3 Destinasi Wisata Impian Tahun 2020 Keluarga Doyan Plesir - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 10 Maret 2020

3 Destinasi Wisata Impian Tahun 2020 Keluarga Doyan Plesir

Destinasi Wisata Impian Tahun 2020 Keluarga Doyan Plesir 




Assalamualaikum Sahabat. Asliii, saya tuh sebenarnya malu kalo nulis Keluarga Doyan Plesir. Iya sih kami memang doyan plesir a.k.a jalan-jalan sekeluarga. Namun setelah menobatkan diri dengan memiliki website khusus diniatkan untuk menuliskan kenangan jalan-jalan kami, realitanya jarang update. 

Sebenarnya adminnya ada dua, saya dan si sulung. Namun dengan alasan kesibukan masing-masing, malah saling tunjuk siapa yang harus posting artikel. Yaa salaaam.

Ah, kata suami, yang penting tetap jalan-jalan agar semangat kerjanya. Urusan mau dijadikan blogpost atau enggak, jangan dipaksa. Laaah, malah didukung jadi malas, wkwkwkk.

Suami memang doyan jalan, terutama road trip. Trip yang dekat aja nggak bisa dihitung saking seringnya dan selalu dadakan. Biasanya karena suami lagi sibuk kerja dari Senin sampai Sabtu, kadang Jumat aja. Nah kalo lagi suntuk, mendadak sabtu pagi udah ngajakin kemana gitu.

Sejak masih pacaran memang dia orang yang senang road trip. Jaman dulu naiknya motor, kadang berombongan dengan teman kerja. Saya sesekali ikut juga dan karena memang suka ya enjoy.

Begitu nikah dan punya anak, kesenangan road trip suami dan saya enggak mereda. Saya teringat ketika si sulung masih tiga bulan diajakin ke Jogja dan lupa sih alasannya apa. Yang saya ingat sih saya dan anak-anak sering ikut babe keluar kota karena ngintil kerja. Jadi babe ngurus kerjaan dulu, ntar kalo udah beres baru deh piknik. Tapi pernah juga karena ngurus kerjaan nggak beres-beres, gagal deh mainnya. Kecewa kah kami? Enggak sih, karena pergi berempat seharian aja udah bikin hepi.

Trip terdekat nggak perlu dong diomongin. Tapi kalo trip terjauh kami adalah Pulau Bali. Saat itu tahun 2011, dan si bungsu Naufal masih usia 16 bulan. Kami sama sekali nggak mikir gimana nanti makanannya si bungsu, soal ke toilet, tidurnya, atau di jalan. Karena road trip ke Bali tuh kan panjaaaang jalannya, butuh fisik dan hati yang baqoh. 

Tapi karena saya dan suami orangnya santuy, nggak pernah mau mikir repotnya. Pokoknya road trip ya harus dijalani susah senangnya. Dalam setiap perjalanan akan selalu ada pelajaran yang bisa diambil. Ada pengalaman yang memperkaya hati dan jiwa. Bagaimana setiap anggota keluarga belajar untuk tidak egois, loyal, jujur, dan mau kerja sama.

Silahkan baca : Wisata Keluarga Doyan Plesir di Malang

Nah, kembali dengan niat awal menulis destinasi wisata impian tahun 2020. Saya tuliskan di sini karena memenuhi keinginan dua pemenang arisan link periode 1, yaitu Dani dan Esti Sulistyawan. Tema artikel kali ini adalah Traveling Impian 2020.

Yuk deh saya kasih tahu destinasi wisata impian tahun 2020 keluarga Doyan Plesir :


1. Eksplor Karimun Jawa


Picture by tour Karimunjawa

Udah setahun yang lalu saya menjadikan Karimun Jawa sebagai destinasi wisata impian. Bahkan udah nanya-nanya juga jadwal kapal Pelni, plus kapan waktu terbaik berkunjung kesana. Namun realitasnya, kami  gagal traveling ke Karimun Jawa.


