Tips Merawat Motor Matic Agar Awet, Ganti Oli Sesuai Jadwal! - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 15 Desember 2022

Tips Merawat Motor Matic Agar Awet, Ganti Oli Sesuai Jadwal!

Cari Tahu Merawat Motor Matic Agar Awet

Assalamualaikum. Saya baru kenal motor matic saat tahun 2014, tepatnya setelah suami membeli motor matic. Alasannya karena waktu itu engkel kaki saya terkilir dan susah kalo harus naik motor non matic. Jadi motor non matic saya sebelumnya dijual, kemudian ditambah duit untuk dibelikan motor matic baru. Saya sebenarnya agak marah karena nggak suka dengan motor matic. Kayaknya perawatan lebih rumit gitu. 

Merawat Motor Matic

Tapi aslinya saya tuh takut kalo jatuh di jalan seperti banyak pengguna motor matic. Alasan yang malah dijadikan suami saya memberikan edukasi tentang motor matic.

Motor matic itu ya sama aslinya seperti motor non matic. Yang sering jatuh itu karena mereka nggak paham menggunakan rem saat di jalan. Seperti motor non matic, cara ngerem gunakan rem belakang. Dijamin aman deh. Yang sering kalian jumpai pengguna motor matic jatuh di jalan, karena mereka seringnya menggunakan rem depan terlebih dulu. Tentu saja keseimbangan yang kurang bila rem depan yang digunakan dulu.

Saya ngangguk-ngangguk mendengar edukasi suami tentang penggunaan rem ini. Oh bisa jadi sih, kayak motor non matic kan juga gitu. Karena kelupaan saya pernah pakai rem depan, beruntung aja jalannya pelan jadi ngga sampai jatuh. 

Motor Matic Awet Hingga Lama, Apa Rahasianya? 

Motor matic pertama saya adalah Honda Vario 125 yang ukurannya lebih gede dari motor non matic sebelumnya. Kebayang banget saat itu saya ngebatin, udah engkel kaki belum pulih, apa iya saya bisa naik motor ini? Terus nanti kalo misal ban nya bocor kena paku atau benda tajam di jalan, saya mesti nuntun dong. Beraattt nian!


Dan terutama seperti di awal cerita kalo saya tuh takut naik motor matc. Saat itu memang motor matic sedang mulai dikenal, banyak pengguna baru yang mengalami kecelakaan di jalan raya. Termasuk teman kerja saya yang mendadak jatuh. Dari ceritanya memang dia ingat kalo ngerem mendadak pakai rem depan. Mendengar cerita teman kerja ini saya jadi ingat pesan suami tentang penggunaan rem yang benar. Sepanjang berkendara di jalan dengan mematuhi peraturan lalu lintas, tepat menggunakan rem yang benar, insyaa Allah aman sih. 


Saya jadi tenang ketika akhirnya engkel kaki sembuh dan harus bawa motor sendiri ke tempat kerja. Sebelum engkel kaki sembuh, anak sulung yang mengantar berangkat kerja. Nanti pulang suami yang jemput, hihii. 


Alhamdulillah motor matic pertama yang saya punya, dibelikan suami tahun 2014. Hingga hari ini motor matic ini mas ih bisa digunakan. Semua berkat perawatan rutin yang dilakukan suami. Berikut tips merawat motor matic agar awet tahan lama, nggak pernah rusak.

Motor matic


Tips Merawat Motor Matic 
  • Sebelum digunakan, panasi selalu motor matic. Lakukan 5 atau 10 menit sebelum motor matic akan digunakan.
  • Cek bahan bakar agar tidak sampai kehabisan. Payah lah kalo jauh dari tempat jual BBM dan mesti nuntun, bisa encok deh. Tapi yang pasti mesin bisa aus kalo sampai kehabisan bahan bakar.
  • Ganti oli motor matic secara teratur, misal jadwalnya tanggal 10 tiap bulannya. Lakukan tanggal yang sama atau paling tidak H-1 gitu yagesyaa. Kata suami, ganti oli motor matic itu sesuai jadwal dan jangan sampai melebihi jauh dari jadwal. Atau kalo jarang digunakan bisa dengan cek kilometernya, misalnya tiap 2000 - 3000 km gitu.
  • Jangan lupa perhatikan juga kondisi Accu dan busi motor tiap periode tertentu atau saat servis bulanan, bisa tiap 3 bulanan. 
  • Cek roler dan ventbeld juga dan ganti kalo komponen ini udah tidak layak digunakan. Jangan lupa gunakan spare part yang asli.
  • Lakukan perawatan secara rutin pada bagian dalam yang tidak terlihat mata langsung. Kalo saya lebih memilih untuk menyerahkan perawatan membersihkan kotoran atau debu di tempat servis. Mereka lebih teliti membersihkan bagian dalam yang tidak terlihat dari luar.

