Ramadhan Terbaik Dari ACT Untuk Indonesia - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Wednesday, 16 May 2018

Ramadhan Terbaik Dari ACT Untuk Indonesia


Beri Ramadhan Terbaik

Assalamualaikum. Ramadhan Terbaik dari ACT Untuk Indonesia. Marhaban Yaa Ramadhan. Alhamdulillah Ramadhan yang selalu saya nantikan, telah di depan mata. Beberapa masjid yang ada di wilayah pemukiman saya, sudah mulai berbenah. Semua muslim ingin menyambut datangnya bulan Ramdhan dalam keadaan sebaik-baiknya.

Terlebih pahala yang berlipat ganda bakal terbuka lapang selama bulan suci ini. Dan menyambut bulan suci Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) turut mengajak bangsa Indonesia untuk mewujudkan amal saleh untuk kemanusiaan. Kemanusiaan yang ditujukan baik untuk sesama bangsa Indonesia, maupun untuk meringankan krisis kemanusiaan global.  


Pada hari Senin, tanggal 14 Mei 2018 kemarin ACT Jawa Tengah meluncurkan program kerja "Beri Ramadhan Terbaik". 

Program "Beri Ramadhan Terbaik" menekankan pada ikhtiar kuat umat dalam meraih ridho-NYA. Ikhtiar terbaik dalam bentuk ibadan dan berbagi yang diniatkan semata-mata memperoleh penilaian terbaik dari Allah.



www.hidayah-art.com
suasana press conference
di Resto KHOJA Semarang
Selaku Branch Manager ACT Jawa Tengah, Bapak Sri Suroto menuturkan bahwa Ramadhan merupakan bulan terbaik dan termulia dari semua bulan hijriyah. Hal tersebut menjadi momen untuk melipatgandakan ikhtiar dan amalan terbaik umat muslim.

Sebelumnya beliau menceritakan awal terbentuknya Aksi Cepat Tanggap. Yaitu awalnya ACT merupakan inisiasi penanggulangan bencana. Ketika bencana alam terjadi di berbagai daerah di wilayah Indonesia. Sementara pemerintah tak mungkin menjangkau dan menangani semuanya. ACT hadir menjadi mitra pemerintah membantu masyarakat di kawasan bencana.

"Jadi ketika ada bencana, kita tidak gagap lagi menghadapinya. Karena sudah ada tim penanggulangan bencana. Dan kita bergerak bersama BNPT," tutur pak Suroto.

Lebih lanjut beliau menjelaskan tentang Tim Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah yang baru saja pada tanggal 13 Mei 2018, menyapa TPA Jatibarang Kecamatan Mijen, kota Semarang.

Di tempat tersebut, ACT bergerak bersama dengan kawan-kawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Tengah, berbagi bahagia dengan warga di sekitar TPA Jatibarang. 

"Ada 320 paket disiapkan untuk ratusan pemulung yang hadir," cerita Pak Sugiyono selaku perwakilan Tim ACT Jawa Tengah.


Setiap keluarga mendapatkan Paket Ramadhan yang berisi kebutuhan bahan pokok untuk melengkapi menu sahur dan berbuka. Paket Ramadhan yang menyapa warga TPA Jatibarang merupakan upaya untuk dapat menghadirkan Ramadhan Terbaik dan juga meringankan beban mereka.

Dengan semangat 'Beri Ramadhan Terbaik' itu pula, masyarakat Indonesia, khususnya muslim bisa mewujudkan amalan terbaik. Yaitu dengan membahagiakan jutaan masyarakat yang tak berdaya hingga korban krisis kemanusiaan. 

Ada tiga jenis kebaikan yang bisa kalian lakukan. ACT pun memiliki tiga program untuk masyarakat yang membutuhkan, yaitu :

1. Humanity

Aksi Cepat Tanggap mempunyai peran kemanusiaan di wilayah Jawa Tengah. Seperti saat terjadi bencana gempa bumi di Banjarnegara. Sebanyak 500 paket dari IHC yang didatangkan langsung dari Blora. Paket berisi beras, minyak goreng, teh, serta telur dibagikan kepada para pengungsi di tenda-tenda darurat.

2. Kedermawanan

Kebaikan dalam segala bentuk kemanusiaan solusinya adalah kedermawanan. Kedermawanan dalam bentuk apapun yang kalian miliki. Kalo yang punya harta bisa disumbangkan untuk menolong sesama yang tidak berdaya. 

Atau bisa juga dengan modal ponsel, kalian bisa share kabar duka di media sosial. Kemudian beberapa pihak yang membuka rekening untuk donasi dipastikan bakal dibanjiri ribuan donatur. Karena pada dasarnya masyarakat Indonesia ini memiliki hati yang penuh kasih. Ketika membaca kabar duka yang menimpa sesama saudara di bumi pertiwi, langsung mereka tergugah mengulurkan bantuan.

3. Filantropi / Kerelawanan

ACT tidak memiliki jumlah pengurus yang banyak. Bahkan untuk ACT Jawa Tengah hanya dikelola oleh delapan orang. Namun ACT memiliki jumlah relawan yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Untuk Jawa Tengah telah terbentuk relawan di 35 kabupaten. Keren yak!

Relawan ini terdiri dari para pelajar, kebanyakan dari mahasiswa, dan masyarakat umum. Dengan jejaring mereka lah yang memberikan informasi dari lokasi A1 terjadi bencana. Kemudian disebar infonya ke seluruh jejaring ACT di berbagai wilayah di Indonesia.

Di dalam kerelawanan ada semangat kepahlawanan yang bergerak membantu masyarakat yang kena musibah.