Meski saya sudah menyusun destinasi wisata selama di Karimun Jawa, agar jalan-jalan lancar dan hati pun bahagia. Berikut rencana destinasi wisata pilihan keluarga saya :

- Wisata Pantai

Ada banyak deretan pantai cantik dengan pasir putih ataupun air laut yang bening. Melihat foto-foto milik teman-teman yang udah kesana, juga foto si sulung yang KKL di Karimun Jawa, bikin saya ngiriii beraaats.

Dari penuturan si sulung, dia udah bikin itinerary selama di Karimun Jawa. Secara ringkas dia nulis wisata Pantai Barakuda, Panatai Batu putih, Pantai Cemara Besar, Pantai Cemara Kecil, dan Ujung Gelam.

Pantai Ujung Gelam ini menjadi salah satu pantai yang terkenal dan paling keren. Pantai ini paling cocok didatangi sambil melihat matahari terbenam. Tak hanya itu saja, kamu bisa berfoto di atas batu-batu karang yang bejejer seolah berada dekat dengan matahari. Pantai ini memiliki keindahan pasir putih berstektur lembut layaknya lembutnya tepung terigu.


- Wisata Kuliner


Picture by @bungajabebeach
Terkenal dengan kuliner khas hasil laut, membuat daerah Karimun Jawa sebagai surga kuliner seafood. Dari cerita si sulung yang pernah tinggal di Karimun Jawa selama satu bulan, dia bener-bener bosan tiap kali makan selalu ada seafood.

Nah, katanya sih kalo lagi bosan makan seafood, dia dan teman-temannya meluncur ke alun-alun. Ada pilihan makanan khas setempat, yaitu Krubyuk. 

Makanan khas Jepara ini berupa lontong yang dipotong-potong dan ditambah suwiran semur kering ayam. Kemudian disiram kuah bakso lalu diberi taburan taoge, kecap, dan bawang goreng. Kuliner ini bisa kamu temukan di warung makan alun-alun Karimunjawa.


2. Berkunjung ke Pulau Lombok


Lombok disebut juga Kota Seribu Masjid. Mayoritas penduduk di pulau ini beragama Islam. Menurut cerita teman-teman dan famili saya yang pernah berkunjung ke Lombok, masjid sangat mudah ditemukan di sini. Bahkan jarak antar masjid hampir berdekatan. Perpaduan pariwisata dan agama yang harmonis membuat Lombok memperoleh penghargaan sebagai The Worlds Best Halal dan The Worlds Best Halal Honeymoon 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pulau-pulau kecil yang mengelilingi Pulau Lombok disebut dengan Gili. Terdapat 3 Gili yang menjadi favorit wisatawan untuk melakukan aktifitas snorkeling, diving, dan memancing diantaranya Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Tidak hanya ketiga Gili tersebut, Gili lainnya yang berada di gugusan kepulauan ini juga menyimpan pesona yang sungguh indah.

InsyaAllah minggu kedua bulan Maret 2020 ini saya dan mba Tanti Mechta, akan berkunjung ke Lombok. Mohon doanya agar perjalanan kami lancar, diberikan kesehatan agar bisa eksplor pulau Lombok. Niatnya suami pengen ngajak kami sekeluarga wisata ke Lombok tahun ini.

Yang jadi incaran saya traveling ke pulau ini adalah, wisata air di beberapa gili. Kemudian saya dan mba Tanti akan mengunjungi kampung tenun, Desa adat Sade, ke pantai Kuta Mandalika dan Tanjung Aan serta bukit Merese. Berapa biaya dan itinerary nya, nanti saya akan tuliskan begitu pulang dari traveling ke Lombok.

Enggak hanya wisata pantai dan bukit, saya pengen banget kulineran di Lombok. Apalagi selain terkenal dengan kuliner dari laut, ada juga makanan khas setempat. 


