Pesan Tiket Kereta Api Untuk Liburan ke Kota Bogor - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Wednesday, 13 February 2019

Pesan Tiket Kereta Api Untuk Liburan ke Kota Bogor



Tiket Kereta Api

Assalamualaikum Sahabat. Pesan Tiket Kereta Api untuk Liburan ke Kota Bogor menjadi alternatif moda transportasi darat. Pilihan naik kereta ke Kota Bogor memang menjadi keputusan saya. Dan rencananya kami akan wisata di Kota Bogor, di samping silaturahmi di rumah adik ipar.

Wisata di Kota Bogor dari masa ke masa tak pernah ada kata membosankan. Saya tak mampu menghitung berapa kali mengunjungi kota Bogor. Setiap kali ke Kota Bogor, saya selalu memiliki kesempatan mengunjungi tempat wisatanya. 

Ada beberapa tempat wisata yang selalu menjadi kenangan karena setiap perjalanan pasti meninggalkan kesan yang mendalam. Saya sudah merangkumnya dalam lima tempat wisata di Bogor dari masa ke masa. 


Pesan Tiket Kereta Api Secara Online

Saat ini berkunjung ke Kota Bogor dari berbagai kota besar di wilayah pulau Jawa sangat dimudahkan. Penyuka jalan darat dengan fasilitas tol yang lancar, bisa memilih akses jalan bebas hambatan ini.

Namun kalo kalian tidak ingin lelah karena mengendarai mobil sepanjang perjalanan, bisa juga menggunakan kereta api.

Tahun lalu saya pernah menggunakan kereta api untuk berkunjung ke Kota Bogor. Dari Kota Semarang saya memilih naikkereta Gumarang. Berangkat pukul 20.01 WIB  dari Stasiun Tawang dan naik Kereta Gumarang. Perjalanan memakan waktu sepanjang kurang lebih 6 jam 35 menit, dan tiba di Stasiun Jatinegara menjelang pukul 02.36 dinihari. 


Tiket Kereta Api
Naik kereta api bisnis Gumarang
dari Stasiun Tawang, Semarang
Sambil menanti kereta lanjutan menuju Bogor, kami sempat numpang shalat Subuh di mushola staisun Jatinegara. Karena comuter line menuju Stasiun Bogor baru tiba di Stasiun Jatinegara pada pukul 05.01 WIB. Kami sebelumnya udah mengantongi kartu e-money untuk membayar tiket menuju Stasiun Bogor.

Setibanya di Bogor, kartu e-money bisa ditukarkan kembali ataupun disimpan untuk digunakan lagi saat pulang. 


Tiket Kereta Api
Tempat penukaran
Kartu e-money di stasiun Bogor
Kalian bisa pesan tiket kereta api utuk melakukan perjalanan seperti saya dan keluarga. Gampang banget kok, tinggal install terlebih dulu aplikasi pegi-pegi di smartphone. Kemudian isi data secara lengkap untuk mengetahui berbagai promo khusus member dari pegi-pegi. Kalian juga bisa mendapatkan PepePoin untuk digunakan sebagai diskon dalam transaksi berikutnya.

Tiket Kereta Api

Karena rencananya bulan Maret akan ke Kota Bogor lagi, saya pun udah install aplikasi pegi-pegi. Kali ini saya ingin menikmati fasilitas kereta api eksekutif dan jam berangkat pagi hari. Malas aja kalo mendapatkan jadwal keberangkatan malam dan sampai Stasiun Bogor dinihari kayak tahun lalu.

Tiket Kereta Api
Daftar jadi member  pegi-pegi, agar dapat
menikmati promo khusus member
Sebelumnya saya memilih stasiun asal dengan mengisi Semarangtawang. Kemudian saya isi staisun tujuan Jakarta semua stasiuan. Jadi nanti akan muncul berbagai pilihan staisun tujuan di Jakarta.

