7 Tips Mengatasi Bad Mood Dengan Sederhana - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 31 Oktober 2022

7 Tips Mengatasi Bad Mood Dengan Sederhana

Assalamu'alaikum Bestie. Saya jarang ngalami bad mood yang berkepanjangan. Kalo pun mengalami bad mood pun, akhirnya gampang terhempas dengan cara sederhana. Saya punya 7 tips mengatasi bad mood agar tak berkepanjangan. Nggak asik banget sih kalo sampai ngalamin bad mood sampai lebih dari 3 hari. Satu hari ngalamin bad mood aja udah kelamaan.



Apa sih Bad Mood itu? Dan dalam kondisi apa bad mood gampang muncul?

Arti bad mood adalah perasaan negatif yang muncul secara bertubi-tubi. Tidak hanya sedih, orang yang mengalami badmood juga akan sering marah, frustrasi atau gampang tersinggung. 

Bad mood bisa aja datang dan pergi mendadak. Biasanya juga tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Kecuali kalo udah mengalami bad mood yang berkepanjangan dan tidak segera diatasi, bisa menjadi penyebab munculnya mood disorder atau gangguan suasana hati. Saya sendiri belum pernah mengalami mood disorder. Mungkin kamu mesti berkonsultasi dengan ahlinya untuk mengatasi mood disorder ini.

Kali ini saya hanya ingin menulis tentang bad mood dan gimana cara mengatasinya. Kalo bad mood menurut saya mudah mengatasinya. Yuk baca 7 Tips Mengatasi Bad Mood Dengan Cara Sederhana. 

Berolahraga

Saya sengaja menempatkan Berolahraga di urutan pertama, karena menjadi cara termudah mengatasi bad mood. Coba saja lakukan olahraga saat perasaan sedang gundah. Selesai olahraga kamu akan merasakan good mood, perasaan gembira telah melakukan hal positif. Perasaan gembira ini biasanya juga memunculkan semangat baru yang mendukung kamu untuk melakukan kegiatan lainnya. 



Pilih olahraga di luar ruangan, seperti joging atau bersepeda. Menghirup udara luar yang bersih juga bermanfaat untuk paru-paru. Dengan berolahraga di luar ruangan juga bikin indera penglihatan bisa menatap pemandangan yang berbeda. Terlebih bila kamu melewati pepohonan di sepanjang jalan, bisa jadi mood booster yang murah meriah. Hahahaha.

Melakukan Hobi

Saat sedang bad mood, saya selalu menatap kebun mungil di depan rumah. Menatap daun yang baru muncul, berwarna hijau pupus, bikin hati bahagia. Atau menemukan kuncup calon bunga, wah bikin hepi deh.



Lakukan kegiatan yang menyenangkan untuk mengatasi bad mood, sesuaikan dengan hobi yang kamu miliki. Seperti bermain dengan hewan peliharaan, Baca Novel/buku non fiksi, merajut, motoran, dan lainnya.

Yang suka baca novel atau buku non fiksi, bisa juga menulis review di blog. Menambah label book reviewer misalkan kalian punya blog. Yang awalnya bad mood setelah baca novel dan bikin review buku, semoga bisa mengubah suasana hati menjadi hepi.

Nonton Film atau Drama Korea

Saya juga akan nonton film ketika mendadak bad mood. Tontonan yang menghibur mampu menghempaskan suasana hati yang buruk. Nggak perlu datang ke bioskop dan mengeluarkan duit ratusan ribu karena plus untuk beli jajan. Cukup nonton di rumah, bisa dengan memilih film dari aplikasi atau di TV bagi saya udah bisa mengatasi bad mood.

Saya kebetulan sekarang mulai nonton drama Korea, jadi ada pilihan termudah untuk mengatasi bad mood.

Silakan baca Drakor pilihan untuk mengatasi bad mood :


Mengonsumsi Makanan atau Minuman Kesukaan

Ini salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi bad mood. Banyak kan ya pengakuan orang yang bilang kalo lagi bad mood tuh pengennya makan. Hahahaa.

Ya nggak salah, emang makan itu bisa banget mengusir bad mood. Yang penting punya duit, jangan bayar jajanan online dengan cara berhutang. Malah mendatangkan bad mood berkepanjangan kalo nggak ada duit untuk bayar hutang. Eh napa melantur ya.

Ketika bad mood saya suka mengingat makanan atau minuman kesukaan. Kadang malah cukup bikin minuman hangat dengan bahan yang ada di rumah, seperti teh, kopi susu, atau teh tarik, udah bisa menghempaskan bad mood. Nggak perlu ke kafe kalo saya pengen ngusir bad mood. 

Eh tapi kalo pengen ngopi di kafe pun gak masalah. Ada yang bilang nyembuhin bad mood dengan healing di kafe. 


Ngopi di tempat sejuk
(Foto diambil saat ikut famtrip)

Ngobrol Dengan Teman atau Keluarga

Bertemu atau sekadar chating di WhatsApp dengan teman karib atau kerabat juga salah satu cara mengatasi bad mood.