Picture by sasambotour

Yaitu pelecing kangkung, sate bulayak, ayam taliwang, dan sate tanjung. Haduhhh udah nggak sabar menanti tanggal 14 Maret besok tiba.

Silahkan baca : Traveling Bersama Rombongan Teman atau Kerabat


3. Menjelajah Bromo

Gunung yang terletak di wilayah Jawa Timur ini memang begitu terkenal. Selain dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dari puncak Bromo, ternyata ada beberapa obyek wisata lain yang tak kalah menariknya. Dari kami sekeluarga, hanya si bungsu yang udah pernah berkunjung ke Bromo. Dan wisata ke tempat ini memang udah lama menjadi traveling impian keluarga saya.

Berikut beberapa obyek wisata di Gunung Bromo yang populer dan menjadi pilihan bagi para wisatawan:


Picture by @nydydy

Dari Bukit Penanjakan, bukit cinta, bukit teletubies, pasir berbisik, Pura Luhur Poten. Namun perlu diingat jangan ke Pura Luhur Poten ketika hari Nyepi, karena akan digunakan untuk beribadah umat Hindu. Jadi bakal ditutup bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Tentu saja saya nggak akan lupa untuk wisata kuliner di Bromo. Kata si bungsu dulu, dia beli bakso karena udaranya yang dingin. Tapi kemudian dia juga jajan nasi jagung karena masih lapar, hahahaa.



Sebenarnya akhir tahun 2018 saya dan keluarga traveling ke Malang. Oleh sepupu yang rumahnya kami jadikan tempat nginap, menyarankan agar ke Bromo juga. Namun libur kuliah si bungsu cuma 5 hari, jadi kami mesti pulang. Namun saat itu kami berjanji bakal balik lagi ke Malang untuk mengeksplor Bromo. Menjelajahi tempat-tempat cantik dan menjemput pemandangan matahari terbit.

Sebenarnya tahun ini saya udah merencanakan traveling impian ke Singapura dan Malaysia. Namun sayangnya dengan virus corona yang tengah merebak, suami langsung membatalkan rencana ini. Tunggu aja tahun depan, insyaAllah ada waktu terbaik berkunjung kesana. Begitu ucap suami yang kami amiinkan. Sahabat punya rencana traveling impian kemana aja tahun ini? Semoga diberikan kesehatan dan rejeki yang berkah agar bisa menapaki bumi Allah, aamiin. Wassalamualaikum.

24 komentar:

  1. Aku juga pengen banget ke Karimun Jawa tapi belum kesampaian. Aku juga suka wisata ke pantai. Wah, asik nih Mbak Wati dan Mbak Tanti akan liburan ke Lombok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk direncanakan ke Karimun Jawa barengan, dek

      Hapus
  2. Asikk jalan2 ke Lombok. Semoga dilancarkan, sehat2 ya mbak. Samaan nih taun kmrn udah cari2 info ke Karimun Jawa. Sayang masih jalan di tempat aja 🤣

    BalasHapus
  3. Kalau pergi pikniknya sekeluarga tuh memang paling asyik. Meski pergi bareng temen-temen juga menyenangkan juga.

    BalasHapus
  4. Semoga impiannya bisa terwujud ya bu Wati. Kalau nggak tahun ini, ya di tahun mendatang. Kalau nggak bisa piknik berempat komplit sama babe dan anak-anak, ya piknik sama yang lain. Dibawa santuy pokoknya.

    BalasHapus
  5. Kalau di Lombok panggil namaku ya mbak, supaya kesampaian juga cita citaku ke sana. hihii. semoga tripnya mba Wati lancaarr

    BalasHapus
  6. Aku juga sama nih sama mba. Pengen ke karimun jawa, lombok dan bromo. Belum semua ketiganya. Semoga ada kesempatan ya.

    BalasHapus
  7. Gak sabar nih pengen segera jalan2 ke Lombok sama mba Wati.. Semoga perjalanan kita aman, lancar dan penuh keasyikan ya mbaaa.. Aamiin..

