Mau Nyobain Bus Otomatis di Breeze BSD City? Ini Caranya! - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 14 Desember 2022

Mau Nyobain Bus Otomatis di Breeze BSD City? Ini Caranya!

Bus Otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City

Assalamualaikum Sahabat. Ada 3 isu utama yang menarik perhatian dan jadi prioritas seluruh negara anggota Forum G20. Yaitu tata kelola kesehatan global, transformasi ekonomi digital dan transformasi energi. 3 isu utama ini menjadi strategi untuk mempercepat pemulihan global, termasuk di Indonesia juga. Sinergi yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak swasta ini, salah satunya ada Sinar Mas Land yang turut ambil bagian dengan ekonomi digital dan beralih ke energi terbarukan.

Navya Arma

Kalo ngomongin energi terbarukan, saya jadi teringat pada kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Sinar Mas Land sudah melakukannya dengan menyiapkan transformasi BSD  City menjadi kota pintar dengan infrastruktur digital dan pengembangan fasilitas yang peduli lingkungan. Ekosistem yang dimaksud adalah menghadirkan inovasi digital terkini yaitu Autonomous Vehicle (AV).


Kebetulan banget pada tanggal 11 - 16 November, Sinar Mas Land membawa Autonomous Vehicle dalam acara  Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali. 



Acara ini merupakan official side event dari G20 yang diadakan Kementerian Perhubungan. AV hadir sebagai dukungan Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation guna melakukan transisi energi menuju Energi Baru Terbarukan (EBT).

Mengenal Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia

Sebagai warga daerah saya envy berat dengan warga ibukota Jakarta yang bisa nyobain bus otomatis a.k.a tanpa pengemudi. Kebayang dengan film-film science fiction jaman dulu yang sekarang udah nyata bisa dinikmati. Seperti Autonomous Vehicle dengan merk dagang Navya Arma.

Kendaraan Listrik
Picture taken by Dede Arianto

Ya udah lah karena saya belum punya kesempatan nyobain bus otomatis, saya ingin mengenalnya dulu dari cerita pengelaman teman-teman yang tinggal di Jabodetabek. Terutama teman saya yang tempat tinggalnya sekitar kawasan BSD City.  


Navya Arma bus otomatis ini memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Durasi yang cukup lama juga ya kalo digunakan di dalam kota. Nah, kendaraan listrik berdimensi 4,7 m x 2,1 m dapat membawa penumpang hingga 15 orang. Formasi nya sebagai berikut 11 duduk dan 4 berdiri. 


Navya Arma
Picture taken by Dede Arianto

Bus otomatis Arma dilengkapi beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis. Kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. 


Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom. Jadi nggak perlu khawatir sih dengan pengoperasian bus otomatis ini ya karena sudah dipersiapkan sedetil mungkin tanpa kesalahan. 

Cara Naik Navya Arma Bus Otomatis 

Nah sekarang, gimana caranya kalo saya ingin naik Bus otomatis atau Autonomous Vehicle ini? Ternyata mudah banget loh, karena Autonomous Vehicle sekarang ada di Green Office Park, BSD City. Kita bisa mencoba AV, naiknya dari Lobby Utama The Breeze. Cara nya hanya memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile. 

Picture taken by Dede Arianto

Saya baca di salah satu artikel yang berbagi cara naik bus otomatis ini, tapi sebelumnya ada syarat yang mesti diperhatikan oleh calon penumpang Navya Arma bus otomatis di Breeze BSD city. Yaitu :
  • Bagi calon penumpang ada batas minimal tinggi badan 120 cm, anak-anak di bawah umur tidak disarankan naik bus otomatis.
  • Bayi juga tidak diperbolehkan meski digendong orang dewasa
  • Tidak boleh membawa minum, makanan, binatang peliharaan
  • Download aplikasi One Smile
  • Kamu diharapkan isi survey di aplikasi, kemudian tunjukkan QR Code pada petugas yang jaga.

Autonomous Vehicle bisa kalian coba sampai tgl 21 December 2022. Setelah itu Autonomous Vehicle akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tgl 22 Dec 2022 sampai 04 Jan 2023. Andai saya dan keluarga jadi menghabiskan akhir tahun di Bogor, saya bakal ngajak berkunjung ke The Breeze. Doakan ya sahabat. Mupeng banget naik Autonomous Vehicle, bus otomatis pertama di Indonesia.


Sahabat udah ada yang nyobain naik Navya Arma? Ayuk cerita dong, nggak apa sih nambah envy setingkat lebih tinggi. Tapi saya senang kok baca pengalaman kalian yang udah nyobain naik bus otomatis ini. Cerita di kolom komentar ya, wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Whoaaa langsung mupeng aku mbaa
    Pengin main ke BSD lagi.
    Soale trakhir aku k sono thn 2020
    Wis lamaaa

    BalasHapus
  2. Wah, kece banget nih kini di Breeze BSD udah ada mobil AV :) Kudu buka aplikasi OneSmile dulu ya supaya kita bisa naik :D Pas nih momen liburan sekolah, anak2 diajak hangout ke BSD aja jajan2 sekalian.

