Mengurus Perpanjang Atau Bikin Paspor Makin Gampang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 20 Februari 2019

Mengurus Perpanjang Atau Bikin Paspor Makin Gampang




Assalamualaikum Sahabat. Sekarang perpanjang atau bikin paspor makin gampang. Kebetulan akhir bulan Januari saya baru saja mengurus perpanjangan paspor milik saya dan suami. 

Dahulu saya dan suami memperoleh paspor karena akan menunaikan ibadah haji. Saat tahun 2014 itu, paspor haji udah sama dengan paspor umum. Jadi bisa digunakan juga untuk jalan-jalan keluar negeri. Kalo sebelumnya kan nggak bisa, jadi paspor haji ya cuma bisa dipakai untuk ke tanah suci.

Senang juga waktu punya paspor pertama kali, karena itu tandanya saya dan suami akan melangkah keluar negeri untuk yang pertama. FYI, suami punya prinsip kalo keluar negeri ya untuk berangkat haji. Jadi meski saat itu kami punya tabungan khusus untuk traveling, suami hanya mau digunakan untuk seputaran Jawa.

Niat Jalan-Jalan Keluar Negeri

Nah, usai menunaikan ibadah haji, paspor itu terdiam lama di lemari penyimpanan. Bak putri salju yang tertidur lelap menanti sang pangeran menciumnya agar terbangun. *paan siy

Sebenarnya tahun 2018 saya dan suami udah berniat akan umroh dan mengajak anak-anak. Namun sebulan menjelang akan menyetorkan duit untuk umroh sekeluarga, suami kena serangan jantung. Buyar semua rencana kami.

Tiba-tiba jelang akhir tahun saya mendapat kabar ada tiket promo dari teman di WAG komunitas blogger perempuan Semarang. Saya pun segera japri Mara, dan meminta bantuannya untuk memesan tiket promo tersebut. Murah banget sih, dan saya udah sukses merayu suami, untuk meminta ijinnya jalan-jalan keluar negeri.

Eh, suami minta ikut, hihiii. Akhirnya saya mengirimkan nomer paspor kami berdua untuk pemesanan tiket promo PP Jakarta - Kuala Lumpur. Kemudian saya pun melakukan transaksi pembayaran di ATM. Maklum deh fasilitas MBanking cuma untuk ngecek saldo rekening.

Yeaaayyy, alhamdulillah semoga lancar perjalanan kami nanti. Rencananya awal bulan Maret 2019 ada saya dan suami bersama tiga teman blogger, serta suami dari salah seorang blogger ini akan ke Kuala Lumpur. 

Kalo melihat dari peta sih dekat ya, tapi nggak tahu tuh sampai sekarang kok kami nggak pernah berniat kesana. Giliran ada tiket promo aja langsung ngacir pesan, hahahaa.

Dan setelah itu, Mara pun bikin WAG Goes to Kuala Lumpur, hihii. Ya niatnya karena kami ingin membahas seputar rencana jalan-jalan kami. Seperti itinerary, mau nginap di mana, mau bawa baju apa aja untuk OOTD di sana, hahaha. 

Iyaa, sereceh itu percakapan di WAG. Yang dipikirkan baju dulu. Lupa kalo paspor kami ternyata udah mau expired saat jalan-jalan di KL nanti.

Paspor saya dan suami, sama-sama habis berlakunya pada bulan Juli 2019. Itu artinya bulan Januari 2019 kami harus segera mengurus perpanjangan paspor. Sementara Mara dan Mba Dian Nafi, berakhirnya masa berlakunya paspor berbarengan juga. Mereka mepet banget, karena baru bisa menguru perpanjangan pada akhir Februari 2019. 

Memperpanjang Paspor, Gimana Caranya?

Begitu masuk bulan Januari saya udah kasak kusuk sama suami, menentukan kapan kami bisa memperpanjang paspor. Karena rencananya suami ada kerjaan di Bogor. Jadi bulan Januari itu kami harus udah beres ngurus perpanjang paspor. 

