Mencegah Infeksi Saluran Kemih Dengan Mengonsumsi Uricran - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 09 Juli 2019

Mencegah Infeksi Saluran Kemih Dengan Mengonsumsi Uricran

Mencegah Infeksi Saluran Kemih Dengan Mengonsumsi Uricran



Infeksi Saluran Kemih

Assalamualaikum Sahabat. Siapa yang ketika jalan-jalan suka nahan BAK (buang air kecil) dan nunggu nyampe rumah aja? Memangnya nggak sakit kalo nahan kencing gitu? Kaian bisa tahan ya nungguin nyampe rumah baru BAK? Hati-hati loh ntar malah kena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.

Atau bisa jadi kamu kalo ke toilet umum gitu suka khusyuk mengerjakan sesuatu? Seperti membasuh permukaan closed duduk dengan tisu sampai bersih? Atau sebelum masuk toilet umum selalu mencari keberadaan tisu. Dan galau ketika tisu toilet habis tak tersisa, sementara kamu udah kebelet kencing?

Coba deh baca artikel ini hingga paragraf terakhir. Karena saya akan berbagi info kesehatan seputar masalah Infeksi Saluran Kemih. 

Sabtu tanggal 6 Juli 2019, saya dan beberapa teman blogger hadir dalam event Uricran Woman Community di Noormans Hotel di jalan Teukur Umar Semarang.

Tema event keren ini adalah "Aktif dan Percaya Diri Dengan Memelihara Saluran Kemih".

Event yang sarat informasi tentang kesehatan ini hadir Ibu Dyah Parikoening, Head of Brand Activation Combiphar. Serta dua narasumber lainnya yaitu Ibu Michele Talitha, Brand Manager Uricran. Dan Ibu dr. Olivia Franciska Laksmana, SpOg. 

Nah kalo Ibu Dyah dengan ramah mengajak seluruh wanita yang hadir untuk aktif dalam bincang-bincang menarik yang bermanfaat ini. Tentunya sayang dong kalo tidak konsen hingga percuma hadir. 

Infeksi Saluran Kemih

Makanya sejak awal memberi sambutan, Ibu Dyah mencairkan suasana dengan menanyakan tentang, siapa yang suka nahan BAK ketika keluar rumah. Atau siapa yang khusyuk melakukan ritual tertentu sebelum BAK di toilet umum. Yah seperti yang udah saya tulis di paragraf awal, sob.

Untuk sharing dari Ibu Michele dan dr. Olivia, saya rangkum dalam tulisan berikut ini.


Tentang Infeksi Saluran Kemih

Kalian pasti udah sering dengar tentang anyang-anyangan kan? Mungkin pernah mengalaminya? Atau ada orang terdekat yang pernah mengalami anyang-anyangan?

Kalo kalian belum pernah mengalami anyang-anyangan, mungkin menganggap ini bukan lah penyakit. Bahkan ada juga yang menganggap anyang-anyangan ini hal sepele. Mengapa sih mesti diributkan? 

Hohoo ... jangan menyepelekan anyang-anyangan, sahabat. Karena ada 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK (Infeksi Saluran Kemih). Dan dua di antaranya mengalami ISK berulang, tentunya nggak enak banget ya. 


foto dari web uricran.co.id
dengan tambahan keterangan 

Trus apa dong ISK itu?

ISK atau Infeksi Saluran Kemih adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Dan penyebab infeksi ini karena disebabkan adanya mikroba.

Sebagian besar kasus ISK itu disebabkan karena adanya bakteri dan jamur. Namun kadang pada kasus tertentu ISK ini disebabkan juga oleh adanya virus.

Nah, salah seorang teman kerja saya dulu ada yang pernah mengalami ISK yang disebabkan oleh virus. Dia awalnya merasa kesakita tiap kali BAK. Itu pun nggak tuntas, jadi bikin dia bolak-balik ke toilet.

Ternyata setelah semua orang di tempat kerja menyuruhnya ke dokter, baru ketahuan kalo dia mengalami ISK. Dan penyebabnya adalah virus. Teman saya ini mendapat resep obat yang harus dikonsumsinya hingga sembuh. 


Dr. Olivia dan Ibu Michele
sharing tentang ISK dan Uricran
Ibu Michele menuturkan bahwa penyebab ISK sebagian besar karena adanya bakteri E.coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Menurut penelitian ada 80% kasus ISK karena bakteri E-coli ini.

