Cooking Demo Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 10 Desember 2022

Cooking Demo Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango

Assalamualaikum Sahabat. Bango selalu menjadi teman setia saya sebagai pelengkap masakan di dapur rumah. Warna dan cita rasa hasil masakan yang menggunakan kecap Bango nggak bakal bohong. Wes pokoke uwenaaakk, kata anak-anak dan suami. 

Kuliner Legendaris Festival Jajanan Bango

Masakan yang paling sering saya sajikan di rumah adalah tahu gimbal, tongseng dan bestik ala Bustaman, tumisan sayur, nasi goreng, ayam dan tahu tempe bacem, dan masih banyak lainnya. Jadi saya memang senang menghadirkan kuliner daerah agar anak-anak mengenal rasanya.


Kuliner Indonesia yang banyak jenisnya memiliki cita rasa yang khas. Sayangnya ragam kulier sejumalh 3.259 ini baru sedikit yang dikenal oleh masyarakat luas. Butuh ajakan agar seluruh masyarakat Indonesia agar senantiasa mengeksplorasi, mencoba, dan menjadikan masakan Indonesia sebagai sajian di rumah. Tujuannya adalah agar masyarakat tetap melestarikan kuliner Indonesia dari generasi ke generasi. 


Bango sejak dulu konsisten melestarikan kuliner Indonesia dan mengajak seluruh pecinta kuliner untuk kembali ke akarnya. Yaitu dengen mengenal, mencintai dan ikut melestarikan kekayaan warisan kuliner kita. Bango sudah selama 94 tahun hadir di tengah keluarga Indonesia. Menjadi andalan ibu dan para penjaja kuliner legendaris untuk menyajikan aneka hidangan Indonesia. Masya Allah udah lama juga menjadi teman setia banyak keluarga tentunya.


Tapii.. kalo ngomongin kecap Bango kok saya jadi ingat acara tahunan Festival Jajanan Bango yang selalu dinantikan oleh pecinta kuliner Indonesia. Setelah dua tahun ini acara dilakukan secara virtual, akhirnya tanggal 28-30 Oktober 2022 ini Festival Jajanan Bango kembali hadir dan sukses diselenggarakan di Jakarta. Ada 97 ribu lebih orang yang ikut menikmati sajian kuliner Indonesia di Festival Jajanan Bango (FJB). Kalian termasuk salah seorang yang ikut menikmati cita rasa otentik kuliner Indonesia di FJB 2022 juga?

Cooking Demo Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango (FJB)

Melihat antusiasnya masyarakat yang hadir di FJB bulan Oktober lalu, Bango ingin meneruskan semangat pengenalan aneka kuliner nusantara di tengah keluarga Indonesia. Bango menyelenggarakan Live Cooking Demo yang bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu”. 


Acara diadakan hari Selasa tanggal 6 Desember 2022 menghadirkan Adisty Nilasari - Senior External & Digital Communication Manager Unilever Indonesia. Acara ini juga menghadirkan Chef Ragil Imam Wibowo serta member Komunitas Kumpulan Emak Blogger. 


Tidak hanya itu, hadir pula secara online member komunitas KEB dan pewarta online. Alhamdulillah saya ikut hadir online dengan semangat ingin mengenal cara masak kuliner legendari dari Chef Ragil.


Mba Adisty bercerita saat FJB kemarin ada 90 resep legendaris yang dicicipi oleh pengunjung. Selama dua tahun hadir secara virtual pasti membuat kangen pecinta kuliner legendaris. Bango dalam kesempatan ini akan membagi resep legendaris agar menjadi inspirasi dari FJB untuk dihadirkan di rumah. Hmmm, resep apa yang bakal dibagikan oleh Chef Ragil?


Hari ini Bango menghadirkan Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung.  Dua kuliner legendaris ini saat di FJB sangat diminati, hingga menimbulkan antrian yang panjang meski udah distok berkali-kali. Bango berharap masyarakat yang kemarin belum bisa datang ke FJB bisa nyoba resep yang dibagikan oleh Chef Ragil ini di rumah. 


Sate Rembiga ini sangat spesial dan otentik karena secara rasa dimarinasi dengan bumbu khas dan menggunakan terasi dari Lombok. Begitu pula dengan Iga Bakar si Jangkung yang rasanya juga enak. Tentu saja ada kecap Bango yang melengkapi cita rasa otentik masakan Indonesia.


