Dari Ngeblog Bisa Dapat Duit, Gimana Caranya? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 29 Maret 2020

Dari Ngeblog Bisa Dapat Duit, Gimana Caranya?

Dari Ngeblog Bisa Dapat Duit, Gimana Caranya?


Assalamualaikum Sahabat. Tetap semangat kan ya meski virus covid-19 tengah mewabah? Yuk terus berpikir positif, bahwa badai ini akan segera berlalu. Yang tidak perlu keluar rumah, stay at home. Namun bagi yang masih harus keluar rumah karena urusan penting, stay safe ya semua. Semoga saya, keluarga, dan sahabat  pembaca blog ini diberikan kesehatan, keselamatan, dan rejeki yang berkah, aamiin.

Bersyukurlah kalo sahabat tergolong yang bisa tinggal di rumah aja. Karena masih ada buanyaaakkk sekali warga negeri ini harus berjuang di luar rumah. Bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga. Tetap semangat pokoknya semua yaa!

Menjadi Pekerja Dari Rumah? Udah Biasaa

Iyaa, saya sejak tahun 2105 udah mulai kerja dari rumah aja. Alhamdulillah seneng banget akhirnya Allah azza wa jalla mengijabah doa yang sejak 10 tahun sebelumnya teruntai dalam setiap doa.

Bersyukur karena seperti mendapatkan hadiah terindah ketika usia jelang lima puluh tahun. Bahagia karena impian bisa berkarya dari rumah melebihi ekspektasi saya. 

Ternyata impian bisa berkarya tak sebatas itu, sob!

Berkarya dari rumah versi saya dimulai dengan menuliskan artikel perjalanan ibadah haji dengan suami. Niatnya memang ingin melemaskan tangan untuk menghasilkan karya tulisan yang baik. Impian ingin mengumpulkan cerita pengalaman haji yang hingga saat ini belum terwujud.

Namun semangat menulis di website personal saya, tidak sebatas pengalaman haji. Tapi juga pengalaman merawat kesehatan keluarga, traveling sekaligus kulineran, dan sharing lainnya. 


Maret 2015 menjadi titik balik blog saya menyandang top level domain. Artinya blog saya udah memiliki alamat domain tanpa numpang lagi di blogspot. Top level domain adalah domain berbayar yang sangat populer dan mudah dihafalkan.   

Waktu itu ada teman blogger yang sukses membujuk agar blog saya pakai domain sendiri. Dan saya tergoda dong, akhirnya dengan alamat blog menggunakan nama sendiri, yaitu www.hidayah-art(dot)com.

Meski sebelum menyandang TLD, saya udah tiga kali mendapat tawaran kerja sama dari brand/perusahaan. Namun begitu udah dotcom, email penawaran kerjasama menjadi hal rutin yang saya terima.

Bersyukur dalam setiap tarikan napas karena hadiah terindah yang saya dapatkan selagi usia tak lagi muda. Bisa tetap beraktivitas dari rumah, berbagi pengalaman dengan ngeblog, dan bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Ada Banyak Manfaat Ngeblog Bagi Perempuan Yang Ingin Kerja di Rumah

Nah, ada hal menarik dari kegiatan saya begitu resign dari dunia kerja. Sebelumnya tuh saya suka baper kalo ada undangan event, trus nggak bisa hadir. Padahal saya dapat undangannya, tapi malas ijin sama bos di tempat kerja. Jadi lah gagal gabung dengan teman-teman blogger di Semarang. Saat itu salah satu brand jaringan internet plus ponsel yang kirim undangan via email. Dan blog pun saat itu belum TLD.

Kaan gemesss jadinya, karena nggak ikut keseruan keliling kota dan dapat hape baru, hiksss.

Alhamdulillah senangnya ketika saya udah resign. Jadinya nggak menolak undangan, cukup minta ijin aja sama suami yang seringnya menyetujui permintaan saya.

Nggak kehitung juga berapa kali saya ikut dalam event sebuah brand atau lembaga pemerintahan, dan kegiatan sosial. Dari gathering menu baru hotel atau resto, launching produk baru, desiminasi info lembaga pemerintah, dan banyak lagi. 

Begitu banyak dan beragam pengalaman yang saya nikmati, dan tentunya tak mungkin bisa dialami ketika sebagai pekerja seperti sebelumnya.

Bersyukur atas nikmat Allah yang sungguh besar ini, hingga seperti kado yang luar biasa ketika usia tak lagi muda.

