Sosok Inspiratif Presiden Direktur JNE Dalam Kompas 100 CEO Forum 2022 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 12 Desember 2022

Sosok Inspiratif Presiden Direktur JNE Dalam Kompas 100 CEO Forum 2022

Assalamualaikum Sahabat. Siapa yang kemarin nonton atau baca ramalan tentang suramnya perekonomian tahun 2023? Hati jadi galau, cemas memikirkan bila ramalan itu jadi nyata. Jangan lah ya. Justru dengan adanya ramalan negatif, kita tangkis dengan usaha dan tetap bersikap optimis. Kita belajar dari pengalaman para CEO yang sukses membangun usahanya.

CEO JNE Bapak Feriade Soeprapto

Saya menyikapi banyaknya ramalan suram tahun 2023 dengan membuka mata selebar-lebarnya. Mencari peluang usaha atau mengembangkan usaha yang udah ada. Semangat yuk, sob!

Kiat Strategi Menghadapi Resesi 2023

Si sulung cita-citanya sejak masih mahasiswa ingin punya usaha. Dia tidak tertarik menjadi pengabdi negara. Saya sebagai ibu menyarankan untuk mencari pengalaman dengan menjadi karyawan di perusahaan swasta usai lulus kuliah. 

Calon CEO

Rekomendasi ini mengingat pengalaman ayahnya yang menjadi karyawan di perusahaan konstruksi selama belasan tahun. Baru kemudian membuka usaha konstruksi sendiri, bekalnya lengkap. Modal materi dari tabungan yang selama ini memang diperuntukkan buka usaha, pengalaman kerja yang lumayan lama, dan relasi usaha. Dari suplier dan tentu saja calon pelanggan. 


Usaha suami sudah mengalami berbagai hambatan, dari kena tipu modal tidak balik, hingga sepi job renovasi rumah maupun gedung kantor. Butuh kekuatan untuk teguh bertahan dan tidak tergoda menutup usaha untuk balik menjadi karyawan lagi. Alhamdulillah usaha suami masih survive hingga detik ini. Masih ada orderan renovasi atau membangun rumah/toko, gedung, dan lainnya. Bahkan udah beberapa tahun ini juga menerima order renovasi dan membuat rumah di luar Kota Semarang. 


Ini pula yang diajarkan pada si sulung agar tetap semangat menekuni usaha. Karena kalo sudah niat menjadi pengusaha (meski dimulai dari usaha kecil) harus tahan banting, nggak gampang patah semangat. Tips berikut ini bisa disesuaikan untuk berbagai jenis usaha. 

- Manfaatkan Peluang Inovasi Dengan Riset Pasar

Resesi tidak lantas membuat usaha terhenti. Lakukan riset pasar yang akan membantu memberikan insights bagi bisnis terkait produk atau jasa dan tren yang tengah berkembang di tengah masyarakat. Kamu perlu tahu bagaimana ketertarikan calon pelanggan dengan produk yang akan diluncurkan, hingga mengetahui harga yang rela mereka keluarkan untuk membeli produk tersebut. 

- Memiliki Pemasok Lebih Dari Satu

Untuk mampu bertahan, kamu harus memiliki lebih dari satu pemasok agar produktivitas produksi tidak terganggu dengan ketersediaan bahan baku di pasaran yang terpapar kenaikan harga tersebut. 

- Efisiensi Anggaran

Sebagai pemilik usaha, kamu harus melakukan efisiensi anggaran terutama untuk promosi. Sekarang ini pengusaha kecil maupun menengah lebih menyukai promosi di sosial media. Terlebih bila calon pelanggan yang dituju adalah generasi milenial mapun gen z. Mereka lebih sering membuka sosial media dibanding membaca berita cetak. 

- Menyiapkan Dana Darurat

Bukan perorangan saja yang membutuhkan persiapan dana darurat. Pengusaha wajib memiliki dana darurat yang akan membantu untuk bertahan di masa sulit. Dana darurat ini sebaiknya dipisahkan antara milik perusahaan dan pribadi. Dengan dana darurat yang sudah dipersiapkan, bisa untuk mengelola usaha meski sepi orderan.

Sosok CEO JNE, Bapak Feriadi Soeprapto Menjadi inspirasi 

Salah seorang yang menjadi inspirasi si sulung ingin menjadi pengusaha adalah Bapak Feriadi Soeprapto. Presiden Direktur JNE yang mengawali karirnya sebagai karyawan di perusahan yang didirikan orang tuanya. 


Bapak Feri bahkan melalui proses training, ikut proses orientasi yaitu perkenalan ke perusahaan. Beliau tidak lantas santai namun beban kerjanya justru banyak. Bahkan dia merasa dituntut  untuk bekerja multitasking. Dalam waktu bersamaan tugas yang dilakukannya bisa dobel seperti menjadi customer service dan sales executive. Saat ada di bagian ini, dia harus menghadapi komplain dari pelanggan. 


