11 Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 29 Agustus 2019

11 Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis

11 Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis 


Assalamualaikum Sahabat. Ketika memutuskan resign empat tahun yang lalu, saya sebenarnya ingin memulai bisnis. Cuma waktu itu saya nggak yakin ingin bisnis apa, terutama karena belum riset lebih jauh, usaha apa yang bakal sukses. Meski saya yakin sedari awal bahwa bisnis yang sedang naik daun adalah yang berhubungan dengan dunia digital.

Lantas apa aja langkah yang perlu saya lakukan untuk memulai bisnis? Siapkan modal? Atau tempat usaha juga harus ada? Gimana dengan merencanakan jenis bisnis yang ingin saya lakukan?

Semua itu sebenarnya bisa dipikirkan nomer sekian, saaay. Yang pertama dan menjadi masalah urgen adalah nama untuk bisnis saya. Iya nama yang nantinya menjadi branding usaha saya, apa dong?


Nama Domain Untuk Bisnis, Cari Yang Tepat Agar Omzet Meningkat

Sebenarnya memilih nama untuk bisnis aja udah bingung ya. Apalagi kalo nama ini nantinya dijadikan nama domain untuk bisnis. Makin bingung lah kalian memilihnya.

Seperti yang saya tuliskan di atas, bahwa bisnis yang saat ini sedang naik daun adalah yang ada hubungannya dengan dunia digital. Seperti jualan di toko online, yang telah dipilih juga oleh adik ipar saya. Bahkan usahanya ini sudah memiliki omzet ratusan juta tiap bulannya. Siapa coba yang nggak tergiur menyaksikan kesuksesan adik ipar saya ini?!

Nah, apa aja yang sudah dilakukan adik ipar saya? Salah satunya adalah pemilihan nama bisnis yang tepat dan sesuai dengan jenis usahanya. Memang nantinya usahanya berkembang pesat, dan dia sudah mengantisipasinya dengan pemilihan nama bisnisnya. 

Terutama bagi kalian yang akan memulai usaha online, tentukan langkah pertama ini dengan memilih nama domain untuk bisnis. 

Dari pengalaman adik ipar, saya udah merangkum dalam 11 tips memilih nama domain untuk bisnis yang bakal bikin kalian tersenyum senang. Karena bisnis berjalan dengan lancar.

Sebelum saya tulis lebih lanjut, saya akan menjelaskan arti domain. Terutama kalo kalian baru bersentuhan dengan bisnis online. Karena seperti ada beberapa teman saya yang bingung saat memulai langkah awal membangun bisnis online nya. 

"Bentar Wat, buat apa bikin nama domain? Hmm, sebetulnya saya nggak paham domain itu apa sih?"

Mendapat pertanyaan seperti ini tentunya bikin saya tersenyum. Yah maklum kan kalo orang awam seperti teman saya ngertinya ya cukup deh bikin nama bisnis. Apa mereka paham, kalo pengen mempromosikan bisnisnya kudu bikin website. Dan tentunya kalo bikin website juga harus aware dengan pemilihan nama domain yang tepat.

Tugas saya nih buat menjelaskan arti domain pada teman saya yang sedang merintis bisnis online.


"Domain itu adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat atau IP addres server komputer, misalnya seperti website atau email server di internet. Seperti nama blog aku, udah tahu kan namanya apa?" saya balik bertanya.

"Oh iya, website kamu pakai nama sendiri ya, kalo punyaku gimana?" Rina makin tertarik dengan langkah awal memulai bisnisnya ini.

"Lebih baik pakai nama yang tepat untuk bisnis kamu, Rin. Nama yang nantinya menjadi rujukan orang-orang atau calon klien bisnismu. Jangan pakai nama sendiri, karena website bisnis beda dengan personal. Jadi kamu harus menunjukkan usahamu ini dari pemilihan nama domain yang tepat,"

Rina kembali menanyakan tentang gimana cara mendapatkan nama domain. Tentu saja saya menyarankan agar dia beli domain di tempat yang kompeten. Saya ajak dia untuk mengenal cara memilih nama domain terlebih dulu untuk bisnisnya.


Saya pun mulai menuliskan 11 tips bagi Rina, agar dia memilih nama domain untuk bisnis dengan beberapa pertimbangan. Yaitu :

1. Pilih Nama Domain Yang Sesuai Dengan Nama atau Jenis Usaha

Langkah awal adalah memilih nama domain untuk website dengan menggunakan nama usaha ataupun jenis usaha. Maksudnya agar branding bisnis kalian akan terus melekat dan gampang diingat oleh pengunjung website kalian. Misalkan, bisnis kalian adalah jasa konstruksi, bisa pilih nama domain www.jasakonstruksimurah.com.

2. Pilih Nama Domain Sesuai dengan Konten di Website

Selain jenis usaha, juga dapat menggunakan nama domain yang sesuai dengan topik dari  isi atau konten di website An da yang membuat pengunjung mengetahui secara garis besar tentang website Anda.  