Perlu kalian tahu, bakteri ini hidup di saluran pencernaan manusia, yang biasanya dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses. Nah, bisa saja bakteri E.coli ini secara tidak sengaja masuk ke saluran kemih. Hingga kemudian menempel di dinding saluran kemih yang jika didiamkan akan menyebabkan ISK.

Trus penasaran dong, kok bisa sih bakteri itu masuk ke dalam saluran pencernaan manusia? Yuk saya kasih tahu gimana cara bakteri nakal ini masuk ke dalam tubuh :


Infeksi Saluran Kemih
Foto dari we uricran.co.id
dengan penambahan keterangan pribadi
Dari gambar di atas, ketahuan ya asalnya dari mana aja. Kalian yang suka nahan BAK, hati-hati juga loh. Pikirnya nggak mau kena ISK karena menggunakan toilet duduk di tempat umum. Tapi menahan pipis juga menjadi penyebab bakteri hidup senang di tubuh kita, hiyyyy.

Jadi kalo memang akan menggunakan toilet umum, pastikan kebersihannya dengan mengguyur permukaan closed duduk dengan air mengalir. Hindari juga pemakaian air kotor untuk membasuh usai BAK. Cek aja dulu, adakah air untuk membasuh cukup tersedia. 

Hati-hati juga yang suka ganti-ganti pasangan saat melakukan hubungan intim. Karena dari hubungan seksual yang berganti pasangan, bisa menyebabkan bakteri E-coli tumbuh subur.

Wanita Lebih Rentan Terkena Anyang-Anyangan

Di Indonesia itu gejala ISK juga dikenal sebagai anyang-anyangan. Ciri-ciri mereka yang mengalami anyang-anyangan adalah : ingin BAK terus menerus, terasa sakit saat BAK, dan tidak lancar hingga pengennya BAK lagi dan lagi.

Nah, mengapa wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan? Meski sebenarnya enggak hanya wanita saja yang bisa kena anyang-anyangan. Anak-anak, bahkan pria memang bisa juga mengalami anyang-anyangan. Namun terutama wanita hamil dan yang udah menopause tergolong resiko tinggi mengalami anyang-anyangan.

Nah, 4 hal ini menjadi penyebab wanita rentan kena anyang-anyangan :
1. Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih pendek dan dekat dengan anus bila dibandingkan dengan pria.
2. Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah BAK. Nah air ini bisa menjadi tempat bakteri karena bisa saja airnya kotor.
3. Wanita juga diduga sering menahan BAK karena harus ke toilet. Suka malas karena lebih repot, kudu nyari tisu, atau enggan menggunakan toilet umum.
4. Resikonya juga lebih tinggi karena wanita lebih gampang kemasukan bakteri, melalui dudukan toilet, toilet kotor, dan lainnya.

Menurut dr. Olivia, sebenarnya dalam keadaan normal urine tidak mengandung bakteri, virus, atau mikroorganisme lainnya.

Namun karena penyebab seperti masuknya bakteri E.coli ini yang menjadi penyebab anyang-anyangan. Nah kalo dibiarkan aja gejalannya bisa mengarah pada ISK.

Lebih kasihan lagi kalo wanita hamil mengalami ISK. Ada tiga macam penyebab dengan gejala yang hampir mirip.
- Asymptomatic bacteriuria (ISK tanpa gejala). ISK ini disebabkan oleh bakteri komensal. Bila tidak diobati bisa menjadi pyelonephritis.
- Urethritis akut / cystitis, yang gejalanya adalah nyeri, rasa panas, sering BAK.
-  Pyelonefritis, dengan gejala panas, demam, menggigil, malaise, dan nyeri pinggang.
Bila gejala di atas dibiarkan, bisa menjadi kondisi yang serius. Dan mengakibatkan komplikasi ISK pada kehamilan. Seperti akan menyebabkan kelahiran prematur, bayi dengan berat lahir rendah (BBLR), Preeklampsia, Hipertensi, gagal ginjal, bahkan bisa juga mengakibatkan kematian janin. Huhuuu, sedihnyaaa.

Dari riset yang dilakukan oleh Uricran, sebagian responden menyadari kalo anyang-anyangan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Selama ini di masyarakat bila ada yang kena anyang-anyangan, solusinya adalah memperbanyak minum air hangat. Atau kalian pernah mengikat jempol kaki dengan karet gelang? Hihihii, itu mitos ya. 


