Future Leader Camp dari Dompet Dhuafa Menyiapkan Pemimpin Milenial Bangsa - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 30 Maret 2019

Future Leader Camp dari Dompet Dhuafa Menyiapkan Pemimpin Milenial Bangsa


Dompet Dhuafa

Future Leader Camp dari Dompet Dhuafa Menyiapkan Pemimpin Milenial Bangsa. Dan bukan sembarang pemimpin, karena diharapkan kelak mampu menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Iya, kelak di tangan para milenial ini kunci kemajuan bangsa dan negara digantungkan.

Bertempat di Merapi Room, lt 2 Hotel Grasia, Dompet Dhuafa menginformasikan bahwa Semarang menjadi tempat 75 mahasiswa terpilih dari 22 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Di antaranya mahasiswa dari UI, UNJ, IPB, UNPAD, UPI, ITB, UGM, UNY, UPN Veteran Yogya, UNS, UNSRI, UNTAN, UNAIR, ITS, UNESA, UPN Veteran Jawa Timur, UNNES, UNDIP, UB, UM, UNAND, dan UNP.

Saya dan beberapa teman blogger Gandjel Rel turut andil untuk menginformasikan event keren dari Dompet Dhuafa ini. Ada juga teman dari media online yang hadir dalam press conference ini.

Dompet Dhuafa
Foto bareng sebelum acara 

Tentang Future Leader Camp 2019, oleh Budiarto, Manager Bakti Nusa

75 mahasiswa ini adalah aktivis terpilih yang akan mengikuti Future Leader Camp bersama Dompet Dhuafa. Mereka tersaring dari ribuan peserta yang mendaftar proses seleksi. Mulai dari pendaftaran online, proses verifikasi, hingga diuji dengan rangkaian tes lainnya.

 
Future Leader Camp Dompet Dhuafa
Budiyanto, Manajer Bakti Nusa
Dompet Dhuafa
Mereka yang terpilih akan mengikuti serangkaian kegiatan FLC selama 4 hari, yaitu dari tanggal 28 - 31 Maret 2019. Aktivis mahasiswa yang terpilih ini akan digembleng seharian dengan materi kepemimpian, pengetahuan yang menambah wawasan kebangsaan, serta peduli dengan lingkungan sekitar.

Bahkan kegiatannya udah dimuali dari pagi hinga selesai pukul 23.00 wib. Dan esoknya jam 03.00 sudah harus bangun lagi untuk memulai kegiatan berikutnya.

Puncak acaranya hari ini dengan mendatangkan narasumber yang bertajuk Inspiring Leader’s. Tokoh-tokoh nasional hadir seperti Indra Sjafri (Pelatih Sepak Bola Tim Nasional Indonesia U-22 & U-23). Ada juga Mursida Rambe yang dikenal sebagai Tokoh Perubahan Republika 2016). Hadir juga Bapak Djohari Zein, Komisari JNE yang aktif di bidang kemanusiaan. Arief Budiman (Direktur PT Danareksa persero), Bima Laga (Assoiate Vice Presiden Bukalapak).

Dan nanti malam puncaknya akan ada gala dinner bersama Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo serta Walikota Semarang Bapak Hendrar Prihadi.

Minggu tanggal 31 Maret, mereka akan mengikuti kegiatan ke gunung Ungaran. Kegiatannya adalah dimulai dengan penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan hidup. Kemdian treking ke gunung dan nantinya turun akan memungut sampah.


Apa Maksud diadakan Future Leader Camp?

Kalian pasti udah tahu dong, memasuki revolusi industri 4.0 saat ini, banyak sekali dampak dari perkembangan teknologi dan informasi begitu melesat cepat.

Dan semua itu berpengaruh pada pola perkembangan kehidupan di dunia khususnya juga Indonesia. Perkembangan ini butuh ikhtiar yang cerdas dan narasi yang brilian dalam menyikapi kehidupan di era digital.

FYI, Indonesia itu memiliki bonus demografi luar biasa. Dan kelak generasi milenial ini lah yang akan menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Kunci kemajuan bangsa dan negara ini terletak dalam peran kaum milenial ini agar Indonesia menjadi lebih berdaya.