Oke deh, saya tuliskan Manfaat ngeblog dari rumah ya, kepanjangan kalo diceritakan semua pengalaman selama ini, hehee.


- Mengisi Waktu Plus Me Time Berharga

Nah, bagi saya ngeblog adalah me time yang sangat berharga. Cukup duduk di depan laptop dan menuliskan isi hati serta otak, bisa melegakan. Ngeblog bagi saya juga sebagai pengisi waktu menjelang lansia, hahahaa. 



Bersyukur banget karena Allah menjawab doa-doa saya. Yaitu ingin tetap bisa produktif menulis yang bermanfaat mengisi hari tua setelah pensiun. Alhamdulillah saya bisa merasakan manfaat ngeblog dengan tetap produktif meski di rumah aja.

- Menambah Silaturahmi

Siapa yang akan menampik judul ini? Salah satu hal baik menjadi blogger adalah menambah teman baru dari berbagai kota. Ketika kamu mengunjungi satu kota tertentu, dan berkabar di media sosial, pasti akan ada teman blogger yang ingin ngajakin kopdar.


Dunia maya tak menghalangi pertemanan di dunia nyata. Bertemu dengan teman-teman blogger ini kayak seperti teman lama. Nggak ada sekat ketika bercakap. 

- Membangun Personal Branding

Kamu yang tadinya bukan siapa-siapa, hanya dikenal sebagai istri/suami seseorang, teman atau saudara, anak seseorang. Mendadak ketika menjadi blogger, kamu dikenal sebagai seseorang dengan karakter tulisan yang menunjukkan dirimu.  

- Menjadi Penulis Kreatif

Mengisi blog dengan konten tulisan yang bagus selalu saya upayakan. Paling tidak untuk menciptakan artikel, seorang penulis harus memiliki tabungan kata. Meski katanya seorang perempuan butuh melampiaskan 20 ribu kata per hari, namun tetap diperlukan asupan kalimat yang kreatif dan bernas.

Karena itu lah seorang penulis butuh bacaan yang bergizi, baik dari buku, jurnal, maupun portal berita. Boleh juga perbanyak baca artikel dari website seperti tirto(dot)id, mojok, sugeng(id), blogdokter(net), duh saya lupa yang lainnya dan sering jadi bacaan saya. Pokoknya perbanyak baca website milik teman-teman blogger juga. Kadang dari blog walking bisa jadi bakal dapat ide menarik untuk nulis artikel.

- Mendapatkan Penghasilan

Udah bukan rahasia lagi kalo salah satu manfaat ngeblog juga sebagai sumber penghasilan. Bahkan kalo kamu tergolong blogger yang udah hits, bakal sering mendapatkan tawaran kerja sama nulis dari berbagai brand atau perusahaan. 

Saya mau berbagi pengalaman ngeblog dari apa yang saya terima selama ini. Ada dua kategori kerja sama dengan pihak kedua, yaitu perusahaan. Yang pertama adalah penawaran via email atau teman komunitas blogger. Biasanya memang paling banyak dari sini. 



Sementara penghasilan lainnya dari undangan gathering atau event blogger. Di samping mendapat goodie bag yang isinya beragam, dari pin, flasd disk, suplemen, buku agenda, bahkan sampai DVD pun pernah. Nah seringnya juga dapat uang saku dan bonus duit yang disebut fee dari pengundang. Alhamdulillah, bersyukur banget kaan. Kalo ada yang nanya berapa fee yang diterima blogger saat hadir dalam event? Jawabannya tentu saja beragam, tergantung si pengundang juga kaan. Selama ini saya dapat fee terbanyak ketika diajak liputan ke Malaysia. 

Silahkan baca artikelnya : Wisata Berobat bersama Malaysia Healthcare

Namun penghasilan dari ngeblog juga bisa didapat dari memenangkan kompetisi blog. Coba aja cek di sosial media penyelenggara lomba, ada pengumuman yang memperlihatkan nominal rupiah yang diterima para pemenang. Meski jarang menang lomba blog, paling enggak saya udah merasakan beberapa kali mendapatkan duit tunai juga dari kompetisi. Paling banyak yang pernah saya terima sebesar dua juta rupiah. Alhamdulillah.

Pernah juga sih enggak menang sebagai juara 1 sampai ke-3. Namun ketika diundang untuk menghadiri malam penghargaan, saya menerima uang saku yang jumlahnya lumayan banget. Udah dikasih tiket naik pesawat Garuda Airlane, diinapkan di hotel bintang, dijamu bak tamu kehormatan. Nikmat mana yang engkau dustakan, Wati?

