Ramadan Ekstra di Tokopedia : Tips Belanja Online Hemat Pada Bulan Ramadan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sunday, 13 May 2018

Ramadan Ekstra di Tokopedia : Tips Belanja Online Hemat Pada Bulan Ramadan

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum Sahabat. Ramadan Ekstra di Tokopedia : Tips Belanja Online Hemat Pada Bulan Ramadan

Ramadan tiba … Ramadan tiba
Yaa Marhaban Ramadaaan 
Yaa Marhaban Ramadaaan...

Syair lagu di atas begitu familiar di telinga saya dan keluarga. Kalian juga pasti merasakan hal yang sama begitu mendengar syair lagu tersebut. Ramadan yang selalu dirindukan kehadirannya oleh seluruh umat muslim, bahkan mungkin juga oleh non muslim.


Teman saya yang non muslim pun ikut rame borong sembako dan baju baru. Katanya nuansa jelang Ramadan dan Lebaran itu mampu menggerakkan hobi belanja mereka. Dan lagi, libur selama Lebaran pun dialami oleh semua kalangan, bukan hanya muslim. Salah satu persiapan liburan adalah dengan belanja sebelum lebaran datang.

Sebenarnya sejak dahulu saya tidak pernah belanja khusus untuk lebaran. Justru saya selalu belanja baju yang diniatkan untuk menyambut datangnya Ramadan.

Ramadan harus lebih extra ibadahnya, begitu pun persiapan menyambut datangnya bulan penuh berkah ini. Karena ibadah pada bulan Ramadan dilipatgandakan hitungan pahalanya. 

Nah, baca yuk persiapan bagi calon pengantin baru dalam artikel berikut :

Perlengkapan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru

Persiapan Ramadan yang ekstra bagi saya untuk keluarga adalah menyediakan makanan yang lebih beragam. Cuma dalam beberapa tahun terakhir ini saya justru lebih memilih berbuka dan sahur dengan memperbanyak konsumsi buah. Karena kami sudah merasakan manfaatnya saat memperbanyak konsumsi buah, tubuh jadi bugar selama bulan Ramadan.

Ramadan identik pula dengan konsumsi buah kurma. Sejak mengunjungi kota Makkah dan Madinah saat ibadah haji, saya jadi mengenal beberapa jenis kurma. Karena selama di tanah suci, kami diajak mengunjungi perkebunan kurma. Kebun kurma ini pun memiliki ruang pamer untuk produk kurmanya. Dari sini pula kami jadi tahu jenis-jenis kurma unggulan dan favorit jemaah haji dan umroh.

Sejak itu pula saya jadi senang belanja kurma di toko online. Karena banyak keuntungan belanja online dibanding saya mesti datang ke mall yang menyediakan kurma. Kalo di mall atau pasar yang ada di kota saya, jenis kurma hanya ada lima macam. Bandingkan dengan kurma yang ditawarkan di toko online. Ada banyak sekali jenis yang ditawarkan di toko online. Saya aja sampai bingung milih kurma kesukaan anak-anak.


Nah, saya punya tips belanja online hemat untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. Apalagi ada program Ramadan Ekstra di Tokopedia.


    1. Yuk Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Asiknya belanja di Tokopedia, terdapat banyak toko online yang berkualitas. Kalian bisa membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Caranya cukup mudah, cari produk yang kalian butuhkan. Ada ribuan produk dengan berbagai harga yang siap untuk kalian pilih dan masukkan ke keranjang belanja.

Tips dari saya adalah agar kalian menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan. Caranya kalian bisa  memilih produk  dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas sesuai kebutuhan.


    2. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Ramadan ekstra ala saya adalah mempersiapkan menu berbuka yang manis-manis. Seperti yang udah saya tulis di atas, yaitu menyediakan kurma favorit anak-anak. 

Ramadan ekstra ala saya yang berikutnya adalah menyiapkan baju koko yang bersih. Tapi kalo koleksi baju koko anak-anak dan suami sudah kesempitan, tentunya saya mesti belanja yang baru. Belanja online jadi satu alternatif yang termudah. 

Saya tidak pilih-pilih barang branded dengan harga selangit. Terlebih di toko online favorit saya seperti Tokopedia, e-commerce yang menyediakan produk terlengkap dengan beragam koleksi. Banyak produk hasil kreasi lokal yang tentunya tak kalah dengan brand kelas dunia. Tips ala saya adalah belanja untuk keperluan Ramadan ekstra dengan lebih hemat memilih produk kreator lokal. Kualitasnya pun bersaing dengan harga yang lebih miring.

    3. Ayo Pilih Toko online terdekat dengan domisili kalian

Saat berbelanja online, tentunya ada komponen biaya yang tak boleh terlupakan. Yaitu biaya ongkos kirim (ongkir). Nah, saya lebih senang memilih toko online yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal. 

Tokopedia menyediakan pilihan lokasi toko online secara detil. Sehingga saat kalian memilih produk favorit, bisa juga memilih toko online yang terdekat dengan lokasi rumah kalian.

4. Pilih cara pembayaran yang tepat dan bikin kalian nyaman

Selama ini ketika belanja online, saya memilih toko yang mempermudah cara pembayarannya. Alasannya tentu karena saya pengen yang praktis saat membayar belanjaan. Maksudnya adalah bisa pilih metode pembayaran sesuai kondisi keuangan saya.

Tokopedia memberikan kemudahan berbelanja online dalam hal cara pembayarannya. Ada berbagai metode pembayaran yang dapat kalian gunakan. Mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran di minimarket. Nah, kalo saldo bank kalian sedang krisis, tapi punya duit tunai di dompet, bisa pilih bayar di minimarket dekat rumah. Asik kaaan?!

    5. Pilih cara pengiriman paling efisien

Udah milih barang belanjaan, kini saatnya memilih  cara pengiriman yang paling efisien. Tokopedia menawarkan beberapa alternatif pengiriman. Mulai dari pengiriman secara konvensional maupun kurir instan melalui jasa transportasi online yang kian marak. 

Salah satu cara terbaik memilih cara pengiriman barang belanjaan adalah dengan membandingkan beberapa hal. Seperti biaya ongkos kirim terbaik di antara metode pengiriman yang ada. Mana yang paling menghemat jumlah pembayaran belanja online kalian. 

6. Jangan Menunda Shopping time

Ah ini nih yang mesti kalian lakukan. Belanja baju baru enggak harus nunggu terima THR dari bos. Takutnya sih mepet bagi THR, dan kalian enggak bakal nemu barang bagus di toko online. 

Biasanya kalo milih-milih belanjaan dengan tergesa-gesa karena mendekati lebaran, bakal dapat barang yang nggak sesuai impian. Apalagi mengingat proses pengiriman yang butuh waktu beberapa hari. 

Nah, buruan deh belanja sekarang mumpung kalian belum sibuk mikir urusan belanja takjil, hihii.


    7. Yuk Manfaatkan Promo dan Diskon 


Apa sih yang paling menarik belanja online? Tentunya penawaran Promo atau diskon yang menggoda iman kalian kan, hahaha. Bener banget sih, karena promo dan diskon ini  yang menjadi penentu serta menghemat pengeluaran kalian saat belanja online. 

Pada bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dengan penawaran istimewa. Ada rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kalian gunakan untuk menjadikan Ramadan tahun ini makin Ekstra dan menyenangkan.

Oiya yang perlu kalian tahu, masih ada lagi rahasia kejutan pada Ramadan Ekstra kali ini. Rencananya pada tanggal 25 Mei nanti, Tokopedia akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra!

Hmm, saya share juga resep favorit keluarga, terutama untuk buka puasa nanti ya. Baca di sini yuk : Resep Buka Puasa Yang Praktis


Waaahhhh ... saya pun jadi nggak sabar pengen menanti tanggal 25 Mei nanti. Gosipnya nanti bakal ada festival belanja online "Blach Friday". Ahhh kejutan apa sih yang bakal menjadikan pengalaman belanja online pada bulan Ramadan Ekstra ini lebih spesial? Nantikan aja ya, Sahabat. Wassalamualaikum.

9 comments:

  1. Aku pun suka dengan lagu Ramadhan tiba itu dan senang jika Ramadhan datang, belanja kudu selektif sesuai kebutuhan ya mbak wati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, takutnya mubazir kalo segala barang dibeli

      Delete
  2. Aku juga lagi nungguin promonya Tokopedia nih, mbak Wati
    Siapa tahu beruntung dapetin barang yang aku mau, hihi

    ReplyDelete
  3. Ga sabaran euy nungguin tanggal 25 bakalan seru nih belanja di Tokopedia

    ReplyDelete
  4. Waaaa... mau nunggu kejutan tanggal 25 nih, bakalan seruuuu klo bisa belanja asyik di Tokopedia.

    ReplyDelete
  5. huaaa... apa ya promo kejutannya?

    ReplyDelete
  6. Gak sabar nih nunggu kejutan tanggal 25 Mei, hihi. Penasaran apa aja kejutan dari Tokopedia.

    ReplyDelete
  7. wih tipsnya menarik sekali mbak wati, makasih buat infonya ya :)
    gak sabar mau ikutan belanja di tgl 25 Mei nih jadinya :D

    ReplyDelete
  8. Hari ini nih ada flash sale juga, cuma masih belum beruntung tadi nyoba :)

    ReplyDelete