Ketika Tangguh Tidak Cukup, Bangun Kekuatan Mental, Begini Caranya! - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 25 Februari 2023

Ketika Tangguh Tidak Cukup, Bangun Kekuatan Mental, Begini Caranya!

Kesehatan Mental Untuk Menjadikan Kamu Tangguh

Kekuatan Mental

Assalamualaikum Sahabat. Dunia ini keras, tempat orang yang tangguh menjalani hidup tanpa ampun. Sederet  kata yang mendadak  muncul di pikiran saya, ketika di grup WA ada yang mendadak pamit keluar. Alasannya karena dia merasa ditinggalkan oleh kami. 

Huhuue, sedih juga karena teman kami satu ini memang mudah baper. Beberapa kali pernah kejadian dia merasa nggak diajak, meski sebenarnya udah ada info sebelumnya. 

Ada orang-orang yang susah dipahami ketika dia ingin menjauh. Jadi ya biarkan saja agar kesehatan mentalnya terjaga. Saat ini tuh tetap tangguh menghadapi masalah kehidupan penting banget.  Tidak semua orang memiliki mental yang tangguh. Kesehatan mental menjadi prioritas agar kamu menjadi pribadi tangguh.


Pandemi telah mengikis kekuatan mental, melihat banyak kenalan bahkan kerabat menjadi korban virus covid yang lalu. Rasa kecewa menghadapi kekalahan, kehilangan, dan kepedihan, nggak bisa dihapus dengan sekali tepuk. 

Namun manusia diciptakan menjadi makhluk yang tangguh untuk berjuang menghadapi masalah kehidupan. Mental yang kuat pula yang mampu mendampingi fisik yang tangguh, berjuang bersama saling mendukung.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kekuatan Mental?

Kekuatan mental adalah keterampilan kognitif dan emosional yang digunakan untuk membingkai ulang pikiran negatif dan keadaan buruk. Menjadi pribadi yang kuat mentalnya akan mampu melawan pengaruh internal dan eksternal. Kepercayaan diri lebih berkembang dan membantu kita mewujudkan psikis yang sehat.

Memiliki mental tangguh tidak lantas bikin kita dilarang mengeluh, menangis ataupun mencurahkan kegalauan. Wajar ya namanya manusia kadang bisa ngalami mental lemah karena keadaan yang menekan. Kondisi kesehatan, stres di tempat kerja dan jalan raya, pasti akan mempengaruhi mental kita.

Sama hal nya dengan kesehatan fisik untuk membangun kekuatan mental yang tangguh. Kesehatan mental terbangun karena adanya kekuatan pertahanan mental kita. Ketangguhan mental yang kita miliki bisa membantu menghadapi tekanan yang datang, menghilangkan gangguan atau efek buruk dari dalam diri. 

Contohnya ketika kita tengah melakukan presentasi di hadapan pimpinan, salah seorang teman kerja menyanggah, menunjukkan kekurangan strategi kita. Bukannya kita melemah atau sedih, jangan yaa. Persiapan presentasi bisa digunakan untuk menemukan hal seperti ini. Sehingga kita nggak takut dengan sanggahan yang datang dari teman kerja yang ingin menunjukkan kelemahan kita. Di sini lah kekuatan mental yang tangguh sangat membantu kita untuk berani memberikan alternatif C atau D dari pilihan utama A.

Namun jangan ragu juga untuk meminta dukungan dari teman kerja yang selama ini selalu berbagi tugas dalam satu divisi. 

Manfaat Mengembangkan Kekuatan Mental 

Kekuatan mental membantu kita melawan ketakutan dan kecemasan. Saat kita membangun kekuatan mental, kita lebih mampu membingkai ulang kecemasan dan mendengar apa yang ingin disampaikannya kepada kita. 

