Tujuh Hal Yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Pasang Behel Gigi - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Tuesday, 29 May 2018

Tujuh Hal Yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Pasang Behel Gigi

behel gigi
picture by Orange Dental

Assalamualaikum Sahabat. Tujuh Hal Yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Pasang Behel Gigi. Bagi sebagian besar orang, ada yang langsung aja datang ke ahli gigi. Atau kadang ke salon kecantikan karena tawaran harga yang murah.   

Berurusan dengan gigi itu nggak boleh main-main. Karena pasang behel gigi tak sembarangan juga, jadi kalian mesti aware nih. Pasang behel gigi sembarang bukannya jadi cantik malah jadi bermasalah.


Nah, apa sih pertimbangannya ketika kalian memutuskan pasang behel gigi? 

Bagi beberapa orang, memutuskan pasang behel gigi karena alasan kesehatan. Misalnya ketika susunan gigi tidak rata. Yang menyebabkan gigi mereka tidak dapat mengunyah makanan dengan sempurna. Dalam jangka panjang hal ini bisa menyebabkan masalah di pencernaan.

Tapi kebanyakan orang mengenal behel gigi karena alasan kecantikan. Misal susunan gigi yang tidak rapi, hingga muncul rasa tak percaya diri. Akhirnya kelompok ini memutuskan pasang behel gigi karena ingin tampil cantik dengan gigi yang rapi usai pemasangan behel gigi.


behel gigi
Picture by pixabay

Entah untuk alasan kesehatan ataupun kecantikan, sebaiknya kalian wajib tahu beberapa hal berikut ini sebelum pasang behel gigi.

1. Alasan Pasang Behel Gigi

Seperti yang sudah saya bahas di atas, pemasangan behel gigi tiap orang punya alasan yang beragam. Terserah kalian sih mau pasang behel gigi untuk alasan kesehatan atau kecantikan. Karena toh yang bayar biaya pasang behel gigi juga kalian sendiri, hahahaa.

Terlebih bila alasan pasang behel gigi adalah untuk kesehatan gigi dan gusi. Misalnya gigi yang berjejalan hingga menyebabkan munculnya plak. Karena susah kan membersihkan sisa makanan di sela gigi yang berjejalan. 

Kejadian ini yang dialami oleh si bungsu. Dan susunan giginya memang merupakan warisan dari saya dan suami. Ia pun menginginkan behel gigi agar susunan giginya lebih rapi. 

Saya pernah menuliskan pengalaman si bungsu pasang behel gigi, baca dalam artikel berikut :

Pasang Behel Gigi Untuk Anak Remaja

2. Kenali Jenis Behel Gigi


behel metal
picture taken by Orange Dental

Seperti juga alasan pemasangan behel gigi yang banyak macamnya. Jenis behel gigi pun juga ada banyak sekali. 

- Behel Lepasan
- Behel Transparan
- Behel Metal
- Aligner
- Behel Damon
- Behel Lingual

Beberapa jenis behel ini tentunya digunakan sesuai dengan kebutuhan dan selera pemakainya.

3. Usia Yang Tepat Kapan Pasang Behel Gigi

Sebenarnya usia berapa pun boleh pasang behel gigi. Karena setiap orang memiliki alasan tersendiri kapan akan pasang behel gigi. 

Namun secara spesifik, usia yang paling cocok dilakukan pemasangan behel gigi ketika gigi bungsu sudah tumbuh. Yaitu sekitar usia 8 s/d 14 tahun. 

Alasan lainnya bila pemasangan behel saat masih usia muda karena lebih efektif. Tulang wajah yang masih berkembang tentunya lebih memudahkan penyesuaian proses usai pasang behel. 

Apakah mereka yang sudah berusia lebih dari 14 tahun tidak boleh pasang behel gigi? 

Boleh-boleh aja pastinya. Namun orang dewasa yang pasang behel gigi butuh waktu yang lebih lama. Karena tulang wajah tidak lagi berkembang, hingga butuh perawatan behel gigi yang lebih lama. 