Agar motor matic tahan lama, coba deh atur kecepatan motor secara stabil. Jangan sering-sering melakukan pengegasan secara mendadak. Jangan pula menurunkan kecepatan secara langsung saat motor kamu dalam kondisi kecepatan tinggi.

Mengenal Planet Ban

Seperti yang saya sebutkan di atas, untuk penggantian oli pun jangan sampai telat. Nah suami saya lebih suka memilih bengkel yang udah jadi langganan lama dan kebetulan juga lokasi dekat rumah. Planet Ban tempat suami mempercayakan perawatan motor matic saya, tidak hanya menjual ban seperti namanya. 


Kamu bisa juga menikmati layanan servis motor dan bisa mendapatkan produk untuk perawatan motor yang terbaik. Planet Ban adalah toko suku cadang otomotif untuk kendaraan roda dua. Di sini menyediakan oli X-Ten yang tahan lama untuk segala jenis dan tipe sepeda motor. 

Oli motor matic


Dengan pemilihan oli X-Ten yang tahan lama di Planet Ban akan membuat mesin menjadi lebih bersih, nyaman, dan bebas overhear sehingga lebih stabil untuk digunakan berkendara.


Yang menarik perhatian saya awalnya hingga memilih servis di Planet Ban adalah, ada banyak cabang yang lokasinya di sekitar tempat tinggal kami. Menurut suami, hal ini memudahkan misal dia sedang keluar kota, saya bisa menggantikannya untuk servis motor. Nah, kamu bisa loh cek di https://planetban.com/ kalo ingin tahu lokasi Planet Ban di beberapa kota di Indonesia. 


Kendaraan bermotor yang kita rawat dengan baik tentu juga akan memudahkan kita dalam pemakaian kesehariannya. Nggak seru kan kalo mau pakai motor, mendadak mogok. Alhamdulillah selama ini saya dan anak-anak serta suami nggak pernah mengalaminya. Yuk ceritakan cara kamu melakukan perawatan motor, sob. Boleh berbagi pengalaman merawat motor matic di kolom komentar. Wassalamualaikum. 

27 komentar:

  1. Terima kasih info dan masujannya mbak. Kadang-kadang anakku suka malas service motor terutama pada saatnya ganti oli, suka telat. Informasi ini sangat bermanfaat ubtuk ke depannya agar lebih memperhatikan kondisi motornya.

    BalasHapus
  2. aku blm pernah punya (bahkan pakai pun blm pernah) motor matic mba..tapi banyak yg bilang lebih bagus sih.. nah, kusimpan tulisan ini, klo2 nanti punya jd nggak bingung lagi cara rawatnya. terima kasih, mba,

    BalasHapus
  3. Pake motor emang tidak melulu hanya menggunakannya saja ya mbak, harus dirawat juga agar awet dan selalu dalam kondisi prima ketika digunakan.

    BalasHapus
  4. Waah, samaan nih kita kalo ganti oli selalu ke Planet Ban mbaa

    BalasHapus
  5. betul bu... perawatan oli itu memang sebisa mungkin tepat waktu. aku nih yg selalu kelewat aja suka nyesel karena ngaruh banget di kondisi mesin motor scoopy akuhh

    BalasHapus
  6. Aku malah nggak bisa Mbak naik motor non matic. Dulunya pernah belajar, tapi pas beli motor malah yang matic. Motor matic-ku masih ada sejak tahun 2007 haha. Sudah sepuh. Tapi selalu dirawat supaya bisa tetap jalan. Planet Ban ada nih di dekat rumahku, rame terus sama yang mau service motornya.

    BalasHapus
  7. Aku punya motor matic Mio beli dari baru tahun 2008, MBak Wati. Ternyata harga sekennya aja sekarang naik ya, tapi ga dijual lah kan aku pakai sehari2 hahaha :D Oh ternyata rahasia perawatan motor mbak Wati di Planet Ban? Boleh juga aku mau kepoin lebih detil nih. Mesti tepat waktu ya biar awet mesin dan spare part juga kalau sudah saatnya diganti ya harus beli dan dipasangkan yang barunya.

    BalasHapus
  8. Dekat rumahku ada Planet Ban jg mbaaa
    Wah recommend nih utk lokasi ganti oli dan keperluan motor yak.

