Review Film : Bumblebee, Autobot Yang Humanis - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Tuesday, 8 January 2019

Review Film : Bumblebee, Autobot Yang Humanis




Assalamualaikum Sahabat. Review Film : Bumblebee, Autobot yang Humanis. Film prekuel dari Transformers ini menjadi tayangan akhir tahun 2018 bagi saya dan suami. Film yang mengisahkan dua tokoh dari dua dunia yang berbeda, dengan mengulik sisi humanis dan berbeda dari film Transformers sebelumnya.

Ya kalo film Transformers sebelumnya kan isinya perang, kejar-kejaran antara autobot, benturan-benturan yang bikin tubuh mereka kadang lepas, dengan suara bising yang bikin kepala pusing, ahahha.

Film ini lebih menonjolkan sisi humanis autobot. Jadi ya autobot itu punya perasaan yang digambarkan dari tokoh utama Bumblebee. Dia bahkan menjalin persahabatan yang manis dengan manusia, yaitu Charlie Watson.

Tanpa perlu berpanjang kata, saya tuliskan ya cerita sinopsis dan review ala saya.
__________________

Sinopsis Bumblebee :

Menceritakan seorang remaja bernama Charlie Watson yang diperankan oleh Hailee Steinfeld. Dia mengalami kegundahan dalam hidupnya. Seperti remaja umumnya yang mulai mencari jati dirinya. Charlie memiliki kisah masa lalu yang sedih, kehilangan papanya karena meninggal. Juga karir sebagai peloncat indah yang harus terhenti karena sesuatu hal.

Hobinya adalah mengutak-atik mobil tua, yang dulunya selalu dikerjakannya bareng sang ayah. Hobi ini mengantarkannya bertemu dengan mobil VW berwarna kuning yang teronggok di bengkel. Selama ini mobil ini diselimuti terpal dan tidak ada yang menggubrisnya.

Ternyata mobil itu adalah bentuk lain dari Bumblebee ya ng sedang bersembunyi dari kejaran Autobot jahat. Sinyal Bumblebee pula yang mengantarkan alien robot datang ke bumi dan memiliki potensi menghancurkan bumi.

Bagaimana peran Charlie dan Bumblebee agar perang bisa dihentikan? 

________________

Review Film Bumblebee :

Awalnya saya nggak begitu tertarik dengan film ini. Rencana dari rumah kami akan nonton film Aquaman. Tapi suami kelihatannya nggak tertarik. Begitu tiba di gedung bioskop di Cinemax, tiba-tiba suami menjatuhkan pilihan nonton film Bumblebee. Ya udah saya manut aja dan membeli tiket masuknya. 


Film Bumblebee

Film fiksi fantasi dengan robot dan endebrai endebrai lainnya. Kalian tahu lah, kalo film ini prekuel dari Transformers. Dan saya mengingat dulu tidak begitu menikmati film Transformers, kecuali yang pertama. Kompleksitas cerita yang bikin Transformers pertama lebih menarik dibanding keempat sekuelnya.  

Bumblebee menarik minat saya ketika scene yang menampilkan sosok manusia muncul. Charlie seorang siswa SMA di kota setempat yang tinggal bersama keluarga baru sang mama. Dengan adik tiri dari pernikahan kedua mamanya, Charlie merasa dianaktirikan.


Film Bumblebee

Hati yang galau hanya bisa disingkirkan bila dia asik bersama mobil tua di garasi rumahnya. Sesuatu kondisi yang kurang disukai sang mama.

Kegiatan lainnya adalah bekerja sebagai pramusaji di sebuah deli lokal. Sebuah pekerjaan yang memberinya uang saku tambahan untuk biaya mereparasi mobil tua miliknya.

Meski kadang dia harus bersabar karena ulah usil sekelompok teman-teman SMA. Seperti mengganggu hingga keisengan mereka telah merusak hari-harinya. Atau menampik nampan yang dibawanya dan berisi snack.

Ada satu impiannya, bisa menghidupkan mobil tua yang dulu selalu menjadi kegiatan mingguan bareng sang ayah.


Film Bumblebee
Bumblebee si kuning
dan mobil peninggalan sang ayah
Hingga satu ketika dia ingin mencari onderdil bekas dari mobil tua milik seorang penduduk lokal, pemilik sebuah bengkel. Di bengkel itu pula sesekali Charlie menjadi pekerja magang tanpa gaji. Sepulang dari college dan kerja di deli lokal. Sebenarnya memang dia sekadar belajar kerja di bengkel. Mencuri ilmu dan kadang malah membantu montir yang sedang membetulkan mobil.

Nah atas ijin pemilik bengkel, Charlie mulai mengoprek beberapa mobil tua yang dianggurkan di gudang. Matanya berbinar ketika menemukan onderdil yang dirasanya pas untuk mobil di garasi rumahnya. 

