Apa Fungsi dari SSH? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 30 Desember 2022

Apa Fungsi dari SSH? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Mengenal SSH, Dari Fungsi dan Cara Kerjanya

Assalamualaikum Sahabat. Yuk ngobrol tentang SSH atau Secure Shell yang wajib ada untuk mendukung bisnis kamu. SSH atau secure shell adalah sebuah protokol yang bisa membantu user untuk melakukan pengontrolan dan modifikasi server secara remote. Kamu bisa mendapatkan fitur ini ketika beli layanan cloud hosting, VPS, atau dedicated server.

Pengontrolan via SSH sendiri bisa dilakukan melalui sebuah jaringan internet lalu masuk ke komputer untuk melakukan berbagai perintah maupun memodifikasi file dari satu komputer ke komputer lain. 

Nah, agar lebih jelas, berikut sudah kami siapkan pengertian SSH, fungsi, dan cara kerja selengkapnya. Simak informasinya sampai ke bagian akhir ya.


Fungsi SSH dan Cara Kerjanya

Apa itu SSH (Secure Shell)? 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan menggunakan SSH maka kamu bisa menjalankan sebuah protokol administrasi secara remote dalam sebuah jaringan yang aman mulai dari membuat folder, menjalankan program, membuat file, menghapus file atau menghentikan services yang sedang berlangsung. 

SSH juga dapat dimanfaatkan untuk menginstal software di dalam sebuah akun hosting atau yang sering dikenal dengan sebutan manage database MYSQL sehingga kamu bisa melakukan interaksi yang lebih banyak dibanding penggunaan website pada umumnya. 

Untuk melakukan pertukaran data menggunakan SSH, tentu saja harus ada perangkat yang berperan sebagai server dan perangkat yang dijadikan klien. Masing-masing perangkat harus memiliki SSH. Ada SSH client untuk komputer klien dan SSH server untuk komputer server. 

Apa Fungsi dari SSH?

1. DNS dan Spoofing

DNS dan Spoofing merupakan sebuah fitur yang bisa membantu kamu untuk menghindari aksi hacking yang biasanya dilakukan dengan cara memasukkan data-data ke dalam sebuah sistem domain. Peretasan dengan cara ini dipilih karena sistem domain bisa menampilkan name server cache database. 

2. Menghindari Kejahatan Cyber

Fungsi SSH yang kedua yaitu untuk menghindari kejahatan cyber. Kejahatan cyber ini tentu saja sangat merugikan jika tidak dicegah atau ditangani dengan segera. 

Cara SSH melakukan penanganan terhadap kejahatan cyber yaitu menggunakan teknik kriptografi. SSH secara otomatis akan melakukan pemutusan sambungan saat mendeteksi adanya aktivitas yang dicurigai ketika proses transfer data berlangsung. 

Pencegahan tersebut bisa melindungi kamu dari serangan hacker, malware, maupun kejahatan cyber yang tentunya akan sangat berbahaya terhadap website kamu. Dengan SSH kamu juga bisa terhindar dari spooning IP.

3. Mempermudah Kontrol Server

Berikutnya, fungsi dari SSH yang tak kalah penting yaitu membuat kamu lebih mudah dalam melakukan kontrol server. Dengan memanfaatkan SSH maka kamu akan bisa melakukan pengontrolan dan pengaturan file-file yang terdapat pada VPS atau hosting.

Kamu bisa melakukan kontrol dari mana saja dan di mana saja, tanpa harus mendatangi komputer yang ingin dikelola filenya. Jadi, SSH akan sangat bermanfaat bagi kamu yang cukup sibuk atau terbiasa melakukan pekerjaan secara multitasking. 

Server aman Dengan SSH

4. Keamanan Lebih Terjamin

SSH telah memanfaatkan sistem autentikasi dan juga enkripsi data sehingga koneksi yang melewati SSH telah dilengkapi dengan proteksi yang ketat. Jadi, kamu tidak perlu ragu atau khawatir lagi terhadap tingkat keamanan yang ditawarkan oleh SSH. 

