Nasi Bancakan, Dari Filosofi Hingga Kenikmatan Rasa Yang Menggugah Selera - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 15 Maret 2020

Nasi Bancakan, Dari Filosofi Hingga Kenikmatan Rasa Yang Menggugah Selera

Nasi Bancakan, Dari Filosofi Hingga Kenikmatan Rasa Yang Menggugah Selera


Assalamualaikum Sahabat. Sekarang makin marak ya nasi bancakan disajikan di restoran, naik kelas katanya. Hampir setiap resto memiliki menu nasi bancakan atau dengan nama lain namun memiliki arti sama.

Nasi bancakan atau dulunya akrab dikenal sego bancakan, adalah sajian makanan yang diletakkan dengan alas daun pisang. Isinya rata-rata berupa nasi putih, telor rebus, sambel goreng ati atau rambak (krupuk kulit), urap sayuran, tempe, tahu, ikan asin, dan krupuk. 

Apabila pemilik hajat orang yang berharta, isinya lebih bervariasi dengan tambahan daging sapi atau ayam masak opor dengan kuah sedikit.

Biasanya nasi bancakan ini disajikan dalam acara tertentu. Misalkan kelahiran anak, ulang tahun, bersih kubur/makam, malam tirakatan, orang punya hajat, dan lainya.

Namun saat ini orang bisa setiap saat menyajikan nasi bancakan. Karena begitu nasi bancakan ini naik daun dengan disajikan di resto, nggak ada alasan menanti hidangan ini saat tertentu. Setiap hari boleh aja bikin nasi bancakan kalo nggak malas ribetnya atau bosan, hahahaa.

Bikin Sendiri Atau Makan di Restoran?

Bebas sih mau makan nasi bancakan di restoran boleh. Enaknya tapi makan bareng teman atau kerabat. Karena seni makan nasi bancakan itu adalah barengan atau keroyokan. 



Iya jaman saya masih anak-anak, ketika ada yang ulang tahun, biasanya ibunya akan bikin sego bancakan. Nah, satu tampah yang dialasi daun pisang, dengan isi nasi dan lauknya sukses bikin anak-anak berlari mengerumuni tampah itu.

"Kulo rumiyin, budhe," (saya duluan, budhe)
Saling bersahutan kami meneriakkan kalimat sakti itu. Kebayang nggak sih anak-anak usia antara 6 sampai 12 tahun, dengan baju berkeringan, mengerumuni tampah dan ibu salah seorang teman kami?

Pada waktu itu mana ada yang protes dengan bau badan. Yang penting adalah sukses bawa sepincuk nasi bancakan dan langsung menikmatinya sambil selonjoran di teras rumah.

Beda dulu dengan sekarang. Kalo bikin sendiri tanpa ada niat syukuran atau acara tertentu, siapa yang mau repot? 

Saya sendiri bikin nasi bancakan ketika mensyukuri hari weton kelahiran anak-anak. Kata orang Jawa tuh, weton kelahiran patutnya dibuatkan nasi bancakan. Entah lah jaman anak-anak masih balita saya rajin bikin tiap weton mereka. Trus bosen sendiri begitu mereka beranjak besar.

Weton adalah hari kelahiran dalam kalender Jawa, misalkan Rabu Wage, Sabtu Pahing, dan seterusnya.

Nah, kalo ada alasan tersebut, saya rajin banget bikin semuanya sendiri, tidak memesan pada catering. Karena ada ibu, adik, dan mbak sepupu yang bantuin. Tapi kalo cuma mensyukuri weton anak-anak, saya masak sendiri sih karena bikinnya dikit aja.

Filosofi Nasi Bancakan

Saya tahun kemarin di rumah nyaris sendirian karena suami dan si sulung kerja di luar kota. Sementara si bungsu yang udah jadi anak mahasiswa, pulangnya sering malam. Efeknya saya jadi malas makan karena merasa sendiri, hihii.

Nah paling asik kalo ada ajakan makan bareng tapi menunya nasi bancakan. Meski di resto, saya bakal datang dong.

Menikmati nasi bancakan di resto pun penyajiannya juga beralas daun pisang. Kemudian di atasnya diletakkan nasi beserta lauk dan pelengkapnya.



Aduh duhhh, terasa nikmat banget makan nasi bancakan bersama teman-teman. Mata saling melirik, tangan kadang mengambil tahu milik teman di depan atau samping kanan dan kiri, sungguh berasa keroyokan gitu. Padahal aslinya juga hidangannya masih banyak dan lengkap.


Tapi suasana makan secara keroyokan gitu bikin suasana makin meriah, seru, dan penuh canda tawa.

Makan nasi bancakan yang disajikan di atas selembar daun pisang juga berkesan sederhana. Tanpa piring, sendok, garpu, karena makannya dengan menggunakan tangan. Nikmat bangeeeet!

Ah, nulis nasi bancakan ini jadi laper deh. Mana udah malam pulak, resto udah tutup semua. Yuk temenin saya makan nasi bancakan, Sahabat. Wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Nasi dimakan di atas daun pisang itu nikmat ya Mbak ... wangi dan rasanya itu lho ... beda.
    Nasi bancakan dijual di resto juga ya? Nikmatnya dimakan rame-rame.