4. Biaya Pasang Behel Gigi

Nah ini dia alasan banyak orang yang pasang behel gigi di sembarang tempat. Baru saja dua hari lalu seorang teman curhat bahwa dia mengalami masalah usai pasang behel gigi. 

"Dokter gigi mana yang bantuin pasang behel?"
"Bukan dokter gigi, tapi di ...."

Teman saya tidak menyelesaikan ucapannya. Dia pun mengeluh bahwa rahangnya berubah akibat pasang behel gigi sembarang tempat. Akibatnya, gigi atas dan bawah sekarang malah tidak bisa mengatup sempurna. 

Niatnya ngirit tapi hasilnya malah membahayakan susunan gigi. Kemarin juga dia menanyakan berapa biaya pasang behel gigi. Saya pun menjelaskan bahwa lebih baik memilih tempat yang terpercaya untuk urusan pasang behel ini. 

Kalo nggak ada dana yang cukup, simpan tiap bulan hingga terkumpul untuk biaya pemasangan behel. Mending bayar mahal tapi hasilnya memuaskan dan tidak membahayakan kesehatan gigi kita.

Oiya, saya baru tahu kalo ada pelayanan pasang behel gigi dengan menawarkan kemudahan dalam pembayaran. Yaitu Orange Dental yang menyediakan kemudahan dengan cicilan tanpa bunga hingga 12 bulan. Wah pasang behel gigi jadi lebih terjangkau untuk semua kalangan ya.

5. Pasang Behel Gigi di Tempat Ahlinya


behel gigi

Tentu saja kalian mesti pasang behel gigi di tempat ahlinya. Bukan di tempat ahli gigi. Namun di tempat praktek Dokter gigi Spesialis Ortodonti.

Alasannya adalah pemasangan behel gigi ini butuh waktu yang cukup lama. Ada resiko yang mungkin muncul bila pemasangan dilakukan bukan oleh dokter gigi yang memiliki kompetensi di bidang ortodonti.


6. Resiko Pemasangan Behel Gigi

Setiap tindakan medis pasti menimbulkan berbagai resiko. Apalagi seperti pemasangan behel gigi yang letaknya di daerah sensitif seperti rongga mulut. Gesekan kawat dengan bibir atau rongga mulut bagian dalam pasti terjadi. Perawatan gigi pasca pasang behel pun makin butuh ketelatenan. 

Namun dengan pemasangan behel gigi di tempat yang ahli, seperti dokter gigi spesialis, tentu resiko terburuk telah diminimalisir. Karena pasca pasang behel gigi, ada perawatan yang berkesinambungan tiap sebulan sekali atau tergantung waktu yang disarankan oleh dokter gigi.


7. Perawatan Ketika Pasang Behel Gigi


sikat gigi untuk behel

- Perawatan yang saya maksudkan dimulai dari pemeriksaan awal. Yaitu konsultasi dengan dokter gigi yang akan melakukan pemasangan behel gigi. Pembuatan model gigi dari bahan cetakan sebagai panduan untuk perawatan serta informasi kondisi gigi awal.

- Proses pemasangan behel gigi yang membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam. Tergantung dengan tingkat kesulitan dari susunan gigi. 

- Kontrol rutin selama masa perawatan dengan frekwensi yang berbeda-beda. Saat kontrol ini biasanya dokter akan melakukan pengecekan terhadap kondisi gigi serta behel. Kadang ada juga yang datang sebelum jadwal kontrol. Biasanya dikarenakan kawat atau bracket gigi ada yang terlepas. Jadi mesti dipasang ulang.

- Pasca perawatan yaitu ketika dokter telah melepas behel. 

Ketujuh hal yang wajib kalian ketahui sebelum pasang behel gigi di atas, sebaiknya diperhatikan banget. Dengan melakukan langkah yang benar, semoga kalian akan memiliki gigi yang cantik dan rapi. Juga terhindar dari masalah baru yang muncul pasca pemasangan behel gigi.

