Restoran Pringsewu Wisata Kuliner Baru di Kota Lama Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Wednesday, 23 May 2018

Restoran Pringsewu Wisata Kuliner Baru di Kota Lama Semarang

Picture by Ika Puspita
Assalamualaikum Sahabat. Restoran Pringsewu Dukung Wisata Kota Lama Semarang. Menapaki jejak sejarah di kota lama Semarang, selalu mencuri perhatian. Terlebih menjelajahi kota lama, dengan bangunan yang memiliki historis tersendiri. Tentunya ada satu hal penting yaitu mengulik kulinernya. Jalan-jalan selalu satu paket dengan kulineran. Setuju aja yaaa.

Menyebut nama Restoran Pringsewu, pasti teringat sepanjang jalan kenangan di pantura. Setiap beberapa kilometer akan ada papan penunjuk jalan, yang mengingatkan keberadaan satu resto di pantura.


Restoran Pringsewu memang identik dengan tempat makan di sepanjang pantura. Tempat makan yang akrab dengan para pemudik serta pengguna jalan di pantura.

Konsep Heritage dari Bangunan Cagar Budaya

Namun sudah sejak lama, resto ini memiliki cabang di tengah kota. Seperti Restoran Pringsewu Kota Lama yang baru saja launching. Resto yang merupakan cabang ke 21 ini mengusung konsep heritage. 

Terletak di jalan Suari no. 10-12 Semarang, resto ini tampil dengan ciri khas bangunan kota lama. Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini masih mempertahankan bentuk aslinya yang menarik wisatawan dari luar kota dan mancanegara. Bangunan ini menjadi salah satu dari sekian banyak bangunan yang masuk cagar budaya.

Gedungan yang dulunya pernah menjadi milik saudagar gula nomer dua terkaya di dunia, yaitu Oei Tiong Ham. 

Seperti yang dituturkan oleh bapak Aryanto Wahyu, Direktur Marketing. Restoran Pringsewu.  Beliau menuturkan bahwa menajemen Restoran Pringsewu sangat bangga bisa menjadi bagian dengan menempati bangunan bersejarah. Manajemen bangga menjadi bagian dari resto yang berada di kota lama. Sore itu Pak Aryanto atau akrab disapa pak Ari, ditemani oleh Bapak Rosyad Khan, juga Direktur Marketing, Bapak Sunarto dan Andi, Manajer Resto.

Niat dari manajemen resto ini adalah ingin mengenalkan sejarah bangunan pada masyarakat yang singgah untuk kuliner. Mereka datang tidak hanya untuk mencicipi hidangan menu yang ditawarkan Restoran Pringsewu. Namun juga mengenal sejarah gedung yang ditempati oleh resto tersebut.

Pengunjung restoran akan melihat beberapa foto yang dipajang di dinding. Foto-foto yang memperlihatkan kondisi bangunan dan lokasi kota lama pada masa lampau. Pengunjung pun diajak berkenalan dengan model arsitektur masa lalu. seperti penataan ornamen bata "sebatu" yaitu tatanan tembuk dari bata dengan lebar 2 kali dari tembok saat ini. 

Oiya, tentang ruangan di Restoran Pringsewu sendiri ada beberapa area yang bisa kalian pilih. Bagi yang ingin privasi tentunya bisa memilih beberapa ruangan di bagian dalam. Penataan mebelnya juga menyesuaikan bangunan bersejarah ini. Kalo ingin di outdoor ada di bagian belakang. Dekat dengan mushola, toilet, dan toko oleh-oleh. Atau bisa juga memilih duduk di meja yang terletak di balkon kayu.  Asik kayaknya kalo memilih lokasi ini ketika senja atau malam hari. Nuansanya pasti eksotik.



Outdoor space

Wisata Kuliner di Restoran Pringsewu Kota Lama

Mengusung menu yang sudah menjadi ciri khas resto ini, yaitu seafood. Ada banyak pilihan menu dengan cita rasa yang istimewa. Dan saya beserta beberapa teman blogger kota Semarang beruntung bisa menikmati sajian menu saat acara buka puasa.


Restoran yang baru grand opening tanggal 12 Mei 2018 ini memiliki sajian seafood yang lezat. Saya yang penyuka seafood serasa dimanjakan dengan berbagai pilihan menu ikan dan seafood. Terutama adalah Pesmol Gurame yang rasa kuahnya kental banget bumbu rempahnya.

Duhhh, saya pengen kesini lagi untuk ngajakin keluarga menikmati menu ini. Kalian jangan bayangkan deh kelezatan Pesmol Gurame ini ketika belum saatnya berbuka. Sungguh berat ... biar saja aja. *ketawa sedih

Restoran Pringsewu
Pesmol Gurame


Menu ikan yang saya cicipi kemarin ada lagi yang tak kalah kelezatannya. Yaitu Gurame Tepung cabe garam. 

Gurame Tepung Cabe Garam
Meski ada keterangan garam, jangan cemas kalo rasa asinnya bakal menyengat lidah. Karena menu ini terasa gurih, terutama kalo kalian menyicipi remah tepungnya. Hmmm...

Menu lainnya juga memiliki cita rasa yang lezat menggoda. Seperti beberapa menu yang saya cicipi berikut ini, adalah :

Udang saus Mangga yang saya cicipi kemarin, bikin lidah berdecak seru. Rasa asam mangga berpadu sempurna dengan daging udang. Apalagi disertakan pula irisan daging mangga yang ketika digigit terasa banget segar dan crunchy.


Menu Udang lainnya adalah Udang Saus Padang. Kalo kalian penasaran gimana rasanya, cicipi aja kesini ya.