Hempaskan Stress

Kekuatan mental juga memengaruhi kita dengan cara penting lainnya. Di sini saya tuliskan 5 manfaat mengembangkan kekuatan mental :

1. Lebih sedikit stres

Saat kuat secara mental, kita tidak terlalu tertekan oleh hal-hal yang terjadi dalam hidup, entah masalah besar atau kecil. Kita  melihat kesulitan sebagai kesempatan untuk tumbuh. Bahkan ketika hal-hal besar terjadi, kita dapat membingkai ulang dan percaya bahwa kita akan melewatinya. Terlebih sebelumnya juga kita udah pernah mengalami masalah yang lebih besar.

Mengelola stres merupakan salah satu cara efektif agar kita sehat secara fisik dan mental. Tingkat stres yang rendah tentunya akan menjauhkan kita dari resiko depresi, kecemasan berlebih, dan kondisi kesehatan fisik lainnya. 

2. Motivasi

Kekuatan mental yang buruk menyedot energi dan motivasi. Kita merasa seperti apa pun yang dicoba lakukan, hal-hal buruk terjadi dan tidak ada yang berhasil.

Sebaliknya, orang yang bermental kuat memiliki internal locus of control yang tinggi. Itu berarti bahwa mereka percaya bahwa mereka memiliki kendali atas keadaan mereka. Rasa kontrol itu memotivasi mereka untuk terus berusaha, berkembang, dan mencari solusi. Orang yang tangguh tidak mudah menyerah.

Kekuatan mental juga membawa disiplin dan motivasi intrinsik yang diperlukan untuk mencegah penundaan. Orang yang tangguh secara mental memiliki waktu yang lebih mudah untuk memulai dan menyelesaikan tugas.

3. Kebijaksanaan

Bagian dari menjadi sukses dalam hidup adalah mengetahui apa yang harus didengarkan dan apa yang tidak boleh didengarkan. Sangat mudah untuk terlempar oleh kritik internal dan eksternal. Ketika kamu sedang mengembangkan ketangguhan mental, tetap lah fokus pada tujuan. Jangan biarkan pendapat orang mempengaruhi kamu. Bijaksana bersikap ini penting untuk membangun ketangguhan mental.

Kebijaksanaan juga merupakan kunci untuk mengembangkan kesadaran diri,  yang bermanfaat untuk mengatur emosi. Emosi negatif yang muncul bukan masalah bila kamu bisa menyikapi dengan bijaksana. 

4. Keberanian

Ketika kita merasa kuat secara mental, kita tidak terlalu takut gagal. Bahkan jika kita khawatir tentang kemungkinan hasilnya, lebih mudah bagi kita untuk beralih ke mode pemecahan masalah. Keyakinan diri yang lebih tinggi, kita merasa lebih yakin dengan kemampuan untuk mencari solusi. Lebih penting lagi, kita merasa yakin bakal mampu kuat dan selamat dari skenario terburuk (jika itu benar-benar terjadi).

5. Kemampuan beradaptasi

Mengembangkan kemampuan kita untuk mencari solusi membuat kita lebih gesit dan mudah beradaptasi. Jadi kita hanya butuh waktu yang nggak banyak untuk memikirkan apa yang tidak berjalan dengan baik. Yang nantinya kita bisa lebih banyak fokus pada bagaimana cara mencapai hasil yang diinginkan.


Nah untuk memiliki kekuatan mental dimulai dari kesehatan mental tentunya. Seperti di awal yang udah saya sebutkan, kalo mental sedang melemah, nggak perlu panik. Menyingkir dari orang atau hal yang menjadi penyebab mental lemah adalah pilihan tepat. 

Jalan terbaik adalah menemui orang yang ahli, konsultasi psikiater bisa jadi rekomendasi bila mental melemah. Kadang kita butuh dukungan dari orang yang ahli di bidangnya. Coba baca cerita pengalaman Inez dalah salah satu artikelnya di blog personalnya. Namun sebelumnya tentu harus cek kesehatan mental juga untuk memutuskan solusi terbaik bagi diri kamu. Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar: