Peluang Karir Lulusan Desain Komunikasi Visual - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 26 Agustus 2023

Peluang Karir Lulusan Desain Komunikasi Visual

Assalamualaikum. Sebagai orang tua yang memiliki anak kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (untuk selanjutnya akan saya sebut DKV), rasanya ingin berbagi pengalaman. Karena saat ini kuliah di jurusan DKV sangat difavoritkan lulusan SMA dan tentu saja orang tuanya. Terutama tentang peluang kerja lulusan DKV. Setelah lulus, mereka bakal kerja di mana, sebagai apa, gajinya berapa? 

Nah siapa yang pengen tahu tentang peluang kerja lulusan DKV? Sini baca cerita pengalaman si mahasiswa jurusan DKV, yang belum lulus tapi udah dapat duit lumayan dari karyanya. Masya Allah.

Peluang Kerja Lulusan DKV


Meski awalnya saya sangat tidak setuju si bungsu memilih tawaran kerja karena alasannya nanti lupa nyelesaiin kuliah gara-gar tergiur cuan. Oia saat si bungsu terima tawaran kerja itu dia sedang cuti kuliah. Alasannya karena pandemi, banyak mata kuliah yang pembelajarannya tidak maksimal. 

"Sayang aja kalo kuliah tapi nilainya nggak bisa A, udah aku cuti aja, Buk"

Eh di tengah perjalanan cuti, dia malah dapat tawaran kerja dari salah seorang bos perusahaan renov mobil antik di DM Instagram si bungsu. 

Nah itu cerita awalnya si bungsu kerja dan saat ini masih dilakukannya. Jadi dia udah kerja di perusahaan tersebut selama 2 tahun lebih. Apalagi bos nya juga baik banget, karena si bungsu itu boleh dibilang masuk kerja hanya 5 hari. Kalo sedang ada tugas yang mesti diselesaikan, si bungsu nggak masuk kerja. Dan si bos juga oke aja nggak pernah mempermasalahkannya.

Seputar Jurusan Desain Komunikasi Visual UDINUS

Dari obrolan dengan si bungsu, lulusan DKV adalah salah satu jurusan yang memiliki keistimewaan dengan portofolio yang melimpah. Alasannya adalah karena tugas-tugas kuliahnya berupa project yang bisa dipakai saat melamar pekerjaan nantinya. 

Perlu kalian tahu, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) UDINUS Semarang merupakan program studi yang menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. 

Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual. Lulusan DKV berada di garis depan teknologi digital. 

Dengan demikian pihak kampus mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional. Juga memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat. Juga menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang. Antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator.

Program studi ini mengajarkan pengetahuan dan keterampilan, serta melatih kepekaan mahasiswa dalam merancang komunikasi visual melalui pembelajaran berbasis proyek yang dikerjakan secara metodologis, mulai dari riset, pengembangan ide, prototyping, sampai dengan eksekusi pembuatan karya dengan beragam media sesuai kebutuhan.

Jurusan SMK atau SMA Mana Aja Yang Bisa Kuliah di DKV?

Ada banyak pertanyaan yang saya terima ketika tahu si bungsu kuliah di DKV. Sebenarnya Jurusan desain komunikasi visual terbuka untuk lulusan IPS maupun IPA, bahkan Bahasa. 

Namun tentunya kamu perlu memiliki beberapa basic skills sebagai mahasiswa jurusan DKV. Pertama-tama, kamu harus bisa menggambar karena pembelajaran di jurusan ini pasti akan banyak menggambar desain. Bahkan di semester awal pun udah ada pelajaran bikin doodle yang menurut saya rumit, hahahaa.

Selanjutnya, kamu akan belajar bagaimana berkomunikasi melalui desain sehingga desain tersebut mampu menyampaikan pesan tertentu. Aspek estetika atau keindahan juga akan kamu pelajari.

Oia si bungsu dulu waktu SMA jurusan Bahasa, dan sukses juga tuh selama perkuliahan di jurusan DKV. Karena dia memang suka banget dengan menggambar. Di mana aja kalo lagi nganggur selalu diisi kegiatan menggambar.

Peluang Kerja Lulusan DKV

Universitas yang mendukung DKV tentu menyediakan fasilitas dan sumber daya yang relevan, seperti laboratorium dan peralatan terkini, serta staf pengajar yang berpengalaman dalam industri desain. 

Bukan itu saja yagesyaa, bahkan universitas tersebut juga memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek praktis, magang, dan kolaborasi dengan perusahaan dan lembaga profesional. Sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengalaman nyata dan membangun jaringan yang berharga untuk mempersiapkan karier mereka di industri desain komunikasi visual.

Si bungsu bersama tiga temannya satu angkatan pernah diajak dosennya berkolaborasi dengan dinas cagar budaya di Magelang. Tugasnya adalah membuat prototype candi dalam bentuk 3D yang terkenal sebagai cagar budaya. 

Proyek ini juga menjadi tugas semester 7 yang harus dibuatkan laporan dan presentasi masing-masing mahasiswa yang ikut kolaborasi. Yang asiknya lagi kata si bungsu, dia mendapat honor yang lumayan. Gimana, udah mendapat pilihan karya yang jadi portofolio, dapat nilai SKS lumayan, eh masih dapat duit. Masya Allah rejeki si bungsu, anak sholeh kami. 

