Angkringan Dari Masa ke Masa, Apakah Tak Berubah? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 03 Februari 2023

Angkringan Dari Masa ke Masa, Apakah Tak Berubah?

Angkringan Tempo Dulu dan Jaman Now, Apa Bedanya?

Assalamulaikum Sahabat. Siapa yang belum pernah jajan di angkringan? Ahh pasti rata-rata pembaca blog ini udah pernah nongkong di angkringan meski hanya satu kali. Karena rasa penasaran dan kemudian tidak suka dengan suasana angkringan, misalnya.

Angkringan

Saya sendiri cukup sering jajan di angkringan. Dari angkringan yang sederhana hingga yang ada di resto. Iya, resto yang ada di hotel pun juga ada kok yang memiliki angkringan. Meski mungkin hanya seremonial, misal pada bulan tertentu atau satu bulan sekali untuk menggaet konsumen kelas menengah ke atas.

Sejarah Angkringan, Dulunya Jualan Apa?

Meski terkenalnya angkringan ada di Yogyakarta, sebenarnya awalnya berasal dari Solo Jawa Tengah. Adalah Eyang Karso (berasal dari Klaten) yang sejak berumur 15 tahun merantau ke Solo dengan harapan ingin mengubah nasibnya. Di Solo ini lah beliau bertemu dengan Eyang Wiryo. Mereka berdua berinisiatif kerjasama usaha makanan yang akhirnya menjadi cikal bakal angkringan.

Ide berjualan dengan menggunakan dua angkring yang dipikul keliling kampung. Mereka berjualan mulai sore hingga tengah malam. Biasanya mereka akan berhenti ketika ada yang akan membeli. Satu persatu pembeli datang hingga terjadi kerumunan. 

Wajar saja dagangan mereka laris karena yang dijual berupa makanan kecil seperti blanggem (singkong goreng), jadah goreng, nasi kucing, sate telur puyuh, sate kikil, sate keong, dan lainnya.  Jajanan rakyat yang mengenyangkan dan harganya juga terjangkau. 

Harga makanan yang dijajakan terjangkau oleh pembeli tentu bakal jadi favorit. Begitu pula minumannya, karena dijajakan malam hari pasti yang disediakan adalah teh panas, jahe, susu, dan kopi. Semua minuman ini sangat disukai rakyat kecil. 

Angkringan dahulu juga menjadi tempat orang ngobrol tentang topik beragam. Terkadang obrolan menjadi makin seru karena makin banyak orang yang nimbrung. Terasa hangat dan akrab meski tak saling kenal.

Angkringan Jaman Now

Saya ingat tahun 2014, IIDN Semarang pernah mengajak One Day Trip ke Solo. Kunjungan ke penerbit dan dilanjutkan jalan-jalan ke perkampungan batik, serta mampir ke Kafe Tiga Tjeret. Saya terkesan dengan kafe ini karena mengusung konsep angkringan. 

Angkringan
Kafe Tiga Tjeret, Solo (picture by Dewi Rieka)

Dan konsep angkringan yang saat ini populer di beberapa kota, Solo dan Yogya, serta Semarang ini sudah mewabah ke tempat lain. 

Bahkan di Semarang pun udah ada beberapa angkringan dengan tempat seperti kafe Tiga Tjeret. Memiliki perpaduan outdoor dan indoor untuk mewujudkan konsep angkringan. 

Makanan dijajakan dalam wadah yang lebih menarik dan bersih, dengan penataan dalam satu kelompok. Nasi kucing yang dibungkus daun pisang atau kertas coklat dikelompokkan dalam satu wadah. Sementara cemilan untuk lauk pelengkap nasi juga dalam kelompok sendiri. Beberapa sate disusun tiap jenisnya dalam wadah berbeda. 



Cemilan yang ditawarkan pun makin beragam, tidak seperti jaman dulu yang hanya ada jajanan tradisional. Sekarang di beberapa angkringan bisa kalian temukan dimsum seperti siomay dan pangsit. Bahkan sate pun tidak hanya sate usus, sate telur puyuh, sate keong. Namun juga ada sate sosis, sate ayam filet, sate lilit Bali, dan lainnya.

Angkringan dan Live Music Lebih Menarik?

Sekarang jajan di angkringan tidak hanya ingin mengenyangkan perut. Namun juga mengisi jiwa. Bagi kamu yang sedang resah, entah disebabkan putus cinta, stres dengan tugas kuliah atau pekerjaan di kantor, nggak usah sendirian di kamar. Datang saja ke angkringan.

Dengan bermodal duit 20 ribuan juga bisa kok menikmati dua bungkus nasi ditambah gorengan bakwan, mendoan, atau martabak. Kalo ingin menambah sate, juga masih bisa asal gorengannya ambil satu aja. Minumnya bisa jahe, wedan uwuh, atau teh panas. Perut udah kenyang pastinya.

Angkringan
Saya berdua dengan suami, hanya bayar 50 ribuan

Sambil menikmati makanan, kamu bisa mendengarkan suara merdu dari penyanyi. Pengelola angkirangan jaman now, sekarang ini tidak hanya menyajikan makanan namun juga hiburan musik dari band lokal.

Kamu yang ingin menyumbang lagu, boleh loh unjuk suara merdunya. Bahkan mereka pun tak melarang pemilik suara fals untuk ikut nyanyi. Yang penting kamu punya modal percaya diri, itu udah cukup. Paling kalo parah suaranya ya dapat aplaus sorakan, gak apa sih yaa. Malah nambah suasana angkringan makin seru dan menyenangkan. 

Hati yang gundah menjadi cerah. Wajah muram menjadi sumringah. Semua karena ikut ngumpul bersama pengunjung yang tidak kalian kenal namun menikmati hal yang sama. Suasana angkringan dari jaman dulu hingga jaman now tidak berubah. 

Angkringan

Angkringan memiliki nuansa sama sebagai tempat berkumpulnya orang yang ingin menikmati makanan dan wedangan. Tempat yang mempertemukan orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan, kadang bisa ngobrol hal yang sama tanpa sekat. Kalo sekarang ada live music itu adalah bonus yang ditawarkan si pengelola.

Menurut kalian, angkringan jaman dulu dan jaman now lebih enak yang mana? Atau seperti saya yang nggak pernah nolak diajakin ke angkringan sederhana maupun yang ada live music, apa aja deh. Terutama kalo yang ngajakin besti, bisa nggibah sepuasnya. Tenaaang yang digibahin paling makanan kok, hehehe. Yuk cerita pengalaman kamu udah nongkrong di angkringan mana aja. Wassalamualaikum.


Sumber materi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Angkringan
- https://www.orami.co.id/magazine/angkringan

21 komentar:

  1. Iya sih ya, angkringan memang kayanya enak banget untuk ngumpul dan ngobrol gitu. Makanannya beragam, jadi semua yang ngumpul bisa menikmati walaupun pilihannya berbeda.

    BalasHapus
  2. Angkringan adalah tempat makan malam andalan semasa kuliah di Jogja. Harganya murah, rasanya pas, porsinya cukupan, lauknya macam-macam. Tapi kalau sekarang angkringan juga sudah tidak terlalu murah karena menunya makin bervariasi. Faktor tempat juga ngaruh di harga. Kalau di Jakarta saya punya langganan angkringan deket rumah. Yang jualan orang Solo jadi rasanya tidak jauh berbeda dgn yg saya nikmati semasa kuliah.

    BalasHapus
  3. Masa kini ada dimsumnya ya mba di angkringan 😁 akoh jg nggak nolak kalau diajak ke angkringan model apa pun mba yg penting kita maem dan ngobrol asyik ya. Tempat bersih dan nyaman. Duduk santaiii seruu

    BalasHapus
  4. Saya termasuk orang yang punya banyak nostalgia dengan angkringan..lha wong kuliahnya di solo.Bahkan, sarapan pun sering makan nasi kucing dari budhe2 yang ngider jualan menu angkringan (jadinya nggak nangkring sih hehehe). Tapi beda kota memang beda budaya yaa...pas tinggal di Medan, ada warung makan konsepnya angkringan tapi nggak bertahan lama. Entah nggak cocok dengan budaya kota-nya atau entah karena persoalan internal warungnya. Di Makassar ini ada juga angkringan yang laris manis. Setiap kali saya ke sana, selalu penuuuh.

    BalasHapus
  5. Aku pertama kali makan di angkringan pas di Semarang, sama teman-teman blogger. Di Jogja juga pernah, sama teman blogger lagi. Kalo sama keluarga malah belum pernah 😁

    Awalnya sempet heran karena bungkusan nasinya kecil banget, isinya dikit. Apa kenyang ya? Trus banyak pilihan lauknya, kecil-kecil ukurannya. Awalnya kayak ga puas gitu. Ga menemukan spesialnya apa. Tapi kemudian aku sadar, justru kecil kecilnya itu yang spesial.

    Nah, kalau yang versi modern/kekinian, aku liatnya jadi kayak resto/kafe prasmanan biasa aja. Hilang kesan angkringannya.

    Yang model jadul itu mungkin lebih khas aja ya. Di sini ada nih di komplekku yang jualan model angkringannya di garasi. Rame juga yang datang buat makan. Aku sih biasanya pesen jamu aja. Paling sesekali jajan cemilan khas tradisional jadulnya.

    BalasHapus
  6. Kalo ngomongin angkringan aku jadi inget Jogja sih. Dan emang sekarang banyak banget yg model kekinian macem kafe2. Tapi aku tetep suka vibes yang dipinggir jalan sambil dengerin pengamen jalanan.

