Si Paling Malas Seragaman Pakai Baju Kembaran - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 21 Februari 2023

Si Paling Malas Seragaman Pakai Baju Kembaran

Assalamualaikum Bestie. Tahun ini begitu banyak berkah yang saya rasakan. Kami sekeluarga diberikan kesehatan, bisa berkarya dan berbagi manfaat pada keluarga terdekat serta kerabat. Kali ini saya ingin menuliskan cerita tentang baju kembaran, tema challenge dari Komunitas Blogger Gandjel Rel. Tentang komunitas ini kalian bisa cek di websit e www.gandjelrel.com yaa. 

Baju Kembaran

Kalo ngomongin baju kembaran pasti seru sih. Entah baju kembaran atau seragam, sama  aja yaa. Intinya saat ada dalam satu acara, yang hadir akan mengenakan pakaian seragaman atau kembaran. 

Acara Gathering, Wajib Pakai Baju Kembaran?

Sebenarnya nggak ada yang mewajibkan kalo acara keluarga, reunian, atau arisan, harus pakai baju kembaran yaa. Cuma sejak era digital, yang punya akun media sosial terutama Instagram, senang berbagi foto saat ngumpul keluarga dengan seragam yang cakep-cakep.

Foto bareng rame-rame gitu memang seru ya kalo outfit-nya kembar. Jadi hasil foto pun akan telihat tone yang sama. Saya punya baju kembaran baik dengan keluarga kecil, keluarga besar, maupun teman alumni. 


Baju kembaran dengan tetangga juga punya, banyak malah. Karena di tempat saya tinggal sekarang, baju kembaran itu ada beragam jenisnya. Dari kembaran untuk Dawis, kelompok pengajian juga. Masing-masing kelompok juga punya beberapa outfit yang kembaran. 

Oiyaa ada juga beberapa baju kembarang dengan teman blogger karena ikut event tertentu. Asik ya jadi punya banyak baju kembaran, hahahaa.

Baju Kembaran, Warna Atau Bahannya Aja Yang Sama?

Nggak semua orang mau loh pakai baju seragaman, alasannya bisa bermacam-macam. Saya sendiri sempat nolak waktu suami ngajak beli batik sarimbit. Entah tahun berapa, saya lupa waktu suami mengajukan permintaan ini. 

"Ogah ah, ntar kayak anak panti asuhan, bajunya kembaran,"

Aselii, saya ngak suka tuh punya baju kembaran dengan suami. Kayaknya kok butuh validasi dengan pakai outfit kembaran gitu. Ngapain gitu loh.

Penolakan saya nggak bikin suami marah. Dia sih selalu menuruti keinginan saya, hahahaa. Namun justru ini yang bikin saya kepikiran sampai cukup lama. Akhirnya saya ajak suami ke toko kain untuk beli kain batik sarimbit. 

Kain batik sarimbit adalah kain batik yang diperuntukkan pasangan suami dan istri. Kadang ada juga yang sarimbit dengan anak-anak. Namun karena anak-anak saat itu masih kecil, saya yakin mereka nggak bakal krasan pakai batik berlama-lama. Paling nyaman ya pakai kaos katun. 

Nah justru saya pengennya tuh pakai baju kembaran yang bahannya dari kaos katun. Dari dulu cuma wacana aja. Sampai sekarang pun belum terwujud. Menuliskan challenge #1W1PGandjelRel bikin saya keingetan lagi kaan. Ya udah deh, nanti saya mau order kaos sarimbit, hihihiii.

Etapi anak-anak yang sekarang udah dewasa semua, apa mau diajak pakai baju kembaran? 

Baju Kembaran sekeluarga
Corak anak-anak sama
Saya dan suami beda


Baju Kembaran keluarga
Outfit lebaran 2017
Baju kembaran Batik Semarangan

Saya aslinya lebih suka pakai outfit dengan tone sama atau mirip gitu. Jadi motifnya beda tapi warna mirip. Atau misalkan polos ya boleh juga dengan warrna yang senada seirama kayak mau qasidahan. Hahahaa. 

Sampai sekarang pun saya nggak antusias banget kalo ada grup keluarga, tetangga atau teman yang nggak ada alasan apapun, mendadak ngajak bikin outfit kembaran. Kecuali kalo untuk alasan acara seperti reunian gitu, oke aja. 

Baju Kembaran reunian Polines

Atau kalo ada yang nikahan ya boleh lah yaa. Tapi saat ponakan kami nikah bulan Agustus 2022 lalu, outfit dengan bahan sama. Namun model baju ngga kembaran. 

