Ide Pekerjaan Freelance Untuk Ibu Rumah Tangga - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 11 Februari 2023

Ide Pekerjaan Freelance Untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Lowongan Kerja Freelance Untuk Ibu Rumah Tangga

Ide kerja freelance bagi IRT

Assalamualaikum. Jelang akhir tahun 2022 kemarin, banyak financial planner, ataupun orang-orang yang menggeluti bidang keuangan lainnya memberikan sinyal negatif tentang keuangan. Resesi ekonomi menghadang di depan mata. Simpan duit, jangan sembarang investasi, jangan belanja yang nggak penting. Masih banyak lagi pesan yang bagi sebagian pengikutnya dianggap penting.

Saya membaca beberapa artikel dan nonton video di Youtube tentang prediksi resesi ekonomi tahun 2023. Saya juga membaca tanggapan berupa komentar pembaca atau penonton di video tersebut. Saya juga baca postingan berupa tanggapan tentang prediksi resesi ekonomi di media sosial lainnya seperti di Instagram, Twitter, dan Linkdln. 

Tanggapan saya seperti kalo baca ramalan zodiak, nggak mau percaya. Ya namanya juga ramalan kan. Begitu pula dengan prediksi tentang ekonomi dunia yang katanya bakal ada resesi. Terus terang prediksi ini nggak bikin saya cemas bin bingung. Saya meyakini, sepanjang tetap berikhtiar dan dibantu doa kenceng, insyaa Allah bakal ada rejeki. Gusti Allah mboten sare (tidak tidur), iya nggak sih?! 

Meski saya dan suami bukan pekerja kantoran, karena suami punya usaha sendiri yang kadang juga nggak ada pemasukan. Kami mengandalkan dana darurat misalkan sampai berbulan-bulan nggak ada pemasukan. Dana darurat yang disiapkan suami biasanya sejumlah 30% dari keuntungan proyek pekerjaan. 

Beruntungnya saya memiliki kegiatan yang menghasilkan, alhamdulillah. Jadi saat pemasukan suami sedang tidak ada pun, saya tetap bisa membantu menutup kebutuhan untuk ibu saya. Nggak utak atik dana darurat. 

Kalian yang penasaran, bisa baca di sini :


Jadi bu ibu, bisa loh mendapatkan penghasilan meski di rumah aja seperti saya. Berikut ini saya bagikan beberapa pekerjaan freelance untuk ibu rumah tangga :

1. Jualan Online

Hari gini kan ya, apa sih yang nggak bisa dijual online? Kalian bisa nih bund, jualan produk apa aja secara onine. Promosikan jualan di toko online atau marketplace, atau bisa juga di akun media sosial.

Jualannya bisa apa aja, dari baju, sepatu, skincare, atau peralatan rumah tangga. Terserah apa aja, boleh juga palugada, apa yang lu mau gue ada, gitu istilahnya, hahahaa.

2. Dropshipper

Ini sama juga jualan online, tapi kalian nggak perlu modal besar. Karena model dropshipper itu kalian cukup meminjam foto milih penjual dan mempromosikannya di media sosial milik kalian. Nanti kalo ada ada order masuk, kalian tinggal meneruskannya pada penjual tempat kalian ambil barangnya. Mereka yang akan packing dan mengirimkannya ke pembeli kalian. 

Usaha ini cocok untuk ibu rumah tangga, jualannya apa aja, misal skincare, kosmetik, pakaian anak, makanan, dan lainnya. Selain bisa dipromosikan di media sosial, kalian pun bisa menawarkannya pada keluarga, tetangga, dan teman.

3. Afiliasi Marketing

Affiliate Marketing adalah bisnis yang menggunakan jasa seseorang untuk menjualkan produk dari sebuah perusahaan. Sistem kerjanya yakni seseorang mempromosikan jualan (biasanya dengan memberikan link ke postingan sosmed). Kemudian apabila pembeli mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, si Affiliate Marketing akan mendapatkan bayaran.


4. Jasa Kursus Pelajaran

Adik saya dulunya kerja di sebuah pabrik furniture yang produknya diekspor ke mancanegara. Pandemi telah menghancurkan sumber penghasilan keluarga. Dia bersama istrinya membuka kursus mapel bahasa Inggris dan baca tulis.

Lumayan loh pemasukan adik saya dan istrinya ini dengan jumlah murid hingga 60 anak. Kalo tiap anak dikenakan tarif per bulannya dari 100 ribu hingga 250 ribu, lumayan kan.


5. Thrifting

Tahu dong jualan baju bekas saat ini masih marak. Tentu dengan penampilan baju bekas yang udah dibikin kece lagi. Nggak terlihat kalo sebelumnya baju bekas. 