- Menebar Inspirasi 

Nah, satu hal positif dari ngeblog adalah bisa berbagi pengalaman untuk dijadikan pelajaran para pembaca. Bukan bermaksud menggurui namun sekadar sharing pengalaman di kehidupan yang mungkin belum dialami pembaca.

Kebahagiaan saat menerima email atau DM via akun media sosial dari pembaca blog, kadang bikin nangis terharu. 

Kalo tadi saya udah cerita manfaat ngeblog, hal berikutnya berbeda tentunya. Ya, untuk mendapatkan manfaat dari ngeblog, tentu ada beberapa proses yang mesti dilakukan.

Memang sih tiap blogger melakukan proses yang bisa aja nggak sama. Namun pada dasarnya mirip sedikit lah.

Berikut ini tips ngeblog ala saya, dan sekali lagi bisa saja berbeda dengan blogger lainnya. 


- Post Artikel Rutin Tiap Bulan

Jangan sampai ya bulan ini kerajinan posting artikel sampai 20, kemudian bulan depan cuma nulis dua artikel. Mending dijadwal update artikel di blog, misalkan satu bulan 4 artikel. Boleh juga 6, 8, 12 artikel per bulan. Yang penting konsisten. Bulan Januari rajiiiin banget karena ingat abis bikin status resolusi blogging. Eh mendadak bulan Maret udah malas posting artikel. 



Rutin konsisten menulis juga memberikan efek hasil karya yang makin renyah dibaca. Coba aja lakukan enggak nulis selama 6 bulan, pasti ketika menulis lagi bakal berbeda hasilnya ketika kamu konsisten nulis.

- Banyak Baca Artikel Berkualitas
Meski bebas juga ya posting artikel receh semacam curhat. Saya pun juga sering curhat aja di artikel yang tayang di blog ini. Namun saya tetap mengisi otak dengan asupan bacaan berbagai jenis genre. 

Terlebih sekarang juga udah gampang nyari artikel di website, Google udah menyediakan jutaan artikel.


- Ikut Komunitas Blogger

Saya member dari berbagai komunitas blogger, dan kebanyakan aktif di dunia maya. Dari ikut komunitas ini lah saya memiliki teman baru yang punya passion sama yaitu menulis. 



Kalo dahulu blogger terbiasa blog walking sesuka hati, kapan aja tapi selalu dibalas kunjungan balik. Saat ini kebanyakan grup WA menyertakan kegiatan blog walking sebagai kesempatan menitipkan link artikel. Tentunya setiap grup memiliki aturan yang berbeda. Blog walking memang menjadi media blogger untuk saling berkunjung dengan kewajiban tertentu.

Apalagi sejak aturan kerja sama juga ikut menyertakan page view sebagai salah satu syarat. Dan menurut saya ikut grup blog walking (BW) turut menyumbang page view. Meski ada juga yang bilang kalo rajin ikut BW belum tentu nambah page view. Bebas sih ya yang menyebut begitu. Tapi kalo saya sendiri suka dengan adanya komentar di artikel, meski masih kurang rajin membalas komentar pembaca.


- Optimasi Blog

Menjadi blogger enggak lantas sekadar menulis dan menayangkannya di website personal. Namun juga butuh update pengetahuan tentang optimasi blog. Saya udah pernah menuliskannya di blog ini.

Silahkan baca : Tips Optimasi Blog Agar Trafik Meroket


- Ikut Kompetisi Blogging

Saya menyarankan blogger untuk mengikuti kompetisi blog karena ada banyak manfaatnya. Tips dari saya yang jarang ikut lomba blog, waspada dan pilih penyelenggara yang kredibel. 

Pengalaman saya ketika ikut lomba blog, traffik pengunjung ikut melesat. Apalagi kalo artikelnya terpilih sebagai pemenang, makin banyak deh pengunjung yang datang.

Yeayyy, nggak terasa panjang juga artikel yang diniatkan nulis pendek ini. Mengikuti permintaan pemenang arisan blogger Gandjel Rel, yaitu Nyi Penengah Dewanti dan Hapsari Adiningrum, temanya adalah Manfaaat dan Tips Ngeblog Ala Kamu.

Jadiii.. ini lah artikel tema arisan periode ketiga, semoga bisa bermanfaat bagi saya dan pembaca blog ini. Iyaa, bermanfaat untuk saya agar menjadi pengingat untuk terus update info seputar blogging. 

