Mengamankan Website Dengan SSL Certificate - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 26 Juli 2019

Mengamankan Website Dengan SSL Certificate

Mengamankan Website Dengan SSL Certificate


Assalamualaikum Sahabat. Saya masih ingat ketika tahun 2018, dunia blogging cukup heboh dengan email peringatan yang disampaikan oleh Google. Saya aslinya udah lupa detil info dari Google ini. Tapi yang masih saya ingat adalah, bahwa website yang masih menggunakan HTTP, dianggap kurang aman. Itu lah kenapa pemilik website diminta untuk mengubah alamat HTTP menjadi HTTPS.

Sebenarnya sudah sejak tahun 2014, Google menerapkan HTTPS untuk menentukan peringkat pada mesin pencarian. Website yang bisa diakses adalah yang aman. Dengan menggunakan HTTPS atau menambahkan sertifikat SSL pada website, akan berpengaruh pada peringkat di mesin pencarian Google.

Sertifikat SSL atau SSL Certificate tidak hanya untuk keamanan suatu website, tapi juga melindungi trafic web. Sehingga baik yang masuk maupun keluar dari pengunjung, website kita tetap aman.


Gembok Kecil Sebagai Penanda Website Aman

Apakah kalian udah tahu kepanjangan dari HTTPS? HTTPS adalah HyperText Transfer Protocol Secure.

Nah, kalo kalian menemukan website yang masih tertulis HTTP, yang artinya tidak aman. Memang paling bagus adalah segera keluar dari mesin pencari website ini.

HTTPS memberi jaminan bahwa komunikasi antara browser pengguna dan server website berjalan dengan aman. Nah, untuk mengetahui website sudah menjadi HTTPS adalah melalui address bar yang berwarna hijau. Lambang yang digunakan adalah gembok yang muncul sebelum tulisan HTTPS.


Sebelum tahun 2018, website e-commerce rata-rata sudah menggunakan HTTPS ini. Tahu dong kalo e-commerce itu berhubungan dengan pembayaran online. Ada perincian detil yang sifatnya rahasia dan dikirim dengan aman untuk mencegah data ini dicuri oleh hacker.

Nah, mengingat banyak kejadian tentang kebobolan data di berbagai situs web, Google mulai mengkampanyekan perubahan HTTP menjadi HTTPS.

Dari beberapa kali email peringatan dari Google, bahkan diinformasikan pula bila HTTPS akan menjadi faktor penentu dalam algoritma rangking mereka. Ini yang menyebabkan saat itu dunia blogging menjadi heboh karena ada banyak pengguna masih belum paham dan ketakutan.

Aslinya sih nggak perlu sampai cemas berlebihan. Lakukan aja perintah dari Google dengan mengubah alamat menjadi HTTPS. Beres deh!

Jadi kesimpulannya adalah, Google sangat menyarankan agar pemilik website mengubah alamat jadi HTTPS agar :
- Situs website aman dari serangan hacker
- Bisa meraih page one di hasil pencarian
- Menjaga operasional online pada masa depan


Mengapa Website Butuh Sertifikat SSL?

SSL begitu penting bagi sebuah website hingga Google saja mengharuskan semua website untuk memiliki sertifikat SSL di websitenya.


Berikut ini alasan mengapa website kalian membutuhkan Sertifikat SSL:

- Melindungi Informasi Personal 

Saat ini online shop yang identik dengan dunia digital, membutuhkan akses internet banking. Ingat kah ketika kalian belanja di toko online, harus menyebutkan nama lengkap, alamat pengiriman, nomer telepon, bahkan alamat email. Bahkan untuk pemesanan tiket kereta atau pesawat, kalian juga diharuskan memasukkan nomer KTP.

Langkah menuliskan data personal ini tentunya menjadi hal beresiko bila website milik e-commerce tidak memiliki Sertifikat SSL. 

Sertifikat SSL ini salah satu langkah penting yang menjamin keamanan pengiriman informasi secara online. Jadi pengunjung website e-commercer terlindungi data personalnya. 


- Website Lebih Kredibel

Pernah nggak sih kalian menemukan keterangan dari Google seperti : Your connection is not private?

Ternyata ini penyebabnya adalah website tersebut tidak memiliki SSL. Website yang mengaktifkan Sertifikat SSL nya, akan terindex dan menaikkan rangking situs di mesin pencarian Google.

