Ide Bermain Bagi Si Picky Eater Agar Menghabiskan Makanannya - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 19 Desember 2022

Ide Bermain Bagi Si Picky Eater Agar Menghabiskan Makanannya

Ide Bermain Sambil Makan Bagi si Picky Eater

Assalamualaikum Moms. Saya beberapa hari ini tengah sibuk dengan pekerjaan sebagai blogger. Nah kadang tuh ada yang butuh foto tambahan gitu. Nyari di Google Foto kok nggak ketemu. Akhirnya nyari di album jadul, dan voilaaa... Malah nemu foto anak-anak saat masih balita. Ada yang sedang bermain ayunan, main bersama sepupunya, atau sepedaan. 

Ide Bermain sambil Makan

Nahh kan jadi ingat waktu si sulung usia 2 tahunan gitu, dia anak picky eater banget. Hanya suka sayur sop, bobor kangkung, tapi nggak suka sayur bening bayam. Tapi dia sangat suka masakan empal daging, atau terik tahu dan telor. Atau  sayur nangka muda dimasak santan (dia sebut sayur iwak/daging) gara-gara kayak suwiran daging, hahahaa... ada-ada aja yaa.


Kalo makanannya bukan yang dia sukai, bakal butuh durasi lama. Dan juga butuh kesabaran   


Tahu dong ya kalo anak usia 2 tahuanan itu seringnya disebut terrible two. Alasannya karena sifat alamiahnya yang ingin lebih mandiri atau juga suka mengeksplorasi sesuatu yang baru. 

Ide Bermain Bagi Anak Yang Susah Makan

Dulu saya inginnya anak makan ya di meja makan, nggak kemana-mana apalagi sampai keluar rumah. Namun sayangnya tidak demikian dengan si sulung yang harus saya tinggal kerja dan hanya bersama ART serta kedua orang tua saya. Setiap makan sore, kata mbah Uti dan Kakung juga ART, selalu minta ke taman bermain di TK. 


Di sana ada ayunan dan mainan jungkat jungkit. Jadi sambil bermain, ART pun menyuapi makan si sulung. Dan ini berlanjut selama beberapa bulan karena tidak bisa dialihkan dengan makan di rumah aja.


Akhirnya setiap hari Sabtu dan Minggu sore saya berinsiatif mengajaknya makan di ruamh. Memang masih tetap sambil bermain. Tapi maksud saya makan di rumah sambil melakukan kegiatan bermain. Nah berikut ide bermain yang saya rekomendasikan untuk Moms dengan si picky eater. 

Main Ayunan

Tetap sih ini salah satu mainan favorit si sulung saat usia 2 tahunan. Kalo udah duduk di ayunan dia bakal mudah makan. Iya makannya sambil disuapin gitu, Moms. Nah biasanya memang kalo disuapi namun asik bermain ayunan, dia bisa menghabiskan jatah makanannya dengan cepat.

Anak main ayunan


Cuma memang tidak dianjurkan bagi anak yang gampang mual. Pernah loh teman bermain si sulung ikutan juga tapi dia langsung memuntahkan isi makanannya. Katanya sih pusing dan mual. Jadi memang tidak setiap anak bisa melakukan hal sama.

Bermain Balok Huruf dan Angka

Bermain Balok


Nah kalo bermain balok seperti ini juga untuk belajar ya, Moms. Jadi kita suapin makanan, anak bisa menyusun balok. Kita bisa mengajarkan atau mengenalkan huruf dan angka sejak dini. Tentunya hanya untuk melatih motorik kasar. Jangan lupa pilih balok yang terbuat dari bahan yang ramah untuk anak-anak.

Bermain Menggunakan Boneka Jari

Salah satu ide bermain yang menyenangkan dan bisa dilakukan di rumah, adalah boneka jari. Anak-anak bisa memainkannya di jari masing-masing. Mainan jari ini ada setelah anak-anak saya beranjak remaja. Namun saya memesan mainan ini pada seorang teman dan menjadikannya kado untuk ponakan yang ulang tahun.

Boneka Jari


Boneka jari ini bisa untuk belajar mengenalkan suara hewan tentu dengan pilihan boneka jari bentuknya hewan. Boneka jari juga bisa merangsang daya imajinasi anak sekaligus kemampuan bahasa mereka. 

Baca Buku 

Eh nggak  boleh loh makan sambil baca buku, itu pesan ibuku. Iya sih sebenarnya kegiatan makan harus dilakukan sendiri, jangan sambil melakukan hal lain. Namun itu hanya berlaku untuk anak yang makan dengan mudah kayak si bungsu. 

Kalo si sulung yang tergolong anak picky eater, bisa menghabiskan makan pun saya udah senang. Jadi bagi saya nggak masalah kalo makan sambil anaknya baca buku. Saya juga pilihkan buku yang isinya bergambar dan warna warni. Karena biasanya anak menjadi semangat menghabiskan makanan saat melihat gambar warna warni di buku cerita.

Sepedaan 

Nah ini jalan terakhir ART ketika si sulung makannya susah. Begitu udah menjelang waktu makan, sepeda pun dikeluarkan oleh mbah kakungnya. Dan si sulung duduk sambil disuapin oleh ART atau mbah kakungnya.

Bermain Sepeda
Foto jadul karena
dulu belum ada kamera digital


Sebenarnya situasi makan dengan keluar rumah hanya dengan ART atau bapak ibu saya. Kalo saya sedang di rumah saat hari libur, si sulung tetap mau makan. Tentu saja sambil mainan juga. Memang susah susah gampang untuk meminta si picky eater menghabiskan makanannya. Namun trik di atas mampu menjadi solusi agar si kecil bisa menyelesaikan makanannya tanpa rewel. 


Bagi Moms yang punya anak picky eater, bisa loh cara seperti yang saya sebutkan itu jadi solusi. Atau mungkin Moms punya cara lain, silakan tinggalkan komentarnya ya. Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar: