Kenali Tanda-Tanda Serangan Jantung Bisa Menyelamatkan Seseorang, Baca Infonya di SehatQ.com - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 21 Agustus 2019

Kenali Tanda-Tanda Serangan Jantung Bisa Menyelamatkan Seseorang, Baca Infonya di SehatQ.com

Kenali Tanda-Tanda Serangan Jantung


Assalamualaikum Sahabat. Kenali tanda-tanda serangan jantung dan penyebabnya yang harus kalian ketahui, bisa menyelamatkan seseorang. Yah, paling tidak dengan mengenali tanda-tanda serangan jantung, kalian bisa menentukan langkah awal pertolongan pertama. Karena langkah pertama mengetahui seseorang kena serangan jantung, menentukan keselamatan penderita.

Seperti yang pernah saya alami, saat suami kena serangan jantung tahun 2018. Dari tanda yang nampak di fisik suami, saya sudah bisa menyimpulkan adanya serangan jantung.

Meski ingin sekali saya tepis kemungkinan serangan jantung itu dari tubuh suami. Pengennya suami hanya kambuh asam lambungnya dan bukan serangan jantung.

Alhamdulillah saya suka baca-baca artikel kesehatan di situs Google. Dan salah satu rujukan bacaan saya adalah di SehatQ yang selalu update artikel kesehatan.

Karena sudah mengetahui tanda awal seperti ini, membantu saya untuk tidak mudah panik. Saya bisa menemani suami ke IGD rumah sakit dengan berpikir runtut dan tidak baper. Saya bisa mengambil keputusan terbaik bagi  kondisi suami. Dokter hanya memberikan saran, saya yang harus mengambil keputusan. Misalkan saya tidak membaca artikel kesehatan sebelumnya, mungkin saya hanya bisa nangis di ruang IGD.

Nah, saya sharing yuk tanda umum yang bisa kalian ketahui saat menemukan seseorang kena serangan jantung. Atau bisa saja justru kalian sendiri yang mengalami serangan jantung? Jangan panik ya, tarik napas panjang dan baca istighfar. Semoga ada pertolongan pertama yang bisa kalian dapatkan.

Kondisi yang umum terjadi ini mungkin sudah pernah kalian alami. Berikut ini tanda-tanda serangan jantung :

- Banyak Keringat Seukuran Biji Jagung

Kondisi berkeringat secara tiba-tiba dan dalam jumlah banyak ini terjadi begitu saja. Artinya kalian enggak abis olah raga, atau minum minuman panas. Seperti suami saya yang juga mengalami hal ini, keringatnya seukuran biji jagung dan nggak mau berhenti. Udah saya tepuk-tepuk dengan handuk kecil, tapi tetap aja keringat terus mengucur.  

Kondisi ini seringnya diabaikan bahwa itu bukan serangan jantung. Sering penderita dikerokin karena dikira masuk angin. Ada loh tetangga saya yang sampai tiga kali kerokan, karena keluar keringan dingin ukuran jagung. Eh selang sehari beliau meninggal, hiksss nyesek deh.

Jangan abaikan bila kalian mengalami hal serupa ya. Terutama apabila disertai dengan nyeri di dada. Nah, kalo kalian mengalami hal ini, segera periksakan diri ke dokter atau langsung aja ke IGD rumah sakit. Dengan pemeriksaan EKG bisa diketahui secara pasti kondisi jantung kalian.

Tubuh Nyeri Tanpa Sebab Yang Jelas

Sahabat, kemarin waktu suami kena serangan jantung, dia memegang dada sebelah kiri dengan telapak tagan kanan. Dia bilang kayak ada yang menindih dadanya, sakit gitu. 

Nah, sampai di sini, saya beneran ikut jantungan. Deg-degan banget deh mendengar pengakuan suami. Karena saya ingat pernah baca di situs website kesehatan kalo penyumbatan aliran darah ke otot jantung terjadi karena penyakit jatung koroner. Tubuh jadi nyeri karena jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Meski suami bilang enggak merasakan nyeri, tapi rasa seperti dada yang dihimpit cukup jadi indikasi kalo dia kena serangan jantung.

Perlu kalian ketahui, rasa sakit dan nyeri tidak selalu timbul di dada. Rasa sakit dapat muncul di bahu, tangan, rahang, atau perut. Lebih rinci, rasa sakit umumnya muncul setelah kalian berolahraga atau mengerjakan sesuatu yang melelahkan. Rasa nyeri itu akan hilang dengan sendiri sesudah beristirahat. Nah, kodisi ini yang sering disalah artikan bahwa kalian tengah masuk angin atau kelelahan, jadi hanya butuh istirahat.