Gigi rapi dengan senyum yang cantik kadang butuh upaya dan biaya. Namun bila hasilnya bikin sahabat makin percaya diri, tentunya sah saja sih. 

Gimana, udah yakin mau pasang behel gigi? Atau kalian justru mengalami masalah setelah pasang behel gigi? Sharing yuk di kolom komentar di bawah ini, Sahabat. Wassalamualaikum.

52 comments:

  1. Aku dulu pake behel dan itu lamaaa sekali. Sejak SMA hingga tahun kedua kuliah. Cuma, meski utk alasan kesehatan tetap saja behel ini masuk wilayah kecantikan jadi tidak dicover asuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama banget ya mbak. Ini si bungsu udah 1,5 tahun dan belum ada rencana kapan dilepas behelnya

      Delete
  2. Belum pernah berbehel, hihi. Katanya kalau baru pertama pemasangan sering sariawan ya terkena behel giginya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Nis, anakku dulu sempat sariawan, tapi nggak sampai parah

      Delete
  3. Perawatan harus extra ya, jadi gak pingin berbehel nih :3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pengen pasang behel emang orang-orang yang ekstra sabar, hehee

      Delete
  4. Aku kok blom pernah tertarik dgn behel gigi ya? Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak muda nih mbak yang senang pasang behel, aku pun juga malas pasang behel. Takut sakit. Tapi anakku bilang sakitnya worth it dengan hasilnya, hehehee

      Delete
    2. Nah iya mba..ponakan tampaknya ada yg pengen pasang deh.. ntar kutunjukin artikel ini ke dia ya..

      Delete
  5. iya mmg bener ya kalau pasang behel baiknya ke ahlinya takut napa2 soalnya juga resikonya besar ketimbang nilai uangnya

    ReplyDelete
  6. Wah aku tertarik tuh sama orange dental hehehe rencana mau pasang behel untuk Gigi bag bawah

    ReplyDelete
  7. Siap-siap nyontek tips tips di sini, kalo kalo anak-anak minta pake behel.

    Salam pagi dari Lombok mbak Wati ^^

    ReplyDelete
  8. Wuih,,, bisa to pasang behel dicicil,, tanpa bunga pula. Juara nih Orange Dental

    ReplyDelete
  9. Duh ngomongin soal gigi jadi ngilu hehehe tapi emang kesehatan gigi itu penting banget

    ReplyDelete
  10. harag behel gigi ternyata harganya lumayan juga ya mbak. Aku pernah iseng tanya dokter gigi, aku butuh behel gak hehehe katanya gak perlu. Selain buat kesehatan juga buat estetika ya behel dipasang

    ReplyDelete
  11. Waktu remaja, saya pernah pengen banget pakai behel. Entah kenapa, saya melihat yang pakai behel itu keren hihihi. Sekarang mah udah ngerti. Apalagi adik saya ada yang pakai behel. Berasa sakit gimana gitu. Untung anak-anak saya gak ada yang kayak bundanya. Minta dipakein behel hihihi

    ReplyDelete
  12. Aku pernah nih dulu pake behel. Pasangnya di dokter gigi, dengan alasan gigiku mancung sangat haha...tapi cuma tahan setahun aku makenya, gak enak makan wakaka

    ReplyDelete
  13. Aku nggak yakiiin apakah aku bs terima resikonya, terutama resiko mesti rutin kontrol, heuheu. Orangnya gk telaten pula. Jadinya kubiarkan gigiku yg agak jarang di beberapa bagian. Hehe

    ReplyDelete
  14. Anakku yg pertama dulu agak gk rapi giginya krn gigi susu telat dicabut. Semoet disaranin oasang behel utk merapikan, tp nanti klo udh agak gedean anaknya. Eh skrg udh gede, giginya udh rapi sendiri tanpa oasang behel. Emak oun bersyukur lega

    ReplyDelete
  15. Sahabatku dulu pakai behel 3 tahunan, selama itu juga badannya jadi kurus tanpa diet karena jadi gak doyan makan, katanya repot dan kadang sakit kalau buat makan, kenapa ya mba?

