Tetap Merasa Aman Saat Hamil dengan Memiliki Asuransi - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 19 Agustus 2019

Tetap Merasa Aman Saat Hamil dengan Memiliki Asuransi

Tetap Merasa Aman Saat Hamil dengan Memiliki Asuransi

  


Assalamualaikum Sahabat. Siapa yang tidak merasa bahagia ketika kita sedang hamil? Tentu akan datang banyak ucapan syukur dan selamat dari suami, keluarga, teman, sahabat, bahkan dari rekan kerja. Sebagai ibu, kita tentu mendapat kepercayaan untuk menjaga seorang anak agar kita bimbing menjadi manusia yang sehat jasmani dan baik rohaninya.

Saat memutuskan menjadi orang tua, tentu ada banyak sekali pertimbangan yang harus kita pikirkan. Faktor kesehatan misalnya, di mana kita harus tetap menjaga diri agar si bayi tetap sehat juga. 

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan kehamilan. Mulai dari makan makanan bergizi, olahraga yang tepat, serta mengatur pola hidup (istirahat yang cukup).

Rutin mengunjungi dokter untuk berkonsultasi juga bisa menjadi pilihan yang tepat kala masa kehamilan. Kita dan bayi akan dimonitor secara rutin, sehingga jika ada masalah kecil bisa terdeteksi sejak dini. Kesehatan ibu dan bayi sama pentingnya untuk dijaga. 

Proses Kelahiran Si Sulung Butuh Waktu 25 Jam


Menuliskan tentang kehamilan, saya jadi teringat saat si sulung masih di dalam rahim. Proses kehamilan si sulung saya jalani dengan lancar. Alhamdulillah tidak ada kendala selama kehamilan. 

Sayangnya saat itu saya hanya sekali melakukan pemeriksaan USG saat kehamilan masih 5 bulan. Setelah usia lima bulan hingga akan melahirkan, saya tidak lagi memeriksakan kondisi bayi dengan alat USG. Jadi ketika proses kelahiran baru diketahui dari pemeriksaan USG, bahwa bayi terlilit tali pusarnya sendiri.

Hal ini yang bikin proses kelahiran berlangsung cukup lama, hingga mencapai 25 jam. Saya udah lemah karena proses kelahiran cukup lama, harus dibantu dengan oksigen, dan diputuskan untuk cesar. Takutnya ntar bayinya tidak mendapat pasokan oksigen karena tali pusat yang melilit tubuhnya.

Namun saya menolak kelahiran cesar dengan alasan, proses pembukaan jalan rahin udah komplit. Masa iya bagian bawah udah kesakitan, eh ditambah bagian perut bakal sakit juga nantinya?! Bahkan rambut si sulung pun udah terlihat di jalan lahir. Akhirnya suami harus menandatangani surat yang isinya adalah, bila terjadi sesuatu hal dengan diri saya dan bayi kami, itu tanggung jawab kami.

Duhhh, sempat tegang juga perasaan ibu mertua yang ikut mendampingi saya di ruang bersalin. Tapi saya memang tegas meminta enggak mau cesar.  Bukan karena masalah keuangan, karena suami juga udah mempersiapkan biaya persalinan baby sejak lama di rekening tabungan. 

si sulung usia 10 bulan dengan babe
Alhamdulillah, dengan bantuan vakum, si sulung lahir dengan tangisan kencang. Bersyukur dari pengalaman si sulung, saya menjadi aware saat kehamilan anak kedua. Tiap tiga bulan sekali janin di dalam rahim dipantau dengan pemeriksaan USG. Terutama saat mendekati hari kelahiran. Maksudnya agar posisi bayi dan kendala yang mungkin muncul bisa diawasi dengan lebih awal. Nggak ada lagi drama udah bukaan 10, eh baru diputuskan operasi cesar.

Jadi, tanyakan pada dokter hal-hal apa saja yang diperbolehkan dan yang dilarang. Agar perkembangan janin bisa diawasi dengan baik. Siapa sih yang tidak mau punya bayi yang sehat dan pintar?

Namun, kita juga harus tahu bahwa ada risiko kesehatan pada saat kehamilan. Belum lagi seperti yang kita tahu proses dari kehamilan hingga melahirkan memiliki konsekuensi biaya yang tidak murah tentunya. 