Cara Kerja SSH

Setelah membahas jawaban dari pertanyaan apa fungsi dari SSH? Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara kerja dari SSH. 

Secara sederhana, cara kerja SSH yaitu menerapkan model antara client dengan server. Koneksi terjadi antara SSH server atau server remote yang dituju dengan SSH client atau komputer yang digunakan oleh pengguna. 

Keterhubungan SSH akan dimulai saat klien mengaktifkan konektivitas dan menggunakan SSH key untuk melakukan identifikasi dan verifikasi pada SSH server. Ada dua jenis SSH key yaitu public key yang terdapat pada SSH server dan privat key yang terdapat pada SSH client. 

Saat SSH client memberi permintaan koneksi pada SSH server, apabila kunci yang dikirim oleh server tidak sama dengan kunci yang digunakan oleh SSH klien maka koneksi tidak akan berhasil. 

Koneksi akan berhasil tersambung apabila kunci yang ada pada SSH client dan SSH server sama. Tentu saja koneksi hanya bisa berhasil setelah melewati proses verifikasi dan juga otentikasi identitas. 

Selanjutnya setelah berhasil melakukan otentikasi, koneksi tersebut akan dienkripsi menggunakan hashing algorithm dan symmetric encryption. 

Proses enkripsi dibutuhkan untuk memastikan bahwa aktivitas pertukaran data antara server dengan klien terjaga kerahasiaannya. Inilah salah satu jawaban dari pertanyaan apa fungsi dari SSH.

Perlu kamu tahu bahwa aplikasi SSH client ini sudah terpasang otomatis pada terminal sistem operasi berbasis Unix maupun turunannya seperti Macintosh dan Linux. Jadi karena sudah terpasang kamu bisa mengimplementasikan SSH tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. 

Salah satu contoh aplikasi SSH client yang dapat digunakan dalam sistem operasi Windows yaitu PuTTY. Dan hampir semua VPS bisa menggunakan SSH, VPS yang paling murah di Indonesia merupakan VPS dari DomaiNesia yaa, Sob.


Dari penjelasan artikel di atas bisa diambil kesimpulan bahwa SSH merupakan sebuah sistem yang mampu mengakses, mengelola, dan memberikan perintah ke server melalui jarak jauh. Sehingga akan sangat efektif untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi karena pekerjaan tidak lagi harus terikat dengan tempat dan waktu. 

Lantas apa fungsi dari SSH? 

Jawabannya adalah untuk meningkatkan keamanan website dari kejahatan cyber, mempermudah kontrol server, dan meningkatkan keamanan website secara menyeluruh. 

Semoga penjelasan di atas bisa dipahami ya. Wassalamualaikum.

24 komentar:

  1. Wah aku baru tahu nih soal SSH. Ternyata fungsinya untuk meningkatkan keamanan website secara menyeluruh ya, Mbak. Makasih infonya 😊

    BalasHapus
  2. SSH ini penting banget buat jaga data yang penting biar nggak salahgunakan ya mba. Soalnya kan penjahat digital pinteer, bisa aja mengakalinya. Semoga teknologi selalu dipegang orang yang berakhlak ya mba

    BalasHapus
  3. Ketika kejahatan cyber skarang makin luar biasa tak terduga, adanya SSH ini pastinya ngebantu sekali. Makasih informasinya mba

    BalasHapus
  4. Dulu jaman masih suka utak-atik di lab, saya sering pakai aplikasi PuTTY mbak. Seneng aja gitu, jadi kalau pas ada mahasiswa yang bilang kesulitan menyelesaikan tugas di komputernya, tinggal di remote aja buat lihat tampilannya, nggak perlu beranjak dari kursi.

    BalasHapus
  5. Menarik ya SSH ini karena memiliki peran dan fungsi yang cukup banyak. Busa akses dan mengelola server dari jarak jauh. Mampu memberikn pengamanan dari kejahatan cyber juga.