Tiket Kereta Api
Pilih stasiun asal dan tujuan,
kemudian isi data penumpang
Kemudian saya pun memilih tanggal keberangkatan, juga jumlah penumpang. Karena saya belum tahu akan berapa hari tinggal di Bogor, saya memilih Pergi aja. Kemudian saya klik CARI TIKET. Nanti akan muncul beberapa pilihan kereta api, kelas ekonomi, bisnis, ataupun eksekutif, termasuk harga tiket, dan jam keberangkatan.

Tiket Kereta Api
Pilih kereta api yang diinginkan
Setelah yakin dengan pilihan dan melakukan pemesanan, saya tinggal isi data penumpang. Mulai dari mengisi nama dan NIK atau nomer KTP. Setelah konfirmasi, saya tinggal bayar. Ada beberapa fasilitas pembayaran, bisa memilih yang paling mudah.

Selesai deh proses pesan tiket kereta api, siap tunggu tanggal keberangkatan kereta dan liburan keluarga. Yeaayyy!

Nah, kemarin saya juga baru datang dari liburan di Kota Bogor bareng keluarga. Berikut ini wisata pilihan keluarga selama di Kota Bogor, siapa tahu ada yang butuh untuk destinasi liburan kalian nanti.

Lima tempat /wisata di Kota Bogor:

1. Terpesona Curug Bidadari

Wisata alam selalu menjadi pilihan untuk mengisi liburan keluarga saya. Terutama suami yang lebih memilih wisata alam. Katanya, Indonesia kaya dengan pesona keindahan alamnya. Jadi mengapa tidak menikmati keindahan alam negeri ini saja?

Wisata ke Curug Bidadari ini menjadi liburan keluarga yang menyenangkan. Bermain di kolam dengan limpahan derasnya air dari Curug Bidadari bikin kami enggan pulang. Air yang jernih dan dingin karena berasal dari pegunungan, tentunya bakal menjadi rekreasi yang sempurna melepas penat.

Curug Bidadari terletak dalam kawasan elit Sentul Paradise Park. Pihak pengelola wisata menjaga agar sumber mata air curug tetap terjaga. Ketinggian curug yang mencapai kurang lebih 50 meter, ketika curahan airnya turun menimbulkan suara yang keras. 



Ketika saya kesana, kondisi cuaca tengah hujan deras. Jadi ya air yang tumpah ke kolam berwarna coklat. Anak-anak pun hanya menatap kolam dengan air keruh kecoklatan. Sayang banget jadinya kami gagal bermain air di sini.

Lokasi Curug Bidadari :
Bojong koneng, Babakan Madang, Bogor
HTM : Rp. 30.000/orang

2. Terpagut Pesona Kebun Raya Bogor (KBR)


Siapa yang belum pernah liburan di Kebun Raya Bogor? Sayang banget loh kalo kalian belum pernah sekalipun ke tempat yang mampu memanjakan mata dan hati. Memandang warna hijau akan menyehatkan mata kalian. Tak berhenti di situ saja, memandang pepohonan yang tumbuh subur bakal menyejukkan pikiran. Hati pun menjadi tenang dan damai.

Kalian tak hanya mengagumi pepohonan selama di KRB. Namun kalian bisa juga melakukan kegiatan lainnya, seperti joging, jalan-jalan santai, foto-foto, belajar aneka ragam hayati, atau pun kulineran. Ya, di beberapa tempat terdapat tenda-tenda tenant yang menjajakan berbagai cemilan khas maupun mie instan.



Bahkan ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama rombongan. Misal reuni, pengajian, ataupun arisan dengan memesan areal tertentu. Atau sekedar menggelar tikar dan piknik bersama keluarga. Membuka bekal dan dinikmati bareng-bareng tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan.

KBR terbagi dari berbagai zone sesuai dengan jenis tanaman. Ada kolam air mancur, monumen peninggalan sejarah, berbagai zona taman, danau, dan juga halaman belakang istana Bogor. 