Terlebih jika ada gangguan kesehatan, biaya yang dibutuhkan akan semakin besar. Padahal, kita sudah memiliki perencanaan keuangan yang dilakukan secara matang. Walau ada dana darurat, kita tidak tahu seberapa besar dana yang dibutuhkan suatu saat nanti.


Hal ini tentu saja memperberat biaya yang dibutuhkan jika ada risiko yang mengancam. Untuk lahir secara normal saja biayanya bisa hingga puluhan juga, bagaimana jika ada gangguan kesehatan? Belum lagi kita harus memikirkan biaya perawatan anak, pendidikannya di masa depan, dan banyak lagi lainnya. Masalah keuangan seperti ini tentu membuat kita menjadi pusing tujuh keliling.

Pentingnya Memiliki Asuransi Saat Hamil

Persiapan persalinan tentu membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang cukup berat. Idealnya rencana kelahiran harus selaras dengan rencana keuangan, sehingga tidak ada beban finansial yang terlalu berat nantinya. 

Namun namanya musibah siapa yang tahu. Bisa saja ada faktor risiko kesehatan yang muncul pada saat hamil, proses persalinan, atau sesudah bayi lahir. Risiko tersebut tentu bisa mengancam jiwa sang ibu dan anak. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindari hal-hal semacam itu. Salah satunya adalah dengan melakukan proteksi diri.

Melakukan proteksi diri, bahkan sebelum menikah sangat penting untuk dilakukan. Melihat faktor risiko kesehatan yang tinggi saat kehamilan, tentu perencanaan yang baik bisa menghindarkan kita dari masalah kesehatan bahkan keuangan. 

Salah satunya adalah dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa melakukan proteksi pada keuangan kita saat ini dan di masa depan. Dengan adanya asuransi kesehatan membuat kita menjadi tenang, nyaman, dan aman pada masa kehamilan dan proses persalinan nantinya.


Setelah masa kehamilan selesai, siapa yang tahu bahwa kita masih tetap produktif jika sebelumnya memiliki pekerjaan? Siapa yang tahu risiko kesehatan akan muncul lebih banyak lagi? 

Bahkan setelah memiliki anak risiko terkena gangguan kesehatan akan semakin tinggi. Ancaman tersebut tentu menjadi alasan yang kuat mengapa kita harus memiliki asuransi. Melindungi diri, anak, dan keluarga adalah hal yang sangat penting. Kita tidak bisa membiarkan mereka dalam masa depan yang tidak jelas.

Kita juga tidak boleh merasa cukup dengan jumlah uang dan investasi yang kita miliki saat ini. Siapa yang tahu karena gangguan kesehatan yang kita alami saat hamil akan menghabiskan banyak uang untuk pengobatan. Asuransi bisa melindungi kita dari masalah finansial seperti itu. Tidak perlu lagi khawatir bagaimana masa depan buah hati dan diri kita sendiri setelah melahirkan. 

Memiliki asuransi sedini mungkin bisa melindungi kita dari berbagai macam kemungkinan terburuk. Dengan demikian biaya lain bisa dipergunakan untuk pendidikan anak di masa depan. Bagaimana menurut sahabat? Wassalamualaikum.

27 komentar:

  1. Wah bener banget nih Mbak dengan memiliki asuransi itu bisa lebih memudahkan ya

    BalasHapus
  2. Mempunyai asuransi itu memang sangat penting nih ya apalagi buat ibu hamil

    BalasHapus
  3. Sekarang nggak khawatir lagi nih ya Mbak kalau sedang hamil, soalnya sudah ada asuransi hihi

    BalasHapus
  4. Sampai 25 jam mba?? Wow..sungguh menguras energi ya mba..Alhamdulillah sudah terlewati dan bisa memberi pelajaran penting buat Bumil lainnya. TFS mba...

    BalasHapus
  5. Biasanya untuk asuransi melahirkan, wajib mendaftar di saat keadaan masih belum hamil. Tapi kalau asuransi kesehatan, boleh mendaftar kapanpun karena ini sangat penting untuk melindungi diri.