Resto Pringsewu Kota Lama
Udang saus Padang

Pilihan Menu Sayuran

Untuk menu pendamping lainnya, tersedia berbagai sayuran. Seperti Ca Pokcoy Bawang Putih, yang kuahnya bener-bener yummy. Dengan taburan bawang  putih goreng yang ditumbuk kasar, memberikan sensasi rasa yang gurih.

Pokcoy Bawang Putih

Kemudian ada juga menu Buncis Cabe Garam dengan cita rasa gurih berpadu pedas yang pas untuk lidah saya. Tapi kalo kalian penyuka rasa pedas, tentu mesti menambah pesanan seperti Udang Saus Mangga tadi. Cocok banget kedua menu ini disantap bareng.

Buncis Cabe Garam

Apa ada menu lainnya yang unik dan mengenyangkan? Ada dong. Nasi Bandhem adalah menu yang sore itu menerbitkan tawa kami. 

Seperti yang kalian tahu, bandhem dalam bahasa Indonesia artinya lempar. Bayangkan dong kalo kalian mendapat lemparan Nasi Bandhem. Lemparnya di mulut tentunya, pasti bikin kenyang perut, hahahaa.

Tapi yang unik dari Nasi Bandhem adalah bentuknya yang dikepal seukuran telapak tangan. Juga ada rahasia di dalam nasinya. Begitu dibelah, ada lauk teri goreng yang bersembunyi di dalam nasi.

Ada pilihan lauk untuk menemani makan Nasi Bandhem. Silahkan dipilih ada ayam geprek atau telur dadar  plus bakso goreng? Ada pula lauk pendamping yaitu tempe, tahu, dan sambel serta kerupuk.


Kudapan Khas dari Restoran Pringsewu

Sebagai pembuka menu buka puasa kemarin ada Takjil berupa Kolak santan yang isinya ada pisang dan kolang kaling. Semangkok kecil udah cukup lah ya untuk membatalkan puasa begitu terdengar adzan magrib.


Di samping itu tersaji segelas penuh Jus Jambu yang menyegarkan tenggorokan. 


Kudapan yang menjadi menu pembuka ada Mendoan yang tebal dan kiwir-kiwir, hihii. saya paling senang dengan Mendoan model setengah basah seperti ini. Dicocolkan ke dalam cairan kecap, duhhh enaknyaaa.


Tersaji pula jajanan Onde-Onde, yang menurut mitos bila jumlah wijennya ganjil bisa dipastikan rasanya lezat. Ukuran Onde-Onde yang besar gini pasti bakal mengganjal perut sejenak untuk diajak shalat maghrib dulu sebelum makan besar.


Bersama kedua kudapan tadi ada juga Pisang Krispi dengan taburan keju. Pisangnya udah matang dan manis. Enak sih kalo digoreng krispi seperti ini. Serta kudapan Tahu goreng tepung yang sayang banget untuk ditolak.



Menu Berbuka Puasa di Restoran Pringsewu

Enak semua deh menu sajian di Resto Pringsewu ini. Sahabat bisa loh ngajakin teman, keluarga, atau pun saya buka puasa bareng di sini. Saya kasih lihat ya contoh menu paket yang ditawarkan oleh Resto Pringsewu.


Nggak hanya menu berbuka puasa, karena Resto Pringsewu juga menawarkan paket sajian menu untuk lebaran. Kalo kalian bakal menerima tamu keluarga atau relasi, nggak usah panik. Nggak perlu repot masakin yang istimewa. Ajak aja tamu kalian ke Resto Pringsewu Kota Lama. Beberapa paketnya bisa dilihat di sini.


Nah, gimana ... udah memutuskan kapan akan buka puasa bareng saya? Jangan khawatir dengan harganya. Karena menu sajian yang ditawarkan Resto Pringsewu udah sesuai dengan harganya. Nggak kemahalan, worth it lah. Yuk agendakan buka bareng teman atau kerabat ya. Wassalamualaikum.

12 comments:

  1. Pengen ke Sana lagi, mo ngerasain pokcoy nya. Kayanya Seger bangeeet.

    ReplyDelete
  2. Wah amntep tenan ya mbak, pas banget kayaknya buat bukber bareng temen-temen :D

    ReplyDelete
  3. Memang enak-enak makanannya. Lokasinya juga historikal banget. Kapan2 balik lagi bawa pasukan ah

    ReplyDelete
  4. Galfok sama menu2 ikannya...kmrn ke sana cuma nyoba karedok sama sup iga doang. Harus diulang niih

    ReplyDelete
  5. paket komplit ni ya, makanannya enak, tempatnya nyaman, kayaknya laus ya? anakku bisa lari-larian hepi hihihih

    ReplyDelete
  6. Wuaaaah menunya menggoda banget ini, apalagi itu gurami pesmol nyaaa.

    ReplyDelete
  7. Aih..masakannya ngawe2 ik... Jadi pengen ke sana juga...

    ReplyDelete
  8. Mbaaak...mumpung punya kartunya, kapan2 kita nongki cantik disana yuuuk....aku penasaran sama Udang saus Padang sama saus mangga nya

    ReplyDelete
  9. Mba Watiii, saya salah jam baca postingan ini. Lihat gurame dan udangnya sukses bikin saya telan air liur padahal ini masih pagi jadi buka masih lama, huhuhu:(

    ReplyDelete
  10. Bisaa Buat syawlan yahh.... Hihihii....

    ReplyDelete
  11. Aku belum incip-incip ke sini. Pengen ngerasain rasa makanannya.
    Next time ah.

    ReplyDelete
  12. Enak =enak nih, jauh di Semarang. kayaknya pingin nasi Bandhem sendiri nih, dibikin bulat dan diiisi dengan ikan teri. dibikin bola bola. hehehe

    ReplyDelete