Dan dari pertemua FLC ini, Bakti Nusa melakukan kaderisasi kepemimpian di lingkungan kampus. Manfaat yang akan mereka terima tidak boleh berhenti begitu FLC usai. Manfaatnya harus menyebar luas ke sekitar mereka. Masing-masing alumni FLC harus mampu membina aktivis mahasiswa di kampusnya dan kampus swasta yang ada di sekitar mereka.

Seperti yang dituturkan oleh Budiyanto, Manajer BAKTI NUSA Dompet Dhuafa :
“Output dari kegiatan FLC 2019 ini diharapkan mampu menghasilkan 75 Leadership Project dengan penerima manfaat lebih dari 10 ribu orang. Adanya rencana kerja kaderisasi sejumlah 600 pemimpin kampus yang tersebar di 300 kampus. Serta adanya 6 buku yang direncanakan terbit di tahun 2019. Output tersebut lah yang membuat kami semakin yakin bahwa Indonesia berdaya dapat terwujud di masa depan melalui SDM generasi milenial berkualitas yang dipersiapkan melalui FLC ini,”

Beberapa poin dalam Future Leader Camp 2019 :

75 mahasiswa yang terpilih diharapkan bisa menyampaikan pesan ke seluruh dunia, bahwa pemilu ini menjadi momen penting, harus rukun dan damai. Siapa pun yang terpilih nantinya diharapkan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

Aktivis mahasiswa ini juga nanti akan menyampaikan pesan damai dari masyarakat di Semarang. Karena kota ini selama ini terkenal dengan kehangatannya, rukun, dan damai sesama warganya.

Ada 3 Aspek Eksistensi dari kegiatan ini :

Dompet Dhuafa

1. Gagasan-gagasan yang bisa diwujudkan, seperti proyek sosial ataupun ideologis masing-masing peserta. Jadi aktivis ini memiliki pemikiran maju, yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Bahkan bisa saja memperpanjang usia ideologis mereka dibanding usia biologis.

2. Eksistensi produktivitas dalam karya, dengan mengambil penelitian sosial, pendidikan, enterpreuner, dan sebagainya. Semua pilihan itu disesuaikan dengan minat masing-masing peserta FLC.

3. Mereka memiliki kawajiban kaderisasi aktivis mahasiswa di kampus swasta. Aktivis sejati adalah yang bisa mengkader aktivis selanjutnya yang bisa jadi menjadi lebih baik.

Itu lah kenapa mulai tahun 2019 ini, aktivis yang dipilih adalah yang udah masuk semester 7. Di mana semester ini mereka udah selesai dengan mata kuliahnya dan tinggal menyusun skripsi. Tahun sebelumnya proses seleksi masih menerima mahasiswa semester 5 - 7.

Itu lah gambaran 75 aktivis akan mendapatkan karantina selama 4 hari di Hotel Grasia. Mereka nantinya juga akan mendapat penilaian di sosial media oleh warganet.

Gagasan mereka akan diuji secara publik, aktivitas apa yang sudah selama ini mereka kontribusikan pada lingkungan. Apa aja yang kelak bakal mereka berikan pada lingkungannya?

Akan ada voting untuk memilih aktivis terbaik, dan mereka harus mampu menarik warganet untuk memilih dirinya.

Mahawiswa ini nantinya akan ditempatkan di daerah terpencil. Sementara bagi yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, bakal mendapat beasiswa S2. Mereka akan dikirim untuk kursus bahasa Inggris di Pare, Kampung Inggris.

Jadi kuliah S2 di luar negeri bukan untuk trend. Namun sekembaliknya nanti diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

Seluruh rangkaian acara dan pembicara yang dihadirkan dalam FLC 2019 diharapkan mampu memberikan insight kepada para aktivis penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) agar mampu memaksimalkan potensi diri sebagai calon pemimpin masa depan Indonesia.  

Campaign Jangan Takut Berbagi

Dompet Dhuafa

Pada kesempatan yang sama, Mas Satria, Direktur Dompet Dhuafa Jawa Tengah sharing tentang campaign kebaikan untuk sesama. Beliau menuturkan bahwa ada lima kepedulian pada masyarakat. Namun untuk kali ini, fokusnya di bidang pendidikan.

Setiap tahun Dompet Dhuafa mengadakan campaign kebaikan mengajak masyarakat berkontribusi pada negri dan dunia. Selama ini udah banyak yang dibantu di bidang ekonomi, pendidikan, pembangunan rumah, kesehatan, dan pertanian.