Menurut Bapak Feriadi, waktu  itu sumber daya manusia yang ada di perusahaan belum banyak. Jadi dia sama dengan karyawan lainnya, pekerjaannya tidak lebih ringan dibandingkan yang lain. Dia dituntut untuk mengerjakan tugasnya dalam waktu bersamaan. Tugas pertamanya di JNE adalah pengembangan bisnis dengan cara membuka jaringan domestik di berbagai wilayah Indonesia. 


Membuat Terang di Tahun Mendatang, langkah menavigasikan pemulihan 2023

Tanggal 2 Desember 2022, Bapak Feriadi Soeprapto menghadiri Kompas 100 CEO Forum di Istana Negara. Acara ini diselenggarakan oleh Harian Kompas dan dihadiri oleh CEO dari berbagai  industri usaha di tanah air.


100 CEO Forum Kompas

Acara tersebut ada beberapa agenda, salah satunya adalah diskusi panel yang bertema 
“Membuat Terang di Tahun Menantang”, 7 Langkah Menavigasikan Pemulihan 2023. Ada beberapa pejabat negara yang hadir, yaitu Bapak Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Bapak Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, serta Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI.


Diskusi melibatkan 7 perwakilan sektor usaha untuk menyampaikan aspirasi dalam usaha memanfaatkan potensi negeri ini. Seperti yang Presiden Jokowi sampaikan bahwa Indonesia memiliki kekuatan besar untuk membangun strategi ekonomi yang kuat. Membuat terang di tahun mendatang dengan berjuang menghadapi tantangan resesi ekonomi global.

Indonesia memiliki sumber daya alam, sumber daya manusia, serta bonus demografi yang diperkirakan tahun 2030 nanti bakal ada 201 juta tenaga produktif. Negara ini perlu membangun desain untuk kemajuan ekonomi nasional dengan menghasilkan produk unggulan. 

Kita memiliki sumber daya nikel, tembaga, bauksit, dan timah yang bisa menjadi bahan pembuatan baterai untuk mobil listrik. Indonesia tidak perlu bersusah payah memasarkan baterai, karena ketika mobil listrik akhirnya diproduksi masal, negara lain lah yang akan datang sendiri. Apabila Indonesia bisa menjadi pemasok baterai dalam skala besar, roda perekonomian nasional bisa berjalan cepat.

Pidato Presiden Joko Widodo yang optimis, ingin mengajak seluruh CEO yang hadir agar turut serta mendukung dan membangun perekonomian Indonesia. Ide brilian presiden wajib mendapat dukungan untuk membawa Indonesia menuju level yang lebih tinggi. 


Optimisme harus kita gelorakan menghadapi tantangan resesi yang kata banyak pakar bakal terjadi pada tahun 2023. Kalo Presiden Jowoki udah optimis, masa iya kita sebagai warna negara nggak mendukung juga? 

Kompas 100 CEO Forum di Istana Negara


Terlebih ada 100 CEO terpilih dalam Kompas 100 CEO Forum 2022 yang turut serta berbagi pencerahan. Nggak main-main loh kehadiran orang nomer satu di perusahaan besar yang terpilih oleh Kompas.  Untuk mendapatkan informasi lebih banyak, kalian bisa klik link media internal JNE berikut : https://jnewsonline.com/ ya sob.


Bapak Feriadi pernah mengungkapkan, kekuatan JNE ada pada people, network, dan kindness. JNE memiliki semangat Connecting Happiness sebagai implementasi dari seluruh kegiatan bisnis untuk mengantarkan kebahagiaan ke seluruh Indonesia. 


Segitu deh informasi tentang Presiden Direktur JNE bersama CEO dalam acara Kompas 100 CEO Forum 2022 di Instana Negara bersama dengan Menteri dan Presiden Joko Widodo. Saya berharap kita semua bisa mendapat inspirasi dari sosok Bapak Feriadi Soeprapto dengan semua prestasi yang telah ditorehkan untuk kemajuan JNE sebagai layanan distribusi logistik. Wassalamualaikum. 

19 komentar:

  1. Memang JNE ini selalu mengadakan program yang bermanfaat untuk masyarakat, salut sama CEO-nya. MasyaAllah cita-cita anaknya, memang dunia sekarang yang memasuki akan memasuki era pasar bebas perlu berkecimpung ke dunia bisnis, setidaknya perlu memahaminya untuk bersaing di dunia. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. terima kasih tips2nya utk berusaha mandiri dan juga sharing info kiat2 membuat terang di th menantang ini, mba.. sangat inspiratif..