Baju Kembaran Nikahan

Seru sih malah karena ketika foto bareng tuh jadi terlihat tone sama namun modelnya beragam.

Gimana Perasaanmu Ketika di Jalan Bertemu Baju Kembaran?

Pernah kamu saat ke resto, mall, atau suatu tempat, mendadak dari arah berlawanan seseorang berjalan pakai outfit kembaran dengan yang sedang kamu pakai?

Cringe? Sebal, marah, malu, campur jadi satu gitu kah?

Ahhh, santai aja sih kalo misalkan saya ngalami gitu. Udah dua kali ngalami hal sama, hahahaa. 

Menurut saya, outfit yang kebetulan bisa barengan dipakai kembaran gitu pasti terjadi. Misalkan ya kita beli di mall, butik, selalu ada kemungkiman dipakai pada hari yang sama, di tempat sama, jam yang sama. Lantas apa ini salah? Enggak dong!

Karena kita belinya kan udah jadi. Beda misalnya kita beli kainnya, kemudian dibawa ke penjahit, pasti beda. Tapi tetep kan ya bahannya sama, dari corak maupun warna kain.

Nggak usah juga baper ketemu orang pakai baju kembarang. Bayangkan sekelas seleb dunia aja juga sering ngalami hal seperti ini. Contoh misalnya ya, Julianne Hough dan Olivia Munn yang pakai outfit kembaran dan bertemu di belakang apnggung pre-Super Bowl Party. 

Outfit Seleb Kembaran

Lucunya mereka langsung menyempatkan foto bersama. Outfit mereka adalah tube top, blazer dan trousers yang sama. Masih banyak seleb lainnya yang kembaran dan langsung disikapi dengan positif yaitu foto bersama. Jadi seru dan lucu juga yaa. Padahal outfit yang mereka pilih tentu harganya mahal. Tapi tetap aja ada kemungkinan bisa pakai bareng dalam satu acara keren. 

Nah itu deh curhat saya tentang baju kembaran. Meski aslinya kurang suka, namun demi kebersamaan ya udah saya bela-belain deh pakai outfit sesuai yang disetujui bersama. Kalo kalian gimana gesss, cerita yuk. Wassalamualaikum.

7 komentar:

  1. Kalau aku seneng2 saja sih mba pake baju kembaran, tapi sekarang2 ini sih klo boleh milih mending kembaran warna/motif tapi model terserah masing2 saja hehe...

    BalasHapus
  2. Sekarang memang lagi musim dimana-mana pake dress code, kalau ada acara. Tapi bagus juga sih, kalau difoto jadi tampak serasi.

    BalasHapus
  3. Suami juga ga gitu suka baju kembaran mbak apalagi dia cowok sendiri kan. Jadi kami biqsanya pake yg tone warna nya sama jd tetep kkiatan bagus klo difoto

    BalasHapus
  4. Iya ya. Kayaknya sekarang tuh mau ada acara apa saja maunya pake baju kembaran. Kalau di rumah seringnya mah motifnya atau warnanya sama. Cuma kadang beda model saja. Jadi tetap kayak kembaran tapi model menyesuaikan kesukaan orang.

    BalasHapus
  5. Aku dulu seneng banget pake baju kembaran. Kayaknya rapi gitu. Ternyata makin anak-anak gede, baju kembaran tuh kayak pemborosan karena mereka makenya sekali doang

    BalasHapus
  6. Hehe aku sekeluarga sampai saat ini belum punya baju kembaran gitu
    Aku sendiri orang yang paling malas kalau tiap datang ke acara harus pakai dresscode
    Bikin ribet aja, hehe

    BalasHapus
  7. Kalau sengaja beli baju kembaran dan sengaja dipakai karena ada suatu acara, aku sih gak masalah. oke-oke aja. Selama baju tersebut bisa dipakai berulang kali dan nggak jadi mubazir.

    Tapi kalau misalnya di tempat umum lalu menemukan orang yang memakai baju yang sama, duh rasanya tengsin, malu pakai banget. Ya walaupun itu bukan salah kita juga, kan toko nggak menjual satu baju saja.

    Makanya sekarang menghindari beli baju dipakai saat itu juga, pasti makainya nunggu modelnya nggak trend lagi baru deh berani dipakai. Demi menghindari bertemu 'kembaran' di jalan.

    BalasHapus