Manfaat Pepaya Dari Buah Hingga Daun - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 14 Maret 2019

Manfaat Pepaya Dari Buah Hingga Daun


Manfaat Pepaya

Assalamualaikum Sahabat. Manfaat Pepaya Dari Buah Hingga Daunnya, sangat banyak. Sebagai orang yang sangat menyukai pepaya, saya menjadikan buah ini sebagai menu sarapan bagi keluarga.

Menurut wikipedia, buah pepaya berasal dari Meksiko bagian Selatan dan bagian Utara dari Amerika Selatan. Kemudian dari biji buah pepaya, menyebar luas di beberapa negara yang memiliki iklim tropis. Tanaman ini gampang tumbuh dengan mendapat sorot matahari yang berlimpah.

Buah Pepaya juga memiliki banyak manfaat, dari daging buahnya hingga daunnya. Bagi sebagian orang, daun pepaya bahkan dijadikan menu masakan sehari-hari. Misalnya tumis daun pepaya, atau sayur pelengkap untuk bahan pecel atau urap. Bahkan daun pepaya yang hanya dikukus bisa pula untuk lalapan pendamping penyetan. Hmmm, membayangkannya saja bikin saya jadi lapar.

Tanaman pepaya dari daun, buah, hingga getahnya memiliki manfaat yang banyak. Berikut ini manfaat dari tanaman pepaya :

Manfaat Pepaya

- Buah pepaya

Enak dinikmati begitu saja saat buah sudah masak sebagai menu pembuka sebelum makan. Sementara buah yang masih setengah masak bisa dijadikan salah satu bahan rujak. 

Pepaya setengah masak juga enak dijadikan bahan koktail buah. Dipadukan dengan beberapa buah masam lainnya, buah pepaya tentu jadi pilihan penambah warna yang menarik dalam sajian koktail.

- Daun Pepaya

Sudah lama orang menggunakan daun pepaya sebagai pengempuk daging. Terutama saat hari raya Qurban, daun pepaya banyak dicari orang untuk membungkus daging qurban. Tentunya agar daging menjadi lebih empuk dan tidak alot saat dibikin sate.

Beberapa orang terutama warga Jawa Barat menyukai daun pepaya ini sebagai lalapan. Sementara orang Jawa Tengah menjadikan daun pepaya sebagai salah satu bahan untuk urap sayuran. Tanpa ada daun yang rasanya khas ini yaitu pahit, urap menjadi tidak sedap.

Daun pepaya juga memiliki khasiat sebagai obat tradisional penambah nafsu makan. 

- Bunga Pepaya

Manfaat Pepaya

Tidak hanya daun pepaya, bunganya pun sering dijadikan salah satu bahan urap. Atau untuk campuran pepes dengan tambahan bahan lainnya sepereti ikan teri.

- Getah Pepaya

Selain daun pepaya yang kerap dijadikan untuk pengempuk daging. Getah pepaya sekarang sudah dimanfaatkan menjadi bahan pengempuk daging. 

Getah pepaya terdapat di batang, daun, dan buah yang mengandung enzim papain. Semacam protease yang berfungsi melunakkan daging. Saat ini papain telah diporduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang yang banyak dicari oleh ibu rumah tangga dan chef restoran.

- Biji Pepaya

Kalo biasanya orang menggunakan biji pepaya untuk memperbanyak tanaman dengan cara menaburkan di atas tanah langsung. Ada beberapa orang yang
menggunakan biji pepaya sebagai obat.

Caranya adalah dengan mengeringkan terlebih dulu biji pepaya, dengan cara dianginkan tanpa kena sinar matahari. Nantinya setelah kering bisa diblender dan diseduh seperti membuat kopi. Saya sendiri belum pernah nyoba, tapi menurut cerita seorang teman rasanya agak sepet. 

Itu lah manfaat dari satu tanaman pepaya yang bisa dijadikan konsumsi atau obat tradisional. 

