Review Film The Gentlemen, Mengisahkan Pebisnis Mariyuana Yang Ingin Pensiun - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 19 Maret 2020

Review Film The Gentlemen, Mengisahkan Pebisnis Mariyuana Yang Ingin Pensiun

Film The Gentlemen, Mengisahkan Pebisnis Mariyuana Yang Ingin Pensiun


Assalamualaikum Sahabat. Sebenarnya saya dan suami tak berniat nonton film ini. Anak-anak juga inginnya nonton Hitman, tapi saya kurang suka dengan jalan ceritanya. Dan ternyata sampai di Cinepolis, Hitman udah mulai tayang. Akhirnya saya yang memutuskan agar kami nonton The Gentlemen. Masih nunggu setengah jam, bisa jajan popcorn dulu lah ya.

Guy Ritchie kembali ke genre film yang melambungkan namanya di awal memulai karirnya dulu. Bagi penyuka film lama, hapal dong dengan kegemaran Guy bernarasi seperti di Snatch (tahun 2000), atau Smoking Barrels (1998). Filmya selalu bermain-main dengan penceritaan visual gerak lambat, struktur gaya bercerita yang tidak langsung menjelaskan sesuatu. 

Kembali ke genre komedi aksi lewat film terbaru The Gentlemen yang rilis tahun 2020 ini. Guy sebelumnya sukses menggarap film produksi studio besar The Man U.N.C.L.E (2015), King Arthur: Legend of The Sword (2017) atau film live action Aladdin (2019). 

Sinopsis Film The Gentlemen


Film The Gentlemen mengisahkan  Mickey Pearson (Matthew McConaughey), seorang pebisnis mariyuana terbesar di Inggris dengan aset hingga milyaran dollar. Merasa lelah berbisnis, ia ingin menghabiskan masa pensiun dengan istrinya Rosalind (Michele Dockery). 

Mickey pun berniat menjual seluruh asetnya yang terdiri dari 12 lokasi kebun ganja rahasia. Termasuk juga sistem penanaman hingga sistem distribusi dan daftar pembeli kepada Matthew Berger (Jeremy Strong) dengan harga 400 juta dollar.

Tanpa diduga masalah muncul satu persatu, dimulai dengan serangan ke salah satu lokasi kebun ganja yang rahasia. Kemunculan pembeli lain Dry Eye (Henry Golding) yang ambisius dan hadirnya wartawan penuh akal Fletcher (Hugh Grant) yang ingin memeras Mickey lewat asistennya Raymond (Charlie Hunnam), semua itu membuat situasi menjadi kacau. Bahkan situasi yang semakin genting itu mulai mengancam  nyawa Mickey dan Rosalind. 


Review Film The Gentlemen ala www(dot)hidayah-art(com):

Fim The Gentlemen asliik menjadi film komedi aksi yang bertabur aktor keren dan tampan. Film ini hasil kerjasama sutradara film Aladdin, Guy Ritchie yang mengajak deretan aktor keren ke dalam film The Gentlemen. Mulai dari Matthew McConaughey (Mickey Pearson), Charlie Hunnam (Ray), Henry Golding (Dry Eye), Jeremy Strong (Matthew), Eddie Marsan (Big Dave), Colin Farrell (Coach), dan Hugh Grant (Fletcher). Siapa yang tidak kenal deretan aktor-aktor kece ini? Semakin penasaran dong dengan filmnya. 




Sebelumnya Guy pernah bekerja sama dengan dua aktor dalam film ini. Di tahun 2015, ia menggarap The Man from U.N.C.L.E. yang dibintangi Hugh Grant. Kemudian di tahun 2017 ia menyutradarai film King Arthur: Legend of the Sword, di mana Charlie Hunnam lah sang pemeran utama. 

Di antara aktor keren, ada Henry Golding yang pasti kalian familiar kalo udah nonton Crazy Rich Asian. Nah jangan kaget ya kalo di film Gentlemen kalian bakal menjumpai karakter yang sangat berbeda dengan peran sebelumnya, sebagai pemuda baik hati, kaya raya, namun tidak sombong di Crazy Rich Asian.

Hugh Grant sendiri memerankan detektif swasta yang eksentrik. Saya aslinya agak sebel tapi juga suka dengan karakter Hugh Grant di The Gentlemen. Hahahaa, ababil banget deh lihat perannya yang nggemesin abis. 

Kalo kalian penyuka aksi perkelahian yang seru atau tembak-tembakan, pasti bakal bosan nonton film ini. Suami saya yang suka nonton film seru macam James Bond, Mission Imposible, Jack Reacher, atau Ip Man, tentu saja menurutnya film ini membosankan.

Saya pernah ngajak nonton film Knives out, dan sukses bikin suami tertidur di awal film tayang, hahahaa.

Silahkan baca : Kinves Out, Film Tentang Pembunuhan Penulis Misterius

Anak-anak saya yang ikut nonton film The Gentlemen bilang, film ini menarik dari dialog antar tokoh. Memang sih kekuatan film ini pada karakter yang secara cerdas menonjolkan kepiawaian bicara dan adu pendapat. Alur cerita yang aslinya sederhana menjadi menarik dengan setiap adegan percakapan. Alur maju mundur dalam cerita tidak membuat bingung, justru menarik karena setiap dialog punya punch line. Nah ini nih yang sesekali bikin saya dan penonton lain tertawa kagum dengan obrolan setiap karakter.

Memang sesekali terselip adegan lucu di antara cerita film yang menegangkan. Bagi saya yang menyukai cerita novel atau film detektif, tidak bosan deh nonton film The Gentlemen.

Guy Ritchie tidak hanya menjadi sutradara, namun juga sebagai penulis skenariao yang sukses. Alur cerita mengalir, dengan plot twist yang sarat kejutan, sukses bikin saya puas nonton film ini hingga usai.

Terus kenapa seluruh tokoh kebanyakan laki-laki saja? 

Guy Ritchie memang sering memilih tokoh laki-laki untuk setiap film yang disutradarainya. Namun khusus film The Gentlemen ada tokoh wanita yang memiliki peran kunci. Yaitu istri Mickey Pearson, Rosalind yang diperankan oleh Michele Dockery. 



Rosalind justru menjadi karakter kuat sosok wanita yang tidak sekadar menjadi istri seorang bos mariyuana. Dia juga memiliki kekuatan yang penting sebagai tokoh utama pendamping suaminya.

Adegan lucu seperti pencuri tanaman mariyuana yang ternyata dikerahkan oleh Coach (Collin Farrell). Seharusnya saat pencurian menjadi adegan seru dan menegangkan. Namun di sini, justru terselip kelucuan yang bikin saya dan penonton lainnya tertawa geli.

Meski kesannya njlimet, namun bagi penyuka film misteri pasti suka dengan sederetan konflik di tengah perebutan kerajaan bisnis Mickey Pearson.

Ada dua karakter kuat yang sedari awal sudah mencuri perhatian penonton. Terutama Fletcher (Hugh Grant) yang diposisikan sebagai unreliable narator. 

Bagaimana Fletcher selalu membuat asumsi dan menganalisa tentang perbuatan bos Raymond (Charlie Hunnam). Apa iya analisanya itu beneran, atau semata karena rasa irinya pada Mickey Pearson, pemilik bisnis yang juga suami wanita cantik.

Peran Hugh Grant di sini menangggalkan stigma tokoh protagonis dan lelaki idaman wanita selama ini. Dia sukses menjadi karakter yang menjengkelkan penonton. Seperti di awal tulisan ini, saya enggak hanya gemes sebenarnya, tapi juga pengen nyubit, ahahahaa. 

Oiya, saya dan keluarga waktu nonton film ini cukup bayar 3 tiket. Satu tiket lagi merupakan hadiah yang rutin saya terima setiap minggu. Asik ya, Cinepolis emang suka bagi-bagi tiket gratis. Dan ini udah tiket ke-enam yang saya terima. Namun saya baru menggunakan dua kali, karena seringnya film favorit tayang di studio berbeda.