Sebelumnya saya udah nanya sama Mara, gimana ngurus perpanjang paspor. Karena ada yang bilang harus daftar online dulu. Tapi ada juga yang bilang, daftar online pun percuma. Karena ketika kesana, juga disuruh ngisi blanko kosong untuk keperluan perpanjang atau bikin paspor baru.

Saya akhirnya mengikuti saran teman-teman, yang udah ngurus perpanjang paspor. Ada Vita, yang juga akan menjadi teman jalan selama di Kuala Lumpur. Juga saran dari mba Tanti, teman blogger yang baru saja pulang umroh. Mereka udah install aplikasi Layanan Paspor Online/Antrian Paspor Online.

Karena di aplikasi playstore nggak ada aplikasi layanan paspor semarang, saya pilih yang ada keterangan Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenlu. Gambar aplikasinya kayak berikut ini :


Antrian Paspor Online


Nanti kalo kalian udah install aplikasi Layanan Paspor Online ini, akan muncul langkah selanjutnya.


Cara mengurus perpanjang atau bikin paspor :

1. Buka Aplikasi

Kalian mesti install dulu aplikasi Layanan Paspor Online. Ada juga pilihan lain, yaitu Antrian Paspor. Kalo saya kemarin pilih yang Layanan Paspor Online. 

2. Bikin User ID

Setelah sukses install aplikasi, kalian harus bikin User ID untuk melakukan pendaftaran antrian online. Untuk verifikasi, sebaiknya menggunakan email agar dapat masuk ke  aplikasi. 

Jadi saran saya, misal orang tua yang udah sepuh akan berangkat umroh/haji, harus dibuatkan dulu User ID. Bisa dibuatkan oleh anak atau cucu, keponakan, bebas. Yang penting nama di user sebisa mungkin ada dalam satu KK (Kartu Keluarga).

Setelah itu, masuk dengan User ID untuk melakukan langkah berikutnya, yaitu...

3. Isi Data Lengkap

Nanti akan ada petunjuk untuk mengisi data diri secara lengkap. Jadi harus sesuai dengan data yang akan digunakan untuk daftar antrian paspor.

Di sini ada persyaratan pembuatan paspor. Kalian bisa baca pelan-pelan agar memahami tiap poin dalam persyaratan pembuatan paspor. Persyaratan berkas yang mesti kalian bawa hanya 3 hal berikut ini :

  • KTP asli dan Fotokopi
  • Akte Kelahiran asli dan Fotokopi/Surat Nikah/Ijazah
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi
Jangan sampai ada yang ketinggalan dari tiga berkas penting di atas. Ntar bolak-balik jadi nggak efektif.

4. Pilih Kantor Imigrasi dan Jadwal Kedatangan

Setelah mengisi data lengkap dalam aplikasi, ada menu pilihan. Kaian harus memilih Kantor Imigrasi yang akan dituju untuk melakukan pembuatan paspor.

Kemudian kalian isi tanggal dan jam sesuai dengan kedatangan. Bila kuota yang ada sesuai dengan tanggal dan jam pilihan habis. Pilih jam dan hari yang berbeda. Sistem kuota ini udah ada di sistem, jadi nggak bakal kehabisan jatah.

Nantinya kalian akan memperoleh konfirmasi kantor imigrasi mana, tanggal, dan jam kedatangan. Kalian juga akan mendapatkan QR Code Pendaftaran Paspor.

5. Datang ke Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal


Antrian Paspor Online
Saya hapus kode booking dan QR Code

Nah kalo  udah mendapatkan QR Code Pendaftaran Paspor, bisa dicapture atau cetak. Namun kemarin saya nggak melakukan kedua hal tersebut. Karena masih ada histori dari pendaftaran yang udah kita lakukan.

Saya mendapat jadwal untuk wawancara dan foto pada hari Rabu, tanggal 29 Januari, pukul 13.00 WIB. Jadi saya datang 15 menit sebelum jadwal wawancara.  


6. Foto dan Wawancara

Begitu masuk, ada petugas yang akan mengambilkan nomor antrian untuk pemberkasan. Saya mendapat satu lembar blangko yang harus diisi data diri komplit, alasan mengurus paspor, dan lainnya. Ada kolom pilihan, bikin paspor atau perpanjang paspor.