Beberapa manfaat lain dari Pepaya adalah :

Manfaat Pepaya
Picture by Halodoc

- Vitamin A

Pepaya memiliki manfaat yang banyak karena mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Karena itu lah buah ini sangat bagus dijadikan MPASI untuk bayi. Saya mengenalkan parutan buah pepaya ini ketika anak-anak saya mulai berusia 6 bulan. Di samping daging buahnya lembut dan rasanya yang manis, cocok untuk makan selingan yang bermanfaat untuk bayi.

- Kandungan Serat Tinggi

Pepaya juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan baik baik anak-anak maupun orang dewasa. Orang yang mengalami sembelit biasanya disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya ini.

- Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam darahnya memiliki resiko kena penyakit jantung. Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalm darah adalah dengan mengonsumsi daun pepaya. 

Daun pepaya mentah berukuran sekitar 300 gram mengandung 188 mg vitamin C. Vitamin C ini sangat efektif mencegah pengendapan kolesterol dalam plak arteri. Dengan asupan vitamin C yang terdapat dalam kandungan daun pepaya ini dapat mencegah pembentukan plak di dalam dinding arteri. Yang akhirnya secara signifikan mengurangi resiko penyakit jantung.

- Mencegah Hipertensi

Saat ini banyak orang yang mengidap hipertensi. Pola makan dan stres menyumbang utama orang kena hipertensi. Orang yang memiliki kecenderungan penyakit hipertensi ini memerlukan asupan kalium dalam makanan hariannya.

Menurut American Heart Association (AHA), seseorang memerlukan 4.700 mg potasium untuk mengontrol tekanan darahnya. Daun pepaya juga mengandung kalium yang sangat diperlukan untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Jadi mengonsumsi daun pepaya secara rutin dapat mengontrol tekanan darah.

- Membantu Diet Sehat

Buah pepaya membantu seseorang yang ingin menjalankan diet seimbang. Dengan memilih buah pepaya yang bisa dijadikan sarapan, orang tak lagi memiliki keinginan mengonsumsi sarapan dari bahan makanan lain seperti karbo. 

Manfaat Pepaya

Dengan mengonsumsi buah pepaya setiap hari, bukan hanya mendapatkan manfaat kesehatan tubuh. Tapi juga bisa mengontrol keinginan untuk sarapan yang mengenyangkan selain dari asupan buah.

Nah, kalo melihat begitu banyaknya manfaat tanaman pepaya ini, pantas aja kalo banyak orang yang menanam pepaya. Di samping mudah dalam perawatan, tanaman ini juga cepat berbuah. Cukup dengan menyediakan sebidang tanah berukuran kecil, kalian bisa menanam pepaya untuk menikmati manfaat yang banyak. 

Kalian juga menanam pepaya di rumah? Atau bahkan sudah beberapa kali panen buah atau daunnya untuk konsumsi sehari-hari? Asiknyaaa, sharing dong di kolom komentar. Wassalamualaikum sahabat.

47 komentar:

  1. Saya sering makan urap daun dan bunga papaya...pahit tapi enak...
    Kalau buahnya suka yang mengkel....
    Thanks info nya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah makan bunga pepaya, katanya enak dibikin oseng atau urap ya

      Hapus
  2. Daun pepaya bisa untuk malaria juga, klo ndak salah Mbak. Tapi duuh, saya gak tahan makan sayur bunga pepaya yg pahit itu apalagi daunnya. Kalau untuk sayur biasanya daun buah yg masih ranum itu, diparut lalu ditumis santan, nyaamiii..
    Klo utk buah siih jangan ditanya, suka bangeeet hehehh

    BalasHapus
  3. Buat bikin buntil juga enak ya mbak :) Aku baru tau kalau getah pepaya bisa digunakan untuk pengempuk daging, hihihi ketauan jarang masak ya. Daun pepaya bisa buat mainan mbak bikin kalung-kalungan gitu kalau waktu aku kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, buntil daun pepaya enak banget. Tapi aku gak pernah bikin, pesen aja ama yang ahli

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Saya punya pohon pepaya, tapi paling yang diambil buahnya aja (semoga berbuah), krn saya gak suka daun dan bunganya. Pahit mbaaak.