    ReplyDelete
  16. Bener pakai behel itu untuk kesehatan ya harusnya bukan untuk gegayaan, teman ku pakai behel lama ehh masa pas di lepas giginya jadi kuning kaya karatan gitu kak.

    ReplyDelete
  17. gigiku nggak rata sempet epikiran pengen pasang behel, tapi takur resiko nyerinya itu loh, kan ga sebentar

    ReplyDelete
  18. Terus orang dewasa yang pasang behel itu tujuannya apa ya Mbak? kan katanya rahang orang dewasa sudah sulit berubah? Tapi aku nemu lho orang yang pas remaja nggak pasang, pas sudah kepala 3 baru pasang behel.

    ReplyDelete
  19. aku juga pengen pasang behel, coz gigiku yg bawah agak maju ke depan :(

    ReplyDelete
  20. Di awal pemasangan behel katanya sakit ya ...
    Anak saya sudah usia 12 tahun. Kira-kira kalo dipasang behel dia rewel, tidak ... masih mikir ini hehe

    ReplyDelete
  21. Waktu lagi booming orang pada pasang behel dengan karet warna-warni yang cantik di tahun 2007 gitu, saya sempat juga tertarik pengen pasang.
    Tapi setelah lihat "penderitaan" temanku yang pasang behel dan mesti melalui prosea tarik karet dan sebagainya, saya langsung ogah! Hahahaaa

    ReplyDelete
  22. aku ngga pernah pakai behel or retainer dan kayaknya ngeliatnya ribeeet deh mba hehehe. Alhamdulillah ngga ada alawan wajib untuk pakai juga sih

    ReplyDelete
  23. Udah lama mau pasang behel gigi tapi masih takut dan mungkin belum menemjkan tempat yang terpercaya, btw thanks tips2nya mba, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  24. akuu pernah pakai kawat gigi waktu SMP, gara-gara dua gigi depanku saling tumpuk. Jadinya oleh dokter, salah satu gigi taringku dicabut untuk memberi tempat gigi depanku agar bisa sejajar. Sayang sekali, waktu itu aku pakai cuma beberapa bulan gara-gara dibully sama teman. Sekarang menyesal ngapain dulu mau-maunya jadi korban bully, hiks...

    ReplyDelete
  25. Dulu gigiku nggak rata bagian depannya, suka kurag pede kalau senyum lebar, trus pasang behel, sekitar 2 tahun, gara-gara males konsultas tiap bulan, akhirnya dicabut deh, api lumayanlah gigi udah rada rapi

    ReplyDelete
  26. Catet. Aku ada keinginan pasang behel. Gigi bawahku gak rapi. Tapi blm nemu waktu yg pas dan kudu nabung juga

    ReplyDelete
  27. Aku ada niat pasang behel. Tapi masih maju mundur cantik. Takut sama resikonya. Lagian gak berantakan amat sih, jadi ya sudahlah ��

    ReplyDelete
  28. Makasih banget mba ak lagi galau mau pasang behel utk anak, tapi takut karna masih 10tahun

    ReplyDelete
  29. Aku pengeeen banget pasang behel gigi, Mba. Soalnya gigiku berantakan banget, terutama yang bawah. Cuma mikir sakit dan siksaan pas baru masang (yang makan aja susah), aku masih maju mundur cantik jadinya, hahahha.

    ReplyDelete
  30. Waduh temannya pasang behel gigi di mana, Mbak? Kebayang jadi gak nyaman dengan behel gigi yang tidak pas. Lebih baik bayar agak sedikit besar, tetapi hasilnya bagus, ya, Mbak ...

    ReplyDelete
  31. Anakku yg perempuan mau pasang behel nih mb Wati. Lagi kontrol gigi dulu

    ReplyDelete
  32. Aku jadi tau nih kalau ternyata seusia ku kalau pasang behel agak lama rapinya huhu padahal ada rencana pasang behel nih.