3. Hindari Penggunaan Numerik dan atau Tanda Baca

Nah, saya pernah belajar SEO dan salah satu ilmu yang dibagikan adalah tentang penggunaan nama domain. Jadi, kalo bisa hindari kata atau karakter yang rumit dalam penamaan domain yang akan menyulitkan pengunjung mencari website Anda. Tentunya kalian nggak mau dong, trafik website turun karena pengunjung kesulitan mencari. Karena penggunaan nama domain dengan numerik atau tanda baca memang tidak umum.

4. Gunakan Nama Yang Pendek

Salah satu catatan yang selalu saya ingat adalah jangan gunakan nama yang panjang. Usahakan jangan melebihi 20 karakter. Meski nama domain mereprentasikan perusahaan, namun akan mengganggu jika terlalu banyak karakter.

5. Gunakan kata yang mudah diingat

Penggunaan kata yang mudah diingat, akan mempermudah pengunjung website untuk mencari dengan cara mengetik namai website bisnis. Hal itu akan meningkatkan Direct traffic website dalam jangka lama.

6. Gunakan kata yang sering dicari

Seperti juga saat kalian ingin mengisi artikel di website, riset keyword adalah langkah pertama. Ada saran untuk menggunakan kata-kata yang sering dicari oleh pengguna internet. Gunakan Google Keyword Tools untuk melihat kata kunci yang banyak dicari orang di mesin pencari (search engine). 

Meski ada yang bilang kalo penggunaan kata kunci ini sudah tidak lagi berpengaruh besar terhadap ranking di mesin pencari Google. Namun sebagian besar masih banyak yang menggunakan keyword untuk nama domain. 

7. Gunakan ekstensi nama domain Internasional

Sahabat udah tahu kan kalo ada beragam ekstensi domain yang tersedia, khususnya di Indonesia. Seperti .co, .id dan .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk institusi pendidikan. 

Namun ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling mudah diingat karena bersifat global. Itu lah sebabnya nama domain dengan akhiran .com masih menjadi pilihan terbanyak. Jika .com sudah tidak tersedia, kalian bisa memilih .net yang merupakan ekstensi domain paling populer kedua setelah .com. 

8. Pastikan belum digunakan oleh pihak lain

Nah, ini hal yang tak kalah penting. Kalian harus memastikan bahwa kata-kata dari domain yang akan dipilih belum digunakan oleh perusahaan lain. Cara mudah untuk menentukan adalah buat daftar nama domain bisnis. Ada banyak alat yang bisa digunakan untuk mengecek ketersediaan nama domain. 


Saya pun membantu teman saya untuk mencarikan nama domain untuk bisnis online yang dikelolanya. Cukup mudah karena saya tinggal menuliskan nama domain sesuai keinginan teman saya di www.qwords.com aja.

9. Bijak memilih nama domain

Yang paling penting diingat, jangan menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau berbau pornografi. Karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs website dan tentunya juga image dari perusahaan kalian. 

Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci. Nah, bila domain kalian mengandung kata-kata yang berbau  SARA, hal ini dapat mengakibatkan situs diblacklist oleh search engine. Tentunya akan berdampak pada jumlah pengunjung atau trafik situs website kalian.

10. Tanya Pada Orang Yang Ahli

Kalian udah sibuk ngurusi usaha, sehingga nggak ada waktu mencari nama domain? 

Gampang kok karena bila kalian tidak memiliki waktu atau kesulitan dalam menerapkan hal-hal diatas, tidak ada salahnya mempercayakan pemilihan domain ke beberapa perusahaan konsultan teknologi. Saat ini ada beberapa perusahaan konsultan yang bisa membantu pencarian nama domain untuk website bisnis.

11. Daftarkan Domain di perusahaan web hosting

Bila kalian sudah menemukan nama yang cocok dan tersedia, segera daftarkan domain di QWords. Ada banyak domain murah yang bisa sahabat dapatkan untuk website bisnis.

Nah, mudah banget kan untuk memilih nama domain bisnis kalian? Seperti yang udah saya tuliskan di atas, kalo nggak ada waktu atau misalkan kalian kesulitan menentukan nama domain untuk bisnis, serahkan saja pada perusahaan yang mengurusi hal tersebut.

Sudah memutuskan membeli nama domain, tinggal eksekusi aja dengan mendaftarkan website di tempat yang menyediakan domain murah di Indonesia. Kalian cukup mengurus bisnis seperti biasanya. Mudah banget kan? Wassalamualaikum Sahabat.

Dokumentasi :
- Pexels
- QWords

27 komentar:

  1. Setuju banget sama artikel ini, nama domain bisa jadi bagian dari branding diri juga ya. Kalau udah nemu nama yang cocok,mending buruan dibeli sebelum di taken sama orang lain. Btw aku juga beli domain di Qwords lho

    BalasHapus
  2. Memilih nama domain memang gampang-gampang susah ya, Mbak Wati. Terlebih untuk orang yang masih awam. Duh, beneran deh bingung, domain itu apa? Menggunakan nama domain yang sering dicari atau menjadi keyword itu memang menguntungkan. Ketika dicari langsung deh menuju ke alamatnya.