Nafas Tersengal-sengal

Bagi kalian yang mengalami nafas tersengal setelah melakukan olahraga berat, tentu merupakan hal yang normal terjadi. Namun, apabila nafas sering tersengal meski hanya melakukan sedikit aktivitas, kalian perlau aware ya. Bisa jadi hal ini menandakan kalian memiliki gangguan pada jantung.

Setelah suami kena serangan jantung, saya baru ingat kalo tiap kali jalan dalam jarak dekat, napasnya tersengal. Padahal saya enjoy aja dan justru langkah saya lebih cepat intensitasnya. Waktu itu saya sempat berpikir, apa suami punya sakit di bagian tubuhnya? Tapi nggak ngecek lebih jauh karena dia emang nggak pernah mau diajak ke dokter.

Kelelahan

Pasti wajar dong ya kalo tubuh sering merasa lelah. Namanya juga bekerja seharian, dan masih ditambah mengejar angkutan umum. Atau naik kendaraan pribadi pun pasti didera kelelahan. Rasa lelah ini akan sembuh ketika tubuh beristirahat.

Namun apabila rasa lelah kalian tak kunjung hilang,  terasa terus menerus, harus diwaspadai. Bisa saja ini merupakan salah satu gejalan penyakit jantung. 

Detak Jantung Tidak Teratur

Pernah kah kalian merasakan jantung berdegup lebih kencang? Biasanya saat ketakutan, atau saking semangatnya, jantung akan bertambah kencang detakannya. Seperti kalo kalian kebanyakan mengonsumsi kafein,  kadang jantung berdetak tak beraturan. 

Namun, jika jantung sering berdegup kencang pada saat-saat tidak terduga dan tidak diketahui penyebabnya, maka kalian perlu waspada.

Kaki Bengkak

Ada yang bilang, hati-hati kalo kaki bengkak. Karena bisa aja itu pertanda jantung tidak dapat memompa darah secara efektif seperti yang seharusnya. Akibatnya darah akan menumpuk di pembuluh darah sehingga menyebabkan pembengkakan.

Rasa Mual atau Sakit Perut


Oiya, saya pernah ikut dalam acara sharing tentang info seputar penyakit jantung di salah satu rumah sakit di Semarang. Yang menjadi narasumber adalah dua orang dokter spesialis Jantung. Dan di antara tamu undangan yang hadir ada yang bertanya, mengapa dia kadang merasa mual atau pengen muntah sesaat sebelum akhirnya sakit jantungnya kambuh?

Rupanya kondisi ini memang menjadi salah satu tanda saat seseorang kena penyakit jantung. Jadi kalo kalian mengalami sakit perut, mual, atau muntah tanpa alasan yang jelas, segera lah memeriksakan diri ke dokter.

Beberapa tanda seperti di atas sering banget disepelekan, atau jarang dianggap sebagai gejala penyakit jantung. Seperti yang dialami tetangga saya, yang malah dikerokin punggungnya. Tidak segera dibawa ke dokter, dan tentu saja ketika serangan jantung yang kedua terjadi, nyawanya tak tertolong.


Cari Informasi Kesehatan di Website Yang Kredibel

Hari gini kalian sering nggak sih mendapat pesan di grup WA? Entah itu WAG alumni, orang tua murid, lingkungan RT atau RW, teman kerja, famili, kadang ada yang sering sharing informasi kesehatan.

Namun ternyata infonya tidak diketahui kebenarannya, bahkan kadang sering loh info hoax. Kan jadi males juga nanggapinya, bahkan yang nyebar info juga enggak baca sampai tuntas. Alasannya dia hanya asal berbagi. Kan jadi syebel!

Kalo saya lebih suka mencari info kesehatan di tempat yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ini info tentang kesehatan, gaesss. Nggak boleh sembarangan dong nyari infonya.

Nah, saya kebetulan suka baca artikel kesehatan di SehatQ karena pas banget dengan yang saya butuhkan saat itu. Apalagi waktu suami abis pasang ring, kan dapat obat banyak tuh. Suami yang sebelum kena serangan jantung nggak pernah sakit, jadi agak parno waktu disuruh minum obat.

Namun dengan ngecek kandungan obat di Informasi Obat di aplikasi SehatQ, suami akhirnya lapang hati mengonsumsi obat dari dokter.