    BalasHapus
  2. Sini Mbaaa, aku Mauuu nemenin makan nasi bancakan :))
    Di beberapa resto dan hotel Surabaya juga tersaji pilihan menu ini.
    Asyik dimakan rame2

    BalasHapus
  3. Nasi Bancakan enak ya mba, nikmat banget alasnya daun pisang begini, apalagi kalo anget-anget dimakannya. bisa makan barengan juga

    BalasHapus
  4. Ah jadi ingat jaman kecil, seneng banget kalau diudang tetangga buat bancakan. Sego gudang bertabur bubuk kedelai itu udah nikmat banget, apalagi ditambah irisan telur dan ikan asin

    BalasHapus
  5. Dan malem-malem gini aku terdampar di sini. Lapeeer ih Mbak. Tanggung jawab lho hihihi
    Jaman aku kecil dulu suka ada tetangga yang bagi-bagi nasi bancakan ini. Biasanya pas syukuran ulangtahun gitu. Lauk pauknya sederhana tapi enaaak banget

    BalasHapus
  6. Jadi inget, dulu waktu hamil, aku ngidamnya makan nasi bancakan kayak gini nih. Hampir tiap hari keliling buat makan nasi bancakan gini. untung waktu itu pas musim orang slametan. Hahaha. coba kalau nggak.

    BalasHapus
  7. Udah lamaaaa banget gak makan sego bancakannkhas kampung, kalau di Jakarta kan liwetan jadi beda rasanya karena gak ada botok dan pelas kedelai, hehe

    BalasHapus
  8. Ibu mertua saya sering bikin nasi bancakan kalau pas ada kelahiran cucunya atau peringatan atas sesuatu gitu mbak. Duh jadi kangen nasi bancakan yg beralaskan daun pisang dengan menu sederhana tapi rasanya luar biasa

    BalasHapus
  9. Emakku juga selalu bikin nasi Bancakan saat hari wetonku tiba. Tapi semenjak aku beranjak remaja udah jarang bikin nasi Bancakan. Cuma kadang-kadang aja emakku bikin nasi Bancakan.

    BalasHapus
  10. begitu populernya tradisi bancakan sampe resto kekinian juga menyediakan menu ini dengan gaya yang sama: dihidang di atas daun.
    kalo di bogor namanya cucurak :)

    BalasHapus
  11. Makan nasi bancakan memang asyiknya ramai-ramai mba. Nikmatnya terasa. Hehe
    Btw, aku baru tahu itu namanya bancakan kalau nasi dimakan di alas daun pisang.

    BalasHapus
  12. Aku jadi ingat kampung nih mbak Wati..ada begini juga, nasi bancakan yang bisa bikin lupa diri..ngambil lagi dan lagi hihi. Rame-rame itu nikmat makannya tak terkira

    BalasHapus
  13. Nikmaaat banget ya mbak. Di makan rame-rame, cobaan berat kalau yg mau diet, makan nasi bancakan bakal habis banyak soalnya ahaha

    BalasHapus
  14. Kabayang serunya kalau bisa makan bareng seperti nasi bancakan. Makannya jadi lebih nikmat dan pastinya lebih mendekatkan tali silaturahmi ya..

    BalasHapus
  15. Suka langsung ingin botram kalau kayak gini tuh hehe, makan bareng gini asik, nafsu makan langsung naik.

    BalasHapus
  16. Biasanya gini liwetan bancakan kalau mau puasaan. Huhuhu sedih skrg ga bisa gitu karena ga boleh ketemu teman2
    Huhuhu

    BalasHapus
  17. Pernah beberapa kali makan nasi bancakan bareng teman
    Seru!

    Aku suka karena mengingatkan akan masa kecil di Sumatera.
    Banyak kenangan masa kecil terukir di sana.

    BalasHapus
  18. Terus terang sebenarnya saya tipe yang kurang sreg makan dalam satu wadah gini wkwkwkwk, maafkeun. Lbh suka kalau daun pisangnya buat pincuk masing2 tapi makannya bareng. Tapi kdng ada kondisi krn menghormati saya ikutan hehe.

    BalasHapus
  19. sekarang nasi bancakan sudah ada di beberapa resto ya mbak, enak banget makan bareng gitu. Rasa akrab dan kekeluargaan langsung muncul deh. Saya pun pernah waktu SD makan nasi bancakan kalau pas tujuh belasan gitu di kampung

    BalasHapus
  20. Iya, dulu disepelein ya sego bancakan, dianggap kelas rendahan. Sekarang naik kasta dia hehehee... Seseruan dengan teman asyik ya mba makan sego bancakan gini, walaupun aku sebenarnya kurang suka. Itu nasi, lauk dan urapnya udah kena tangan orang yang noto, ya walaupun pake sendok atau apalah. :))

    Sejak kecil aku penyuka bancakan. Selalu jadi penadah ndog godog, karena mbak2 dan masku ga ada yang mau. Sampai sekarang pun ya tetap jadi penadah ndog, anak2ku ga ada yang mau.

    BalasHapus
  21. Akuuu belum pernah makan nasi bancakan di hotel/restoran. Itu gimana sih rasanya Mbak? Hehehe.

    Klo bancakan di kantor, pernah. Di sekolah PAUD anakku pernah, outdoor pulak di taman kota. Dan, hampir setahun ini aku udah 2x bancakan bareng Ibu2 TK B, lokasinya indoor sih. Apapun isi bancakannya, yg penting ngumpulnya ituuuuh yg bikin happy.

    BalasHapus
  22. Nasi bancakan itu bikin diet gagal...lauknya banyak, makannya bareng-bareng, jadi habis banyak ga terasa. .he2

    BalasHapus