Tiba-tiba pandangannya tertambat pada sosok mobil kodok yang tertutup terpal. Disingkapnya dan dia mulai ngecek onderdil mobil yang teronggok di sana. Namun dia penasaran, apakah mobil itu bisa dinyalakan. Isengnya kambuh, hingga setelah dicoba mesin mobil VW kodok itu bisa nyala dan ternyataaa ... mobilnya bisa jalan. Surprise banget!


Bumblebee

Nggak hanya Charlie, bahkan seluruh pekerja di bengkel termasuk pemiliknya kaget. Mereka takjub dan menertawakan keberuntungan gadis itu.

Ahhh jadi spoiler nih ceritanya. Intinya sih mobil VW itu jelmaan dari Autobot anggota pasukan yang turun ke bumi. Nama Bumblebee disematkan oleh Charlie karena warnanya yang kuning dengan bentuk mirip lebah. 

Bumblebee memiliki kesetiaan, keberanian, tekad yang kuat untuk membela orang-orang baik. Lucu loh waktu film akan berakhir, Autobot ini berubah bentuk menjadi Chevrolet Camaro. Selain Bumblebee, ada juga Autobot yang menjadi letnan besar yaitu Optimus Prime. Namun dia hanya sesekali sih muculnya dan kadang menyelamatkan si Bumblebee.

Musuh Bumblebee yang menemukan sinyalnya di bumi, adalah dua deception dari Transformers. Namanya Shatter dan Dropkick, memiliki sifat jahat dan sangat licik. Niatnya memang ingin membumihanguskan bumi. Duo alien robot ini diisi suaranya oleh Angela Bassett dan Justin Theroux.

Bahkan kelicikannya terlihat saat merayu pejabat di militer yang ingin terkenal karena kerja sama dengan autobot ini. 

Asliii saya dan suami menyukai tontonan ini. Seru, ada juga yang bikin haru, menyentuh banget hubungan antara Charlie dengan Bumblebee. Jadi film ini nggak hanya kejar-kejaran atau perang antar robot. Tapi juga menampilkan sisi heroik dan drama yang menyentuh. Justru Transformers sebelumnya nggak ramah anak, kalo Bumblebee ini bisa lah ditonton anak-anak. 

Beberapa adegan malah ada lucu-lucunya, hingga penonton sebioskop tertawa bersamaan. Pokoknya nonton Bumblebee itu hiburan banget. Nggak menyangka juga kalo bisa bikin kami ngakak bareng.

Sayangnya konflik dalam diri Charlie kurang ditonjolkan. Hanya sesekali saja sih dimunculkan. Begitu pun Bumblebee kurang kuat juga karakternya sebagai autobot dari Transformers. Padahal kan ini ceritanya tentang si autobot ini. Saya rasa film ini membangun ceritanya yang tergesa-gesa, seakan ingin segera mengakhiri dua perlawanan alien robot yang turun di bumi.

Bahkan meski penayangannya cukup lama, nyaris 2 jam lebih, ceritanya masih terlalu dangkal.

Yang menarik adalah hadirnya juga John Cena, yang memerankan sosok petinggi militer. Dia harus tampil garang seperti umumnya pejabat di angkatan darat. Namun dia pun masih memiliki sikap lunak saat bertemu dengan konflik pribadi. 


Bumblebee

Charlie yang diperankan oleh Hailee Steinfled mampu menghidupkan cerita. Bahkan kabarnya dia bermain bagus dalam film ini dibandingkan film sebelumnya.

Beruntungnya film ini memang menonjolkan sisi humanis autobot. Juga mengurangi benturan-benturan yang menjadi ciri khas Transformers. Ada sih kejar-kerjaran dan benturan di antara sesama autobot namun masih kalah dengan film Transformers sebelumnya.



Bagi pecinta visual klasik, pasti suka dengan setting waktu. Mengambil seting tahun 1980an, dari mobil, pakaian yang dikenakan pemain, hingga model sepatu dan aksesoris, semua terlihat jadul. Namun jadulnya yang istimewa, dengan musik era tahun itu yang bikin penonton jadi nostalgia.

Meski film ini juga menampilkan Transformers yang klasik, jadi kayak reunian lagi. Tentunya tidak semua penggemar Transformers menyukai film ini. Tapi saya dan suami malah puas setelah menyaksikan jalan ceritanya hingga film diputar. Nilainya kalo menurut saya ada di kisaran 7 dari 10. 

Oiya, saya dan suami nonton ini tanggal 22 Desember 2018. Jadi ngak tahu apakah film ini masih diputar di bioskop. Yang pasti sih film ini masuk dalam jajaran box office ketiga setelah Aquaman dan Marry Poppins. Sharing yuk kalo udah nonton film Bumblebee, sahabat. Wassalamualaikum.


dokumentasi dari IMDb

52 comments:

  1. Aku belum nonton nih mba, film nya bersih dr adegan cium2 nggak?

    ReplyDelete
  2. Nonton berdua sama suami? Eum, romantis sekali, aku udh lama gk melakukan ituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami sering nonton mba, jadi hiburan bagi kami berdua

      Delete
    2. Udah sering sih mba, sejak anak-anak tambah usianya, kami jadi sering bengong berdua, hahaha

      Delete
  3. Aku belum nonton film ini deh. Baca reviewnya jadi pengen nonton juga soalnya udah lama banget nggak ke bioskop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk cek bioskop di Semarang, masih tayang atau udah selesai

      Delete
  4. Aku belum nonton buk. Tapi baca judulnya kesannya memang lebih unyu2 ya. Kupikir malah film khusus anak2, ternyata lebih universal ya. Amanat yang menonjol dari film ini aoa sih buk?

    ReplyDelete
  5. aman ya buat ditonton anak-anak? Wah tapi udah sebulan yang lalu ya filmnya. Masih tayang nggak ya di bioskop?

    ReplyDelete
  6. Waw bagus banget tuh sepertinya

    ReplyDelete
  7. Keren banget jadi pingin nonton

    ReplyDelete
  8. Terima kasih informasinya :)

    ReplyDelete
  9. Nah kemarin sempat bicara suami tentang bumblebee lah aku ya ga mudeng tentang filmnya kalau film drama tuh aku sedikitnya mudeng :D tapi liat reviewnya kayaknya seru ya mba

    ReplyDelete
  10. Wah mobilnya VW dan ada di gudang gitu. Akualah keingetan film Disney Herbie.
    Aku belum nonton bumblebee dan gak berencana. Soalnya gak bisa ninggal bayik. Hahha

    ReplyDelete
  11. Kami sekeluarga kebetulan penyuka transformer. Sejak Transformer 1 pasti nonton dan Bumblebee ini adalah favorit anak anak. Duh jadi pengen nonton kalau lihat spoiler begini

    ReplyDelete
  12. Suka banget dengan film yang touching, nonton bumblebee belum pernah sih kalau transformer udah, dan memang saya suka karakter si mobil kuning, kira2 filmnya udah bisa di download gak yah ��

    ReplyDelete
  13. Anak saya sempat mengajak nonton Bumblebee, tapi akhirnya gak jadi karena waktunya gak ada. Dari jajaran robot Transformer, Bumblebee ini memang paling banyak yang suka, ya

    ReplyDelete
  14. dari rumah niatnya mau nonton BumbleBee kan ya, sampe ke Bioskop Noofane minta nonton horor Indonesia. nyesel deh..

    ReplyDelete
  15. Duh aku belum nonton film bumblebee mbak, padahla sebelum-sebelumnya selalu nontono trnasformer, ngajakin anak-anak pada gak mau biasanya mereka yang minta

    ReplyDelete
  16. Ini sih otobot favoritnya anak-anak. Pada udah kepengen nonton nih mereka. Emak bapakknya aja nih yang belom ada waktu.

    ReplyDelete
  17. Aku seumur umur blm pernah nonton ke biokop bareng suami hahaba..bahkan suami mungkin blm pernah msk ke bioskop kecuali masa remaja dulu...aku aja ke bioskop semenjak jd blogger...xixixi..

    ReplyDelete
  18. Anakku yh cowok kepingin bngt nonton film ini,, jd pnasaran sama endingnya,, suka alurnya mba

    ReplyDelete
  19. DI XXI Pekalongan kemarin ada Mba Hiday, tapi aku belum sempat nonton. Mas suami agak ga minat, dia pengen spiderman. AKhirnya batal nonton cuma beli popcorn wakakak
    Ini fotomu jepret pas di dalam bioskop kah?

    ReplyDelete
  20. Anak lelaki saya paling suka nonton transformer. Dia kagum dengan robot-robot yang bisa berubah bentuk. Dan Bumblebee ini salah satu robot favoritnya juga. Kayaknya dia penasaran ingin nonton filmnya juga, deh!