    BalasHapus
  6. Aku sukaaaa pepaya.. dimakan dingin2 setelah di'keceri' jeruk wih sedaaaap... Oseng daun pepaya ku juga sukaaa hehe..

    BalasHapus
  7. aku selalu di rumah stock buah pepaya mba karena pada doyan sama buah yang satu ini selain rasanya manis juga melancarkan bab sih hahhaa..

    dan untuk daun pepaya buat yang pandai masaknya dijadiin urap itu enak banget mba, temen kantorku jago banget masakanya dan enak psan dicampur sama teri beuh endeeess kacida

    BalasHapus
  8. Iyaa...kak.
    Aku juga punya tanaman pepaya.
    Pas saatnya berbuah, mashaAllah~ barengan.
    Dan bisa dinikmati bersama tetangga 1 gang rumah kami.

    Pepaya yang membawa berkah.

    BalasHapus
  9. Setuju, Mba.
    Semua bagian pepaya aku suka!
    Apalagi kalau nemu buah pepaya yang manis, alamak, enaaak kali!

    Selanjutnya, daun pepaya direbus ditemani sambal terasi, tahu, tempe dan lalapan lain, bikin bahaya. Hahaha, bisa nambah lagi nambah lagi, nasinya.

    Apalagi kalau diurap, tambah banyak deh tambah nasinya!

    BalasHapus
  10. alhamdulillah ada pohon pepaya depan rumah mbak, udah pernah berbuah dan manissss sekali. Kalo daunnya blm pernah ambil, soalnya mesti yg muda kan yak? Dan kelewat terus mau ambil, hehe

    BalasHapus
  11. Salah satu buah kesukaanku nih mba. Kalau lihat bakul rujak lewat, yang kucari pasti pepaya ini. Dipotong-potong terus kasih serutan es gitu aja enak. Apalagi kalau dikasih kucuran jeruk nipis, wooww... segere pol. Pepaya ini buah murah dan mudah belinya namun punya banyak khasiat.

    BalasHapus
  12. Sejauh ini suka sama buah pepaya aja mbka kalau daunnya pahit banget tapi bagus tuh buat kesehatan

    BalasHapus
  13. Aku baru tau nih mbak kalo getah pepaya bisa buat pengempuk daging, pantesan dulu tuh mamaku kalau mau masak daging selalu ditutup daun pepaya dulu dagingnya sebelum dimasak

    BalasHapus
  14. Buah yang paling mudah didapatkan juga ya mba.. aku suka makan pepaya selain bagus untuk pencernaan juga untuk program diet aku hehe soal daunya termasuk jarang makan, tapi pernah makan dalam makanan pecel.. endesss emang

    BalasHapus
  15. Aku suka makan Pepaya karena bikin BAB lancaar. Bisa nurunin berat badan juga kalau rajin makannya ya.

    BalasHapus
  16. Ya Allah, baca bunga pepaya kok aku jadi ngiler. Ditumis sama teri enaaaak banget Mba. Dan udah lama nggak masak itu.

    BalasHapus
  17. Maa syaa Allaah pepaya ternyata kaya manfaat ya mbak. Btw saya baru tahu nih, bijinya juga bermanfaat ya dan bisa dijadikan obat.

    BalasHapus
  18. Aku sampe nanam pepaya nih mbak Wati. Suka aja kalo punya pohon pepaya. Kepake semua soapnya si pepaya ini

    BalasHapus
  19. Aku pepaya paling suka yang setengah mateng gemadong gitu mba, hehehe buat lotekan. Tapi dijua juga suka. Biasanya konsumsi pepaya pas pencernaan ku terganggu

    BalasHapus
  20. Daun kelapa sering dibuat kulup-an sama ortuku. Tapi aku ga sukaa hehehe pahit banget eh mba. Kalo pengempuk daging aku lebih suka pakai nanas :D

    BalasHapus
  21. Dan aku asli sukaaa semuanyaaa mba. Daun pepaya yang pahit aja aku doyan asal ditumis dengan bawang dan cabai hehehe

    BalasHapus
  22. Aku suka pepaya baik buat buahnya maupun daunnya. Palagi kalo masih yang ada paitnya dicampur sama teri nasi. Bapakku tiap hari makan pepaya juga mba.