Gimana dong solusinya? Pasti ada dong, dengan ikhtiar seperti berikut ini :

  • Minum air putih sekitar 1,5 - 3 liter per hari. Kalo bingung untuk memenuhi jatah minimal minum air putih ini, bisa diatur setiap bangun pagi minum 600 ml. Kemudian setiap 1 jam sekali bisa nambah 300 ml. Begitu terus hingga tercapai jatah yang harus diminum. Ini udah saya lakukan sejak lama, sehari bisa minum 3 liter air. Mungkin ini juga yang bikin saya enggak pernah mengalami anyang-anyangan.
  • Jangan pernah menahan BAK. Udah tahu kan ya penyebab ISK juga karena menahan tidak kencing hingga sampai rumah.
  • Bersihkan area kewanitaan dengan benar. Seperti membasuh setelah BAK adalah dari depan ke belakang. Jangan sampai salah ya.
  • Melakukan pemeriksaan urin secara rutin. Itu lah sebabnya wanita hamil selalu diminta menampung urin tiap kali periksa ke dokter spesialis kehamilan. Nah, perlu kalian tahu, cara menampung urin yang benar adalah, tampung urin bukan yang pertama keluar. Maksudnya, urin yang pertama itu dibiarkan saja terbuang. Setelah itu baru tampung urin yang benar-benar diperlukan untuk pengecekan isi kandungannya.
  • Gunakan pakaian dalam yang bahannya menyerap keringat atau tidak bikin lembab.
Namun sebagian besar masih ada juga yang belum melakukan upaya apapun untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan.


Uricran Menjadi Solusi Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Ternyataaa ... ada loh solusi mencegah ISK dan udah lama diteliti oleh dunia internasional.

Udah ada yang kenal dengan Cranberry? 

Selama ini penderita anyang-anyangan / ISK yang udah parah akan berobat ke dokter. Dan kemudian akan diberikan resep antibiotik. Sayangnya konsumsi antibiotik tidak bagus untuk kesehatan, terutama ibu hamil.

Nah dengan mengonsumsi buah Cranberry ini, bisa jadi alternatif non antibiotik profilaksis yang mampu mengurangi resiko terinfeksi bakteri E-coli sebesar 36%. Juga menurunkan 58% angka kejadian ISK yang berulang.

Cranberry telah lama diteliti sebagai buah yang efektif mencegah infeksi saluran kemih. Ternyata adanya kandungan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.


Infeksi Saluran Kemih
Foto diambil dari web uricran.co.id
Buah berwarna merah tua dari tumbuhan berry liar yang tergolong tumbuhan semak pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada

Karena memang buah ini tidak umum dijual di pasar maupun supermarket. Kalau pun ada supermarket yang menjual, biasanya harganya mahal karena produk impor.

Belum lagi dengan rasanya yang asam, karena tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Jadi mesti diolah dulu sebagai jus dan dicampur dengan bahan lain untuk menurunkan rasa asamnya.

Combiphar memahami dan memberikan solusi praktis untuk mengonsumsi Cranberry.  Yaitu dengan menciptkan produk Prive Uri-cran, yang dibuat dari ekstrak buah Cranberry untuk mencegah anyang-anyangan dan ISK serta ISK berulang.

Ada 2 produk yang disarankan untuk kalian minum setiap hari. Yang pertama adalah Prive Uricran berbentuk kapsul. Konsumsi 1 - 2 tablet setiap hari untuk mencegah anyang-anyangan atau menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih.


1 box isi 30 kapsul
harga 106 ribu 
Prive Uricran Plus
1 box isi 15 sachet @ 8 gram

Dengan mengonsumsi Uricran, kalian kalo kena anyang-anyangan atau ISK, tidak memerlukan antibiotik dari bahan kimia. 


Di Mana Bisa Membeli Prive Uricran?

Prive Uri-cran Plus bisa kalian dapatkan di apotek dan toko online. Harganya juga murah dibandingkan bila kalian kena sakit infeksi saluran kemih. Apalagi Prive Uri-cran ini dapat mencegah Infeksi Saluran Kemih dan Infeksi Saluran Kemih Berulang. 