Untuk tahun ini temanya adalah Jangan Takut Berbagi. Sekecil apapun yang kita bagi, akan membawa kebaikan bagi yang menerima. Dan yang harus diingat adalah satu pesan penting, bahwa  berbagi itu nggak harus nunggu berlebih.

Terlebih sebentar lagi menyambut bulan suci Ramadhan, kita diharapkan untuk mempersiapkan diri. Biasanya pada bulan suci kedermawanan kita meningkat drastis. Karena momen ini segala pahala yang dilakukan bakal dilipatgandakan.

Maka hari ini Dompet Dhuafa mengajak seluruh yg hadir untuk menggaungkan tema Jangan Takut Berbagi.

Semakin banyak orang yg berbagi, akan semakin banyak warga yang bisa dibantu. Intinya gini, semakin banyak yg terlibat, semakin banyak yg bisa dibantu.

Dompet Dhuafa
Sponsorship dari BNI Syariah
Dompet Dhuafa juga telah memperkenalkan satu kanal, yaitu kalkulatorzakat.com. Kalkulatorzakat.com ini merupakan landing page cara menghitung zakat harta yang dimiliki. Bisa harta tabungan atau deposito, rumah, mobil, dan harta lainnya.


Ini memudahkan orang-orang untuk menyalurkan rejekinya agar bisa membantu sesama. Nah salah satunya bisa untuk mendanai program pendidikan terutama Future Leader Camp ini.

Semoga acara dan campign dari Dompet Dhuafa berjalan lancar dan berkah. Hayuk ikut peduli dengan mengikuti campaign Jangan Takut Berbagi. Mulai dari sedikit sisa duit belanja, atau menyisihkan dari kuota internet per bulan bisa juga membantu sesama. 

Dompet Dhuafa
Usai acara foto bareng teman blogger Gandjel Rel
Kalo bingung bisa buka aja kalkulatorzakat.com dan ada langkahnya gimana menghitung zakat gaji/pendapatan bulanan di sana. Jangan takut berbagi untuk pemberdayaan umat, Sahabat. Wassalamualaikum.

46 komentar:

  1. Wah keren sekali acara ini ya mba.. insya Allah akan muncul pemimpin2 masa depan yg berkualitas dari kegiatan ini..

    BalasHapus
  2. Masha Allah, kerennya acaranya, domoet dhuafa selalu memberikan dampak yang baik kepada siapapun termasuk dengan mendanai program pendidikan Future Leader Camp ini ya.
    Semoga selalu berkah :)

    BalasHapus
  3. wah kegiatan yang bermanfaat

    BalasHapus
  4. Baru tahu tentang Future leader Camp ini.
    Ih keren banget acara yang dimotori Dompet Dhuafa ini ya.
    Memang sudah seharusnya semua pihak memanfaat bonus demografi ini.

    Aku suka banget bagian ini:

    "... perkembangan ini butuh ikhtiar yang cerdas dan narasi yang brilian dalam menyikapi kehidupan di era digital!."

    Yup, sudah saatnya untuk eksekusi ikhtiar yang cerdas dan narasi brilian!

    BalasHapus
  5. Masyaallah dompet dhuafa, semoga adanya acara ini bisa membangun jiwa kepemimpinan untuk para anak muda Indonesia. Dan bisa menanggapi masalah dengan kritis.

    BalasHapus
  6. Acaranya bikin takjub mbak... Dompet Dhuafa selain mengajak kita untuk berbagi juga menyiapkan sejumlah mahasiswa untuk mengikuti future leader yang mampu menjadi inspirator di lingkungan masyarakat. Memang demikianlah seharusnya generasi muda harus mampu tampil kedepan menjadi penggerak dan penyemangat di lingkungannya untuk menyebarkan perdamaian ditengah isu politik yang makin memanas. Dan saya suka dengan tema yang diusung dompet dhuafa, bagaimanapun kondisi kita hendaknya jangan pernah merasa takut untuk berbagi karena berbagi itu tak akan membuat harta kita berkurang, justru sebaliknya.

    BalasHapus
  7. Kegiatan yang bermanfaat untuk menyiapkan pemimpin yang amanah di masa depan. Rindu ikut acara positif seperti ini.

    BalasHapus
  8. Masyaa Allah temanya saya suka banget 'jangan takut berbagi' yahh, semakin banyak yang berbagi semakin banyak yang terbantu, secara tidak langsungpun pihak yang membagikan juga ikut terbantu kan mba...