    BalasHapus
  6. Penting banget untuk menggunakan aplikasi SSH dan kini gak perlu repot lagi karena sudah tersedia di DomaiNesia. Semua aman dan mudah sehingga terhindar dari kejahatan cyber untuk website yang berharga,

    BalasHapus
  7. Dengan adanya aplikasi SSH jaringan internet kita lebih aman dari gangguan kejahatan internet ya sering kalau online ada perasaan khawatir kalau ebanking dan data penting lainnya milik kita bisa dicuri orang jahat

    BalasHapus
  8. SSH akan memutus koneksi secara otomatis apabila ada aktivitas yang mencurigakan pada koneksi yang digunakan. Sehingga kamu dapat terhindar dari berbagai ancaman ancaman siber seperti spoofing IP dan DNS, manipulasi data, pelacakan ilegal, dan lain-lain. Melakukan transfer file otomatis dan aman.

    BalasHapus
  9. Kalo untuk website memang wajib pakai ssh dan ssl. Untuk mengurangi spam dan hacker yang bergentayangan. Jangan sampe deh website kita dihack. :(

    BalasHapus
  10. Penting banget ini, apalagi buat yang memiliki mobilitas tinggi karena pekerjaan tidak lagi harus terikat dengan tempat dan waktu. SSH akan membantu mengakses, mengelola, dan memberikan perintah ke server melalui jarak jauh, memudahkan pekerjaan jadinya ya

    BalasHapus
  11. Baru tahu soal SSH padahal aku pemakai Linux hehe.
    Ternyata fungsinya utk mencegah kejahatan cyber ya, bermanfaat banget buat yang suka gak logout dari akun2 sosmed maupun perbankan di laptopnya nih heheh.

    BalasHapus
  12. Jaman now kejahatan cyber merajalela. Baiknya memang kita tahu tentang SSH ini ya mba. Tapi jujurly aku blm begitu paham. Kudu baca pelan-pelan dan bolbal hehe...thx ya untuk artikel nya...

    BalasHapus
  13. Jujurly, baru tahu tentang SSH.
    Semakin banyak saja ya terobosan-terobosan kemajuan teknologi digital saat ini.

    BalasHapus
  14. Wehhh ini sih dibutuhkan bangett ya mba.
    Apalagi utk kerjaan yg most of the time berkutat d ranah digital

    BalasHapus
  15. Makasih sharingnya aku baru tau SSG ini maak...sangat berguna ya untuk mencegah kejahatan cyber.

    BalasHapus
  16. Wah, itu ya tyt SSH. Dg terobosan begini kejahatan cyber jd bs ditanggulangi.

    BalasHapus
  17. Oalah ini toh pengertian dan fungsi dari SSH
    Ternyata untuk keamanan juga ya mbak

    BalasHapus
  18. Wah, saya baru tahu tentang SSH ini. Ternyata banyak manfaatnya, ya. Salah satunya tentang keamanan data. Perlu banget ini di era serba digital seperti sekarang.

    BalasHapus
  19. Udah sering denger soal SSH ini. Katanya bikin web kita lebih aman ya. Tapi untuk informasi detilnya baru tau karena postingan ini nihh. Makasih sharingnya kak

    BalasHapus
  20. Zaman sekarang punya data² penting emang harus betul² dijaga. SSH membangun banget buat keamanan data ya, Mbak. Dan kelebihan bisa kontrol dari mana saja dan di mana saja tentu memudahkan dalam bekerja.

    BalasHapus
  21. Ini dia, kadang kita tuh takut banget web kena hack karena emang sudah segitu canggihnya deh pembobolan. Dengan adanya SSH ini keamanan web jadi bisa ditingkatkan.

    BalasHapus
  22. Penting banget ini ya mba SSH demi keamanan web kita dari tangan-tangan tidak bertanggungjawab, aku mau pelajari lebih lanjut ah

    BalasHapus
  23. Termasuk penjelasan yang jelas dan meningkatkan awarness terhadap potensi kejahatan fiber di blog Mbak. Makasih ya. Saya dulu tahunya cuma agar aman saja, ga ngerti amannya kayak apa. Sekarang jadi lebih tahu dong

    BalasHapus
  24. Jadi sedikit paham nih tentang SSH, ternyata banyak manfaatnya ya terutama untuk keamanan data.

    BalasHapus