    BalasHapus
  3. Ahhh, busnya unyu-unyu banget ya Mbaaa..
    Kbayang tuh tanpa awak Nvya Arma, hmm jadi mau juga nyobain ke sanaa.
    Baiklah persiapan donlot dulu appsnya.
    Kereen pokonya, Autonomous Vehicle ini bus otomatis pertama di Indonesia.

    BalasHapus
  4. Saya penasaran loooh Mba mau nyobain mobil AV nih. deteksinya pakai apa yaa? mana mungil banget mobilnya. Keren yaa...

    BalasHapus
  5. berharap bus otomatis kayak gini hadir di Jogja ya mbak Wati huhuhu. kece banget ya ini konsepnya. harusnya yang kayak gini diperbanyak ya

    BalasHapus
  6. Iya ya yang kita lihat di film-film jadi nyata mobil ga ada sopirnya, Navya Arma, keren banget dengan tujuan ramah lingkungan dan energi baru terbarukan. Sayang dah mau jalan pulkam ga bisa coba ke The Breeze..semoga next ada lagi tahun depan

    BalasHapus
  7. Moga2 tahun dpn ada rezeki main ke BSD.
    Mauuukk bgt coba ini.
    Canggil pol

    BalasHapus
  8. belum cobain navya arma nih. Kepengen juga jadinya ke BSD. Tapi berharap juga ini bus bisa ada di berbagai kota.

    BalasHapus
  9. Ih aku pengin nih mba karena lumayan dekeuuut tapi nggak dekat banget sih hihi. Mau ajak anak2 jg ah. Keren deh ini sih, pemulihan ekonomi smoga lebih cepat yaaa 😍

    BalasHapus
  10. Busnya lucu amat yaa, dan cakep lagi warna biru gitu. Belum pernah kebayang gimana rasanya naik bus listrik kayak gini, pastinya deg-degan tanpa ada awaknya ya. Pengalaman tak terlupakan pastinya naik bus gini di BSD Citi.

    BalasHapus
  11. bisnya lucuu yaa. aku pikir karena namanya bis, akan sebesar bis yang biasa untuk wisata gitu lho, ahaha.

    tapi kapan2 kalau ke BSD jadi pengen cobain deh :D

    BalasHapus
  12. dari tempatku lumayan jauh kalau ke BSD padahal ingin coba naik bus otomatis ini. Kan penasaran gimana kalau enggak ada sopirnya tapi bisa jalan sendiri, hehe.
    berarti kendaraan masa depan bakal seperti ini ya, seperti yang ditonton di film-film sci-fi.

    BalasHapus
  13. Saat mau nyobain naik pasti deg2an ya mba. Bus otomatis soalnya. Pengalaman pertama selalu mendebarkan, yang kedua ketiga, dan seterusnya udah biasa.

    BalasHapus
  14. Wah mobil listrik aja udah menarik banget lho, lha ini sinar mas malah menghadirkan mobil listrik tanpa sopir pula. Keren banget

    BalasHapus
  15. kece banget sih ini bus otomatis yang ada di The Breeze BSD, anak-anak pasti senang deh merasakan pengalaman naik bus ini

    BalasHapus
  16. Desain mobilnya unik ya, Mbak. Nama aplikasinya juga. Semoga nanti di Semarang atau Yogya juga ada, ya. Pingin nyobain. Hihihihi

    BalasHapus
  17. Yuk mbak nyobain bus otomatis tanpa driver, seru ya. Nanti kapan-kapan ke BSD lagi nyobain ah semoga boleh, kebetulan suamiku juga di sini kerjanya

    BalasHapus
  18. Pengen nyobain Autonomous Vehicle biar kaya di film-film ya. Ternyata gak boleh bawa makanan atau minuman. Berarti kudu bersih nih kalau mau naik

    BalasHapus
  19. Mau banget mbak! Kapan lagi bis merasakan sensasi naik kendaraan listrik tanpa awak seperti di film-film ya mbak

    BalasHapus
  20. Manarik perhatian bangett..
    Jadi pengen ke BSD cuma buat naik bis nirawak. Apa rasanya kaya terbang gitu yaa..?
    Soalnya naik motor atau mobil listrik, rasanya huwaaah... nyaman banget.

    BalasHapus
  21. Belum pernah ke BSD huhuhu semoga Kapa Kapan2 ada rejeki biar bisa naikbus nirawak pengalaman berharga banget ini

    BalasHapus
  22. UWOW pwolll ini sih, secara bis (utk umum) tapi fasilitas executive begini. Kapan-kapan kalau kesampaian ke BSD, mau banget nyobain bis otomatis ini, pasti seruuuu...

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah nyobain, kalau baca cerita diatas jadi penasaran dengan bus otomatis, udah itu busnya unyuk ya.

    BalasHapus