Nah, perlu kalian ketahui bahwa separuh hasil pencarian di Google Search adalah HTTPS. Makin hari jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan makin bertambahnya website yang menggunakan SSL.


- Menjadi Langkah SEO Website 

Pemilik website sering melakukan berbagai langkah untuk optimasi agar bisa keindex Google. Ada banyak langkah optimasi website dan itu kadang bikin pusing pemilik website. Terutama pemilik toko online dengan modal kecil. Semua urusan promosi, mengelola website e-commerce nya, hingga mengurus keuangan. Mana dia punya waktu untuk melakukan optimasi website nya agar berada di rangking atas mesin pencarian Google?

Seperti yang sudah saya tulis di atas, Google menyukai website yang memiliki Sertifikat SSL. Dengan SSL ini, Google yang mengatur sebuah website berada di rangking di halaman pencarian. Dengan berada di page one, tentunya website diharapkan semakin tinggi pula trafiknya. Sertifikat SSL menjadi auto SEO sebuah website.


Nah, sampai di sini kalian udah memahami kan betapa pentingnya SSL Certificate. Ada lagi nih langkah berikutnya yang saya ceritakan dari pengalaman seorang teman.

Sebagai pemilik toko online yang menyediakan produk hijab, teman saya udah melakukan langkah awal dengan menggunakan SSL Certificate di sebuah hosting Indonesia. Ternyata teman saya mempercayakan pengamanan data konsumennya di QWords. 

Menurut cerita teman saya, SSL Certificate di QWords menjadikan website nya memiliki jaminan keamanan yang warbiyasak.

QWords sebagai penyedia Hosting Indonesia, menawarkan jaminan SSL Certificater terpercaya untuk pengamanan website dengan lebih mudah. Juga menawarkan keamanan website ekstra untuk perusahaan, dan keamanan tertinggi yang disertai pula dengan Greenbar.

Kalo kurang jelas dengan informasi ini, kalian mending meluncur ke website QWords. Akan ada customer service yang dengan ramah menjelaskan keingintahuan kalian. Jangan ragu ya demi keamanan website kalian. Wassalamualaikum.

Picture taken by : QWords

30 komentar:

  1. Kalo masuk anti-ribet-ribet club, serahkan aja semuanya ke QWords ya Mak.
    Dijamin BEREESSS!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Masih banyak nih teman-teman yang masih pada belum aktifin https, dan jadinya kalau dibuka blognya kayak nggak aman gitu ya.

    Keren banget ya Qwords ini, beneran bikin semuanya jadi lebih mudah :)

    BalasHapus
  3. Nah..kalau aku sih paling ya gitu..serahkan ke ahlinya sajaa..hehe..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah saya sendiri udah aktifkan https nih dan ada sih temen yang belum ganti padahal berguna banget ya buat blog dia.

    BalasHapus
  5. Barusan mikir mau bikin blogku https biar lebih aman mumpung masih baru.
    Niatnya besok pagi mau cari info, eh pas banget bw ke sini dan nemu! Bahagia akuu.

    Makasih mbak! Besok mau aku terapin di blogku

    BalasHapus
  6. Aku bingung mba cara bikin blog aku ke https, kata berapa teman bilang lebih aman dan terindex google

    BalasHapus
  7. Wah asik nih kalau blog kita menjadi web blog kredibel . Qwords tempat beli domain untuk mempelancar rezeki dan kemudahan transaksi dengan ssl

    BalasHapus
  8. asik yah kak kalau blog udah https jadinya kita bukanya juga sangat aman. Terimakasih yah kak sdah memberikan informasi ini, dan inimah dangat informatif

    BalasHapus
  9. Kayakny aku harus ke website Qword juga mba. Penasaran juga ya bagaimana cara yang pas untuk pengamanan website :)

    BalasHapus
  10. Kalau webnya melakukan transaksi seperti toko online memang harus https ya biar data2nya juga aman

    BalasHapus
  11. Masalah keamanan data ini jadi sangat crucial ya mba, terlebih website yang digunakan sebagai e-commerce. Data-data pelanggan kalau bisa dibobol orang waah bahaya banget. Dulu pernah ada temanku yang tiba2 akun belanjaannya ada transaksi sekitar 8 juta, bayar pake CCnya. Nah, padahal dia tidak merasa melakukan transaksi tersebut. Cukup rumit saat itu pelacakannya. Ngeriii deh.