Bango memilih Sate Rembiga dan Iga Bakar ada alasan lain juga nih, mengingat sebentar lagi tahun baru kan. Pasti kalian mau dong menyajikan kedua kuliner otentik ini untuk menghabiskan malam tahun baru. Wahhh... bakal dipuji-puji nih sama keluarga, Ibu pintar juga menyajikan menu baru yang otentik ala FJB di rumah. 

Chef Ragil

Seperti yang dituturkan Chef Ragil yang nyobain Sate Rembiga dan Iga Bakar itu pengennya makan berkali-kali. Andai saja punya 5 perut ya bisa nyoba berulang kali, hahahaa.


Sebenarnya banyak ya ibu-ibu yang bilang kalo masak makanan Indonesia enak itu ribet. Bumbunya jenisnya banyak, mengolahnya pun butuh waktu lama. Tapi chef Ragil bilang, mitos masakan Indonesia itu masaknya ribet. Karena masak itu bisa diakali. Yang penting ada niat kemudian siapkan waktu untuk masak. Siapkan bumbu yang udah dihaluskan dan simpan di freezer. Atau bisa juga kok beli bumbu jadi di pasar tradisional. 


Seperti sajian pilihan kuliner yang akan dibagikan kali ini tidak ribet. Bumbunya juga dikit. Nggak percaya? Yuk baca resep yang saya tuliskan hasil nyontek dari Chef Ragil.


Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh 

Sate Rembiga ala ibu Sinnaseh ini sangat terkenal di Lombok. Saya dulu galau memilih sate Rembiga atau sate yang lainnya seperti sate pusut, dan sate Bulayak. Tapi akhirnya saya dan temen seperjalanan memilih order sate Rembiga dan sate Pusut. 

Sate Rembiga

Maruk banget ya pengennya nyobain semuanya. Abis terlihat enak sih, apalagi tour guide kami juga merekomendasikan keduanya.


Yuk masak Sate Rembiga, buk-ibuk. Resepnya berikut ini :

Total waktu pembuatan: 45 menit 
Tingkat kesulitan: Sedang

Bahan Saus Sate Rembiga :
120 gram bawang putih cincang
50 gram kecap manis Bango
10 gram terasi Lombok
100 gram cabe merah besar
50 gram cabe keriting
50 gram minyak goreng
100 gram air
Haluskan agak kasar semua bahan saus kecuali kecap manis Bango 

250 gram daging sapi has dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil-kecil
100 gram saus rembiga
2 gram garam
10 pcs tusuk sate

Cara Masak :

Saus Rembiga :

1. Siapkan wajan dan masukkan bahan saus rembiga. Aduk agar merata, dan tunggu hingga mendidih. 

2. Tambahkan kecap Bango dan rebus bumbu hingga kuah mengental. Kecilkan api dan masak sekitar 20 menit. 

3. Matikan api dan saus yang bentuknya seperti pasta siap digunakan. 
4. Sisihkan 50 ml saus sate Rembiga untuk dijadikan kuahnya.

Cara Masak Sate Rembiga

- Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
- Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
- Tusuk daging dengan tusuk sate (3 - 4 potong per tusuk), lakukan hingga daging habis
- Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
- Bakar sate setengah matang dahulu. Kemudian oleskan lagi saus Rembiga dan bakar kembali hingga matang merata. Tapi sate Rembiga itu paling nikmat dibakar jangan terlalu matang.
- Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuahnya.

Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh

Tips Chef Ragil Masak Sate Rembiga :

- Gunakan terasi Lombok kalo ingin warnanya memerah. Tapi kalo tidak ada, pilih terasi berkualitas bagus.

- Sate Rembiga itu aslinya memang daging sapi, kalo pakai has dalam harganya mahal ya. Bisa tuh pilih daging sapi bagian pipi yang enak dan pas banget untuk dibuat sate.

- Tips buat yang ingin jualan, masak lah seperti resep yang dihidangkan di rumah. Masak dengan hati, jadinya rasanya pun otentik.

- Sate Rembiga bisa menggunakan bahan lainnya seperti daging kambing atau ayam. Namun aslinya di Lombok daging sapi yang digunakan ya teman-teman.