Oh iya, karena kemarin saya hadir di event bareng Combiphar, dan ada booth Uricran di bagian belakang tempat duduk peserta. Saya pun membeli satu dos isi 15 sachet yang isinya @ 8 gram. Harga satu dos ini 76 ribu rupiah, murah ya. Karena ada diskon kalo beli di lokasi acara.  


Uricran isi 8 gram 98
untuk gelas berisi air 150 ml

Paling nikmat diminum dengan air dingin. Kalo saya lebih suka air dengan suhu ruang, gitu juga udah seger. Nggak harus dengan air dingin. Praktis banget kan, sahabat.

Prive Uri-cran Plus aman dikonsumsi tiap hari, dengan dosis 1 - 2 sachet perhari. Kandungannya sebagai berikut :
- Tiap sachet Prive Uri-cran Plus mengandung 375 mg ekstrak cranberi, 60 mg vitamin C, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum, Lactobacilus acidophilus, Fructo Oligo Saccharides, dan 1 mg kalsium laktat glukonat.
- Bahan aktif cranberi, yaitu cranberi proanthocyanidin (PAC) dengan dosis 500 mg ekstrak cranberi - 36 mg proanthocyanidin (PAC).
- Vitamin C bekerja sebagai antioksidan.
- Bifidobacterium bifidum, adalah probiotik.
- Lactobacillus acidophilus, probiotik yang secara alami terdapat di dalam saluran genitourinaria wanita.
Jadi sekarang udah tahu ya, anyang-anyangan itu jangan disepelekan. Kalian harus selalu sedia Prive Uricran di dalam tas. Nggak pengen kan menjadi salah seorang dari 5 wanita yang kena anyang-anyangan?

Kebetulan pula hari itu mba Ika juga sharing pengalamannya saat kena anyang-anyangan. Alhamdulillah begitu mba Ika membeli Uricran, dan mengonsumsinya  beberapa sachet, anyang-anyangannya terhempas. Sejak saat itu Mba Ika rutin minum setiap hari 1 sachet Uricran.


Menjadi wanita itu harus peduli dengan kesehatan organ tubuh dengan sebaik mungkin. Dengan tubuh terbebas dari anyang-anyangan, kalian bisa bebas beraktivitas sepanjang hari. 


Foto dari Mbak Ika Puspita
Alhamdulilah saya udah kenal Uricran sejak tahun lalu. Dan rutin minum setiap hari, biasanya menjelang siang hari. Nggak harus nunggu kena anyang-anyangan dulu baru minum Uricran. 

Kemana pun pergi, saya berusaha membawa bekal air minum dan Uricran. Saya sering menggunakan toilet umum. Nggak mau dong kalo bakteri E-coli masuk ke tubuh tanpa ada pencegahan alami yang murah. 

Dan saat acara hampir berakhir, saya bahagia waktu memenangkan hadiah dari undian nota pembelian Prive Uricran Plus. Alhamdulillah, saya membawa pulang hadiah berupa toples susun yang jumlahnya ada 12 set. Udah dapat wawasan bermanfaat, masih pula dapat hadiah. 

Foto milik Mbak Ika Puspita
Nah, kalian pun mesti bebas anyang-anyangan agar tetap aktif dan percaya diri menjalani kegiatan rutin sepanjang hari. Saya sudah melakukan pencegahan diri dari ISK dengan konsumsi rutin Prive Uricran. Gimana dengan kamu, sudah kah melakukannya? Cerita yuk pengalaman kamu bersama Uricran, sahabat. Wassalamu'alaikum.

41 komentar:

  1. Gak hanya perempuan nih. Pria usia di atas 40 katanya mudah terserang ini. Trims ulasannya mba

    BalasHapus
  2. Uricran ini sahabat (mostly) perempuan ya Mba
    Akupun sering anyang2an dan beberapa kali pake Uricran juga
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Ini andalan aku banget karena abis hamil sempat anyang2an gegara pakai kateter. Enak banget minum uricran ini, berasa seger dan bikin anyang2an ilang :D

    BalasHapus
  4. Aku nih mbak, waktu itu pernah ngalamin anyang2an trus masih punya stok uricran, aku konsumsi, alhamdulillah berangsur membaik, mbak hehee
    Trus kebiasaan juga emang kalau dlm perjalanan suka nahan buang air kecil, kalau keterusan padahal fatal yah huhuu
    Asyik nih dapat doorprize juga ya mbak hehehee
    Makasih Mbak sharingnya ^_^

