Momen Tak Terlupakan, Upacara Bendera 17 Agustus di Tepi Sungai Progo - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 17 Agustus 2023

Momen Tak Terlupakan, Upacara Bendera 17 Agustus di Tepi Sungai Progo

Upacara Bendera di Tepi Sungai Progo

Assalamualaikum. Salam Merdeka! 
Menjelang peringatan HUT Indonesia selalu menjadi momen yang selalu saya nantikan. Pasti begitu juga dengan teman-teman pembaca serta kebanyakan warga negeri ini. 

Rafting di sungai Progo


Aura kemeriahan HUT Kemerdekaan RI tahun ini udah terlhat seperti sebelum pandemi dulu ygy. Senang loh masih diberi kesempatan usia panjang dan sehat, menyaksikan orang-orang semangat menyambut hari merdeka bagi warga negeri ini. Meski Indonesia merdeka dan diperingati setiap bulan Agustus, namun bulan Juni kita bisa menemukan toko atau penjual kaki lima menjajakan bendera, umbul-umbul, maupuan pernik lain yang berkaitan dengan HUT RI.

Kemeriahan Perayaan Hari Merdeka di Wilayah RT Tempat Kami Tinggal

Bagi saya bulan Agustus itu selalu seru dan menyenangkan. Aura kemeriahan udah dimulai pada bulan Juli dengan pemasangan umbul-umbul, lomba jalan sehat dan bersih-bersih lingkungan. Meski biasanya juga udah sering bersih-bersih lingkungan satu bulan sekali.

Namun tahun ini lomba jalan sehat di RW ditiadakan karena banyak kegiatan bulan ini seperti lomba yang diadakan oleh pihak kelurahan. Jadi akhirnya masing-masing RT mengadakan jalan sehat sendiri. 

Jalan sehat

Dan RT kami udah mengadakan jalan sehat minggu pertama bulan Agustus 2023. Seru sih karena setelah jalan sehat pun banyak sajian cemilan dan makanan berat di tempat finish. Bisa sarapan gratis, hahahaa. 

Sarapan setelah jalan sehat

Abis makan, baru deh kami duduk selonjoran atau bersila dan nungguin sang bintang utama a.k.a doorprice. Asik nih... gak sabar pengen pengundian segera dilakukan. Saya dapat apa yaaa? 

Kalo ngomongin momen yang paling tak terlupakan tentang HUT Republik Indonesia, saya terdiam. Bukan karena lupa, tapi mengingat kembali momen langka yang baru pertama kali itu saya alami. 

Momen Tak Terlupakan, Memeriahkan Upacara Bendera 17 Agustus di Tepi Sungai Progo


Sejak masuk sekolah hingga lulus kuliah, kalian bisa menghitung berapa kali ikut upacara bendera merayakan HUT Kemerdekaan negeri ini? 

Jawabannya gampang ya, tinggal hitung aja berapa lama kalian duduk di bangku sekolah ataupun menjadi mahasiswa. Bisa saja bertambah kalo kalian bekerja di perusahaan yang mengadakan upacara bendera tiap perayaan Hari Merdeka.

Namun ketika ditanya, kenangan HUT RI yang paling tak terlupakan, ada nggak? 
Ada dooong! 

Silakan pilih pose sesukanya, mau rebahan atau duduk syantik di sofa, atau depan meja kerja, boleh juga di kursi dan taruh gadget di atas meja makan. Kemudian kalian harus siapin cemilan dan minuman ya. Gaasss baca lebih lanjut yuukkk.

Malam tanggal 16 Agustus 2018 menjadi salah satu malam tirakatan yang tidak terlupakan. Dinner yang disiapkan di Chinnese Apung Resto, untuk mencicipi hidangan istimewa. Kalo biasanya saya menikmati malam tirakatan di komplek perumahan. Malam itu kami tirakatan dalam bentuk menyanyikan lagu-lagu tema perjuangan.

Tumpeng Tirakatan
Dokpri : Tumpeng Merah Putih


Dimulai dari lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya. Juga lagu-lagu  nasional seperti Indonesia Pusaka, Rayuan Pulau Kelapa, Tanah Airku, berkumandang serentak. 