Antrian Paspor Online
Bagian pelayanan pemberkasan

Setelah diisi, serahkan blangko yang udah diisi kepada petugas di bagian customer service. Apabila ada antrian, petugas akan memanggil nama pemohon sesuai urutan penyerahan blangko.

Nah, dulu ada yang pernah bilang, untuk apa daftar online kalo setibanya di kantor imigrasi masih ngisi blangko. 

Saya kasih tahu ya, mengisi blangko itu untuk detil agar keterangan diri pemohon paspor lebih komplit. Kalo di daftar online, cuma isi nama, alamat, tanggal lahir, dan no KTP. Tidak ada keterangan nama Bapak, ibu, juga hari lahir mereka berdua. Oiya, sebelum mengisi blangko, kalian harus ingat tanggal lahir orang tua ya.

Setelah dari sini beres, kalian akan diarahkan ke dalam ruangan antrian untuk menanti panggilan wawancara dan foto. Saya nggak nunggu lama, cuma 15 menit udah dipanggil untuk wawancara.

Jangan takut, jawab pertanyaan dari petugas dengan jujur. Kemukakan alasan pembuatan paspor dengan jelas. Paling pertanyaan sesuai dengan isian yang ada di blangko. Begitu kelar, kalian langsung menjalani proses foto. Selesai sudah. 


Antrian Paspor Online

Dari datang antri ngisi blangko dan proses pemberkasan, wawancara, dan foto, saya cuma butuh waktu 1,5 jam. 

Cepet yaaa, nggak kayak dulu waktu saya ngurus paspor untuk berangkat haji. Luamaaa, ada mungkin sekitar 3 atau 4 jam.

7. Lakukan Pembayaran

Bikin paspor online
Diajakin foto selfi bersama Bapak Rudi
dan bukti pengantar pembayaran
Proses foto selesai, kalian akan mendapatkan Bukti Pengantar Pembayaran. Dalam bukti tersebut tercetak perincian biaya pengurusan paspor. 

Yaitu, biaya paspor  Rp. 300.000
Jasa Biometrik        Rp.   55.000
Total yang harus kalian bayar sejumlah Rp. 355.000,-.

Pembayaran bisa dilakukan di konter mobil Pos & Giro yang ada di lokasi. Atau bisa juga di kasir Alfamart, Indomaret, ataupun transfer via ATM di bank yang sudah ditunjuk. 

Dalam keterangan dalam bukti pengantar pembayaran, dijelaskan pula bahwa proses pembuatan paspor baru akan dilakukan kalo sudah ada transaksi pembayaran. Jadi buruan ya lakukan pembayaran begitu keluar dari pintu Kantor Imigrasi. Jangan lebih dari tiga hari dari sejak proses wawancara dan foto.


8. Pengambilan Paspor

Kalian bisa mengambil paspor setelah tiga hari, terhitung sejak dilakukan pembayaran. 

Datang di Kantor Imigrasi tempat kalian melakukan wawacara dan foto. Ambil nomer antrian di bagian depan atau ruang tunggu dekat customer service. Masuk ke loket bagian pengambilan paspor. 



Tunjukkan bukti pembayaran kepada petugas di loket. Tunggu panggilan dari petugas tersebut. Nanti kalian akan diminta mengisi buku tamu, tandan tangan di  formulir yang sudah disediakan oleh petugas.


Paspor yang lama juga
dikembalikan, nggak usah diminta
Daaaannnn... proses pembuatan paspor pun selesai. Paspor sudah kalian terima dengan sukses.  Sekarang perpanjang atau bikin paspor makin gampang. Yeaaayyyy, alhamdulillah. Paspor pun udah siap digunakan untuk syarat beli tiket keluar negeri, hihiii. Yuk, kapan dan keman kita, Sahabat?  

Pastikan ya kalian harus install aplikasi dan daftar online, sebelum datang ke kantor imigrasi. Karena kemarin barengan dengan saya, ada seorang laki-laki yang meminta bantuan petugas atau orang dalam untuk ngurus paspor.