    BalasHapus
  6. anak pertama nggak pakai asuransi, hehehe, tpai jadi mikir lagi deh, semoga hamil lagi ya bisa bikin asuransi di anak kedua juga aamiin

    BalasHapus
  7. Iyaaa asuransi penting apalagi kalau tiba-tiba harusa ada tindakan darurat..sangat membantu

    BalasHapus
  8. 25 jam, Bu? Waaaaaa.. Ada teman juga yang pernah cerita, dia sampe beberapa hari.
    Waah! Jadi dapet info penting nih apalagi sekarang lagi program hamil.

    BalasHapus
  9. Waaahh...prosesnya sampe 25 jam mba? Walaahhh... kayak apa tuh sakitnya.
    Alhamdulillah bisa lahir normal juga ya, ga kebayang udah nahan sakit sekian lama masih kudu sakit kena cesar juga.

    BalasHapus
  10. Bukkk, aku miris banget, Ya Allah, sampai ada kejadian terlilit tari pusarnya sendiri. Kalau sekarang, USG 4 dimensi ada di mana-mana, ya. Insyaallah, semua lebih terencana dengan baik. Apalagi kalau ada asuransi, rasa cemas ibu yang mau melahirkan sedikit berkurang.

    BalasHapus
  11. Ya Allah... Aku bayangin 25 jam nahan kontraksi... Kuat sekali Mba Wati. Alhamdulillah ya Mba akhirnya bisa melahirkan normal dan sehat ��

    BalasHapus
  12. Setuju banget mbak dengan adanya proteksi sejak awal bak sedia payung sebelum hujan setidaknya akan memberikan rasa secure deh

    BalasHapus
  13. Ngga kebayang kalau tidak menyiapkan dana buat lahiran sesar dan ternyata ada komplikasi kudu sesar, mendadak cari duit kemana-mana huhu

    BalasHapus
  14. Kudu bijak banget dgn memilih asuransi yg cocok dan pas untuk kita dan keluarga ya Mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  15. Bener mba, persiapan lebih baik daripada saat diperlukan malah riweh.

    BalasHapus
  16. Persiapan dari sekarang... Biar nanti pas kejadian gak kalap dengan biaya

    BalasHapus
  17. Sepakat, asuransi itu buat mengantisipasi. Buat jaga2.
    Btw, ini asuransi swasta ya? :)

    BalasHapus
  18. Kesehatan memang paling penting, sehingga asuransi sangat dibutuhkan. Karena dengan adanya asuransi ketika ada apa-apa dg kesehatan kita dan membutuhkan penanganan serius, kita tetap bisa tenang. Karena sudah ada cadangan biayanya..

    BalasHapus
  19. Berencana buat asuransi juga nanti pas ada suami, bisa saling support dan pas hari kelahiran enggak perlu repot

    BalasHapus
  20. memang penting banget ya kita mempersiapkan banyak hal termasuk biaya persalinan atau asuransi saat sedang hamil. nggak cuma buat persalinan sih sebenarnya buat periksa kandungan juga sekarang biayanya lumayan mahal. heu

    BalasHapus
  21. Punya asuransi emang penting banget dalam segala situasi.. apalagi hamil..Biar tenang gt ya nyiapin lahirannya

    BalasHapus
  22. Setuju, penting banget seorang ibu memiliki asuransi karena sering harus berhadapan dengan kematian

    BalasHapus
  23. Asuransi Kesehatan sangat penting dan direkomendasikan untuk dimiliki jaman sekarang mengingat biaya tindakan dan pengobatan yang mahal bisa sangat membantu disaat darurat

    BalasHapus
  24. Betul
    Hamil tuh rasanya nano nano
    Apalagi jika tak ada simpanan berupa asuransi
    Huhuhu bisa mati gaya

    BalasHapus
  25. Setidaknya artikel ini dapat menjadi pengingat untuk mempersiapkan segala hal.

    BalasHapus
  26. Gak kebayang harus berjuang selama 25 jam mba, liat istri pas lahiran anak pertama yang sempet 6 jam nunggu aja bikin aku was was

    BalasHapus
  27. Kalau ngomongin asuransi sama orang Indonesia emang masih rendah banget pemahaman mereka, malah ad ayang mengartikan sebagai sedekah sama orang kecil. Yaa kurang tepat juga buat aku, si.

    Melahirkan salah satu siklus hidup yang nggak bisa diprediksi memang. Ada yang lancar, ada yang harus mules3 lama dan berujung di meja operasi, ad ajuga yang lewat ya mbak. Semoga sehat terus mbakkuuuu dan keluarga.

    BalasHapus