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah sudah pernah sampai karimun jawa dan pulau lombok. Bromo nih yang juga masuk wishlistku. Smoga kesampaian ya mbak

    BalasHapus
  9. Wah,aku blum nih mb k Karimunjawa ma Bromo.. pemandangan nya bgs bgt ya keduanya..suami jg ngajak kesana tp dl pas punya bayi.mungkin nt klu si kecil udh 2 th

    BalasHapus
  10. Apalagi semenjak pacaran suami senang sekali road-trip. 🙃
    Jiwa kesendirianku mengguncang wkwk.
    Semoga bisa tercapai semua ya mba impiannya buat jalan-jalan sama keluarga di tiga destinasi itu🤗🤗

    BalasHapus
  11. Mbaa ayook ke Karimun Jawa barengan ajak keluarga juga kayaknya seru piknik ramean kayak ke KL waktu itu sama Mbak Vita dll

    BalasHapus
  12. Aww seruu banget punya suami yg seneng roadtrip, sy jg blum pernah ke karimun jawa dn bromo tp lebh teratrik ke bromonya hehe, enjoy Lombok bu!

    BalasHapus
  13. aku yang nomer 1 dan 2 juga belum pernah, kalau nomer 3 belum pernahnya ke sana sama suami dan anak, semoga sama-sama terwujud yaaaa

    BalasHapus
  14. Tinggal hitungan jam ni sebelum keberangkatan ke Lombok ya mbak. Have fun di sana jangan lupa nyobain smua kulinernya juga

    BalasHapus
  15. Baca yang pengin ke Karimun Jawa aku kok ya jadi kangen pengin ke sana lagi ya mba. Terakhir ke sana jaman kuliah dulu, lak yo wis udah lamaaaa banget kan. Dulu di sana listrik masih terbatas jam operasionalnya. Sekarang udah maju banget perkembangannya.
    Kapan yuk GRes piknik ke sana bareng ya mba.

    BalasHapus
  16. Wah, asyik ya kalau sekeluarga gitu doyan jalan-jalan. Pasti seru dan insyaAllah ikatan keluatganya semakin erat. Sehat terus ya mbak

    BalasHapus
  17. Karimun Jawa tu whistlist ku dah lamaaa banget tp blm kesampean. Moga tahun ini bisalah ke sana yaa pengen ramean sama temen2 Papillon.

    BalasHapus
  18. Asyiknya yang mau ke Lombok, semoga lancar ya Mbak, daku jaga gawang dulu hihi Nailah mau UN, moga segera aman ya dari virus Corona biar bisa jalan-jalan jauh lagi

    BalasHapus
  19. Dari dulu pengen banget ke Bromo juga, sayangnya suami bukan penyuka aktivitas naik gunung atau yg membutuhkan banyak tenaga fisik ..semoga nanti keturutan ah..dan bisa ngajak suami..masih penasaran soalnya

    BalasHapus
  20. aku tahu dari temenku kalo Lombok dan Gili itu bagus banget,, makanan di di sana juga katanya rekomended buat wisatawan yang suka kuliner

    BalasHapus
  21. Aku juga karimun pengen mba Hiday wkkwkw tos
    alhamdulillah kemarin pas nulis ini, eh ga lama dikabarin mau diajak ke karimun ama disporapar barokallah tulisan emang dashsayt ya mba

    BalasHapus
  22. Aaaakk, besok udah di lombok aja ya buuuumeerr ♥️♥️♥️

    Happyy holidaaayyy

    Hehehee aku juga mau ke karimun sama lomboookk ������

    BalasHapus
  23. Karimun Jawa dan Lombok juga dua destinasi wisata impianku nih mbak, semoga tahun ini bisa tercapai ah.

    Wah iya, Bromo juga asyik. Hmm, jadi pengen nambahin ke list juga nih. Hehe.

    BalasHapus