    BalasHapus
  23. ah aku suka nih sama buah pepaya, apalagi pepaya california yang matang manis, hihi.. biasanya kalau aku daunnya bisa ditumis pedas dengan teri, pepaya mudanya cocok buat isi sayur asem dan direbus sebagai lalapan.. dulu setelah melahirkan sering banget masak pepaya muda, buat selingan bayam dan katuk biar asi melimpah ^^

    BalasHapus
  24. Aku suka pepayaaaa :D
    B etul banget pepaya ini banyak banget manfaatnya ya mbak, semua bagiannya bisa kita konsumsi. eh tapi aku blm pernah makan bijinya sih walau emang pernah baca khasiatnya jg bagus, blm pernah nyoba :D

    BalasHapus
  25. Wahhh pepaya ini termasuk buah yang bermanfaat semua bagiannya yaa, Mba. Saya suka banget makan tumisan bunga pepaya, apalagi kalo mamaku yang buat, wahh bisa nambah sampe berapa piring deh, hehehe

    BalasHapus
  26. Kemarin waktu diet karbo (tapi malam doang), pepaya ini jadi buah favorit yang kumakan setiap malam, Mba. Paginya BAB langsung lancar :). Udah gitu dia termasuk salah satu buah yang harganya murah tapi rasanya enak :)

    BalasHapus
  27. Aku sukaaaa pepaya, apalagi yang dagingnya merah, tebal dan manis. Daunnya juga enak kalo dimasak pedes atau dijadiin buntil. Duuh, jadi laper kaan

    BalasHapus
  28. Daun pepaya biar nggak pahit, pas rebus dikasih lempung, Buk. Kalau di rumahku, bunganya dioseng terus ditambah sama teri. Hooooo, manteb banget.

    BalasHapus
  29. aahh jadi kangen oseng bunga pepaya bikinan almarhum ibu.. enak gak pahit. hehe

    BalasHapus
  30. Yang jelas pepaya juga murah meriah dan selalu ada tiap musim. Buah ini nggak pernah absen dari menu sarapan buah-buahanku di rumah.
    Salah satu keunggulan pepaya kan ini.

    BalasHapus
  31. Dulu punya pohonnya, skrg udah ga punya huhu. Salah satu buah yg sering dimakan krn murah meriaah ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  32. Aku juga sukak banget nih sama buah pepaya, manfaatnya banyak sekali, dan diajarin ma ibuk kalau ngemil yang sehat ngemil buah aja. Salah satu buah yang aku gemari untuk dijadikan cemilan

    BalasHapus
  33. Baru tahu mba, biji pepaya bisa buat obat. Buahnya enak dan Murmer hihi

    BalasHapus
  34. Wah, baru tahu kalau getahnya juga ada manfaatnya, mb... nice info! :)

    BalasHapus
  35. Sayang aku gak begitu suka buah pepaya, kalau daun yang mudanya suka buat lalapan, suamiku mah suka banget pepaya heuheu

    BalasHapus
  36. aku makan pepaya kalo pas lagi sakit hehehe

    BalasHapus
  37. Aku suka sayur daun pepaya tapi ngga bisa bikinnya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  38. Ternyata bijinya juga bermanfaat ya. ..
    Aku jadi kangen oseng godong kates.. Kalau di Semarang ibu suka masak dan yg makan cuma berdua sama aku. Di Bali adanya yg jual daun pepaya jepang yg nggak pahit

    BalasHapus
  39. aku suka banget nih mba daun pepaya dan bunganya.. bikin nagih gimana gitu kalau udah makan sayur ini

    BalasHapus
  40. Jadi pengen mamam buah pepaya yang udah ditaruh di kulkas
    jadi menikmatinya dingin-dingin enak

    BalasHapus