Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Bahan Tote Bag dan String Bag - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 19 Juli 2019

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Bahan Tote Bag dan String Bag

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Bahan Tote Bag dan String Bag


Assalamualaikum Sahabat. Siapa yang suka jalan-jalan bawa tote bag? Saya termasuk wanita yang hobi traveling dan nggak lupa pakai tote bag atau string bag. Enak aja gitu, bawanya. Diisi tempat minum, handuk kecil, tisu basah, tempat make up, bahkan seplastik jajan semua bisa masuk.

Ukuran yang besar memang menjadi pilihan saya, dan mungkin sebagian besar dari kalian, terutama ibu muda lebih memilih pakai tote bag atau string bag.

Tak dipungkiri bahwa tote bag atau kerap juga disebut sebagai goodie bag merupakan tas cukup besar yang tidak ber-resleting dan pada umumnya terbuat dari kain kanvas. Namun  tas ini juga memiliki tali pegangan di kedua sisinya yang dibuat sejajar. 

Di sisi lain, string Bag itu sendiri merupakan tas yang semuanya secara murni dibuat dari bahan kain, serta mempunyai renda di bagian atas untuk menutupi tas itu sendiri. Etapi ini juga pilihan sih ya, suka-suka gitu.

Dan memang tas ini fungsinya juga banyak, tergantung si pemakai gitu. Pertama-tama, tas jenis ini dipakai untuk menemani aktivitas berolahraga saja. Atau bisa juga untuk berbagai kegiatan yang cukup menguras keringat. Agar bisa bawa handuk dan baju ganti. 

Akan tetapi saat ini, String Bag seringkali dipakai untuk menemani kalian bepergian atau traveling. Yaaa, mengingat bentuknya yang simpel dan cukup elegan.

Nah Berikut ini ada beberapa bahan untuk membuat tote bag dan string bag :

1. Polyester

Disebut juga dengan kain sintetis atau tiruan, Polyster memiliki ciri khas yang tahan lama alias dan lumayan kuat, terutama untuk membawa benda-benda yang cukup berat. Kayak saya yang suka memasukkan berbagai barang, kadang power bank juga, pouch skincare, botol minum, hihiii.

2. Kanvas Katun


Tak disangsikan lagi, bahan ini berserat kokoh sehingga amat cocok untuk pembuatan Tote Bag. Menariknya dalam sejarah pertamanya, bahan ini sebenarnya dipakai untuk keperluan melukis saja. Namun seiring perkembangan waktu, juga digunakan untuk bahan jahit-menjahit.

Nah, bahan ini sekarang lagi banyak yang nyari. Bahkan saya pun udah pernah beli untuk dijadikan tote bag buat goodie bag acara di tempat kerja suami.

3. Nylon

Sesungguhnya kain jenis ini cukup lumayan digunakan untuk membuat dua tipe tas tersebut. Alasannya tentu karena  kain ini lumayan kuat untuk membawa barang-barang keperluanmu yang lumayan berat.

4. Neoprene

Di samping mempunyai ciri khas yang lembut serta halus alias tidak kasar, Neoprene juga memiliki level fleksibilitas yang cukup lumayan bisa diandalkan . Sehingga akan cocok dipakai oleh siapa saja dan dimana saja. Nah, secara umum bahan ini digunakan untuk membuat tas anak-anak dengan beragam corak maupun motif.    

Di bawah ini perlu juga diuraikan macam-macam bahan yang secara umum digunakan dalam membuat tote Bag. Lanjut aja ya nomernya, untuk pilihan bahan tote bag ini.

5.Kain Spunbond 


Sesungguhnya tipe kain ini dibuat dari serat yang panjang yang diolah dengan menggunakan kombinasi bahan kimia serta cat pelarut yang telah dipanaskan. Akan tetapi sayangnya, jenis kain ini biasanya lebih rapuh dari dari bahan blancu dan kanvas.  Namun keunggulannya,  bahan ini bisa membuat Tote Bag untuk keperluan sebagai tas plastik yang murah meriah dan terjangkau kantong kalian.

6.Kain Blacu

Sebagai tambahan informasi, tipe kain ini memiliki bahan utamanya yang merupakan kapas sehingga nampak elastis. Akan tetapi perlu diingat bahwa kain jenis ini, mempunyai tekstur tipis dan sedikit kasar. Keunggulannya, bahan ini biasanya lebih kuat dari  jenis Spunbond, dan harganya pun cukup terjangkau kantong.

7.Kain Kanvas

Memiliki tekstur yang lebih halus, serta cukup tebal dan tidak kaku jika dikomparasikan dengan kain jenis blacu, kain kanvas adalah kain mori yang telah melalui proses pemutihan. 

Menariknya, jenis kain ini begitu disarankan dalam pembuatan Tote Bag karena penampilannya yang  sangat elegan serta memberikan kenyamanan bagi sang pemakai. Tote bag kanvas sering digunakan juga untuk kebutuhan custom tote bag karena bahannya yang dapat menyerap tinta dengan baik.

Ini ada contoh hasil produk dari Porinto, bisa dilihat dulu ya sob :D



8.Kain Drill

Nah sebagai tambahan informasi saja bahwa kain jenis ini merupakan kombinasi antara cotton dengan bahan polyester. Namun bahan ini mempunyai serat bergaris miring-miring. Bagusnya lagi, kain ini tidak akan membuat Tote Bag mudah kusut dan warnanya pun tidak mudah pudar. 