Sayangnya ketika saya tuliskan review Film The Gentlemen ini, di bioskop uda nggak tayang. Mungkin kalian bisa menanti tayangannya di netflix atau jaringan channel lainnya. Kalo udah menonton film ini, gimana kesan kalian?  Tungguin review film saya berikutnya ya. Wassalamualaikum.

59 komentar:

  1. Selalu suka cara mba Wati mengulas dan bertutur tentang film. Lagi asik baca tau tau selesai. Hehe

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran gimana lucunya😂 Btw si Rosalind itu tatapan matanya tajam banget kayak mba najwa shihab hihi

    BalasHapus
  3. Kalau saya sih nunggu muncul di TV aja mbak, hehe -sabar banget saya nih-

    Saya termasuk jarang banget nonton bioskop, hampir nggak pernah bahkan.

    Tapi cukup familiar dengan nama Hugh Grant dan Matthew Conaughey (maaf kalau ejaan salah). Film-film mereka pernah saya tonton juga -lewat TV tentunya, hehe.

    Hugh itu mbekas banget pas main sama Julia Robert di Runaway Bride (benar nggak sih?).

    Dan Guy Ritchie juga nggak asing buat saya, seorang sutradara handal dan mantannya Madonna kalau nggak salah ya mbak?

    Ehh, maaf loh Mbak Wati, jadi nggak ngebahas The Gentleman malah nggosip nggak jelas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hugh Grant dan Matthew Conaughey itu duo aktor kesukaanku, mba. Suka dengan akting mereka dan memang selalu nonton film2 mereka

      Hapus
  4. Aku kurang suka nonton sih..Lebih asyik baca, tapi asli jadi penadaran lho baca review mba Wati. Mantaaab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari di Netflix coba, siapa tahu udah tayang mba

      Hapus
  5. Kirain masih panjang ceritanya, eh udahan saja. Hehehe... Saking asyiknya menikmati alur Mbak yang bercerita kali ya...

    Saya jarang nonton, tapi kalau baca suka banget gitu. Jadi serasa lebih kena saat baca ceritanya

    BalasHapus
  6. Suamiku sukak nih film2 kek gini ntar coba ah cari di netflix siapa tau masih bisa nonton

    BalasHapus
  7. Penasaran karena ada Hugh Grant..kwkww
    Kalau sudah ga tayang, mau nunggu di HBO aja, baisa ga lama ada...Ohya,kusuka genre begini juga Mbak, tapi suamiku enggak. beda selera :D

    BalasHapus
  8. Oh jd ini beneran udah ga tayang lagi? Baru aja ngegas mau hunting tiket hahaha
    Baik segera cus ah ke netflix. Makasih yaa mba 🤗

    BalasHapus
  9. Senangnya bisa nonton bareng keluarga, sewaktu anak anakku udah gede dan kuliah di Jawa tengah, hilang deh kebiasaan ini.
    Eniwei jadi pingin nonton The gentlemant karena selain Hugh Grant, banyak aktor kece 😁😁😁

    BalasHapus
  10. Whoaaaa, Guy Ritchie ini jaminan film berkualitas
    kereen buanget ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti cepet nongol di HBO ya Mba
      Hare gene kagak berani ke bioskop maahh

      Hapus
  11. Aku baru tau film ini sih. Tapi kok gak menarik perhatian khalayak ya. Sepi2 aja nih di hype nya temen2ku. Apa promo filmnya kurang ya. Padahal jalan ceritanya bagus

    BalasHapus
  12. Mbaa seru banget review-nya. Kapan ya bisa seseru ini nulis kayak mba Wati 🤣 sejujurnya aku ngga kenal semua aktornya. Crazy rich asian ga nonton. Taste kita beda sih ya mba hehehe