Kalian bisa baca dalam artikel berikut ini :



Pagi itu tanggal 17 Agustus 2018, saya bangun dengan semangat yang terbarukan setelah menikmati dinner mengesankan. Saya dan beberapa teman blogger bersiap menuju ke resto Pringgodani untuk sarapan. Suasana asri resto yang memiliki balkon dan pemandangan pohon dan nun jauh nampak gunung Sumbing. Cantik bangeeet, jadi enggan bangkit dari kursi.

Etapi kami harus segera menuju tepi sungai Progo. Nah lho ngapain coba pagi-pagi abis sarapan malah diajak ke tepi sungai Progo?

Malam sebelumnya saat tirakatan, oleh Kak Yudha yang juga public relation Hotel Puri Asri udah memberi bocoran bakal ada kegiatan seru di tepi sungai Progo. Lebih tepatnya kami diajak untuk mengikuti upacara bendera HUT Republik Indonesia yang ke 73 di tepi Sungai Progo yang ada di kawasan Hotel Puri Asri Magelang. Seperti gimana keseruannya? 

Pagi itu upacara bendera di tepi Sungai Progo menjadi momen yang tak akan saya lupakan. Saya cukup takjub dengan ide kreatif dari tim hotel Pur Asri. Karena semua petugas upacara, termasuk pembina upacara dan pengibar sang Saka Merah Putih melakukan tugasnya dengan berendam di sungai Progo. Unik banget, dan baru kali ini saya menjadi saksi sejarah di tepi sungai yang melakukan upacara bendera.

Upacara bendera di tepi Sungai Progo


Peserta upacara HUT RI ke-73 terdiri dari berbagai kalangan, dari blogger, media, bahkan tamu hotel. Yang menarik ada juga turis bule ikut menjadi peserta upacara. Bayangkan ygy, bule aja menghormati upacara bendera HUT RI, mengapa kita tidak melakukan hal yang sama?!

Suasana area hotel Puri Asri yang beneran alami dengan udara sejuk, jauh dari kebisingan kota, menyelimuti seluruh peserta upacara dalam keheningan. Saya menikmati suasana yang terbangun dari gemericik air sungai, keheningan menanti detik-detik upacara bendera HUT RI ke-73, dan desau angin yang berhembus. 

Saat bersamaan pula terbersit bayangan perjuangan para pejuang kemerdekaan. Saya nggak pernah mampu membayangkan gimana beratnya perjuangan para pahlawan. 

Namun yang pasti, ada harapan positif dari lubuk hati saya yang paling dalam. Saya berharap Indonesia di 78 tahun usianya ini akan menjadi negara yang lebih baik. Artinya baik dalam segala sisi, dari warganya yang lebih baik lagi saat menuliskan status atau berkomentar di media sosial. 

Harapan berikutnya adalah Indonesia lebih baik lagi untuk penyediaan fasilitas transportasinya di seluruh kotanya. Semoga Indonesia lebih baik lagi pertumbuhan ekonominya, dan meningkat pula penghasilan tiap warganya. Sehingga warga miskin bisa menurun seiring waktu. Aamiin. 

Dan akhir dari postingan hari ini, tepat pada HUT Republik indonesia ke-78, saya kutipkan quote dari Mak Indah Julianti Sibarani :

Cikini ke Gondangdia
Aku begini, untuk Indonesia

Cikampek, Tasikmalaya
Ngeblog biar nggak sumpek
Jaya... jaya (terserah kalian kasih emot yang mana aja, hihii)

Wassalamualaikum.

dokumentasi :
- dokpri
- dokumen dari WAG Event HUT RI ke-73 Hotel Puri Asri

5 komentar:

  1. Bagus banget tuh, Kak tumpengnya merah putih gitu. Saya baru tahu ada tumpeng begitu hihi

    BalasHapus
  2. Seru banget nih ya pastinya acara upacara kemerdekaan kemarin di sana hihi

    BalasHapus
  3. Wah sudah jalan sehat aja nih ya, Bun. Kalau di tempat saya masih hari minggu

    BalasHapus
  4. Banyak banget ya kegiatan waktu 17 Agustus kemarin, pasti seru banget nih

    BalasHapus
  5. Saya paling suka nih, Kak sama kegiatan jalan sehat sekalian olahraga gitu hihi

    BalasHapus