Kalian cukup menyiapkan tempat di rumah, dan pajang pakaian dengan menatanya ala toko di mall. Tempat ngambil barang jualan juga bisa melalui belanja online. Banyak kok penjual online yang menawarkan baju bekas dengan harga miring.

5. Mengelola Akun Media Sosial

Saat ini profesi sebagai pengelola akun media sosial sangat dibutuhkan. Karena biasanya pemilik usaha seperti restoran, toko online yang baru tumbuh, bahkan public figure, membutuhkan seseorang yang bisa nge-branding namanya.

Tugasnya biasanya menjadi admin media sosial, membuat konten, merespon tanya jawab, bikin laporan analisa dari postingan harian maupun bulanan. Gaji menjadi pengelola akun media sosial ini lumayan juga. Dari cerita seorang teman freelancer, awalnya memang sedikit. Tapi sekarang bisa mencapai 3 jutaan. Bahkan dari tim HRD Bacot, di Jakarta untuk gaji Social Media Marketing ini bisa mencapai kisaran gaji minimal 4 jutaan dan maksimal 11 juta.

6. Jasa Pembayaran Online

Pekerjaan freelance yang satu ini cocok banget untuk ibu rumah tangga. Atau dikenal juga jasa PPOB yang merupakan singkatan dari payment point online bank.

Tugas kalian adalah menyediakan jasa untuk membayar tagihan maupun top up e-money. Cara kerjanya cukup hanya dengan mengisi saldo saja. Contoh sederhananya adalah menjual pulsa, pembayaran listrik, tagihan Telepon, Pajak PBB atau STP Online, dan lainnya.

7. Penulis Buku

Editor freelancer

Ini nih impian saya sejak masih kecil. Udah kah terwujud? Belum dong, hahahaa. Sebenarnya agak melenceng sih, karena hingga hari ini saya belum penah menerbitkan buku solo. Kalo antologi sih udah ada beberapa buku ya. 

Namun kalaupun nggak bisa jadi penulis buku, kalian bisa loh menjadi content writer atau penulis konten untuk website perusahaan, maupun personal. Atau kamu juga bisa mengirimkan karya tulisan ke media online. Alhamdulillah saya udah punya website personal, tempat curhat sambil dapatin cuan.

8. Jasa Catering

Ibu-ibu pasti suka masak, paling tidak punya kemampuan mengelola menu. Kemampuan mengolah menu ini bisa loh dijadikan sumber penghasilan sampingan. Menunya bisa aja ngikut dengan masakan keluarga. Misalkan hari itu masak sayur asem, empal daging, sambel trasi, dan perkedel jagung, bisa bikin dalam jumlah lebih dari menu keluarga. 

Apalagi bila kediaman ibu-ibu dekat kampus atau tempat kost. Mereka bisa menjadi calon konsumen tetap masakan kalian. 

9. Buka Jasa Daycare

Kamu bisa membuat penitipan anak di rumah. Bisnis ini dapat menjadi penghasilan tambahan karena sekarang ini banyak sekali ibu pekerja yang sedang kebingunan mencari tempat menitipkan anak-anaknya. Anak-anak yang ada di rumahmu bisa menjadi teman bermain untuk anak-anakmu, loh.

10. Editor Buku

Usaha penerbitan buku masih ada loh bund. Nah usaha penerbitan buku pun juga membutuhkan editor freelance. Tugas editor atau penyunting buku adalah memperbaiki tulisan hingga menerbitkan naskah termasuk gambar pendukung. Kemampuan seorang editor diharapkan memiliki kreativitas yang mumpuni agar bisa menghasilkan buku berkualitas.

Biasanya lulusan pendidikan minimal S1 di bidang Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Ilmu komunikasi maupun jurusan lain yang relevan.

11. Penerjemah

Pekerjaan yang tidak mengharuskan ibu-ibu keluar rumah berikutnya adalah penerjemah. Kalian bisa menerjemahkan buku atau artikel. Untuk memiliki pekerjaan ini, kalian harus membangun jejaring. Profesi ini harus memiliki latar belakang ahli bahasa, penulis, orang dengan keahlian bahasa asing, dan memiliki sertifikat.

12. Jasa Laundry Kiloan

Saat ini jasa laundry kiloan sangat dicari oleh masyarakat. Yang butuh bukan hanya ibu rumah tangga yang berprofesi pekerja kantoran. Namun juga anak kost, baik pekerja maupun mahasiswa yang enggan mencuci sendiri pakaiannya.

Kalian bisa buka jasa laundry kiloan di rumah misalnya di garasi. Cukup menyediakan ruangan dan mesin cuci model pencuci dan pengering (dua mesin), jasa laundry kiloan siap beroperasi.

13. Jasa Penitipan atau Salon untuk Hewan 

Kalo kalian pecinta binatang peliharaan, bisa loh membuka jasa penitipan atau salon untuk hewan. Tugas kalian biasanya menjaga kondisi hewan tetap sehat, memberikan makan dan minum, serta kenyamanannya.