Ngobrol nggak penting, tentang film, aktor tampan, novel terbaru, atau topik receh mampu mengusir bad mood. 

Saya sendiri suka ngobrol receh dengan suami setiap hari. Kadang bisa bikin saya ngakak sampai keluar air mata. Karena suami termasuk orang yang gampang mencairkan suasana hati saya. Ketika kami tengah LDR pun tetap bisa ngobrol atau chating-an menjelang istirahat malam. Beneran deh ngobrol receh seperti ini bikin mood membaik.

Meditasi 

Meditasi bagi sebagian orang bisa mengatasi bad mood. Namun karena saya muslim, lebih menekankan berdzikir, tadarus, atau baca sholawat saat bad mood. Alhamdulillah cukup melakukan hal di atas suasana hati bakal membaik 

Cara sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun, pilih tempat yang tenang tanpa gangguan suara. 

TIDUR

Nah ini dia tips termudah dan sederhana untuk mengatasi bad mood. Sengaja pula saya letakkan terakhir, ketika cara di atas belum berhasil dilakukan untuk menghempaskan suasana hati yang buruk.

Bad mood karena kurang tidur obatnya ya istirahat dan tidur siang. Jangan memaksakan mata yang lelah untuk tetap bekerja, hasilnya nggak bakal maksimal. Tidur siang selama sejam atau 2 jam mampu memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Produktivitas kerja juga meningkat. Jangan ditunda-tunda ya kalo ingin istirahat siang sejenak.

Nah itulah 7 Tips Mengatasi Bad Mood dengan Cara Sederhana. Bisa juga lakukan cara lain mengatasi bad mood, misalkan dengan traveling. Tentunya cara ini butuh cuan dong yaa. Ya gak apa sih kalo kalian sepulang traveling menuliskannya di blog. Bisa loh menjadikan cuan dari tulisan di blog. Ada banyak orang yang menjadi Travel Blogger menghasilkan cuan dari kisah travelingnya.

Mungkin kalian punya cara lain untuk menghempaskan bad mood, Bestie? Sharing yuk di kolam komentar. Wassalamu'alaikum.

29 komentar:

  1. Aku selalu pilih no.7, Mbak. Gampang dan murah meriah, nggak perlu modal. Hehe.

    BalasHapus
  2. TIDUR!

    Aku memilih ini ajalah karena ini ga pake mikir, tinggal merem hihihi... bangun bangun (agak) lupa

    BalasHapus
  3. Tidur itu healing yg murah meriaaahhhh😉😆 baca sholawat, ngaji, dzikir juga super duper relaxing ya mba
    Belakangan ini saya sukaaaakkk bgt cuss ke YouTube Ust Oemar Mita, ini sarana ngilangin bad mood dan overthinking jugaakkk

    BalasHapus
  4. Meditasi dan tidur berada di peringkat terbawah ya :D Paling enak aku sih biasanya menonton tv sendirian aja. Menikmati hari dengan naik motor lalu jajan mie ayam bakso dan es teler aja udah bahagia. Melakukan hobi lainnya paling senang berenang sih hehehe.

    BalasHapus
  5. Aku banget nih mbak, kalau badmood langsung masak indomie kuah, pedes plus sawi dan telor. Minumnya cappuchino sachetan. Nggak boleh ada ganggu kalau lagi makan, soalnya kalau ada yang ganggu, makin jelek moodnya.

    BalasHapus
  6. duuh, sama banget nih sama akuu, kalau lagi bad mood, udahlah langsung pilih aktivitas yang bisa dilakukan supaya bikin semangat lagi, salah satunya melakukan hobi atau nonton drakor (sekarang sih yang rutin banget nonton variety shownya, running man, hehehe)

    BalasHapus
  7. Wah, aku auto galfok sama koleksi tanamannya mbak. banyak sekali, seger seger.. KAlau bad mood memang harus dialihkan ya mbak, aku biasanya nonton, kadang pilih jalan keluar rumah, fresh aja rasanya kalo habis jalan-jalan..hilang bad moodnya

    BalasHapus
  8. Wah cocok ini tipsnya buat ibu-ibu yang kadang ruwet pikirannya, healing ekonomis hahhaa.. dari hal simpel aja bisa kok ya sebenarnya menaikkan mood jadi baik, cuma kitanya aja yg kebanyakan mau, haha..

    BalasHapus
  9. Kalau badmood biasanya tidur mbak . Atau kalau lagi gak males ya muter -muter naik motor ngemall. Tapi cara paling ampuh buat mengatasi bad mood adalah traveling

    BalasHapus
  10. Mba aku hari ini mumet sekali, rasa-rasanya semua dipikirkan dan sore tadi ajak anak-anak jalan sore tanpa bawa hp dan disana ngobrol sama tetangga juga main dengan anak2. Pulang-pulang ko ngerasa lebih fresh yaa

    BalasHapus
  11. Bad mood emang harus diatasi ya Kak agar tidak berkepanjangan dan bahaya karena bisa mengakibatkan burnout parah dan harus konsul ke dokter. Aku biasanya kalao BT jalan2 meski cuma di sekitar rumah, ngeliatin tanaman, dll.