    BalasHapus
  3. Memilih nama domain, apalagi untuk bisnis menurutku memang lebih memusingkan karena ingin menonjolkan nama brand tapi juga menerangkan bidang usaha yang ditawarkan

    BalasHapus
  4. Tipsnya sungguh MANTUULLL
    Aku berharap suatu hari nanti bisa bikin usaha, dan selalu teringat tips ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Oh iya, setuju sama pilih nama domain yang mudah di ingat.

    Karena kadang suka males kalau harus ngetik nama domain yang belibet.

    BalasHapus
  6. Memilih nama domain untuk bisnis emang gampil2 susye yee...
    Harus yg bener2 sesyai dengan bisnis yg kita jalankan dan mudah diingat Orang.

    BalasHapus
  7. Membuat nama domain itu memang jangan sampai sudah dibuat oleh orang lain nih ya Mbak

    BalasHapus
  8. Bener banget nih Mbak, kalau bisa memang harus sesuai dengan nama usahanya nih ya

    BalasHapus
  9. Wah bermanfaat banget nih Mbak tipsnya. Terima kasih atas informasinya ini

    BalasHapus
  10. Dulu pas bikin nama domain, sempat galau juga. Endingnya, saya pilih pakai nama pena saya sendiri, at least mudah diingat bagi saya dan unik (menurut saya). Hehehe

    BalasHapus
  11. Sepakat sama semua tipsnya. Yang paling penting menurutku, harus segera eksekusi kalau sudah nemu nama yang cocok, jangan di tunda-tunda.
    *Pengalaman nemu nama yang cocok dan pas, tapi ternyata sudah ada yang pakai

    BalasHapus
  12. Yang unik, pendek, catchy, dan branding merk produk tersebut paling cocok. Gampang diingat pula ya.

    BalasHapus
  13. Domain yang unik memang akan sangat membantu mereka yang berbisnis ya

    BalasHapus
  14. Domain kalau untuk bisnis memang sebaiknya ga asal ya mbak Wati. Soalnya kan pengaruh ke branding produk yang dijual ya.

    BalasHapus
  15. Untuk yang nomor terakhir tuh emang kudu jeli ya mba pilih perush web hosting. Banyak yg menawarkan murah tapi blog ada yg kena hack dan virus. Duuh bisa nangis kalau kejadian di saya.

    BalasHapus
  16. terima kasih sharing tipsnya mbak, kebetulan temanku sedang usaha produk dan kepengen bikin website karena selama ini lebih sering jualan secara online.

    BalasHapus
  17. Aku pernahpbaca jika dernah juga menentukan peringkat blog dimesin pencari apakah benar ya begitu

    BalasHapus
  18. Bukan hanya untuk usaha sebenarnya. Untuk personal juga berlaku nih, salah satunya soal angka, masih ada beberapa yang menggunakan angka pada nama domainnya, penting banget yang baru-baru buat tau ini

    BalasHapus
  19. Nah, siapapun yang mau memulai bisnis online mesti membaca tulisan ini, nih. Penting banget menonjolkan brand kita melalui website. Buat bisnis kita mudah ditemukan. Gitu ya, kurang lebihnya. Mesti kreatif juga sih mencari tahu apa yang disukai pasar termasuk jangkauan wilayahnya. Info bermanfaat banget ini, Mbak.

    BalasHapus
  20. Iya, sih. Pilih nama domain itu mirip dengan pilih nama merek produk, ya. Harus teliti biar bisa mendukung penjualan

    BalasHapus
  21. Wah...kebe kebet banget nih saya lagi nyari nama domain buat usaha online. Mau jual makanan sama baju muslim sih. Makasih ya mba ok infonya pas banget.

    BalasHapus
  22. Kalau kata Shakespeare apalah arti sebuah nama, ya tetap berati ya hahahaha apalagi kalau nama yang kita pilih makin menajamkan branding kita. Saya tetap Gita Siwi aja kak hahaha

    BalasHapus
  23. Sudah lengkap banget ini tipsnya Mbak Wati. Saya kalo ada yang tanya, bisa balik ke sini atau ngasih link Mbak Wati saja kepada yang bertanya :)

    BalasHapus
  24. Pemilihan nama domain yang tepat memang mempengaruhi kemajuan bisnis. Kalo pilih yang mudah diingat konsumen pun jadi enak menghafalnya

    BalasHapus
  25. Baca ini jadi ingat tagihan domain yang jatuh tempo bulan ini di Qwords. Hohoho... Aku pake Qwords udah 3 tahunan lho

    BalasHapus
  26. thx mba, aku juga lagi mikirin nama domain buat usaha temen aku.. asiiikk

    BalasHapus
  27. memang memilih nama untuk rumah maya ini susah-susah gampang yaa...
    Sekalinya berjodoh dengan nama yang baik, maka semuanya bakalan lancar, termasuk rejeki.

    BalasHapus