Resep Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar ala Si Jangkung


Total waktu pembuatan: 30 menit 
Tingkat kesulitan: Sedang

Bahan:
300 gram Iga sapi

Bumbu halus untuk merebus iga :

50 gram Bawang merah
50 gram Bawang putih
50 gram Sereh
10 gram Laos
10 gram Kunyit
5 butir Cengkeh
1 butir Pala
1 liter Air
3 gram Garam

Bumbu Tumis :

100 ml Kecap manis Bango
80 gram Bawang merah iris kasar
10 gram Cabe rawit dimemarkan
50 gram Cabe merah iris tipis
50 gram Cabe hijau iris tipis
2 lembar Daun salam
30 ml Air asam Jawa
30 gram Minyak samin/margarine
100 gram Tomat merah potong kasar

Cara Memasak:

· Potong-potong iga menjadi beberapa ruas
· Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering
· Haluskan bumbu untuk merebus
· Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang
· Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh
· Rebus hingga iga empuk
· Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya agar bumbu meresap
· Tiriskan iga lalu bakar di atas bara
· Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera
· Panaskan pan dengan minyak samin
· Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam
· Tumis hingga harum
· Masukkan daging iga yang sudah dipotong
· Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa
· Aduk hingga merata
· Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar
· Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar

Selama Chef Ragil masak dua resep kuliner legendaris yang ditemani secara bergantian oleh member Kumpulan Emak Blogger, beneran bikin saya jadi lapar. Enggak tercium aromanya aja udah sukses bikin saya ngiler. Membayangkan sate Rembiga yang saya cobain saat traveling ke Lombok bikin kangeeen. Kayaknya saya harus segera nyoba masak salah satu menu ini secepatnya. Eh harusnya keduanya saya coba deh. 


Sahabat udah pernah nyobain dua kuliner legendaris yang ada di FJB ini? Atau mungkin udah masak kedua kuliner ini di rumah? Suwerrr auto mupeng ekseskusi di dapur saya minggu depan deh. Oke sob, saya akan belanja dulu daging sapi bagian pipi yang kata Chef Ragil paling cocok untuk bahan sate. Wassalamualaikum.

Follow IG dan Cek YouTube
Bango Warisan Kuliner 
IG @bangowarisankulier 

29 komentar:

  1. wow luar biasa banget ya mba ada 3259 kuliner dan aku juga termasuk yang ga tahu apa aja wkwk..FEstival jajanan Bango udah sering aku denger kalau di Bandung ada tapi aku belum pernah datang next kalau ada jadi pengen datang biar tahu nih kulineran kayak sate Rembiga ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak yaa, bisa dicek sebagian ada di IG Bango Warisan Kuliner

      Hapus
  2. Terima kasih resepnya. Jadi bisa bikin iga bakar sendiri, nih. Tinggal ngumpulin niat aja, deh

    BalasHapus
  3. Akhirnya Festival Jajanan Bango bisa dilaksanakan lagi setelah pandemi yaaah, banyak banget menunya pasti endeus karena pake kecap bango yaaah. Penasaran banget deh pengen nyobain nyicip sate rembiga deh, ngiler-able sekali hehe

    BalasHapus
  4. Wah, kapan nih mbak Wati mau recook kedua menu aja Festival Jajanan Bango? Nanti aku dikirim ya hahaha :D Senangnya ya ada live cooking demo bersama Chef Ragil. Happy juga dong, kita jadi dikasih tau solusi masak praktis tanpa ribet dengan bumbu dapur Nusantara yang sangat bervariasi itu. Sate Rembiganya enak loh. Iga sapi bakarnya juga endeuuus pisan!

    BalasHapus
  5. Mba Wati, aku baru tahu nih ada sate rembiga. Kalo iga bakar kayaknya pengen aku coba masak jugaa. Senang banget semua kuliner kuliner enak nih bisa jadi pilihan banget

    BalasHapus
  6. Saya biasanya kalo masak ayam pake kecap. Atau buat cocolan, kasih cabe, tomat, bamer. Buat cocol tahu, ikan, tempe, ayam, mantap semuanya.

    Bikin iga bakar pake kecap bango mantap kali ya...

