Aktivitas Pengiriman Paket Same Day Delivery Paxel Selama Ramadhan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 10 Juli 2019

Aktivitas Pengiriman Paket Same Day Delivery Paxel Selama Ramadhan

Aktivitas Pengiriman Paket Same Day Delivery Paxel Selama Ramadhan

Paxel Same Day Delivery

Assalamualaikum Sahabat. Bulan puasa memang identik dengan pertumbuhan ekonomi mikro yang menggeliat. Entah ada alasan apa, setiap ramadhan tiba hampir semua pasar tradisional dan pasar modern mengalami peningkatan omzet penjualan. Bahkan jasa pengiriman pun meningkat karena penjualan berbasis digital juga naik omzetnya.

Adik ipar saya yamg berjualan di toko online bercerita bagaimana selama bulan ramadhan itu, omzet penjualan hijabnya meningkat pesat. Hampir tiap hari adaa aja yang order. Dan semua konsumen mintanya dikirim hari yang sama dengan saat dia transfer uang.

Iya sih, kalo kecepatan pengiriman barang makin menjadi kebutuhan para konsumen selama bulan ramadhan tahun 2019 ini. Dari data startup logistik e-commerce berbasis teknologi Paxel, selama bulan puasa konsumen semakin intens mengirim paket. Dan semua pengiriman dengan layanan same day delivery, atau pengiriman tiba di hari yang sama. 

Bahkan makin mendekati hari lebaran, kenaikan jumlah pengiriman barang melonjak tajam hingga 64 persen. Itu terlihat pada pengiriman tanggal 5 Mei - 4 Juni 2019, dibanding pengiriman pada bulan sebelumnya di sepanjang tahun 2019.

Paxel Same Day Delivery

Co-Founder Paxel yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita, menuturkan :

Selama bulan puasa, kami melihat konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. Konsumen lebih banyak mengirim makanan beku baik dalam maupun antar kota.

Memang kalo dilihat dari data pengiriman barang pedagang ritel yang menggunakan Paxel sepanjang bulan puasa 2019 ini, udah terlihat jelas. Ada temuan menarik yang bisa menggambarkan kegiatan ekonomi menjelang, hingga selama bulan puasa. 


Berikut temuan selengkapnya:


#1. Sepanjang bulan puasa, konsumen paling banyak menggunakan same day delivery untuk mengirim produk makanan (52%). Kemudian diikuti fashion (20,7%), produk kesehatan dan kosmetik (10,8%), buku (6,7%) dan  peralatan rumah tangga (4,2%). 

Paket Same Day Delivery

Berbanding terbalik dengan jenis paket lainnya, pengiriman buku dan dokumen malah menurun di bulan puasa, dibanding dengan empat bulan sebelumnya. 

Kayaknya yang demen baca sedang mengalihkan pembelian buku dengan produk makanan. Mereka bisa saja mengirimkan paket makanan untuk keluarga atau kerabat yang dituakan. Udah tradisi kan di keluarga di Indonesia, yang muda mengirimkan roti atau makanan untuk kerabat yang lebih tua hubungan kekerabatannya.

#2. Ada lagi yang menarik, sahabat. Satu minggu sebelum mudik dan libur lebaran, konsumen semakin banyak mengirim paket dengan layanan same day delivery. Puncak pengiriman barang terjadi pada minggu ketiga puasa, tanggal 27 hingga 31 Mei 2019, dimana lonjakan pengiriman mencapai 121%.

Kayaknya konsumen yang menerima THR bagi karyawan swasta dan gaji ke-13 bagi ASN, membelanjakan barang untuk dikirim kepada kerabat atau teman.

#3. Pengiriman paket same day delivery selama bulan puasa terbanyak berasal dari Jabodetabek (79%) diikuti Bandung (14%) dan Surabaya. Tetap ya Jabodetabek yang paling banyak menggunakan fasilitas jasa pengiriman Paxel.

Paket Same Day Delivery

#4. Konsumen yang mengirim barang antar kota menggunakan layanan same day delivery mencapai 68%. Memang sih masih lebih banyak daripada konsumen yang mengirim paket same day untuk dalam kota, hanya 32%.