    BalasHapus
  9. Setuju mbak, sekecil apapun kita berbagi akan bermanfaat buat orang banyak. Apalagi kegiatan ini menjadi sebuah karakter maka akan membantu banyak orang.

    BalasHapus
  10. Acara yang sangat bagus ya,Jangan Takut Berbagi ini bagus sekali. Semoga program dompet dhuafa bisa terus berjalan lancar dan semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya :)

    BalasHapus
  11. Aku suka banget gerakan Jangan Takut Berbagi.
    Bikin kita semua, khususnya umat muslim jadi tergugah untuk berbagi.

    BalasHapus
  12. Swlalu suka sama program-program dompet Dhuafa, mereka selalu mengajak jangan takut berbagi dan menyediakan wadah untuk mereka yang ingin berbagi juga.

    BalasHapus
  13. Bangga banget pasti 75 mahasiswa yang terpilih ikut FLC.
    Sekarang ini revolusi indrustri bener2 berkembang pesat. Jangan sampai kita tertinggal jauh.

    BalasHapus
  14. Kempennya bagus nih. Memang perlu disuarakan terus agar kita jangan takut berbagi karena berbagi itu gak rugi.

    BalasHapus
  15. Acaranya bagus mbak, mengingatkanku pada diklat kepemimpinan zaman SMA dan kuliahan hehe. Meamng yaaa, di masa mendatang kita butuh pemimpin2 yang bagus, apalagi pastinya tahun2 mendatang makin banyak gempuran asing.Keren banget, rasanya pengen bali ke zaman mahasiswa biar ikutan future leader camp ini :D

    BalasHapus
  16. Program-programnya dompet dhuafa selalu keren yaah.. semoga dg acara ini Indonesia bisa punya pemimpin2 masa depan yg semakin berkualitas :)

    BalasHapus
  17. Kereeen! Swmoga makin banyak yang mau berbagi ya mbaa.. jangan pernah lupa kalau makin banyak berbagi justru makin banyak menerima

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya Mba Hiday bisa ikutan acaranya berkah dengan berbagi
    Dulu aku kenal DD jaman di Hongkong heheheh twmen2 tkw banyak yang berbagi via DD

    BalasHapus
  19. Acaranya dompet dhuafa ini memang Keren banget ya. Indonesia memang butuh banget leader2 muda ntuk membangun bangsa di masa depan.. acara2 seperti ini tentunya bakal membentuk karakteristik anak muda menjadi leader tangguh Yang dibutuhkan Indonesia.

    BalasHapus
  20. Semuanya mulai melakukan perubahan ya memaski revolusi industri 4.0 supaya bisa mengikuti perkembangan jaman.
    Mudah-mudahan dari hasil future leader camp ini banyak masyarakat yang menerima pencerahan dari 75 mahasiswa tersebut.
    Baguslah kalau mahasiswa tersebut ditempatkan di daerah terpincil supaya merka bisa memberikan ilmunya kembali sesuai dengan campaignnya Jangan Takut Berbagi

    BalasHapus
  21. Mbak, kegiatan dr dompet dhuafa sudah semakin luas ya. Dulu saya berpikirnya hanya menerina dab menyalurkan sedekah dan zakat, namun sekarang menggerakkan pr mahasiswa dan mengajak untuk berbagi sekecil apapun dan dalam bentuk apapun

    BalasHapus
  22. Masyaallah, beruntung sekali ya para mahasiswa yang terpilih. Bisa belajar banyak hal dari orang2 berjiwa pemimpin.

    BalasHapus
  23. Wah... beruntung sekali ya Mak bisa hadir di acara keren begini.

    BalasHapus
  24. Kuliah S@ di luar negeri itu justru menambah wawasan orang yg pergi, jadi bener kata mba, bukan trend :) Alhamdulillah banget ada yg seperti ini, menyiapkan calon2 pemimpin yg berkompetensi, semoga setelah selesai tidak lupa membangun bangsa Indonesia

    BalasHapus
  25. Acaranya bagus banget ya
    Dompet Dhuafa memang namanya ga asing banget bahkan sekarang sering lihat stiker, info dan dibicarakan orang orang...

    BalasHapus
  26. acara yang sangat bermanfaat nih Future Leader Camp dari Dompet Dhuafa karena bisa mencetak Pemimpin Milenial Bangsa

    BalasHapus
  27. Salut banget sama Dompet Dhuafa yang selalu konsen untuk menebar sebanyak-banyaknya manfaat untuk umat agar semakin berdaya.