Namun ada juga kelemahannya. Yaitu kain ini sedikit lebih mahal mengingat kadar cotton yang dikandungnya. Akan tetapi kalian juga nggak bakal kecewa mengingat kain ini memiliki permukaan yang berbeda antara bagian belakang dan bagian depannya. Sehingga akan membuat Tote Bag terkesan elegan dan trendi.

Begitulah ulasan pendek mengenai tipe-tipe bahan pembuat tote Bag dan string bag ini. Dan tentunya, bahan yang kalian gunakan untuk membuat tas tersebut akan berdampak langsung terhadap keawetan tas itu sendiri. Selamat berkreasi, sahabat. Wassalamualaikum.

26 komentar:

  1. Bisa pesan untuk goodie bag ya, bagus lah kalo bisa desain sendiri. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong, mungkin malah dapat diakod kalo pesan dalam jumlah besar. Coba aja ya

      Hapus
  2. Asik asik, akhirnya aku paham soal perbedaan bahan2 pembuatan tas ini
    Pantesan ya, ada tas yg awet, ada juga yg gampang rapuuhhh kayak hati :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Mantul mbk aku baru tahu bahan-bahan totebag ternyata banyak jenis aku tahunya canvas aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak dong mba, sesuai kebutuhan untuk pemakaian apa gitu

      Hapus
  4. Wah kepikiran buat tas Dan design sendiri. Baca postingan ini jadi lbh tahu bahan-bahannya. Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoook bikin, dirimu bisa pesan sesuai keinginan

      Hapus
  5. Sekarang tas model ini berguna bgt buat belanja ke minimarket :D Dari banyak bahan, saya pribadi sukanya kain blacu. Entahlah, kelihatan eksotis gitu sih warna dan teksturnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus punya beberapa buat belanja berbagai jenis belanjaan Jangan digabungkan antara makanan dan produk kebersihan rumah

      Hapus
  6. Duh, aku kok baru tau istilah string bag hehe, padahal pernah pake.
    String bag, tote bag pernah pakai, sekarang lebih sering pakai tas kecil aja yang ringan-ringan :D

    BalasHapus
  7. Aih, bisa custom ya bikin tote bag gini. Bakalan spesial ya mba kalau punya tote bag canvas yang mengikuti desain kita sendiri. Bisa jadi ide nih. ;)

    BalasHapus
  8. Inspirasi dari Tote bag, Adit Yara bisa menciptakan tas lipat brand Niion yang kini bisa tembus pasar mancanegara. Sepele tapi ternyata besar ya pengaruhnya tas ini

    BalasHapus
  9. Aku dulu suka jait sendiri tote bag buat acara ultah anak dan buat les anak2.
    Pakainya yg bahan kanvas :D

    BalasHapus
  10. jaman kuliah aku seneng banget nih pake totebag, pas udah jadi ibu ibu juga kepake buat belanja

    BalasHapus
  11. Aku juga sekarang kalo belanja di mini market suka bawa tote bag mbak, biar gak usah pake keresek. Suka nyetok juga di motor, kadang suka butuh soalnya hehehe. Multifungsi bener lah tote bag ini

    BalasHapus
  12. Yah aku suka pakai tote bag. Dan paling suka bahan kanvas. Bahkan aku pakai buat ke kantor juga mba. Nyaman bener

    BalasHapus
  13. Suka pakai totebag kalau ke sekolah anak-anak aja sih sama ke supermarket sebagai ganti plastik. Kebanyaka totebag aku dari godiebag event hehe.

    BalasHapus
  14. Aku suka ngumpulin tote bagian yang gambarnya lucu2 buat belanja. Apalagi zaman sekarang tote bg desainnya kreatif banget

    BalasHapus
  15. KAlau saya sukanya dari bahan kanvas atau blacu. Sukanya yang ukuran besar. Bisa muat banyak :D

    BalasHapus
  16. Selama ini saya seringnya pakai tote bag yang dari bahan kanvas atau blacu. Zaman sekarang berguna sekali ya, untuk dipakai belanja.

    BalasHapus
  17. Aku suka bahan katun, terutama yang 100% cotton karena lebih ramah lingkungan. Tapi, totebag yang aku punya kebanyakan spoundbond karena dapat dari goodiebag.

    BalasHapus
  18. Aku juga kadang2 pke biasanya sih buat tas tambahan kalau tas ranselku kurang besar alias ga muat hehe..

    BalasHapus
  19. Bahannya memang beraneka rupa yaaa mba.. dan juga ada macam - macam modelnya. anakku suka pakai string bag

    BalasHapus
  20. wuahh aku butuh banget artikel kayak gini hahaha aku suka tote bag tapi bingung2 mana yang bagus dan tahan lama, akhirnya ada blogge yang tuliskan hehe makasih infonya mbak

    BalasHapus
  21. Jadi keingatan ama suami pengen usaha tote bag ginian mba hahaha
    tapi belum nemu tempat sablon yang keren, aduhhh jadi menggelora banget nih mba.
    Solnya aku tipe pemakai tote bag. Praktis

    BalasHapus