    Makasih tipsnya, udah jarang olahraga, padahal habis olahraga jadi segar dan pikiran lebih tenang.

    Oh ya itu cangkir yang warna coklat samaa wkwkk cangkir sejuta pengguna keknya.

    BalasHapus
  12. Setujuuu Mbak Wati, bad mood diatasi dengan cepat bisa. Kalau aku berusaha pagi olahraga, jalan kaki keliling komplek bisa bikin mood bagus saat memulai hari itu

    BalasHapus
  13. Ssaya lebih milih tidur atau main games kalau bad mood. Lumayan itu jadi mood booster banget.

    BalasHapus
  14. Wah iya, tidur juga bisa jadi jurus ampuh dalam mengatasi bad mood ya mbak
    Apalagi tidur siang, duh nikmat banget

    BalasHapus
  15. Ada 2 tips yang sesuai denganku nih: tidur & ngopi di kafe. Hehehe. Sebenarnya paling ampuh memang traveling sih tapi kudu siapin budget hihihi.

    BalasHapus
  16. aku makaaan hahaha
    maunya sih tidur dan berharap masalah kelar saat bangun tapi kadang susah walau udah merem lama
    atau anak-anak malah ajak main, bubarlah impian untuk menyendiri

    BalasHapus
  17. Akuu kalau BT larinya ke tidurr..magerr banget, atau makan yg aku sukaak gitu (gusti yeni)

    BalasHapus
  18. Setuju banget dengan cara-cara tersebut. Aku juga seperti kayaknya kalo badmood. Ngabisin waktu dengan berbagai cara, biar tetap waras. Walopun susah, tapi harus segera hilang badmood-nya. Demi keluarga. Biasanya sih manjur ya ngatasin badmood dengan hal-hal seperti itu. Kecuali kalo badmood karena bokek. Hilangnya ketika udah gak bokek lagi. Hehehehe.

    BalasHapus
  19. Mbak tos. Sama banget ni. Cara-cara buat ngilangin bad mood. Aku paling mujarab si tidur. Paling top kalau yang satu ini. Tidur dimana saja tak perlu di kasur. Kadang ketiduran depan televisi. Bnagun suda fres lagi. Segala bad mood langsung pergi. Full senyum lagi.

    BalasHapus
  20. Yang tidur itu ngaruh di aku wkwk. Kalo aku ditambah dengan makan enak dan nonton film bagus. Bad mood pun hilang.

    BalasHapus
  21. Ini sepakat juga, kadang sadar ga sadar itu kita merasa masalah kecil kok jadi merusak mood seharian ya.. emang penting juga menenangkan diri dan merenung yg mindful

    BalasHapus
  22. Makan dan Minum kesukaan, itu juara sih mbak,
    Nonton film atau drakor juga cukup ngebantu naikin mood
    Tapi yg kadang suka heran saat lagi bad mood terus ngusel2 kucing, seketika bad mood nya hilang mbak, entah jadi lebih cepat aja tenangnya ehheee

    BalasHapus
  23. Selalu gampang jatuh cinta dengan pemandangan yang bersaput kabut tipis.
    Berasa ada yang magis gitu. Juga terasa segar setiap memandangi kabut. Auto teringat momen fajar pagi dengan uap menyegarkan dari titik-titik embun. Indaaaahhhh bener.

    BalasHapus
  24. Untuk saya, Nonton drama Korea dan tidur itu ampuh banget buat mengatasi badan mood, Mba. Dan memang benar, baiknya badan mood memang jangan lama-lama yaa bertahan dalam tbuh kita karena efeknya gak bagus buat tubuh

    BalasHapus
  25. kalau saya pas lagi badmood kadang berusaha mengalihkan dengan berbagai kegiatan kayak nonton drakor atau sekadar cuci mata di mall atau pasar. yang susah itu kadang kalau pas lagi badmood diganggu anak duh bisa langsung meledak saya.

    BalasHapus
  26. Aku kalo badmood lebih milih tidur sampe puas daripada jalan-jalan keluar si mba, hihi. Kecuali emang harus keluar ya. Gampil amat bikin mood balik ya mba, ga butuh biaya banyak

    BalasHapus
  27. Badmood aku biasanya malah semakin mudah tidur.
    Apalagi tidur siang.. MashaAllah~
    NIkmat banget ini tuh.. Dan udahannya semoga badan capek hilang dan akhirnya bisa menaikkan mood lagi.

    BalasHapus
  28. Yang paling terakhir itu andalanku hahaha. Pokoknya kalau bad mood, perlu tidur aja nanti pas bangunnya lebih segeeer. Cuman kalau udah ada masalah yang bikin hati ga enak, malah kebawa mimpi huhuhu. *curhat

    BalasHapus
  29. Ah bener banget Mbak. Hampir semua kegiatan tersebut di atas saya lakukan saat ingin relaxing. Aaahh tiap hari malah ya relaxingnya. Secara sudah gak jadi orang kantoran sejak 2007 hahaha.

    Makasih untuk backlinknya ya Mbak. Semoga berkah untuk kita semua.

    BalasHapus