Kalo kalian masih bingung, ada apa aja di SehatQ, yuk kepoin info di bawah ini :


Direktori Penyakit

Isinya seputar beragam info tentang penyakit, yang dijelaskan secara komplit. Kalian dapat mengakses direktori ini untuk mencari tahu gejalan penyakit tertentu. Klik aja dan pilih jenis penyakit yang ingin kalian ketahui, mulai dari gejala, penyebabnya, diagnosis, jenis pengobatan, hingga kapan saatnya melakukan konsultasi ke dokter.


Informasi Obat

Nah, kalo kalian tengah sakit dan mendapatkan obat dari dokter, bisa nih cari tahu jenis obatnya di sini. Di sini ada keterangan jenis obat, golongan obat apa, dosis atau aturan minum, efek samping, dan lainnya.


Forum Tanya Jawab


Kalian bisa menemukan topik-topik kesehatan populer yang akan dijawab langsung oleh tim dokter SehatQ. Klik tautan forum tanya jawab untuk mengetahui topik-topik kesehatan yang hangat diperbincangkan dan berbagai solusinya dari sudut pandang medis.

Untuk mengikuti apa aja update artikel terbaru di SehatQ, coba deh ikuti akun sosial medianya. Gimana pun, informasi tentang kesehatan akan selalu dibutuhkan baik tubuh kalian dalam keadaan sehat maupun sakit. Bukan kah dengan menjaga kesehatan bisa mencegah timbulnya penyakit?! 



Nah, nggak ada salahnya kepoin sosial media SehatQ untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan. Udah jaman now, semua mesti serba praktis. Cukup dengan sentuhan jari, info kesehatan terpampang nyata di hadapan kita. Pengen dong ya membentuk keluarga sehat dan bahagia.

Jadikan SehatQ sebagai asisten kesehatan keluarga. Yakin deh, membaca artikel di SehatQ bakal bikin kalian nambah pintar mengenali tanda-tanda penyakit yang umum di masyarakat. Jangan abai ya dengan kesehatan keluarga, kuy mulai dari sekarang. Wassalamualaikum.


Sosial Media SehatQ
Instagram: https://www.instagram.com/sehatq_id/
Twitter: https://twitter.com/sehatq
Facebook: https://www.facebook.com/SehatQIndonesia/?ref=bookmarks

24 komentar:

  1. Nah tuh, biasanya kalau belum ada apa-apa suka lalai dengan kesehatan. Makan apapun dengan pola hidup yang seenaknya sendiri. Ntar kalau udah kena penyakit barud eh cari-cari info tentang kesehatan.

    Di interet banyak banget pembahasan ttg kesehatan, tapi saya juga agak khawatir sih dengan kredibilitas nya. Boleh nih coba buka SehatQ, terimakasih bu :)

    BalasHapus
  2. Ouww, jadi gitu ya Mba, ciri2 serangan jantung
    Noted banget nih, apalagi aku ada keturunan yg pada sakit jantung
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Sekarang ada tempat buat nyari informasi medis yang valid lebih mudah ya

    BalasHapus
  4. Informasinya berguna banget untuk tanda sesorang mengalami serangan jantung, mbak
    Jadi perlu diwaspadai jika mengalami atau anggota keluarga yg memiliki ciri2 demikian yah, Mbak Wati
    Makasih sharingnya, Mbak
    rurohma[dot]com

    BalasHapus
  5. Duh...jadi ingat almarhum Bapak dan Paklik. Bapak sempat beberapa kali "terselamatkan" langsung dibawa RS. Berkali-kali serangan, beliau bertahan. Paklik, berpulang pada serangan pertama, yg memang disalahsangkakan sebagai masuk angin. Itu makanya aku kadang cerewet jika ada orang dekat yang mengeluh masuk angin. Kudu dikejar, gejala detilnya kayak apa. Memang penting kita tahu hal-hal ttg kesehatan. Skrg jauh lebih mudah dengan mengakses web terpercaya ya Mbak. Karena memang pada akhirnya, yg paling bertanggung jawab terhadap kesehatan diri dan keluarga ya kita sendiri.

    BalasHapus
  6. Makasih mbak Wati sudah sharing tanda-tanda serangan jantung. Kita harus waspada ya megenali semua gejala. Ngeri banget kalo sampai kena serangan jantung hiks. Informasi2 seputar kesehatan sangat berguna sekali. Mau kepoin juga apps SehatQ.