Bukannya dibantuin, orang tersebut mendapat pengarahan panjang kali lebar oleh kepala Bidang Humas Kantor Imigrasi. Gitu aja masih ngeyel, hahaha. 

Kalian nggak punya smartphone? Ya udah pinjem dulu ama gebetan atau mantan, untuk install aplikasi Layanan Paspor Online. Hihiii.

Nggak hanya ngurus proses pengisian blangko, wawancara, dan foto aja yang cepet. Waktu saya ngambil paspor pun juga cepet banget. Nggak lebih dari 15 menit udah beres urusan saya. Alhamdulillah semua dimudahkan sejak ada layanan online ini. Kalian udah pernah ngurus perpanjang atau bikin paspor? Yuk sharing pengalamannya di sini. Wassalamualaikum.

57 komentar:

  1. Wa ilmu baru nih.. Makasih Mbak Wati. Siapa tahu suatu saat beneran akan butuh aku. Berarti pasport untuk umroh sekarang juga disamakan dengan yang umum ya Mbak? Kalau buat baru juga bisa melalui online dulu nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang bikin paspor untuk keperluan apapun, sama. Harus daftar online melalui aplikasi. Kalo belum daftar nggak bakal dilayani

      Hapus
    2. Makin praktis ya Mbak sekarang, mengurangi waktu dan tenaga kita juga di sana. Selain itu memudahkan para petugas juga menurut aku. Mereka jadi menghemat waktu untuk mengerjakan bagian yang biasanya membutuhkan banyak waktu.

      Makin maju nih Indonesia.

      Hapus
  2. Udah 7 tahun lalu buat paspor dan belum diganti, ternyata online jauh lebih mudah. Ga kebayang 7 tahun lalu harus subuh ngantri di imigrasi huhu

    BalasHapus
  3. Waaah ternyata bikin paspor bisa dilakukan secara online ya mbak... Jadi mudah ya skrg kalau ingin bepergian ke LN. Terimakasih sharing informasinya mbak bisa jadi acuan saya bila suatu saat ingin ke LN.

    BalasHapus
  4. sekarang memang zaman serba online, mbak. jadinya serba mudah dan cepat. Makasih sharingnya, mbak.. buat bekal nanti bikin paspor nih

    BalasHapus
  5. Pasporku tahun ini habis nih mbak kayanya harus segera daftar online buat perpanjangan ya, mana bertiga sama anak-anak juga :)
    Kalau aku daftar 3 sekaligus bisa ya mbak biar barengan sama anak-anak. Makasih infonya ya mbak, soalnya aku belum pernah daftar online.

    BalasHapus
  6. Cepat dan mudah prosesnya, ya, Mbak. Zaman dulu mah sebelum ada internet bikin paspor itu ribet, Mana kalau gunakan jasa calo maka harus bayar dobel gitu. Padahal dari keterangan di atas biaya bikin paspornya tak terlalu mahal.
    Senang sekarang era digital jadi segala sesuatu serba dimudahkan. Dulu mah belum terintergars, sekarang kian canggih.
    Cuma, saya kesal karena akta kelahiran anak sdaya pakai singkatan unbtuk Pratama jadi P sadahal dalam akte sudah dibetulkan. Takutnya ke depan Palung sulit bikin paspor. Apa harus buikin akta baru atau bolehkan pakai nama singkatan dari akta lahirnya? Duh, tata administrasi kalau tak beres dari awal bikin lieur.
    Saya sendiri belum punya paspor meski pengen agar bisa kalan-kalan ke luar begeri atau persiapoan untuk ibadah ziarah ke tanah suci. Semoga kelak dimudahkan aamiin, mewski baru sebatas impian.

    BalasHapus
  7. Nah bener banget mba, zaman skrg mau urus paspor aja gampang, semakin mudah mau kemana aja ya. Jadi kapan kita kemana mba?