#5. Selama Bulan Puasa, konsumen paling sering memesan pengiriman paket antara jam 8 pagi hingga 12 siang. Tentu maksudnya agar barang dapat dikirim dan tiba di hari yang sama menggunakan Paxel.


Bukan cuma konsumen yang diuntungkan dari tibanya paket di hari yang sama dengan pengiriman. Bagi pedagang ritel makanan yang memasarkan produk secara online mengaku, omzetnya melonjak tajam selama bulan puasa lalu.


Nah, berikut ini tanggapan menarik dari produksen atau pedagang ritel yang mengungkapkan kesannya tentang pengiriman same day ini. 
“Karena saya menjual berbagai macam olahan makanan dari bahan dasar durian, sehingga cukup sulit untuk menjaga kualitas makanan karena harus cepat sampai ke konsumen. Layanan same day delivery sangat membantu jualan saya terutama di Paxel, sehingga omset kami dari pembelian online meningkat dua kali lipat, bahkan hingga empat kali lipat di bulan puasa”, ungkap Sarah Sunda Nirmala, penjual Belah Doeren.

Data pengiriman paket same day delivery ini, diambil dari aktivitas pengiriman paket dan pengguna aplikasi logistik e-commerce, Paxel, sepanjang bulan Januari hingga 4 Juni 2019.

Tentang Paxel

Paxel (PT Paxel Teknologi Unggul) adalah startup logistik e-commerce berbasis teknologi pertama asal Indonesia. Paxel duah terbukti mampu menghadirkan layanan same day delivery antar kota antar provinsi dengan ongkos kirim flat. 

Silahkan baca : Paxel Antarkan Kebaikan di Hari Yang Sama

Sampai dengan 4 Juni 2019, Paxel memiliki 270,192 pengguna dan berhasil mengirimkan hingga 572,626 paket same day delivery. Paxel sudah menjangkau area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Malang, Surabaya dan Bali.

Paxel Same Day Delivery

Proses pengiriman barang Paxel dari hulu ke hilir menggabungkan antara algoritma, teknologi dan manusia. Menggunakan sistem loker, aplikasi dan website, Paxel diperkuat oleh ribuan happiness hero (kurir) yang siap melayani pelanggan di Kota besar Jawa - Bali. 

Peningkatan aktivitas pengiriman ini semoga tetap berlanjut meski bulan puasa sudah berlalu. Apalagi sebentar lagi mau akhir tahun juga. Biasanya ada tradisi mengirim makanan atau bingkisan juga seperti menjelang lebaran. Kalian juga memiliki tradisi serupa, sahabat? Wassalamualaikum.

Dokumentasi dan Materi : Paxel

31 komentar:

  1. Aku dah langganan pake paxel sejak dia bsru perkenalan dulu. Enaknya krn dia bisa sameday service

    BalasHapus
  2. Paxel ini recommended banget, aselik!
    Banyak yg setuju kalo Paxel layanannya super memuaskan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Udah jadi langganan dong ini, dari jamannya masih promosi sampe skrg, enak banget pake paxel. Dipackaging ulang dgn rapih dan cepet sampe. So luv! ❤

    BalasHapus
  4. Aku belom pernah nih pake paxel. Enak juga ya paket kita bisa sampe di hari yg sama. Anti nunggu lama-lama

    BalasHapus
  5. Bunda sdh lm dengar dan membaca tentang Pixel tapi blm menggunakan ta. Untuk pengiriman orderan (retail) buku bunda yg kedua wajib nih sign up akun Pixel, agar pesanannya cepat sampai ketujuan.

    BalasHapus
  6. Wah memudahkan banget nih ya Mbak kalau menggunakan paxel ini.

    BalasHapus
  7. Wah Mbak selama Ramadan kirim paketnya menggunakan paxel ini ya? Mudah ya

    BalasHapus
  8. Mudah banget nih ya kalau mengirim paket dengan paxel ini. Saya jadi pingin nih memakai ini juga

    BalasHapus
  9. Wah bermanfaat banget nih Mbak artikelnya. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  10. Ini pengiriman paket menggunakan paxel sudah sampai dengan di Kota Malang apa belum nih

    BalasHapus
  11. Woahh makin banyak aja nih kak jasa pengiriman paket kaya gini. Jadi happy yah kak kalau apa-apa serba mudah gini. Semoga bisa luas juga nih buka cabang di kota lain

    BalasHapus
  12. Wah keren ya Paxel ini bikin pemakainya betah berkirim2, semoga segera ada cabangnya di sumatera khususnya di Medan

    BalasHapus
  13. Mpo juga pernah gunakan paxel buat kirim barang. Hero baik dan bantuin masukin ke kantong.