    Sip siipppp

    BalasHapus
  9. Wah malah balikan sama aku mbak...dulu aku penginnya matic tp suamiku prefer yg nonmatic karena alasan keselamatan. Di tahun 2013, teknologi matic mmg masih ada celahnya, terutama di bagian tetap bisa jalan ketika digas dalam posisi distandar. Takutnya anak2 bggak ngerti hal itu krn waktu itu kan masih kecil banget. Kalau skrg kan gak begitu lagi ya..kok aku blm pernah lihat planet ban ya. Keknya karena kurang memerhatikan ya..

    BalasHapus
  10. yes sepakat banget si mbak. aku termasuk baru dalam menggunakan motor matic, selalu diingatkan sama adek jangan lupa ganti oli rutin biar ga mudah rusak motornya.

    BalasHapus
  11. Aku malah bisanya pake motor matic mbak, gak bisa pake motor yang ada gigi gitu hehe. Sampai sejauh ini sih masih nyaman pake matic dan emang harus rajin ganti oli biar sehat dan tidak mudah lelah yah si matic hehe

    BalasHapus
  12. Biaya yang dikeluarkan jadi lebih gede kalau motor tidak terawat
    .

    BalasHapus
  13. ah mbak, pas banget postingannya, aku baruu aja beli motor matic supaya nganter jemput anak lebih irit. Makasih yaa tipsnya, bakal aku save nih dan inget2 selalu supaya motornya jadi awet :D

    BalasHapus
  14. Huhu iya banget, ganti oli ini kudu banget rutin, termasuk motor matic. Kalo enggak, sudah deh dijamin jadi rewel motornya, ya. Salah satu bengkel terbaik yang bisa jadi tempat ganti oli ini ya Planet Ban.

    BalasHapus
  15. Wajib rutin nih ganti oli supaya terawat motor matic nya, suami juga suka banget ke Planet Ban buat merawat motor.

    BalasHapus
  16. Memerhatikan ganti oli dan service motor matic ini bisa menambah usia sekaligus ketahanan motor matic agar selalu nyaman dan aman ketika dikendarai. Dan memilih bengkel yang ramah seperti Planet Ban begini adalah pilihan yang tepat. Karena pemeriksaan teliti dan cepat.

    BalasHapus
  17. Sy nih kurang merawat motor, tahunya make pas ada problem baru inget kudu ganti oli, ganti ban dsb. Layanan planet ban lengkap ya

    BalasHapus
  18. Aku dulu juga gak suka pakai matic karena mikir perawatannya yang ribet. Pas punya, ternyata gak sedrama itu. Kayanya semua kendaraan memang dirawat dengan baik, jangan taunya pakai aja

    BalasHapus
  19. Kalau oli diganti secara rutin, motor juga jadi awet dan enak ya dipakai. Aku juga diajarkan suami agar rutin ganti oli.

    BalasHapus
  20. alhamdulillah matic aku juga awet karena emang motor walaupun matic atau manual namanya kendaraan harius dirawat dengan rutin

    BalasHapus
  21. Dapat banget nih tipsnya kak. Kebetulan anakku pakai motor matic, tetapi ampyun deh...sembrono dalam perawatan. Thanks ya

    BalasHapus
  22. Aku gak pernah punya mati krn gk bisa makainya wkwk, tp tetp motor manual jg dibawa ke bengkel :D
    Emang yang namanya kendaraan kudu cek rutin agar gk mogokan ya mbak.
    Planet Ban juga ada deket rumah biasanya buat ganti oli dan cek2 mesin berkala.

    BalasHapus
  23. Ah iya, jadi kepikiran juga nih motor saya udah ganti Oli sesuai jadwal nggak ya? Udah lama kayanya saya belum servis motor. Nah, jadi keinget ama Planet Ban nih. Kayanya banyak ya cabangnya di berbagai kota

    BalasHapus
  24. Motorku juga matic.. Yamaha Mio J... sayang blom pernah nyoba pake oli X-Ten, pernah ke planetban tapi buat ganti ban tubless.. next deh nyobain pake olinya

    BalasHapus
  25. Kemerin baru aja aku ganti oli motor di plannet ban plus beli oli juga pelayanannya memang super sih mba bikin gak kapok dateng

    BalasHapus
  26. andalanku juga nih mb Wati, ganti oli di Planet Ban. untungnya di Jogja udah banyak konternya Planet Ban

    BalasHapus
  27. Wah saya malah kayaknya gak denger soal banyak pengguna motor matic yang jatuh di jalan, Mbak. Hehe. Saya juga sekarang pakainya motor matic, lebih enak sih.
    Oiya saya juga baru tau lho, ternyata cabang Planet Ban ada di mana-mana. Di dekat rumah saya juga ada ternyata 😁

    BalasHapus