    BalasHapus
  5. Makasih mbak infonya. Aku jadi lebih aware dengan kesehatan, nggak cuma bagian tubuh yg keliatan aja. Tapi yg ketutup juga. Apalagi setelah ngerti risikonya lebih besar. Ayoo, jaga kesehatan infeksi saluran kemih :D

    BalasHapus
  6. Pernah ngerasain anyang-anyangan. Apalagi kalau pas travelling. Duh menyiksa. Harus bolak balik ke kamar mandi umum. Paling sengsara kalau tempat wisatanya minim kamar mandi. Kalau sekarang mah tenang. Udah ada unicran. Travelling bawa ini jadi lebih tenang.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah aku kemarin juga ikut acara keren ini..jadi makin paham ttg ISK dan pencegahannya..salah satunya ya uricran ini. Mantab deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng ya mbak, bisa ikutan acarab kerenn seperti ini. Selain nambah pengetahuan tentang kesehatan juga berbagi hal yang bermanfaat. Keren deh

      Hapus
  8. Wahh.. lengkip mbak wati. Aku jarang anyang2ngan. Tapi kalo mudik dari dingin ke hawa panas trus minum oberload biasane anyang2an. Dan udah dr tahun kmr juga pake uricran ini

    BalasHapus
  9. Bangun tidur terasa anyang-anyanan, trus pas buka postingan ini lgs ingat Uricran-ku lagi habis, hiks. Ini memang manjur banget buat pencegahan ISK.Meskipun gak rutin tapi aku srg minum juga, buat jaga-jaga aja.

    BalasHapus
  10. Minum air putih yang cukup emang penting banget ya. Saya juga selalu bawa botol minum kalau bepergian. Biar gak dehidrasi dan tentunya terhindar dari anyang-anyangan.
    Uricran ini rasanya enak dan segar, jadi nggak ill feel kalau mau minum.

    BalasHapus
  11. Selamat ya mba dpt hadiah 12 set ya. Uri cran ampuh utk ngatasi problem anyang2an ya mba
    Jadi nahan pipis jg bisa bikin isk, kakak ipar aku pernah ngalami ini.. sampai berobat ke dokter.

    BalasHapus
  12. minuman yang sehat ya, rasanya enak dan bisa baik buat kesehatan wanita juga, maklum, wanita banyak yang diurus termasuk bodi

    BalasHapus
  13. Paling gak nyaman kalo udah kena infeksi saluran kemih, rasanya tuh nyut-nyutan dan kadang sampai perih

    BalasHapus
  14. Aku nih sempat ISK berulang. Ntah datangnya darimana itu bakteri, yang jelas bikin nggak nyaman, padahal gak pernah nahan pipis juga, minum udah banyak. huft..

    BalasHapus
  15. Uricran ini rasanya enak yo apalagi kalo pake air dingin, segerr. Anak2ku wae suka 😁😁

    BalasHapus
  16. Saya juga pernah anyang-anyangan saat hamil dan ISK setelah melahirkan mbak. Alhamdulillah enggak parah sih. Nah, tetangga saya yang supir pertamina juga pernah ISK duh ngeri dengerceritanya. Katanya emang terbiasa nahan BAK, ya soalnya dia kan supir ya pas di jalan kebelet kan otomatis ditahan. Itulah awalnya dia kena ISK selama seminggu baru sembuh

    BalasHapus
  17. Saya kalau pas lagi tanggung-tanggungnya kerja, terus pengen BAK, jadinya ditahan gitu :(

    Pernah anyang-anyangan sekali dan kapok. Bentar-bentar ke belakang buat BAK, dan urinnya yang keluar cuma dikit. Kan bikin sebel.

    Uricran itu enak ya. Enggak terlalu asam. Diminum pake es, jadi kayak sirup. Suegerrr....

    BalasHapus
  18. Iya, aku masih suka nahan pipis. Apalagi kalau lagi di jalan kadang ga nemu toilet bersih.

    BalasHapus
  19. Iya nib, wanita lebih rentan terkena ISK karena saluran kemihnya lebih pendek. Uricran bisa jadi salah satu solusi untuk pencegahannya. Asik.

    BalasHapus
  20. Aku jarang nahan BAK mb, tapi memang nggak kerasa BAK lumayan lama, hehehe
    Kali asupan minumku aja yang kurang banget ya... thanks info sehatnya mb Wati :)

    BalasHapus
  21. Saya pernah beberapa kali pernah anyang-anyangan, duh enggak enak banget, enggak nyaman...