    BalasHapus
  7. Wah jadi gak asli Yogya justru Solo ya mbak?
    Aku paling suka kalau ke Yogya makan di angkringan :D
    Wah kafe Tiga Tjeret ini kira2 setelah pandemi masih bertahan gak ya mbak? jd penasaran, kali kapan2 pas ke sana bisa mampir :D
    meski angkringannya naik level tapi harganya juga masih ramah kantong ya :D

    BalasHapus
  8. Auto kebayang jaman kuliah di jogja mbak. Sukak bgt nongki sama temen2 ngobrol sambil nugas sampe malam jaman dlu blm ada cafe2 kekinian tp ya tetep seru sih. Makanannya sederhanan tp ngangenin

    BalasHapus
  9. Jadi ingat masa kecil di Sumatera.

    Kami memanggilnya Mbah Sepi.
    Setiap minggu, beliay menggelar angkringannya dengan target anak-anak yang bersekolah Minggu di depan rumah.

    Iya, waktu di Jalan Enggang Sumut, rumah kami hampir bertetangga dengan gereja.

    Aku ingat sekali, bersama adik-adikku, kami akan membantu si Mbah membersihkan sampah-sampah pincuk dan sampah lainnya dan kelak ditukar dengan sepincuk lupis segitiga, getuk, pecal atau mihun goreng.

    Sekarang pun aku sesekali masih merindukan nuansa ala angkringan ini.
    Mengingatkan aku nostalgia masa kecil.

    BalasHapus
  10. sampai sekarang nih mba, aku kok ya belum merasakan angkringan maksudnya dine in dan menikmati suasana di sana

    BalasHapus
  11. Akuu tetep sukaak angkringan sampai sekarang apalagi kalau pulang solo. Angkringan solo tuh tehnya endeusss maak aku sukaak...
    Btw tau ga di tokyo ada angkribgan yogya lho penasaran aku smg pas kesana tar buka angkringannya

    BalasHapus
  12. Kalau aku pribadi, suka angkringan jadul. Tapi ya sekarang udah jarang yang pakai pikulan dan bakalan cape pula. Kalaupun sudah ada angkringan kekinian dan pakai live music, gak masalah sih. Yang penting makanannya enak

    BalasHapus
  13. Pertama kali makan di angkringan ya pas tinggal di Jogja diajakin temen pulang acara bakti sosial dan sekarang angkringan ada dimana-mana termasuk di Malang mbak.

    BalasHapus
  14. Angkringan, di mana pun berada pasti selalu ramai. Makan sambil kongkow dan santai-santai malam hari bisa jadi stress release juga, apalagi ada live music-nya, ya. Harga makanannya murah pula, sudah pasti cocok di kantong siapa pun.

    BalasHapus
  15. Jelas angkringan zaman sekarang akan lebih disukai anak muda dengan konsep milenial nya ya..
    Dan selain musik, jaringan wifi yang cepat juga tempatnya yang tetap hommie bikin semuanya bisa menikmati sajian aneka menu makanan sederhana yang disukai ketika ke Angkringan zaman sekarang.

    BalasHapus
  16. Angkringan yang saya tahu itu di Yogyakarta. Pertama kali tahu pas ke sini bareng ama temen sekolah. Dulu ada acara fieldtrip gitu. Angkringan zaman now masih disukai karena bisa nyobain aneka makanan dan soal harga biasanya lebih murmer.

    BalasHapus
  17. Angkringan sekarang memang makin seru dan kereen - kereen ya mba. Suka liatnya dan menunya pun makin beragam yaa

    BalasHapus
  18. Saya pertama kali mengenal angkiran justru di kotaku sendiri Mak, yaitu Makassar. Pernah mencoba angkringan di Semarang, tapi beda sekali rasanya. Lebih enak yang di Makassar, untuk lidahku sih memang cocoknya yang tidak terlalu manis dan agak pedas.

    BalasHapus
  19. Di Jakarta ga ada deh, apa mungkin dalam bentuk warteg yak
    Kalau angkringan ingatnya di jateng-jatim. Ada gerobak dengan satu lampu terang. Menunya aneka gorengan, teh hangat, kopi, jajanan gitu sih mbaak. Malah yang ini udah ada dalam bentuk kafe yah.

    BalasHapus
  20. Pertama kali kenal angkringan yang oke banget itu pas di Yogya - ketemuan sama sahabat kuliahku mbak Indah

    dia ngajakin ke Angkringan terkenal di Yogya Warung Klangenan yang di Jalan Patangpuluhan Nomor 28, Patangpuluhan, Wirobrajan (hadeeeh hapaaal) saking senangnya di situ, unik dan ikonik mbak!

    BalasHapus
  21. Angkringan zaman dulu nasinya lebih banyak dari sekarang, hahaha, pilihan menunya jg terbatas. Kalau sekarang jadi kekinian ya varian-variannya.. Tetep aku suka angkringan...

    BalasHapus