Untuk mengelilingi KBR yang seluas 87 hektar, tentu tak mungkin kalian lakukan dalam satu waktu. Kemarin saya dan keluarga memang memilih jalan kaki karena hanya mengunjungi spot tertentu. Seperti Taman Mexico yang bersebelahan dengan jembatan cinta. Melintasi jalan menuju danau dan air mancur serta rumah Anggrek.

Kemudian kami istirahat di kawasan pintu bagian timur dan menyicipi jajanan siomay dan batagor. Si bungsu malah memesan mi instan goreng. Kayaknya kelaparan karena kami berjalan sejauh kurang lebih 5 kilometer. Hihiii.

Tapi kalian yang malas jalan kaki seperti kami, bisa memilih naik kereta api mini dengan membayar tiket seharga Rp. 25.000. Nggak capek seperti kami dan tetap bisa foto-foto. Karena oleh pengemudinya, akan disediakan waktu untuk berhenti sejenak di spot foto tertentu.

Lokasi Kebun Raya Bogor :
Jl. Ir. Haji Djuanda No. 13 
Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor
HTM : Turis domestik : Rp. 15.000/orang
          Turis asing : Rp. 25.000/orang

3. Spot Foto Selfi di Hutan Pinus Gunung Halimun


Lokasi ini bisa ditempuh dengan melalui Kampus IPB Dramaga lurus melewati Pasar Ciampea. Kemudian begitu ada pertigaan, kalian bisa ambil arah belokan ke kiri dan masuk kawasan Gunung Bunder. Dari sini ikuti aja jalan berliku-liku melewati perkampungan dan kebun warga hingga mencapai pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH). 

Kalo kalian bingung, andalkan aja Google Maps untuk mengikuti arahnya. Taman Nasional ini memiliki gerbang masuk dari berbagai arah. Namun kami lebih memilih jalur Ciampea karena lebih dekat dari tempat kami menginap di kawasan Dramaga.  

Setiap orang dikenakan tarif Rp. 15.000 dan parkir Rp. 15.000. Udara dingin mulai menembus masuk ke dalam mobil. Jendela mobil yang diturunkan, menjadi pilihan kami untuk menyesap aroma biji pinus yang mekar berjatuhan. 

Rumput basah karena embun pagi menguar, meresap ke dalam indera penciuman. Segarnyaaaa, pengen di sini terus. Nggak hanya foto-foto kalo kalian berada di sini. Kalian bisa sekadar duduk menatap batang pinus yang berjajar di antara tanah lembab hutan pinus. Udah gitu aja, bikin hati damai.

4. Menyepi di Curug Cihurang


Meninggalkan hutan pinus, kami beranjak ke Curug Cihurang. Curug yang lokasinya paling dekat dari gerbang TNGH. Semula kami merencanakan ke Curug Cigamea. Tapi karena Curug Cihurang ini yang pertama kami jumpai, ya udah mobil pun memasuki area parkir yang dikenakan tarif Rp. 5.000.

Jangan ragu atau membayangkan jalan treking menuju curug bakal berliku. Saya baru sekali ini berjalan ke curug dengan jarak yang sangat dekat. Cukup berjalan sejauh 50 meter, saya udah menjumpai Curug Cihurang.

Sepanjang jalan mata kalian akan terpesona dengan pepohonan di bukit. Ada aliran sungai kecil yang memecah jalan menjadi dua bagian. Saya dan keluarga mengambil sisi jalan sebelah kiri dengan bukit di sisi kirinya. Sisi kanan adalah camping ground bagi anak muda yang ingin menghabiskan malam dengan membakar jagung atau singkong.

Suara gemuruh air terdengar ketika kami baru melangkah sepanjang 10 meter. Bikin semangat kami terdongkrak dan makin bergegas menuju lokasi asal suara.

Meski kecil curahan air yang jatuh ke dalam kolam, tetap aja menyenangkan. Ada dua curahan air yang turun dan masuk ke dalam kolam. Dua kolam kecil bisa jadi pilihan kalian bermain air. Kolamnya dangkal, dengan perosotan untuk anak-anak bermain air. Kehadiran perosotan yang terbuat dari plastik, malah bikin lokasi curug jadi tidak alami.