    BalasHapus
  22. Akhirnya saya menemukan produk ini ada di Apotik di Malang, kapan hari pas butuh saat anyang-anyangan produknya sold out, berarti emang sebagus itu ya manfaatnya

    BalasHapus
  23. Kalau di Indonesia kayaknya aku bebas menemukan toilet dengan air bersih tapi pas ke Singapura lupa bawa tissue basah sementara toiletnya toilet kering dan nggak ada airnya. Duh di situ lah saya nahan-nahan pipis. Nggak enak banget rasanya.

    BalasHapus
  24. Wah refrensi bangrt nih buat teteh ku yang punya sakit karena keseringan nahan pipis gt..

    BalasHapus
  25. Aku dulu pas anyang-anyangan juga minum ini mba Hiday
    alhamdulillah jadi semakin membaik. Keren acaranya aku pengne ikutan tapi pas jadwalnya ibuku libur. Jadi me time sama momy

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah ada Uricran ya mba, kita jadi terbebas dari ancaman ISK karena udah enggak kena anyang-anyangan lagi.

    BalasHapus
  27. Wah, Bu Wati menang banyak ya, hihihi, selamaaaaaaatttt.
    Kujadi ingat kejadian minggu lalu, saat acara di salah satu hotel, kaena buru-buru, asa ndeprok aja, tanpa membersihkan kloset duduknya. Sampai rumah duh duh, langsung gatal-gatal di area miss V. Alhamdulillah, setelah kutangani, paginya sudah baikan. Perlu diingat banget nih, kalau pakai toilet umum, jangan buru-buru.

    BalasHapus
  28. Iyaa kadang ngga tega mau pipis kalau toiletnya kotor, jadi ditahan dan ternyata malah bikin penyakit ya infeksi kandung kemih yang mengganggu dan bahaya..

    BalasHapus
  29. Bermanfaat banget deh khasiat Prive Uricran ini. Aku yang dulu kalo kena anyang-anyangan cuma nunggu waktu biar sembuh, jadi bisa cepet sembuh. Cuma tinggal nyeduh 1-2 kali pun udah sembuh.

    BalasHapus
  30. Keren Combhipar. Dengan Uricran, sekarang mengurangi efek tak nyaman anyang-anyangan jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  31. Ku pas hamil kan kena isk minum ini rada enakan mba.
    Trus ini kan juga nambah daya tahan tubuh

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah, kita bisa mengantisipasi datangnya anyang-anyangan dengan Uri-cran ya mbak. Semoga kita semua makin aktif dan percaya diri tanpa anyang-anyangan ya mbaa ��

    BalasHapus
  33. Paling nyebelin tuh kalau lagi anyang-anyangan ya mbak, sepertinya harus memang sedia ini untuk dirumah ya. Jadi kalau sewaktu-waktu anyang-anyangan bisa minum deh.

    BalasHapus
  34. Suka banhet sama rasanya UriCran ini. . apalagi manfaatnya.. Dengan kemasan praktis kayak gini jadi gampang juga dibawa saat bepergian..

    BalasHapus
  35. UriCran ini aku sudah cobain, pas kemarin anyang-anyangan minum ini juga.

    BalasHapus
  36. ISK ini sungguh menyiksa.
    Aku udah 3 kali kena. Dan 2 kali ke dokter, lalu di resepin antibiotik.

    Coba aku tau Prive Uri-cran yaa..
    Minumnya tanpa derita rasa gak nyaman di mulut, karena rasanya segar.

    BalasHapus
  37. Uricran sangat ampuh mengatasi anyang-anyangan. Udah membuktikan sendiri sayah.

    BalasHapus
  38. ISK jangan sampai dibiarin berlarut ya mbak nanti jd penyakit yg lbh serius. AKu pernah minum Uricran ini rasanya enak gak kyk minum obat hehe :D

    BalasHapus
  39. Aku kapok nahan pipis saat perjalanan, pernah nih nahan krena g nemuin toilet, ya kali aku di kebun teh tambi kan. Ktmu toilet saat di wonosobo ktmu musholla. Dan bsoknya kena anyang2an hiks

    BalasHapus
  40. aku fokus bnaghet sama fuji nya, hehhee... uricran ini aku suka minum di siang hari pake air dingin enak banget ih

    BalasHapus