krn aku baru denger juga.

    BalasHapus
  6. Wow panjang juga ya Mbaa, biasanya per episode lebih singkat durasinya ya ? Aku biasanya nonton yang 16 episode itu pun lamaa waktunya hehe

    BalasHapus
  7. berat Mba Hiday, terlalu panjang wkwwk nggak sabaran aku tu
    tema balas dendam aku banget ini ada thriler mister, keluarga juga ya mba tapi ak skip kapan2 kalo sepanjang itu

    BalasHapus
  8. Wah sepertinya seru banget nih kpop genre konflik keluarga gini, besok coba nontoh deh bareng suami hehe...

    BalasHapus
  9. wah, episodenya panjang banget sampai 100. sepertinya kisahnya menarik ya Mbak, tapi banyak "bawang" ya, kudu nyiapin tisu.
    Penasaran, tapi aku lebih suka nonton drakor yang episodenya dikit. Nggak tahan dibikin penasaran sama lanjutan kisahnya soalnya

    BalasHapus