Di Curug Cihurang ini kami tidak lama, karena ingin menuju destinasi berikutnya, yaitu...

5. Menjelajah Litle Eropa di DeVoyage


Sekarang kalian tak perlu susah payah menabung untuk wisata ke Eropa (saya aja kali, hihii). Karena di Kota Bogor ada tempat wisata baru yang sedang menjadi trending topic di media sosial yaitu Devoyage.

Menempati lahan seluas 1,5 hektar, ada beragam spot foto kekinian yang menarik minat anak muda. Kalian bisa foto-foto dengan latar bangunan khas Eropa.

Terletak di kawasan yang sejuk nan teduh, ada ratusan titik spot foto yang bakal bikin kalian enggan pulang. Saya kebingungan mau memilih foto di beberapa lokasi. Sebenarnya bukan hari libur, tapi tetap aja pengunjung lumayan ramai. Maklum ya masih baru dan viral di media sosial. Jadi pengunjungnya udah ramai. Pintar-pintarnya kalian aja memilih lokasi foto yang agak sepi atau bergantian dengan pengunjung lain.

Ada sungai dengan perahu kecil yang berwarna cerah dan jembatan kayu di atasnya. Ini merupakan spot foto paling favorit. Ada pengunjung yang enggan pindah ke spot foto lain, hahahaaa.



Untuk masuk ke Devoyage, pengunjung dikenakan tiket Rp. 25.000/orang untuk weekdays. Sementara hari Minggu dan libur nasional harga tiket sebesar Rp. 35.000/orang.

Ada fasilitas permainan untuk anak-anak, minizoo, juga cafe dengan desain ala desa di Eropa. 

Lokasi Devoyage :
Jl. Boulevard 
Bogor Nirwana Residence

Nah, itu lah kelima wisata yang udah saya pilihkan untuk kalian. Cukup tinggal di Bogor selama tiga hari kalian bisa menikmati kelima tempat wisata di atas. Ayo buruan pesan tiket kereta api dan pilih liburan ke Kota Bogor bareng sahabat atau keluarga. Wassalamualaikum.

29 comments:

  1. selalu suka kalo ke bogor, selalu ada aja tempat wisata baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya ada 5 lagi tempat wisata yg Kekinian. namun kami gak sempet mengunjungi karena si bungsu kepengen pulang, ada ajakan ke kampus untuk ngurus KRS

      Delete
  2. Aku belum pernah ke bogor mbk dan asli pengen banget ke sana, soalnya tmpat2 wisatanya kece2. Dah, kalau aku ke bogor, bolehlah aku manfaatkan pegi pegi, biar perginya happy seperti dikau mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalo naik kereta bebas macet. Bayangkan kalo kejebak macet bikin bete

      Delete
  3. Wih, saya ingin sekali liburan ke Bogor.

    ReplyDelete
  4. Masya Allah, banyak pemandangan yang bagus-bagus ya.

    ReplyDelete
  5. Aku sudah lama gak naik kereta. Jadi ingin naik kereta lagi. Hehe.

    ReplyDelete
  6. Wah anak-anak Kepanjen bisa diajak main ke sana nih dengan naik Kereta Api.

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata harga tiketnya murah ya.

    ReplyDelete
  8. Saya pun ke Bogor paling seneng naik kereta api soalnya nggak macet, perjalanan Sukabumi-Bogor lewat jalur kendaraan umum, macet di Cicurug bikin stress

    ReplyDelete
  9. Padahal deket nih tapi Blum pernah ke sana mba,, rumahku Depok cuma 3 stasiun k bogor jd kpingin kesana instagramable bngt y mba

    ReplyDelete
  10. Sekarang mah emang udah paling bener kalo liburan jalur darat pake kereta api aja yah mbak, gak macet, ontime dan sejak ada pegipegi jadi makin praktis deh, tinggal klik-klik doang.