    BalasHapus
  28. Wah ketinggalan info.
    kalau ikut tentu nambah ilmu dan pengalaman.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  29. wah acaranya ini keren sekali, mengarahkan dan memberi bekal pada aktivis di kampus untuk lebih berdaya tak hanya dilingkungan kampus saja, namun juga di tengah masyarakat, apalagi kalau beneran diterjunkan di daerah terpencil. Makin mantap programnya

    BalasHapus
  30. Wah bagus banget acaranya. Dari sekian ribu terpilih sekian mahasiswa untuk ikutan pelatihan. Keren banget dompet duafa, perlu ditiru ini kegiatan positifnya

    BalasHapus
  31. Acara nya bagus semoga tidak didomplengi politik ya, karena mahasiswa sebetulnya kritis namun yang sering menjadi tidak lagi kritis justru karena politik sih

    BalasHapus
  32. Acara seperti ini tuh keren banget, mudah2an semakin banyak ya acara kayak gini ke kota - kota lain yah

    BalasHapus
  33. Keren sekali program Future Leader Camp dari Dompet Dhuafa ini yah mbak. Semoga bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa yang terpilih yah.

    BalasHapus
  34. Berbagi malah semakin bertambah ya mbaa.. bagus programnya. Wah itu selesai jam 11 mulai lagi sblm subuh. Pasti harus bener2 orang pilihan yaa yg dpt

    BalasHapus
  35. Keren banget ya program dompet dhuafa ini di Lampung juga ada tapi nggak ngundang blogger deh bisa nambah pengetahuan kalau kita bisa mendapat informasi secara langsung.

    BalasHapus
  36. Kualitas para anak muda yang dipilih ini pasti luar biasa ya. Ada unsur kepemimpinan yang bersemayam dalam dirinya. Juga kecerdasan untuk menuangkan ide menjadi project untuk kemanusiaan yang harus dijalankan setahun ke depan.

    BalasHapus
  37. Keren banget ya bagi yang terpilih. Event dan kegiatan begini sangat membuka wawasan keilmuan sekaligus membuka fikiran tentang perubahan dan kemajuan.

    BalasHapus
  38. Aku selalu suka banget nih sama programnya Dompet Dhuafa, setiap programnya selalu memiliki insigt yang bagus banget untuk selalu diterapkan.

    BalasHapus
  39. Wah, ternyata dompet dhuafa merambah pendidikan juga ya, keren banget... Semoga sukses selalu programnya :)

    BalasHapus
  40. Paling seneng kalo ada kegiatan seperti ini, orang amal bukan sekedar membantu secara finansial tapi juga harus bisa membuat orang tersebut lebih berdaya, makanya ada pelatihan ini bisa membantu untuk mewujudkan itu ya mba

    BalasHapus
  41. Para mahasiswa benar-benar digembleng soal kepemimpinan ya di FLC ini. Tidurnya cuma sebentar, seperti para pemimpin teladan.
    Semoga acara ini nantinya benar-benar memberikan output yang baik, yang sesuai harapan atau bahkan lebih.
    TFS, Mbak :)

    BalasHapus
  42. Keren banget ini acaranya. Indonesia memang butuh pemimpin" muda yang oke agar Indonesia semakin maju

    BalasHapus
  43. Ternyata itu toh karakternya pemimpin milenial. Bagus banget ini, mbak, kriterianya. Coba ditambah dengan keimanan, makin oke ituh

    BalasHapus
  44. Salut sama kempen #JanganTakutBerbagi Dompet Dhuafa insyaAllah momennya jg pas ya mbak, mendekati Ramadhan, menginfokan ke masyarakat supaya banyak2 berbagi/ bersedekah :D

    BalasHapus
  45. Dompet Dhuaf aini selalu mempunyai kegiatan yang positif ya, kempen #jangantakutberbagi moga berjalan lancar. Inspiratif bikin kita yang ragu daam sedekah jadi semakin yakin sedekah itu tidak akan mengurangi harta kita di dunia

    BalasHapus
  46. Luar biasa masyaAllah dompet dhuafa bikin acara kayak gini nambah semangat ilmu dan amal yaaaa . Para narasumbernya keren semua

    BalasHapus