    ReplyDelete
  21. Anakku yang nomor 4 si Pendar sampai jatuh cinta sama robot ini. Dan, berkhayal pengen punya teman robot wkwkwkw

    ReplyDelete
  22. Film nya menarik, sepupu ku yang kecil kecil pada suka film nya

    ReplyDelete
  23. Aku pun belum sempeeet nonton ini! Padahal anak-anakku udah pengen banget. Ceritanya menarik ya..dan banyak pesan baiknya ya mbaaa

    ReplyDelete
  24. Aku belum nonton Bumblebee ini mba. Jadi tertarik baca reviewmu. Ternyata enggak banyak gubrak2nya kayak Transformer yaaa... Aku tadinya juga mbayangin isinya autobot pada bertempur gitu, jadi kurang tertarik untuk nonton. Ternyata enggak yaaa... wah sayang banget deh kelewat nontonnya. Nungguin versi DVDnya beredar aaahh...

    ReplyDelete
  25. Aku belum nonton,beberapa kali sudah direncanakan nonton tapi belum sempat huhu..lebih seru kalau nonton langsung yaaa.

    ReplyDelete
  26. Baru kmaren pengen nonton ini, tp belom jadi hehe. Makasih reviewnya ya mba

    ReplyDelete
  27. eh wait, bu Wati sama misua nonton BumbleBee? wadidaw, selera kalian sangat bisa diacungi jempol, gak semata2 nonton film yang seangkatan doank

    ReplyDelete
  28. Aku juga suka film bumblebee ini dan karakter bumblebee, axl yang robot itu juga bagus mbak wati, axl nonton di bioskop, bumblee nonton di filmbagoesdotcom

    ReplyDelete
  29. Mba Watiii... Gud nyus, Temanggung sekarang ada bioskop, hihii. Dan Bumblebee masih diputer.
    Tadinya ga kepikiran nonton film robot robotan. Tapi ternyata Bumblebee seru gini ya?

    ReplyDelete
  30. Wah mbak wati nonton film ini juga? Aku trahir x nonton sebelum lahiran keumala hahaha

    ReplyDelete
  31. Kalau nggak kesempetan nonton di bioskop karena turun tayang, semoga masih sempet nonton versi onlinenya nih bumblebee. Penasaran nonton langsung soalnya.

    ReplyDelete
  32. Udah lama banget nggak nonton film.. Keknya terakhir nonton film Iqro rame2 itu Mba, pas masih hamil Salsa baru brp bulan, hehe. Udah kangen nonton tapi sudahlah, dinikmati dulu punya bayi ��

    ReplyDelete
  33. Salfok nih sama John Cena itu yg dulu petinju gak sih? Yg apa tuh jaman dulu anak2 nonton berantem2an

    ReplyDelete
  34. Aku suka banget Hailee Stnafield semenjak nonton Pitch Perfect, Mba. Duh, nonton ini bisa banget ya ngobatin rasa rinduku *halah.

    Udah ada di streaming online belum ya. Hiks, nasib nggak ada bioskop gini nig -__-

    ReplyDelete
  35. Ini tuh udah lama kan ya?
    Aku gak terlalu ngikutin tontonan yang asalnya western sih hehe.

    Terlalu dangkal ya mba?
    Semoga ada series nya agar puas ya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film baru dirilis pertengahan Desember sih, gak tahu udah ada di online apa belum

      Delete
  36. Suka penasaran lihat di poster Mall. Tapi jujur, gak terlalu tertarik sama film transformer atau bumblebee. Tapi memang dari segi visual mereka serius banget bikinnya, detail, gak mengecewakan. Makasih reviewnya Bunda. Saya share ke temen yang tertarik hihi.

    ReplyDelete
  37. Kok aku jadi kangen pingin nonton sama suami ya Mbak. Dan surprise banget bacanya waktu mobil vw nya nyala hehehe...

    ReplyDelete
  38. Pengen nonton lagi ke bioskop, tapi ya belum bisa. Kata suami nunggu baby queen minimal 10 bulan. lama banget ya....

    ReplyDelete
  39. Nunggu tayang di tivi langganan deh, hihi. Dasarnya kurang hobi nonton di bioskop hihi

    ReplyDelete
  40. Kayaknya film Bumblebee ini menampilkan sisi berbeda dari seri film Transformers ya. Bosen juga nonton robot mobil berantem terus.

    ReplyDelete
  41. Jujur aku suka film heroik yang tokok utamanya cewek. Kali ini film bumblebee mengabulkannya. Sebagai seorang cewe rebel tokoh charlie bermain apik. Suka karena spin off film ini gak terlalu mengumbar adegan dewasa dibandingkan seri sebelumnya. Ceritanya masih nyambung untuk dilanjut ke film transformer 1 dengan tokoh shia labeaouf hehe

    ReplyDelete
  42. Aku belum nonton nih mba. Dari review mba, sepertinya filmnya lumayan bagus ya dan settingnya dibuat jadul gitu jadi keren banget.

    ReplyDelete
  43. Mbaa, reviewnya aku setuju banget karena memang bumblebee humanis banget di film ini. Anakku juga suka banget

    ReplyDelete