    Wah, ternyata Bogor banyak tempat indah yang bisa dikunjungi yah mbak, aku tahunya cuma kebon raya doang hahaha

    ReplyDelete
  11. Welcome to Bogor mba.. sekarang naik kereta memang menjadi lebih menyenangkan ya.. akupun jika ke tempat adik di purwokerto naiknya kereta api.. lebih nyaman menurut aku.. soal pesan tiket biasanya suami aku yang urus, noted mba nanti aku info soal pegi pegi ya.. siapa tahu harga bersaing hehe

    ReplyDelete
  12. aku bolak-balik naek kereta paling cuma ke jakarta.
    kemarin waktu ke jogja, kok lebih irit bawa mobil sendiri, apalagi bawa 5 orang :D

    aku juga pernah make pegipegi, banyak promonya :D

    ReplyDelete
  13. Kupikir dirimu kemarin naik mobil, ternyata kereta ya Mbak. Sekarang lebih gampang pesan pakai aplikasi kaya Pegipegi ini. Tempat wisatanya juga banyak

    ReplyDelete
  14. Sekarang saya juga lebih suka ke Bogor naik kereta. Lebih murah meriah dan bebas macet

    ReplyDelete
  15. Wah aku kalah sama Mbak Wati udah jalan-jalan ke wisata alam Bogor hihihi aku malah baru ke Devoyage aja padahal lebih dekat ya dr tempatku

    ReplyDelete
  16. Jiaaa ada DeVoyage. Terakhir liburan kemarin aku ke sana Mbaa. Eh, tinggal yang hutan pinus nih yang belum. Ntar pengen ke sana juga ah, kek bagus deh pemandangannya :)

    ReplyDelete
  17. Mba Hiday masih di Bogor apa udah balik nih? Oleh-oleh ya mba hahaha
    aku belum pernah menginjakkan kaki di bumi Bogor nih. Penasaran serunya

    ReplyDelete
  18. Wah udah lama mau ke Bogor tp belum kesampaian, hikks. Btw di app pegi-pegi bisa pesan kereta api jg yah kak, keren nih. Mendkung traveler banget

    ReplyDelete
  19. I always love taking the train. If you along the way is incredible. And Bogor has so many beautiful places to visit

    ReplyDelete
  20. Ke Bogor lagi yuk mba. Ajak aku juga naik kereta. Soale ak suka naik kereta

    ReplyDelete
  21. Aku kemana2 juga naik kereta mba. Memang lebih nyaman, baik sendiri maupun sama anak-anak. Btw jadi kepengen ke Bogor juga niihh aku belum pernah ke sanaa hihi

    ReplyDelete
  22. Pas ke Hutan Pinus Gunung Halimun OST nya Christina Perri yang A Thousand Years yaa, kak...
    Hihii~

    So romantic.

    Aku pingin naik KA VIP yang katanya hanya ada 1 rute ituu...
    Bisa pesan di pegipegi juga kali yaa...

    ReplyDelete
  23. Aku juga selalu andelin pegipegi buat beli tiket perjalanan, lebih praktis & harganya bersaing. Btw, jadi pingin ke bogor, udah lama banet gak ke sana :)

    ReplyDelete
  24. Saya sama anak klo ke beberapa kota milih naik kereta api juga mba. wah enak sekarang udah gampil, tinggal pesen tiket via online ya.

    ReplyDelete
  25. Jadi pengen balik ke Bogor nih, padahal baruuuu aja bulan lalu main-main ke Bogor. Aku pengen ajak anak-anak ke Devoyage. Kayaknya seru banget...

    ReplyDelete
  26. Waahh Mba Wati jalan2 teruuuss... Asyik juga ya ke Bogor naik Gumarang.
    Itu Little Eropanya sangat menggoda loh mba. Aku jadi pengin narsis ih liat tempatnya yang kece.

    ReplyDelete
  27. Aku suka mba Wati travelling dikawal si Babe kece badai ��

    ReplyDelete