    BalasHapus
  13. Wah, jd pingin nonton gentleman nih..udh lama ga nonton bioskop krn ada bocil huhu..aktornya keren2 y ada Collin Farrel yg ternyata bisa akting lucu jg

    BalasHapus
  14. wah baca review film ini pengen juga ke bioskop. Menarik kisahnya dan banyak hikmah

    BalasHapus
  15. Barokallah me time rame-rame ya Mba Hiday
    yang satu dapet hadiah, aku belum nonton aku film barat memang kurang suka hahaah
    senenge film korea

    BalasHapus
  16. Saya jarang nonton film bergenre seperti ini. Biasanya nonton Marvel atau komedi..tapi karena ulasan Mb hida bagus, jadi ingin noton film ini juga

    BalasHapus
  17. Aku jarang nih nonton film bergenre ini. Biasanya bapak-bapak ya yang suka nih, tapi bolehlah sekali-kali mencobq genre ini. Menarik ulasannya.

    BalasHapus
  18. Dari sekian bintang yang disebutkan mosok aku taunya cuma Hugh Grant mba hihii..
    Mau coba nunggu keluar di channel tipi ah, ceritanya asyik nih. Aku juga penggemar dar der dor ala Mission Impossible dan James Bond, tapi cerita kayak gini juga suka mba

    BalasHapus
  19. Wah, saya pasti betah nonton film ini. Secara saya pengabdi dialog-dialog dan adegan keren, bukan baku hantamnya. Harus nunggu tayang di netflix ya. Hmmm

    BalasHapus
  20. Bisa betah banget nih nontonnya. soalnya aktor yang main ganteng ganteng. Hehe, kayaknya aku nunggu tayang di aplikasi streaming kayak netflix. Sepertinya sudah turun layar. Thanks ya mba reviewnya

    BalasHapus
  21. Hugh Grant sendiri memerankan detektif swasta yang eksentrik. Saya aslinya agak sebel tapi juga suka dengan karakter Hugh Grant di The Gentlemen. ... nah ini dia aktor yang piawai. Istilah pak suamiku "pemain watak"

    BalasHapus
  22. Jadi penasaran sama ini film. Aku sendiri tipe orang yang gak begitu update soal film. Baca ini jadi penasaran. Meskipun maish tanyang di bioskop sepertinya gak langsung nonton sih, lagipula saat ini banyak yang di rumah juga.

    Eh, udah ada belum ya di netflix, Teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja dicari, mana tahu udah tayang karena sekarang lagi physical distancing juga kaan

      Hapus
  23. lockdown mba :D jangan main keluar dlu hiihi

    BalasHapus
  24. Seru ya nonton bareng anak-anak, apalagi sudah remaja. Asik diajak diskusi masalah film... Penasaran jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari aja di Netflix mbak, hihii...Promo berasa jadi BA

      Hapus
  25. Film action tapi ada unsur komedinya juga? Jadi penasaran juga pengen nonton.
    Btw, saya jujur lho mbak, nggak kenal sama aktor-aktornya, ketahuan deh nggak pernah nonton film luar

    BalasHapus
  26. wah ada unsur komedinya ya, asyik dong. Seringnya saya gak suka film action yg bertema mafia :D Kayaknya di rumah aja, jadi pengen nonton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa nonton di rumah, katanya Indihome lagi ada gratis film-film ya. Siapa tahu bisa nonton di HBO

      Hapus
  27. Pebisnis begini juga bisa pensiun ya hehehe mending bisnis halal aja mungkin:)
    Aku nunggu di Netflix aja kalau gitu nanti nontonnya apalagi sekarang bioskop lagi ditutup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tungguin aja di Netflix, ini juga udah nonton dari bulan lalu tapi baru ditulis sekarang

      Hapus
  28. Hwaaa udah lama enggak nonton matthew mcconaughey, mantan pacar saya, hihihi... Makasih reviewnya mbak, mudah-mudahan bisa nonton filmnya...