14. Jualan produk Frozen

Frozen food merupakan makanan beku yang diawetkan dan siap santap. Penjual produk frozen food harus memiliki freezer untuk mendukung penyimpanan produk masa simpan dan menghambat pertumbuhan mikroba dan lainnya. 

Biasanya alat untuk menyimpan bisa juga didapatkan dari kerjasama dengan perusahaan produksi frozen food. Produknya bisa olahan daging sapi, ayam, dan seafood, seperti nuget, tempura, otak-otak, dan masih banyak lagi lainnya.

15. Jasa Hampers

Ide pekerjaan freelance

Saat ini hampers begitu populer, yaitu hadiah atau bingkisan yang dikemas dengan cantik. Dahulu hampers lebih dikenal sebagai parsel. Salah satu cara berbagi suka cita saat hari raya, ulang tahun, ataupun syukuran. Syukuran pun beragam ya buk ibuk. Ada lulus sekolah atau sarjana, naik jabatan, nikahan, punya anak, dan lainnya.

Momen bahagia seperti ini biasanya diwujudkan dengan berbagi hampers. Ibu-ibu yang memiliki kreativitas menghias atau membentuk sesuatu hingga tampil cantik, bisa memilih usaha ini. 

Itu lah 15 ide lowongan kerja freelance bagi ibu rumah tangga yang bisa dilakukan di rumah. Pasti masih ada lagi yang lainnya. Silakan yang ingin menambahkan list di atas ya, bund. Wassalamualaikum.

10 komentar:

  1. Banyak banget sebenarnya yang bisa dilakukan dari rumah saja secara self employe ya, Mba. Selama bisa melihat peluang dan potensi diri , akan selalu terbuka kesempatannya.

    BalasHapus
  2. Setuju mba.. menurut ku kita tak perlu galau dg ramalan resesi di 2023 ini. Yg penting ttp semangat ikhtiar didampingi doa kepada Yang Maha Kuasa. Terima kasih sharing tentang hal2 yg bisa dilakukan seorang freelance ya mba, insyaallah bermanfaat

    BalasHapus
  3. Aku sih bukan sepenuhnya freelance, tapi karena pekerjaan di kantorku sepi, otomatis gaji karyawan juga jadi dikurangi. Ya sih semua pasti ada takaran rejekinya. Kita berusaha semaksimal mungkin ya, insya Allah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

    BalasHapus
  4. Pengen coba jadi affliliate nih Kak soalnya seru dan sekalian liat2 di marketplacenya juga wkwkwk.

    Sekarang banyak ya kerjaan yang bisa dilakukan secaara freelance. Jadi para ibu rumah tangga bisa dapat uang tambahan tanpa harus keliling/keluar rumah. Di dalam rumah aja bisa mendulang uang, asal ada HP/ laptop dan paket internet/wifi.

    BalasHapus
  5. Pekerjaan freelance memang jadi opsi yang oke untuk IRT karena waktunya bisa fleksibel. Aku sendiri dukung deh IRT jadi freelancer

    BalasHapus
  6. Banyak juga ya mbak ide bisnis untuk ibu rumah tangga
    Bisnis hampers juga lagi naik daun yaa
    Apalagi sebentar lagi puasa dan lebaran
    Pasti banyak orang mencari hampers

    BalasHapus
  7. ada banyak bisnis atau pekerjaan yang bisa dipilih ibu rumah tangga yaa. jadi ibu rumah tangga bisa tetap berdaya dan menghasilkan

    BalasHapus
  8. Ide usaha freelance ini bisa dilakukan siapa saja ya, Mbak. Oh ya, saya jadi inget, kini makin ramai usaha thrifting. Ide bagus ini. Jadi baju-baju kita yang masih bagus, bisa kita jual lagi. Selain gak bikin penuh lemari, kita dapat duitnya juga.

    BalasHapus
  9. Dari 14 alternatif perkerjaan freelancer aku menjalankan 5 diantaranya mbak.

    Dan bener sih cukup menghasilkan. Memang tantangannya adalah kita harus tetap bisa profesional. Sebab frerlancer itu kerjanya kita yang bikin aturan. Seda gkan distraksi sebagai seorang istri dan ibu lumayan juga

    BalasHapus
  10. Menarik ya.. Thrifting ini.
    Karena di Bandung tuh ada pasar yang jualan banyak sekali, karena untuk dijual lagi dengan tagline baju second branded gitu.. Kalau melihat langsung, biasanya mereka nanti akan kasih baju-bajunya campur. Banyak yang layak dan bahkan masih sangat bagus sekali. Hanya pastinya ada minor defect gitu..

    BalasHapus