    BalasHapus
  12. aku juga suka bertanya - tanyaa nih mba apa sebenernya ssl ini. Thanks for all the information, jadi lebih ngerti deh sekarang

    BalasHapus
  13. Selama ini aku kurang pahan dan tidak terlalu aware juga sih, setelah baca tulisan ini jadi tambah paham sih apa itu ssl dan pentingya mengamankannya.. nice to share mbakku

    BalasHapus
  14. Awalnya jg aku ga ngerti bsoh dgn pentingnya ...tp akhirnya faham juga kalau algoritma gooy itu berubah ubah jg.

    BalasHapus
  15. Sejak tahu manfaat pentingnya SSL Cerrificate bagi sebuah website, saya langsung cari tahu. Dan ternyata buat blog juga penting, soalnya buat blog yang masih http sering muncul peringatan dari google sewaktu dibuka.

    BalasHapus
  16. Kalau keamanan sebuah website terjamin, enak ya jadi pemilih web gak khawtatir lagi. Tingkat keamanan ditentukan dari providernya ya mbak

    BalasHapus
  17. aku masih nemuin blog yang belum HTTPS mba entahlah mereka ga tahu apa ga aware hehehe
    mantul nih qwords aku juga beli domain di qwords

    BalasHapus
  18. Iya mbak blog aku juga udah mengubah ke setingan https. Dulu belum tau jadi didiamkan ternyata hacker mudah banget mengakses kalau enggak aman. Apalagi untuk website bisnis online ya.

    BalasHapus
  19. aku kayaknya udah pake ssl dan https deh, mbak.
    tapi ntar dicek lagi deh gimana kondisi blogku, hehehe.

    BalasHapus
  20. Ini SSL Sertifikatnya berlaku buat semua paket hosting kalau kita beli di Qwords atau hanya paket tertentu aja mbak? Kalau aku kyknya daripada mumet takserahin aja deh ke Qwords 😁

    BalasHapus
  21. Aku dulu gak ngeh soal SSL. Terus pada ribut kan ganti http ke https. Awalnya malas ganti karena waktu itu masih ubek html. Sekarang sih udah bisa ngaturnya tanpa html

    BalasHapus
  22. Saya tidak mengerti tentang SSL ini selain gaptek juga gak paham manfaatnya apa. Setelah baca detail wah emang penting ternyata ya. Karena itu berusaha bisa dan terus coba buat pasang juga. Akhirnya bisa hehehe

    BalasHapus
  23. Beneran panik kalau blog ada apa-apa, soalnya gak bisa selain nulis trus nge-post.
    Jadi mending diamankan yaa..

    Alhamdulillah menggunakan QWords SSL Certificate.

    BalasHapus
  24. aakkhhhh, infonya bermanfaat banget, aku langsung catat dan pahami. sebagai blogger penting banget nih paham akan hal ini

    BalasHapus
  25. Dulu gak ngeh dengan manfaat SSL ini. Jadi setelah tahu, aku jadi aware. Termasuk mgakses blog/website yang gak pake https

    BalasHapus
  26. blogku belum https, mau pasang SSL gini tapi ga paham.
    kalau aku pakai qwords apa SSL-nya gratis?

    BalasHapus
  27. Sebelumnya aku sering denget kalau ssl ini utk e-commerce tapi sekarang jadi makin paham kalau bisa menaikkan pencarian di gooogle, makasih mbak info lengkapnya:)

    BalasHapus
  28. walau uda dijelasin banyak manfaat yang didapat ketika mengganti http menjadi https, masih banyak teman-teman yang mau ganti loh. Tapi mungkin mereka punya alasan khusus mengapa belum berpindah, hehehe

    BalasHapus
  29. ssaya suda ganti menjadi https sesaat setelah diingatkan dong, walau trafik sempat terjun bebas tapi alhamdulillah merasa lebih aman setelah melakukannya :)

    BalasHapus
  30. Aku buka blog yang belum https juga ada peringatan ya kalo gak aman nih. Makanya buruan beralih ke https ya.

    BalasHapus