    BalasHapus
  29. hehm... penasaran deh karena kebetulan aku dan suami suka film trailer dan action apalagi ada lucu-lucunya

    BalasHapus
  30. Akting dan karakter Matthew McConaughey biasanya khas sih. Beberapa aku suka, beberapa gak suka karena kekhasannya itu bikin kayaknya aktingnya gitu2 aja. Tapi tetep penasaran pengen nonton filmnya apalagi kalo bisa bikin ketawa

    BalasHapus
  31. Aku dan suami sempat berencana pengen nonton film ini tapi tertunda.. nunggu tayang di HBO juga deh :D

    BalasHapus
  32. wah yg mainnya kok keren2 begini. jadi pengen nonton juga.
    eh itu hugh grant jadi nyebelin ya wkwkkw

    BalasHapus
  33. Wah, yang main cowok-cowok keren semua nih. Meskipun tak seseru James Bond, tapi cocok juga buat ditonton. Terlebih ada komedi, konflik dan dramanya juga.

    Wah, senengnya, ada hadiah dari Cinepolis. Jadi bisa hemat nih kalau ada 1 yg free.

    BalasHapus
  34. Sayangnya bioskop tutup sementara waktu ya mbak?

    Ini filmnya bikin penasaran deh yaa, kapan2 mesti nonton deh.

    BalasHapus
  35. Yaah ga tahu kalau ada di bioskop. Di nexflix juga kayaknya belum mba. Tapi nungguin ah kliatan sekali menarik

    BalasHapus
  36. Aku sungguh konsen ke kebersamaan keluarga saat menonton film bersama dan akhirnya asik untuk didiskusikan bersama pula.
    Seru juga yaa...
    Meski gak setipe genrenya, tapi tetap mau nonton bareng. AKu jadi ikutan gemuuysh baca karakter yang diperankan para pemainnya.
    Greget.

    BalasHapus
  37. Wow ada Nick Young (anaknya gamau move on dari crazy rich esyen) ��
    Yang kebayang sama aku sih ketegangan di filmnya. Bisnis marijuana gitu lho. Tapi bikin penasaran.

    BalasHapus
  38. Menarik filmnya nih. Kebayang gimana serunya alurnya. Suamiku paling suka film model begini. Jadi mau download aku mba. Mana pemainnya bagus juga

    BalasHapus
  39. asik nih mba buat rekomendasi film yang wajib aku tonton hahaha mengisi liburan yas daripada share berita negatif mulu

    BalasHapus
  40. Saya kurang begitu suka dengan film seperti itu, Mbak. Banyak perkelahiannya ya..
    Dari sekian pemainnya hanya tau Hugh Grant aja hehehe. Aktingnya di film tersebut pasti kece ya ...

    BalasHapus
  41. Lagi jarang banget ntn film bergenre dewasa kayak gini. Hidupku penuh dengan animasi, heuheu. Rencana pengin langganan netflix sih. tapi buat nonton drakor aja, hehe. belum pernah nonton drakor juga.


    BalasHapus
  42. Asyik mbak reviewnya. Ada spoiler-spoilernya gitu.boleh nih buat nbah list di era rebahan sekarang.

    BalasHapus
  43. Review yang luar biasa, saya nunggu download filmnya. drama action.

    BalasHapus
  44. Setelah baca reviewnya pengen kurekomendasiin ke suami, dia sua nonton film genre seperti ini apalagi klu udah omongin soal bisnis

    BalasHapus
  45. Kayaknya ini suami suka
    Mungkin kalau dia bangun aku bakalan info supaya nonton juga jadi ga bete WFH

    BalasHapus
  46. Asyik, jadi punya contekan buat nungguin film-film ini muncul di tv (eh ^^)

    Pantengin review film mbak Wati yg lainnya ah. Cuzz

    BalasHapus
  47. Regular visits listed here are the easiest method to appreciate your energy, which is why why I am going to the website everyday, searching for new, interesting info. Many, thank you! agen judi bola

    BalasHapus