    BalasHapus
  14. Saya pengen sesekali cobain pakai jasa Paxel. Apalagi pengirimannya cepat

    BalasHapus
  15. Bener juga ya mba temuan dari Paxel ini. Saat Ramadhan, banyak orang berlomba-lomba mengirimkan paket untuk Hari Raya dan maunya cepat sampai. Makanya pilihan same day delivery jadi primadona nih.

    BalasHapus
  16. Keren nih Paxel!
    Tim LitBangnya langsung ambil data.
    Bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas dan tool untuk branding.

    Good job, Paxel!

    BalasHapus
  17. Temenku nih yang pada bisnis kue kering buat lebaran, banyak yang pake jasa Paxel ini. Same day delivery-nya bikin mereka bisa beromzet besar...

    BalasHapus
  18. Aku andalan banget pakai PAxel,mba. Langsung satu hari nyampe pula. Dan selain itu harganya juga terjangkau :)

    BalasHapus
  19. Ini selama Ramadhan aja ya mba? Sesudah Ramadhan sudah ngg berlaku lagi?

    BalasHapus
  20. Paxel emang ngebantu banget nih dan pelayanannya juga bagus, cepat deh.

    BalasHapus
  21. Sekarang Paxel lagi happening yaa..
    Semua paket nyaman banget dikirim menggunakan Paxel, Same Day Delivery.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok buat Ibuku yang di rumah tinggal berdua sama mas.
      Kalau mas sedang pergi dan gak bisa anter Ibu kirim paket, tinggal pencet Paxel.
      Paket dijemput, aman di rumah.

      Hapus
  22. Kalau butuh kirim barang atau terima barang dengan cepat aku juga andelin paxel apalagi saldonya gak habis2 hihihi ada yg pakai kode aku trus. Apalagi saat Ramadhan ya belimpah rezeki di mana-mana termasuk pengiriman

    BalasHapus
  23. Semoga ke depannya paxel juga bisa menjangkau seluruh indonesia termasuk di kotaku. Pastinya bakal hepi banget klu ada paxel di sini, proses kirim-terima barang bisa jadi lebih cepat ya Mbak.

    BalasHapus
  24. Saya ga sabar nunggu pelayanan pixel ini sampai di Cianjur. Senang rasanya kalau bisa terima atau kirim paket dengan kemudahan dan pelayanan canggih. Semoga paxel segera buka cabang di Cianjur ya

    BalasHapus
  25. Aku beberapa kali pake paxel puas deh..sayang aja belum terlalu banyak area yg bs dicovernya ya .

    BalasHapus
  26. Jadi keinget saldo paxelku hampir 6 juta dan gak tau diapain, apa boleh diuangkan yak hahaha.
    Iya nih ekspedisi kyk Paxel ini sangat membantu OS2 terutama OS yang jualan makanan ya mbak :D

    BalasHapus
  27. Aku baru nyobain pake Paxel waktu kirim barang dari Bandung ke Jogja minggu lalu. Cukup puas sih. Cepet nyampenya..

    BalasHapus
  28. Jadi andalan banget untuk kirim paket same delivery.. aku baru aja kemarin kirim paket ke tanggerang.. hanya dalam waktu 6 jam sudah sampai lho.. cepet banget kan.. dan selalu suka dengan keramahan super hero nya paxel

    BalasHapus
  29. PAXEL memang is the best soal pengiriman Same Day
    Kirim kue bisa dipastikan aman sampai di lokasi tanpa basi

    BalasHapus
  30. Aku pernah coba pakai Paxel juga Mbak. Senengnya, area rumahku sekarang sudah tercover Paxel nih hihi jadi bisa manfaatin kirim2 cepet pakai Paxel ��

    BalasHapus