    BalasHapus
  7. Duh bener banget kak.. kadang kita gak tahu harus gemana ngadepin orang yg ngalami gangguan kesehatan mendadak.. apalagi jantung..Perlu banget nih ceki2 di sehatq

    BalasHapus
  8. Wah ini tanda-tandanya banyak yang kesannya biasa aja ya, Mbak. Jadi memang suka diabaikan. Padahal bisa jadi itu tanda-tanda sakit jantung. Saya jadi semakin perhatian kalau begini. Terima kasih infonya, Mbak

    BalasHapus
  9. Mencari informasi kesehatan yang benar-benar terpercaya tuh sudah semakin gampang semenjak ada SehatQ ya mbak. Ini baru bisa via web saja ya? Semoga kedepannya ada aplikasinya ya.

    BalasHapus
  10. informasi kesehatan seperti ini penting banget nih mba, supaya bisa mengenali tanda-tanda serangan jantung dan paham harus gimana mengatasinya

    BalasHapus
  11. Kalau denger kata penyakit jantung mengerikan ya mbak, suaminya temenku lagi nyetir kena serangan jantung untung masih bisa menepi, sementara itu istrinay gak bisa nyetir jadi harus menunggu petugas jalan tol untuk dibawa ke rumah sakit. Sayangnya gak tertolong :( sedih banget.
    Sekarang akalau aa apa-apa aku lgs cari info di web kesehatan juga buat jaga-jaga dan cari tau tanda dari suatu penyakit ya supaya bisa diatasi dengan cepat

    BalasHapus
  12. Masya Allah, deg-degan bacanya mbak, terima kasih infonya jadi lebih waspada..

    BalasHapus
  13. Wah untung ada sehatQ ya jadi sebelumnya sudah lebih aware. Aku juga mau kepoin Web nya ah. Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  14. Aku juga pernah baca dan dapat pencerahan dari petugas kesehatan, pertolongan pertama pada pasien serangan jantung sangat krusial!

    Setuju, mba, penting banget membekali diri dengan pengetahuan dasar begini ya.
    Apalagi sekarang ada banyak tersedia informasi valid, misalnya di SehatQ

    BalasHapus
  15. Terkadang aku juga merasakan rasa nyeri yang kayak kena jarum gitu mba di dada dan punggung belakang, sebentaaarr aja ga sampe semenit, tapi sungguh menakutkan. Emang kudu segera dikonsultasikan ya mba kalau ada tanda2 kayak gitu.

    BalasHapus
  16. Memang lengkap banget informasi di SehatQ.com. Apa aja ada,mana valid pula. Jadi seneng aku baca-baca di sana.

    BalasHapus
  17. sehatq ini mmebnatu banget ya mba, aku liat ada info rumah sakit dan fasilitas lainnya. jadi tinggal klik aja, apalagi kalo lagi bingung. membantu sekali

    BalasHapus
  18. Kaki bengkak ama tubuh nyeri kadang aku ngalaminnyaa... Ya allah semoga kita semua sehat selalu ya

    BalasHapus
  19. Artikelnya bermanfaat banget nih mbak Wati. Sekarang kan penyakit jantung ga liat usia lagi. Semua orang punya kemungkinan untuk kena

    BalasHapus
  20. Iya kmrn aku buka2 website nya sehatQ banyak banget informasi yg bermanfaat dah gitu bisa chat langsung lagi dengan dokter.. selain itu bisa Tau informaso tentang obat yg yg tepat

    BalasHapus
  21. Sewaktu saya diliputi rasa khawatir yang berlebihan, saya memikirkan kondisi jantung tiba-tiba takut aja gitu Mbak jantungnya kenapa-kenapa. Alhamdulillah setelah baca-baca artikel termasuk si sehatQ saya jadi tidak khawatir lagi.

    BalasHapus
  22. Tanda-tandanya mirip banget dengan masuk angin ya mbak, Sayangnya kadang orang gak percaya kalau itu tanda-tanda penyakit jantung. Asal udah kerokan dan sembuh ya udah enggak waspada lagi, huhuhuh. Btw, makasih tipnya ya mba, ada sehatQ juga lebih cepat nih cari info kesehatan
    ---bundadzakiyyah[dot]com---

    BalasHapus
  23. Bener mbk sy juga cari info di web yang dipertanggungjawabkan

    BalasHapus
  24. Iya mba.. kemarin terdampar di sehatku dan bener informasinya banyak dan lengkap ya. Jadi banyak nambah ilmu dengan bika situs ini

    BalasHapus