Kapal Kemanusiaan dari Negri Indonesia Untuk Global

Lebih jauh Bapak Suroto menuturkan bahwa beberapa waktu sebelumnya berkali-kali melakukan misi kemanusiaan keluar negri. Di antaranya adalah :

- Tanggal 7 Desember 2017 mengirimkan beras sejulah 1 juta kg untuk Somalia. Misi kemanusiaan ini untuk menangani kelaparan karena hujan tidak turun di negeri itu. Perjalanan dengan Kapal Kemanusiaan ini memerlukan waktu perjalanan selama 55 hari. 

- Berikutnya tanggal 20 September 2017 berangkat ke Banglades untuk mengirimkan 2 juta kg beras.

- Tanggal 2 Februari 2018 juga mengirimkan 2 juta kg beras ke Palestina untuk membantu korban perang di sana.

- Dan yang terakhir adalah bulan April, dengan jumlah pengiriman yang sama di Suriah.




“Di dalam negeri, kita memiliki program Humanity Food Truck (HFT), truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan. Insya Allah, Ramadhan nanti Humanity Food Truck akan berkeliling ke wilayah pra-sejahtera di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat. HFT akan menyediakan makanan berbuka puasa gratis untuk masyarakat pra-sejahtera, akan ada pula Humanity Food Van, miniatur HFT yang juga akan hadir di 14 kota di Indonesia selama Ramadhan,” jelas Sri Suroto.

Di Jawa Tengah, ACT akan melaksanakan beberapa program kemanusiaan di berbagai kabupaten/kota selama Ramadhan. Secara rutin ACT Jawa Tengah akan mengadakan buka bersama dhuafa dan pendistribusian paket pangan Ramadhan berupa sembako untuk masyarakat di desa-desa pra sejahtera yang terangkum dalam program Pelosok Jateng.

Beri Ramadhan Terbaik

Nantinya juga akan dilaksanakan program peduli lansia, berupa Pesantren Lansia dengan mengadakan senam lansia, pemeriksaan kesehatan, paket sahur dan berbuka puasa untuk 100 lansia dhuafa yang rencananya akan diadakan di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

ACT Jawa Tengah juga akan mengimplementasikan program Mobile Sosial Rescue (MSR), yaitu program yang menangani pasien medis kurang mampu yang memerlukan biaya tinggi serta tidak tercover oleh BPJS. ACT Jawa Tengah saat ini sedang mengangkat lima kasus pasien kurang mampu, yakni Ossy penderita kanker tulang di Kendal, Sabilillah penderita tumor kepala di Pati, Yudha penderita gagal fungsi hati di Demak, Fatimah penderita leukimia di Klaten dan Amin penderita hedrosepalus di Banjarnegara.

Sementara program global ACT antara lain yaitu solidaritas kemanusiaan dunia islam (SKDI), yaitu program pangan untuk membantu masyarakat di negara konflik maupun negara miskin. Insya Allah, Ramadhan 1439 H, akan ada delapan negara yang akan disapa ACT. Mereka di antaranya Palestina, Suriah, Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya), dan Myanmar (Rohingya).


Sementara itu, berbagi kebaikan juga meluas hingga luar negeri, khususnya di negara-negara yang mengalami krisis kemanusiaan. ACT turut menyuplai kebutuhan pangan selama Ramadhan bagi masyarakat yang terkena dampak krisis kemanusiaan. Kebutuhan pangan tersebut di antaranya, paket pangan Ramadhan, paket iftar, serta paket pangan Idul Fitri.

Di momen Ramadhan nanti, ACT juga mengadakan lomba jurnalistik kemanusiaan. Lomba tersebut sebagai ikhtiar untuk meluaskan kebaikan Ramadhan kepada khalayak. Lomba jurnalistik kemanusiaan terbuka untuk awak media dari tv, media online, dan media cetak di seluruh Indonesia.

Nah, kalian yang ingin mengikuti lomba jurnalistrik kemanusiaan ini bisa melihat info nya di sini ya. Saatnya Beri Ramadhan Terbaik agar ibadah kita lebih berkah, aamiin. Sampai jumpa dalam cerita berikutnya. Wassalamualaikum.

12 comments:

  1. Masya Allah..
    semoga donasiyang kita salurkan bisa meringankan saudara kita diluar sana.. Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga Allah melapangkan rejeki kita agar rajin donasi ya

      Delete
  2. Mulia sekali program-program ACT ya mbak. Semoga Ramadhan kali ini kita masih diberi kesempatan untuk selali berbuat kebaikan ya mbak.

    ReplyDelete
  3. Bagus program act ini bisa meringankan beban yang butuh bantuan ya mbak

    ReplyDelete
  4. Masyaallah, ACT memang menunjukkan aksi nyata sejak awal berdirinya. Semoga para relawan dan pengurusnya senantiasa dilimpahi kesehatan dan diterima semua amal baiknya ��

    ReplyDelete
  5. Wah, bagus sekali program2 ACT y mba.. semoga diberi kemudahan & kelancaran...

    ReplyDelete
  6. Sebelum baca tulisan Mbak Wati ini, aku sempat lihat status WA teman ttg ACT. Ternyata dia jadi relawan di sana. Baca tulisan Mbak Wati tentang ACT ini cukup terharu karena masyarakat kita punya empati yang tinggi keoada sesama.

    ReplyDelete
  7. Semoga kita juga bisa ikut membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan ya, mbak. InsyaAllah kita bisa turut serta memBeri Ramadan Terbaik untuk mereka

    ReplyDelete
  8. ACT emang bener2 bagus Mba. Srering baca beritanya di.sosmed

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah bagus2 ya programnya dan termasuk yg kredibel juga yaa

    ReplyDelete
  10. bagus banget.. semoga bisa di terapkan di kota saya

    ReplyDelete
  11. informasinya sangat bermanfaat. Saya sangat terbantu dengan blog anda

    ReplyDelete