    ReplyDelete
  33. Aku dulu waktu gadis pakai behel haha sampai di panggil cewek 3B. Blackberry behel belanja. Wkwkwkw.
    Tp sejak dokter langgananku hilang aku putuskan ngelepas nya aja

    ReplyDelete
  34. Saya ga pasang behel gigi tapi gigi palsu karena ada bagian yang harus ditutupi supaya jadi lebih sehat.
    Behel gigi ga kuat saya bayarnya.

    ReplyDelete
  35. jadi ingat ponakan yang pakai behel. Saking lamanya pasang behel, dia sampai ketiduran selama giginya diotak-atik :))

    ReplyDelete
  36. Mbak Hidayah, Mbak bilang "susunan giginya memang merupakan warisan dari saya dan suami", jadi gigi ga rapi itu menurun ya?

    ReplyDelete
  37. Ternyata begini ya tips yang wajib diketahui sebelum pasang behel gigi. Aku baru tahu malahan. Pengen pasang behel sejak jaman masih SMK sih kalau aku tapi belum kesampaian juga.

    ReplyDelete
  38. Udah lama banget pengin pasang behel, tapi kepentok budget sama takut sakit hehe

    ReplyDelete
  39. Aku sejak SD langganan pakai behel sampai skrng hahah., Ini sbnrnya waktunya lepas tapi aku msh angot2an ke dokgi, inget2 biaya kontrolnya wkwkwk #emakpelit. Emang yg paling tepat saat SD SMP soalnya msh lbh mudah diatur mbak :D

    ReplyDelete
  40. gigiku berantakan banget tapi sampe sekarang aku ga berani loh buat pasang behel, takuuuut banget! udah gitu aku juga males dengan perawatannya yg mesti ekstra >.<

    ReplyDelete
  41. Belum kepikiran buat masang behel gigi, tapi katanya gigi jadi makin rapi. Secara gigiku depan gede2 dua hehehe.

    Temenku ada yang pasang behel Mba, sampe 5 jeti bo! Ulala mahal juga ya ternyata, dan punya dia model behel metal.

    ReplyDelete
  42. Aku dulu pernah pasang behel gigi sampe 5 tahun loh...lama bangett sampe2 pas behel dibuka aku jadi ngerasa ada yg hilang ..hahaha

    ReplyDelete
  43. Inget banget...dulu pas jaman SD punya temen pakai behel lepasan.
    Dan dia bodor banget...sering nglepas dimana pun, gak liat sikon.
    Kitanya yang lihat kadang kepo sekaligus geleuh.
    Hahha~
    Kan dari mulut dia yaak...
    Trus disodor-sodorin ke kita-kita....

    ReplyDelete
  44. Saya udah pasang behel sejak 2012 nih Mbak, harusnya sih udah bisa dilepas, tapi karena dua tahun belakangan ini saya bolong2 konsulnya, gak sesuai jadwal jadilah struktur giginya gak beraturan lagi, huhuh. Padahal ku sudah lelah, hehehh.

    ReplyDelete
  45. Perlu pertimbangan khusus ya mba kalau mau pasang behel. Gigi depanku ya agak masalah nih karena jaman kecil dulu tumbuhnya enggak sama dengan gigi-gigi lainnya. Lebih gede gitu bentuknya 2 gigi depan atasku. Tapi sampai sekarang ya udah gitu aja terus ga diapa-apain :))

    ReplyDelete
  46. jaman skrg banyak yang pasang behel abal-abal biar dibilang gaya
    padahal behel itu "obat" kan untuk memperbagus kesehatan gigi juga
    banyak nih salah kaprah bagus di share blog nya mbak hidayah ini

    ReplyDelete
  47. Alhamdulillah untungnya gigiku ga perlu dipasangin behel. Yang penting gigi gak maju dan tetap bisa mengunyah dgn baik.

    ReplyDelete