    BalasHapus
  8. waaah...udah ditulis cara2nya. Wokey siap bikin paspor deh meskipun jalan2nya ga tahu kapan, hihi. Ntar kalo masih bingung tanya2 lagi ya mbaak

    BalasHapus
  9. Kemarin aku kesulitan daftar online, dan untuk area jakarta udah ngga ada lagi pilihan, cuman banten, tangerang & depok. Akhirnya diinfo temen kalau bisa daftar melalui WA untuk kanim Jakarta Barat, sudah terdaftar tapi ada kesulitan jg pas konfirmasi dianggep gagal, akhirnya daftar lagi, berhasil konfirmasi tapi suami & anak ngga berhasil... aseli bikin kesel sih menurut aku kalau ngga ada opsi bisa datang langsung. kasian Ibu or Bapak2 yg udah sepuh dan ngga ngerti tentang daftar online ini.

    Pas aku nanya ke orang kanimnya, mereka bilang untuk Jakarta pendaftaran online sudah full sampai november, weleh, trus kalau yg perlu mendadak gimana coba? Hahahaha
    Niat & pelayanannya sih sudah bagus, tapi integrasi & sistemnya menurut aku harus diperbaharui agar lebih user friendly :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...seperti kata temenku ya mbak. di jkt antrean onlen-nya uda full. smp ada temen dia yg bela2in bikin pas pulkam ke solo yg antreannya lebih masuk akal hehehe.

      Hapus
  10. Wahhh semakin terbantu dengan layanan paspor online ini yaa, Mba. Waktu ngurusnya jadi lebih cepat dari yang dulu :)

    BalasHapus
  11. saya kapan bisa merasakan ngurus paspor yaa? Pengen juga merasakan gimana rasanya punya paspor dan kemudian jalan-jalan ke luar negeri :)

    BalasHapus
  12. Tapi pas mau ambil antrian online nya suka error terus nih aplikasi huhuhu semoga next antrian online gini lancar yah

    BalasHapus
  13. oh, memang nggak ada petugas yang melayani pembayaran ya mbak? Atau memang disistemnya nggak boleh sehingga harus lewat pihak ketiga

    BalasHapus
  14. Cepet ya Mbak proses pengurusan paspornya. Trus biayanya juga murah. Yang mahal ntar biaya travelingnya. Hihihi.
    Saya juga pengen nih bikin paspor, tapi belum siap buat haji, umroh, atau travelingnya. Hehehe.

    BalasHapus
  15. Aku belom urus pasport nie buat ak sama anakku...perlu banget deh kayaknya ini..sapa tau tar keluar negri

    BalasHapus
  16. sama nih pengalamannya dengan saya.
    dramanya ya cuma waktu mau daftar antrian aja...hehehe

    BalasHapus
  17. Simple dan praktis banget nih bisa urus paspor via online. Jadi kalau ke kantor Imigrasinya tinggal isi data yang belum lengkap dan tidak perlu menunggu lama. Oke, thaks informasinya ya mbak��

    BalasHapus
  18. Karena udah ada aplikasinya, jadi lebih ringkas yaaa. Gak perlu lama2 di kantor, cukup lengkapi dokumen dari rumah sambil leha2. Asyiknya kalau bisa datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal. Jadi gak buang2 waktu, kan...

    BalasHapus
  19. Senang sekali dengan niat suami yang niatnya pertama kali keluar negeri ya untuk haji. Salut. Alhamdulillah ya mba skarang ada kemudahan untuk perpanjang paspor

    BalasHapus
  20. Makin mudah saja ya bikin paspor maupun perpanjangan.
    Kecanggihan teknologi emang bikin segalanya jadi lebih mudah, yang manual semua berganti online.
    Dan hal kayak gini juga sedikit banyak menumpas praktek2 percaloan.
    Jadi pengen keluar negeri *eh hahaha

    BalasHapus
  21. ngurus passport sendiri sekarang mah semudah itu asal nyiapin waktu seharian aja dan sabar sama prosesnya ya. Terutama bisa siapin semua dokumen yang dibutuhin

    BalasHapus
  22. Masya Allah.. sekarang udah segala online jadi mudah yaa.. btw saya belum pernah bikin pasport mudah2an tahun ini dan ke tanah suci.. aamiin hehe

    BalasHapus
  23. Kecanggihan teknologi bikin smeuanya jadi lebih gampang yaa.. kemarin suamiku juga baru perpanjang online, dia happy banget karena bayangan dia ngurus passport bakalan ribet dan antri lama, ternyata super gampang kalau seacra online :)