Nah kalo ngomongin peluang kerja bagi lulusan DKV, ada banyak juga ternyata. Pantas aja dua tahun lalu tante dan om si bungsu bilang, kalo Naufal itu nggak bakal bingung ntar lulus mau kerja apa. Tinggal pilih bidang kerja mana yang diminati nantinya setelah lulus. 

FYI, si bungsu belum lulus kuliah udah kerja dong, masya Allah. Saya udah 2 tahun ini nggak pernah lagi ngasih duit buat si bungsu. Kadang malah saya dan babenya yang ditawari beli sesuatu gitu.

1. Content Creator
Lulusan DKV dapat membuat konten yang kreatif dan menarik dan diposting di sosial media. Saat masih jadi mahasiswa, diharapkan mereka udah mulai posting karyanya di sosmed. Karena ini justru bakal menjadi portofolio seperti si bungsu yang ditawari kerja di perusahaan melaui DM Instagram.

Karya @remtromol


2. Social Media Specialist
Lulusan DKV dapat menciptakan dan mengelola konten digital di berbagai platform media sosial, memperkuat identitas brand (branding) dengan konten yang kreatif dan menarik.

3. Desainer Produk
Lulusan DKV dapat merancang desain produk secara fisik seperti mainan, furnitur, dan peralatan elektronik.

4. Animator
Lulusan DKV dapat menciptakan animasi 2D atau 3D untuk film, iklan, acara televisi, game, dan video musik.

5. Ilustrator
Lulusan DKV dapat menghasilkan gambar ilustrasi untuk buku, majalah, komik, kartun, dan media cetak yang lainnya.

6. Desainer Interior
Lulusan DKV dapat merancang interior untuk restoran, hotel, perumahan, atau bangunan komersial. Nah si bungsu mengerjakan laporan desain interior ini saat semester 6.

Desain dapur


7. Web Design
Lulusan DKV dapat menjadi web developer yang dapat membuat desain dan tampilan situs web menjadi menarik dan fungsional.

8. Desainer Percetakan 3D
Desainer percetakan 3D merancang model 3D dan mencetaknya dalam bentuk fisik menggunakan printer 3D. Lulusan DKV dapat mengembangkan keterampilan ini dan mengejar karir di bidang percetakan 3D.

9. Desainer Pakaian
Lulusan DKV dapat menjadi desainer pakaian dan merancang busana untuk pria, wanita, atau anak-anak. Mereka dapat bekerja di perusahaan pakaian atau memulai usaha pribadi.

10. Seniman Efek Visual
Seniman efek visual membuat efek khusus untuk film, televisi, dan video game. Lulusan DKV dapat mengembangkan karir ini dan menghasilkan efek visual yang mengesankan.

11. Desainer User Interface (UI)
Desainer UI merancang antarmuka pengguna untuk aplikasi dan situs web. Lulusan DKV dapat memilih karir ini dan menghasilkan desain UI yang mudah digunakan dan menarik.

12. Fotografer
Lulusan DKV dapat membuat konten visual untuk media online dan media cetak.

13. Guru atau Pengajar
Lulusan DKV dapat mengajar di sekolah, perguruan tinggi, atau lembaga pelatihan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan tentang desain grafis dan komunikasi visual.

Peluang kerja bagi lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) sangat menjanjikan. Karena industri kreatif akan terus berkembang dan memerlukan talenta yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan desain visual yang menarik. 

Jadi bagi kamu yang ingin mengambil jurusan DKV ini, jangan ragu dan galau. Udah banyak lulusan DKV yang sukses dengan pilihan karirnya. Bahkan si bungsu yang saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir, nyambi kerja, eh masih sering dapat tawaran kerja dari beberapa pihak. Tentunya karena si bungsu rajin posting karyanya di sosial media. Beberapa kali pula si bungsu mendapatkan job secara freelance untuk mendesain. 

Sebagai orang tua, kami hanya berpesan agar si bungsu tidak memforsir atau menghabiskan waktu dengan pekerjaannya. Tugas utamanya adalah segera menyelesaikan kuliah, sehingga bisa fokus bekerja nantinya.

Demikian cerita saya tentang peluang kerja bagi lulusan DKV yang menjanjikan. Jadi kalo ada teman atau mungkin kamu ingin kuliah jurusan DKV, jangan cemas nantinya kerja apa, gajinya gimana. Kalo kamu memiliki kreativitas yang mampu menghasilakn karya yang menarik. gaji atau honor bagi freelancer bisa nego aja. Terima kasih udah membaca cerita saya, wassalamualaikum.


Sumber Materi :
- Wawancara Mahasiswa semester akhir DKV Udinus     
- https://stekom.ac.id/artikel/manfaat-kuliah-dkv                                                                     

5 komentar:

  1. Wah sudah besar nih ya, Kak anaknya. Semangat terus deh sukses selalu hehe

    BalasHapus
  2. Sepertinya jurusan DKV ini menjadi salah satu jurusan yang paling menjanjikan ya

    BalasHapus
  3. Wah pintar banget nih, Kak anaknya. Masih kuliah sudah bekerja, jadi bisa cari uang sendiri hehe

    BalasHapus
  4. Banyak banget ya ternyata peluang kerja dari jurusan DKV ini. Keren banget

    BalasHapus
  5. Jurusan ini sangat cocok bagi yang suka menggambar ya. Peluang kariernya juga besar

    BalasHapus