    BalasHapus
  3. Kita harus Optimis di tahun 2023, sama halnya dengan JNE yang terus optimis dan bergerak maju. Terima kasih JNE atas inspirasinya

    BalasHapus
  4. aku tuh selalu salut sama JNE yang selalu bikin program yang menarik dan bermanfaat, keren loh bukan cuma mementingkan perkembangan perusahaannya sendiri tapi juga peka sama kebutuhan masyarakat

    BalasHapus
  5. Perjalanan karir bapak M. Feriadi ini sangat menginspirasi banyak orang ya mbak. Untuk menjadi sukses memang butuh perjuangan panjang, kerja keras bahkan jalan menuju kesuksesan tidak semulus yang dibayangkan, meski beliau adalah anak pendiri JNE. Ini patut kita teladani untuk mtetap survive di tahun yang penuh tantangan.

    BalasHapus
  6. Walopun banyak yg bilang thn depan tuh ekonomi suram , resesi dll..
    Ya hayuklahhh jangan lunglai.
    Ttp kerjakan sesuai kemampuan kita ya mba.
    Thanks udah bikin artikel inspirasi ini mba

    BalasHapus
  7. Keren banget nih direktur JNE yang bisa kepilih jadi salah satu Kompas 100 CEO Forum 2022. Pasti prestasinya keren dan tidak main-main...!

    BalasHapus
  8. Jadi pengusaha memang dibutuhkan mental yang pantang menyerah ya...ini terbentuk saat kita menghadapi pasang surut usaha kita. Salah satu motivasi adalah belajar dari orang orang yang sudah sukses seperti pada perusahaan JNE ini...

    BalasHapus
  9. luar biasa lah memang jne, pantas sih ikutan kompas 100 ceo forum karena inspiring bgt dan banyak programnya yg oke bgt utk bantu majuin perekonomian kita

    BalasHapus
  10. Keren ya JNE bisa ikut ke Forum 100 CEO di istana negara. Tapi memang iya sih, JNE ini udah sesukses itu, dan bisnisnya melibatkan banyak pihak. Dan dipakai juga oleh banyak masyarakat. Semoga deh, apa yang digaungkan di forum tersebut, kita semua bisa optimistis menghadapi tahun 2023 yang menantang.

    BalasHapus
  11. Ahh, keren memberikan semangat untuk usaha sama si Sulung dan terinspirasi juga dari Bapak Feriadi ini, memang nyata kiprahnya untuk JNE ini, ahh pokoknya sukses semuanya. Aku lagi berfikir juga nih, peluang usaha apa lagi yang bisa aku ciptakan buat tahun depan yaa?

    BalasHapus
  12. Daku setuju nih mbak triknya, yang salah satunya adalah efisiensi anggaran, biar bisa nge-rem belanjanya apa aja, dan gak semuanya juga kudu dibeli bila gak dibutuhkan kan ya

    BalasHapus
  13. Biasanya kalau ortunya pengusaha atau pegawai swasta lebih open minded anaknya gpp gk jd abdi negara hehe. InsyaAllah ada aja jalannya asalkan mau usaha ya mbak.
    Keren banget nih acara CEO, pasti obrolannya bergizi tinggi. CEO JNE juga turut berpartisipasi yaa.

    BalasHapus
  14. Akhirnya tahu sosok yang jadi motor penggerak kesuksesan JNE. Pak Feri ya namanya. Sukses dan sehat selalu ya, Pak. Semoga di tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya JNE makin bersinar dengan layanan terbaik

    BalasHapus
  15. Pak Feri ini sosok yang menginspirasi. Meskipun udah jadi big bos di perusahaannya, pembawaannya tetap kalem dan membumi. Pernah ketemu langsung dengan beliau dan menyaksikan sendiri bagaimana beliau berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

    BalasHapus
  16. JNE ini sudah menggurita ya, mba, bagus dan ini pasti karena kerja dari CEOnya juga. Moga resesi 2023 tidak terjadi dan para perusahaan di indonesia tetap berjaya

    BalasHapus
  17. Kalau beneran baru lulus, gak ada pengalaman, mending kerja sama orang dulu ya. Jadi CEO kan gak gampang. Bener kata Bapak Feriadi Soeprapto. Semoga tahun depan kita semua bisa strong ya

    BalasHapus
  18. Inspiratif banget Pak Feriadi ya bisa jadi panutan anak muda yang ingin memimpin perusahaan dan membuka usaha sendiri ya..sukses ya Milzam..

    BalasHapus
  19. JNE ini inspiratif ya, banyak perannya untuk UMKM bisa jadi contoh buat pengusaha2 lain ..

    BalasHapus