    BalasHapus
  7. Sate Rembiga enak sepertinya, wah ada bumbu instan nya kapan 2. Wajib coba nih ..aku cocok dengan bumbu instan bangau

    BalasHapus
  8. Ngilerrrr. Kuliner Legendaris ala FJB ini menggoda banget buat dimakan. Bisa dibilang masaknya juga gak susah-susah amat ya, Mbak. Jadi bisa direcook gak pakai drama

    BalasHapus
  9. Memang ga diragukan lg, mbak wati mmg pinter masak. Mo tak cobain ah resep sate rembiganya.yummm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini resep dari Chef Ragil, aku belum nyobain recook, mba. Ayok dicoba ya

      Hapus
  10. Langsung ngiler... Bangga dengan kekayaan kuliner Indonesia 😍

    Pengen nyoba resep satenya tapi ganti ayam, hihi

    BalasHapus
  11. Sate rembige enak banget yaaa asyik banget kalau bisa bikin sendiri pakai kecap Bango yaa

    BalasHapus
  12. penasaraan sama sate Rembiga-nya deehh. kapan-kapan boleh dicobain nih, seperti gampang, tapi gak tau kalau udah nyoba sendiri, rempong gak yaaa, ahahaha

    BalasHapus
  13. Kalau iga bakar Si Jangkung Saya sudah coba, tinggal sate rembiga nih yang belum. Kebayang rasanya manis gurih pedes gitu. Pake kecap Bango pula, lidah bergoyang teruus 😍

    BalasHapus
  14. Biarpun live cooking tapi vibesnya berasa pengen buruan ikut praktek ya mba. Apalagi Iga Bakar si Jangkung, penasaran pengen bikin. Kalau soal stok kecap Bango mah selalu ready di rumah 😍

    BalasHapus
  15. Nasi mana nasi... aduuh, bikin ngiler banget itu Sate Rembiga dan Iga Bakarnya. FJB ini selalu menghadirkan kuliner khas nusantara yang enak-enak.

    Bisa banget nih merecook resep yg udah dishare oleh Mba Wati. Pastinya enak dan bikin nambah nasi terus.

    BalasHapus
  16. FJB ini event ngangeni..Memang program Kecap Bango selalu keren,ada 90 resep legendaris yang dicicipi oleh pengunjung di FJB
    Dan kini siapa saja bisa recook resepnya dan terinspirasi dari FJB agar resep bisa dihadirkan di rumah.

    BalasHapus
  17. Mba Watiiiiii maturnuwun resepnyaaahh.
    Mupeng buat segera recook.
    Karena kalo pakai kecap Bango, masakan jd istimewaaaaa

    BalasHapus
  18. Kuliner legendaris ala jajanan Bango bikin pengen semua, apalagi olahan dagingnya, kecap bango pas banget rasanya

    BalasHapus
  19. Resep kuliner legendaris dari kecap Bango legendaris hasilnya memuaskan. Ini kecap favorit keluargaku turun temurun, rasanya pas banget disetiap masakan

    BalasHapus
  20. Resep kuliner legendaris ini sangat lezat dan menggiurkan ya mbak
    Aku jadi pengen recook juga di rumah
    Kebetulan aku juga pakai kecap Bango

    BalasHapus
  21. Akuu penasaran pengen cobain sate rembiga makk....boleh nih kapan2npesan...

    BalasHapus
  22. oiyaaa ini bisa jadi ide bisnis rumahan juga ya sate rembiga, asalkan tetap membuatnya dengan hati insya Allah laris maniss dan rasanya terpatri di ingatan para konsumen. Kalau aku di rumah pake kecapnya ya kecap Bango sihh

    BalasHapus
  23. Terpukau dengan ragam kuliner Indonesia.
    Aku suka salut banget dengan yang bisa masak menu masakan INdonesia dengan bumbunya yang sebanyak itu dan jadinya memang luar byasa siih.. NIKMAT banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bumbunya dikit loh, praktis yang penting ada kecap manis Bango

      Hapus
  24. Seru ya Mbak bisa ikutan
    Apalagi bisa masak sate dengan bahan yang mudah dan rasanya pasti nikmat karena kecapnya Bango dengan kedelai hitam pilihan

    BalasHapus
  25. Wah.. Bisa dicoba nih...makasih resepnya ya mba

    BalasHapus