    BalasHapus
  24. Paspor aku juga sudah lama expired, mau perpanjangan juga belum ada rencana ke luar negeri hehe, tapi infonya bermanfaat deh jadi kalau mau perpanjang paspor bisa daftar online dulu jadi lebih cepat dan praktis ya

    BalasHapus
  25. Aku belum perpanjang nih mba mudah bnget memang caranya bikin praktis,, daftar online ftg tinggal tunggu balik lg selesai

    BalasHapus
  26. Sampai saat ini aku belum bikin paspor kak soale kudu benerin KTP dulu huhu. Btw sekarang enak ya sudah serba online jadi lebih mudah bikinnya.

    BalasHapus
  27. Paspor aku alhamdulillah masih aman, paspor anaku nih dah expired hik.. tapi sekarang lebih mudah dengan online ya mba.. nanti tinggal datang saat pengecekan berkas dan foto diri... mmm jadi lebih mudah ya.. kalo sebelumnya aku ambil form dulu.. nanti balik lagi untuk taro berkas dan nanti tunggu jadwal foto huhu lamaaa... thanks for sharing mbak

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah semakin dimudahkan ya Mba HIday, bisa bikin dengan online
    dulu bikin langsung ke kantornya, pas tahun kemarin juga nganterin temen bikin udah ga bisa di situ langsung online. Makasih tipsnya mba Hiday insyAllah mau bikin lagi yang lama expired

    BalasHapus
  29. Iya nih sistem membuat paspor sdh keren banget. di batam juga cukup whatsapp

    BalasHapus
  30. Dulu aku ngurus pasport harus datang sendiri ke kantor Imigrasinya, karena belum ada layanan yang serba praktis kaya gini, kak...
    Sekarang jadi lebih mudah, mungkin kuota pr-harinya jadi gak dibatasi kaya dulu yaa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kalau sudah tahu jadwal jam dan harinya gini..jadi gak pake antri dan gak pake lama.

      Yeess banget deeh..

      Hapus
  31. iya mbak, alhamdulillah sekarang bikin passport dan peranjangannya lebih mudah dan cepat. saya juga pas pulang dari malaysia, pas banget passport bentar lagi expired, perpanjangan deh 7 orang. alhamdulillah gak ada kendala sama sekali prosesnya cepat dan mudah.

    BalasHapus
  32. Eheum.yanf mau piknik dengan tiket pesawat murah. Bikin pasword dengan paksu. Uuuhhh mupeng deh ah, eh bonus itu ya diajakin selfie sama pak rudi. Wmwmm

    BalasHapus
  33. Tinggal ngikutin step by stepnya ya Mba Hiday
    mudah, dan sharing darimu pun juga gamapang dipahami
    rencana mau bikin lagi, pasporku udah ekspired

    BalasHapus
  34. Gampang banget ternyata ya mba cara urusnya. Okelah, aku mau instal aplikasinya dulu.
    Siapa tau dalam waktu dekat ada tawaran ke luar negeri, entah untuk apa, semoga untuk hal-hal baik yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

    Mba, itu maksudnya yang paspor lama jangan diminta tuh apa? Dibalikin ke kita lagi gitu? Kok aku rada ga paham. Ntar jawabnya via WA aja ya mba hihihiii... thanks.

    BalasHapus
  35. Imigrasi sekarang emang makin berbenah banget ya mbak. Ingat dulu aku bisa antri dari subuh buat bisa selesai cepat. Sekarang gak sampe 30 di imigrasi udah beres semuanya. Salut deh.

    Btw, selamat jalan-jalan ke KL ya mbak :)

    BalasHapus
  36. Wah infonya manfaat banget kak. Aku baru mau bikin passport. Makasih ya

    BalasHapus
  37. Wah, paspor saya udah lewat bude ga diperpanjang, kayaknya mending buat baru sahaja, kalo liat biaya, tapi kalo liat arsip data mending perpanjang, ah aku galau yaaak

    BalasHapus
  38. Sekitar bulan september tahun lalu saya juga nyobain layanan antri paspor online ini mbak. sempat ketar ketir juga karena butuhnya cepet, terus dapat kabar dari teman pas dia bikin antrian online di Jogja sudah full semua. beruntung pas saya coba ternyata masih ada slot antrian. langsung daftar tanggal tersebut deh, di kantor imigrasi prosesnya cepet banget. kusuka.