Saya juga menerima masukan dari kamu, misal ada yang bisa ditambahkan untuk tips ngeblog. Silahkan ya tulis di kolom komentar. Wassalamualaikum.

35 komentar:

  1. Memang dari nge-blog ini banyak sekali manfaatnya, saya sendiri merasakannya, banyak nambah teman, pengetahuan, dan bisa nambah penghasilan pula 🤗

    BalasHapus
  2. waalaikumsallam bu. konsistensi ibu ngeblog ditambah memanfaatkan socmednya tidak membuat ibu mati kutu atau kuper . malah membuat ibu banyak teman. banyak teman banyak rezeki

    BalasHapus
  3. Perjalanan ngeblog yg luar biasa nih. Senang pastinya kalau hobi bisa sekaligus menghasilkan uang. Semoga terus konsisten menulisnya ya...

    BalasHapus
  4. Tetap semangat ngeblog mba dan konsisten menulis ya..
    Aku ni kadang msih moody kl nulis. Kadang pernah sebulan Sama sekali gak posting *tutup muka

    BalasHapus
  5. Indahnya bisa ngeblog ya Mba Wati, saya termasuk salah satu dari yang sangat bahagia menjadi blogger sekaligus menjadikan blog sebagai tempat curhat

    semua yang di tulis udah oke banget jadi.... ga usah kasih saran lain ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiik aku diingatkan lagi yaaa makasiiiih

      Hapus
  6. Setuju berkat ngeblog saya kenal Mbak Wati dan teman lain
    Juga bertambah pinter karena otomatis harus baca dan cari data sebelum ngeblog

    BalasHapus
  7. Seruuuu ngeblog jaman now ya Mbaaa
    Aku bersyukur bisa kenal mba Wati (walo belum pernah meet up!) dan bisa hahahihi secara virtual dgn bloggers lain.

    BalasHapus
  8. paling seru karena bisa Ikut Komunitas Blogger ya :D

    BalasHapus
  9. Manfaat ngeblog emang banyak ya. Bukan cuma mendapatkan pundi-pundi rupiah saja. Saya bersyukur juga nih bisa jadi bagian dari blogger, karena yang saya dapatkan lebih dari sekadar uang.

    BalasHapus
  10. Aahh..so sweet kalo baca tentang ngeblog di atas. Mengingatkanku suasana wfh ini ke awal pertama ngeblog 12 tahun yg lalu.

    Dan akupun berasa banget manfaat dari Ngeblog ini, jadi blogger membawaku ke Dewa Seo dan banyak belajar meraup pundi2 dan peluang di Internet asalkan MAU.
    Beternak blog bisa jadi penghasilan lebih tuh Mak Wati, coba deh..

    Dan karena Ngeblog, aku kenaal dirimua, Maaak���� makasih yaa pertemanannya.

    BalasHapus
  11. Me time itu bener banget mbak. Rasanya kalo udah capek sama urusan rumah atau kampus trs buka blog tu bahagia banget. Obat stres mujarab asal ga dikejer DL aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqiiqiqiq, iyah mbaaa
      Kalo dikejar DL, rasanya bludreg juga yakk qiqiqiq

      Hapus
  12. DI foto itu yang belum pernah ketemu sama mbak Sugi. Banyak gal yang didapatkan dari ngeblog ya mbak termasuk dapat tambahan penghasilan

    BalasHapus
  13. Awalnya, saya ngeblog hanya untuk membuat catatan harian. Ternyata lama-kelamaan, saya merasakan manfaat lain dari blog. Termasuk bisa mendapatkan penghasilan. Alhamdulillah

    BalasHapus
  14. Aku karena ngeblognya udah lama dan mulai dari gratisan, kerasa banget perubahannya sampai sekarang ini. Konsisten dan jangan lupa bahagia saat menulis apalagi konten organik

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah udah ketemu jalannya ya Mba... seneng deh akhirnya tetap bisa berkarya meski dari rumah saja. Semangat Mba! Saya mau ngikutin jejak digitalnya ya

    BalasHapus
  16. Insya Allah
    Menulis salah satu aktivitas yang akan aku geluti hingga ujung usia!

    Tidak ada rencana pensiun, hihihi
    Justru dengan tetap beraktivitas, aku merasa waras!

    Banyak pencerahan yang aku dapatkan dari ngeblog dan bergabung komunitas.
    Meski untuk tetap in the mood, kudu jatuh bangun juga, hahaha.

    Jadi, kudu pintar improvisasi, adalah koentji!


    BalasHapus
  17. Barakallah untuk segala pencapaiannya Mbak Wati..
    tetap semangat berbagi banyak hal bermanfaat lewat blog ya..
    Saya mesti meniru konsistensinya nih...Karena kini kadang timbul tenggelam mood-nya , hiks!

    BalasHapus
  18. Kapan ya kita bisa ketemu mbk..
    Alhamdulillah ya mbk, berkah ngeblog. Banyak sekali manfaat darinya, daoet ilmu banyak, teman dan alhamdulillah berkah. Aku cuma sekali ikut gathering, selebihnya belum pernah karena seting pindah tempat tinggal dan juga punya anak kecil. Semoga suatu hari bisa ikut gathering atau acara-acara Blogger

    BalasHapus
  19. Awalnya aku nggak menduga mba kalau ngeblog ini bisa menghasilkan duit. Dan alhamdulillah dapat rejeki tak terduga dari sini :)

    Smoga kita lancar ya rejeki mba. Aamiin

    BalasHapus
  20. Semangat berkarya ya Mbak, selalu menginspirasi lewat tulisanmu di blog..

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah nih dari ngeblog bisa nabung Dan mandiri beli yg yg diinginkan gk minta suami ya mba selain finansial hoby Juga tersalurkan

    BalasHapus
  22. Hihihi, jadi inget dulu awal bikin blog cuma buat curhat aja, enggak nyangka ternyata manfaatnya banyak banget :)

    BalasHapus
  23. Tahun kemarin lg berjayanya monetize blog. Tahun ini agak males. Males nulis krn waktu terkuras sm bayi.hiks. Jd cm monetize pas ad job sponsor aja.heu. semoga nanti bs produktif lag

    BalasHapus
  24. Cara cepat yang biasa dilakukan teman-teman yang sudah mahir ya dengan mengikuti komepetisi blog. Kalau menang hadiahnya lumayan dan memang beneran dapat uang.

    BalasHapus
  25. Mba Wati ini blogger idola, rajin sekali update blog. Selalu bersemangat ya mba meskipun mulai ngeblog di usia yang sudah tidak semuda blogger lain. Tapi produktif banget loh ngalah-ngalahin yang muda. ;)

    BalasHapus
  26. Sepertinya sekarang banyak orang menjadikan ngeblog bukan lagi sebagai pengisi waktu luang sih. namun mereka memang menyediakan waktu khusus buat ngeblog sehingga wajar sih dapat banyak hal dari blognya

    BalasHapus
  27. Dulu juga mana tahu ya soal pendapatan dari ngeblog kyk sekarang hehe :D
    Tapi jujur sih kangen masa2 dulu di mana ya ngeblog ya ngeblog dapat pendapatan tapi gak kyk sekarang yg riuh sekali sampai yaa gtu hahaha tau deh. Zaman dulu keknya ayem gtu :D

    BalasHapus
  28. pengalamannya yang luar biasa jadi ingin konsisten nulis diblog mau berbayar atau tidak, iya ngeblog memang me time yang asyik dan berfaedah

    BalasHapus
  29. Aku sama sekali dulu tak tahu jka menulis blog bisa menghasilkan tujuanku dulu bisa jadi pribadi bermanfaat mba hahaha *beratt yes insyaAlloh pengen terus semangat aja nulisnya :p

    BalasHapus
  30. Mbaa jadi ini blognya udah 5 tahun ya? Waah, lamaa banget. Aku juga mulainya bulan Maret, tapi 2017. Ohya, aku diam2 salut sama Gandjal Rel, membernya bagus2 tulisannya klo pas aku mampir. Btw, aku masih kepo kenapa namanya Gandjal Rel, unik banget

    BalasHapus
  31. Banyak sekali manfaat ngeblog. Karena ngeblog juga aku bisa mengenal Mbak Wati. Pokoknya ngeblog itu asik menurutku.

    BalasHapus
  32. Banyak banget manfaat ngeblog. Kalo aku merasa beruntung banget dg ngeblog banyak banget catatan penting anak-anak tersimpan di blog.

    BalasHapus
  33. Saya merasakan banget manfaat ngeblog. Selain berbagai keuntungan, ternyata butuh energi untuk memelihara blog. Salah satunya rajin bikin tulisan. Ini nih tantangannya :)

    BalasHapus