    BalasHapus
  39. Alhmdulillah emang gampang sih ya kalo mau ngurus pasport asal semua persyaratan bener2 diperhatikan dan dibawa. Saya ditanya tujuan kemana.. dan diminta undangannya.. Karena belum saya lampirkan ya keluar dulu untuk ngeprint..

    BalasHapus
  40. bulan oktober lalu saya juga abis mengurus paspor yang sudah mati, mba. bener2 mudah bangeet dan sudah online ya pendaftarannya. semoga makin berkualitas pelayanannya ya :)

    BalasHapus
  41. praktis yaa Mbak.
    duuuh passportku apa kabar ya? udah expired sejak Februari lalu, blm juga diperpanjang ini Mbak karena belum ada tanda-tanda akan halanhalan keluar negerinya, hiiksss

    anyway thanks info nya ya Mbak :)

    BalasHapus
  42. Jadi ingat kayaknya tahun depan paspor aku kadarluarsa nih mba. Kayaknya mau mencoba ah perpanjang paspor dengan cara online gini

    BalasHapus
  43. Sudah pernah sekali perpanjangan tahun 2015. Jadi habisnya 2020 nanti. Enak sekarang lebih mudah yaa. Tahun 2015 sudah ada online tapi sistemnya belum seperti ini. Jadi punya bayangan buat perpanjangan nanti nih...

    BalasHapus
  44. jadi pengen ngurus juga, kali aja ada yang ngajak ke LN

    BalasHapus
  45. Ya ampun ternyata mudah ya urus perpanjangan paspor karena udah ada aplikasi antrian onlinenya mbak, aku kira ribet loh. Kebayang ribetnya itu kadang udah pusing hehe.

    BalasHapus
  46. Nah kayak gini kan enak. Orang jadi gak trauma dengan birokrasi. Memang teknologi memudahkan segalanya ya, termasuk membuat passport.

    BalasHapus
  47. Semakin hari pelayanan pembuatan paspor memang makin membaik. Di Batam saya mengalaminya. Sudah dua kali ganti paspor dan terasa perbedaannya. Kalau dulu antri hingga berjam-jam, kini antri hanya beberapa menit saja.

    BalasHapus
  48. Enak ya sekarang bisa lebih cepat dan mudah. Inget banget jaman dulu pernah ngalamin bikin sendiri karena penasaran, saingannya sama calo dong. Itu seharian dikantor imigrasi.

    BalasHapus
  49. Postingan ini pas banget buat aku karena mau perpanjangan paspor, udah mau habis tahun ini. Asyik ya ngurus paspornya. Nggak pakai lama dan ribet ya. Selamat bersenang-senang di KL ya

    BalasHapus
  50. Ternyata gampang banget ya mbak perpanjangan paspornya. Adekku kmrn lama ngurus perpanjangan paspor. Kayanya dia belum ngerti yang online begini

    BalasHapus
  51. Wah, makasih infonya mb. Aku kusave nih linknya, aku belum punya paspor. Alhamdullilah klo sekarang mengurusnya gampang ya, mba

    BalasHapus
  52. akk jadi inget paspor ku expired akhir tahun lalu xD harusnya perpanjang 6 bulan sebelumnya ya ^^ padahal ada Layanan Paspor Online ya, jadi lebih gampang buat ngurusnya.. masih parno aja nih saya sama antri ngurus berkas-berkas :D

    BalasHapus
  53. Caesars Casino Review (2021) - Get $10 Free with No Deposit
    Caesars https://septcasino.com/review/merit-casino/ Casino 바카라사이트 Review · 1. Claim your $10 free bonus www.jtmhub.com and receive febcasino up to $20 in 출장안마 casino credits (30 Free Spins) · 2. Play Slots at Caesars Casino.

    BalasHapus