5 Penulis Buku Favorit Luar Negeri - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 27 Oktober 2022

5 Penulis Buku Favorit Luar Negeri

Assalamu'alaikum. Kecintaan buku sudah mendarah daging pada diri saya. Dari kecil, sekolah hingga bekerja, lingkungan mengenal saya sebagai maniak buku bacaan. Buku selalu menjadi salah satu benda wajib yang ada di dalam tas. Lantas apakah dengan sekian banyaknya buku bacaan saya punya buku favorit?

Oia hari ini juga spesial. Bertepatan dengan hal istimewa, jadi saya akan mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional. Semoga kita tetap memiliki semangat menulis di blog ya teman-teman.



Tentu aja ada ya buku favorit meski nggak hanya satu atau dua, lebih dari 10 buku. Saking saya nggak bisa memilih di bawah 5 buku favorit, hahahaa.

Kalo dalam artikel yang lalu (udah lama), hehe... udah pernah saya tuliskan buku favorit dari karya penulis dalam negeri dan luar negeri. Kali ini saya hanya tuliskan buku-buku karya penulis luar negeri. Bukan karena tidak cinta produk dalam negeri tapi emang sejak masih remaja saya udah suka banget baca novel karya penulis luar negeri.

Nggak usah berpanjang kaliamat ya, yuk cek di bawah ini :

The WHISTLER - John Grisham



Lacy Stoltz adalah penyidik Dewan Kode Etik Yudisial Florida. Ia seorang pengacara, bukan polisi, dan tugasnya adalah menangani pelanggaran kode etik para hakim. Untungnya, para hakim di negara bagian itu rata-rata jujur, pekerja keras, serta berkomitmen pada peradilan dan keadilan.


Sampai seorang mantan pengacara bernama Greg Myers menghubungi Lacy dan mengaku memiliki informasi tentang hakim penerima suap. Uang suap itu amat sangat besar hingga melebihi jumlah uang suap semua hakim korup dari semua negara bagian di Amerika Serikat. Hakim Claudia McDover usia 56 tahun yang terpilih setiap periode dengan mulus.


Greg mengklaim hakim itu terhubung dengan mafia pemilik kasino besar di tanah Penduduk Asli Amerika yang tak segan-segan membunuh siapa pun yang menghalangi jalan mereka. Informasi itu diperoleh Greg dari klien satu-satunya, sang informan, yang ingin tetap anonim demi keselamatannya sendiri.


Lacy tahu kasus ini tidak seperti perkara yang biasa ia tangani, dan kendati terlibat di dalamnya akan mengancam nyawa banyak orang, ia bertekad akan mengungkap kasus ini sampai ke akar-akarnya.


Saya baca buku ini belum selesai-selesai karena terdistrak macam-macam kerjaan, hahahaa.

Tapi intinya sih kisahnya tentang kerjaan Lacy yang tadinya tenang tanpa badai, mendadak berubah sejak menangani kasus yang disodorkan Greg Myers. Ceritanya seperti biasa, John Grisham selalu bikin jantung saya berdetak kencang ketika ada momen tertentu, seperti orang asing yang memasuki rumah asisten pengadilan Jo-Helen Hooper. Deg-degan banget sih baca di hal 377.


SAVE HEAVEN - Nicholas Sparks



Seorang perempuan tergopoh-gopoh meninggalkan rumah. Dia mengetuk pintu rumah tetangga, Bu Feldman. Keduanya berpelukan lantas dalam hitungan jam ia berpamitan meninggalkan Boston. Kepergiannya pada hari itu dibuntuti seorang polisi, Kevin. Namun ia bisa melepaskan diri setelah mengubah warna rambut dan memakai baju berbeda. Ia menaiki bus yang membawanya hingga di sebuah tempat dengan pemandangan mempesona di tepi laut dengan dermaga dan perahu.

Berpuluh kilometer dari Boston, tepatnya di Southport, Katie melamar pekerjaan di kedai Maddie. Ia membeli rumah pondok di pinggir kota dan hidup menyendiri.


Suatu hari, Katie membeli beras, ikan tuna, dan lampu di toko milik Alex, seorang single parent yang membesarkan dua anak, Josh dan Lexie. Sifat Katie yang tertutup membuat pertemuan pertama Katie dan Alex terlihat canggung. Bahkan, inisiatif Alex memberikan sepeda kepada Katie untuk memudahkannya berangkat kerja ke kedai Maddie malah memicu pertengkaran. Sampai akhirnya, sesuatu dari masa lalu yang ingin dilupakan kembali menghantui Katie.    


Katie sebenarnya memiliki karakter yang kuat. Dia selama ini mampu bertahan dari Kevin, menyembunyikan semua rasa sakit di hatinya. Namun dia beruntung akhirnya menemukan jalan keluar. Kebutuhan untuk hidup yang lebih baik, membuat dirinya memutuskan langkah pemberani.


Pada awalnya dia menjaga jarak dari orang lain. Namun saat bersama dengan Alex dan anak-anaknya, dia menemukan kenyamanan, dia menemukan tempat yang aman di dalamnya. Namun namanya juga masa lalu masih menanti kelengahannya, Katie masih diuji dengan kenyataan pahit.


Meskipun dia ingin bahagia menatap masa depan baru, rasa takut sesekali muncul bila Kevin dapat menemukannya kapan saja. Akhirnya, apakah dia akan bisa memulai hidup baru dengan Alex, Kristen dan Josh? Yuk baca novel ini, temans.

On the Street Where You Live - Marry Higgins Clarks


Setelah perceraian yang menyakitkan dan kasus penguntitan yang mengerikan, Emily Graham pindah ke Spring Lake, kota pantai yang indah di New Jersey. Ia berharap akan mendapatkan "akar" dan ketentraman. Sang pengacara kriminal ini membeli rumah yang pernah ditempati moyangnya di abad silam.


Tapi di hari pertamanya di rumah itu, Emily sudah mendapatkan kejutan. Kerangka wanita muda yang hilang empat setengah tahun lalu ditemukan di halaman belakang rumahnya ketika para pekerja sedang menggali kolam renang. Dan di tangan kerangka itu tergenggam tulang jari Madeline, nenek moyang Emily yang hilang pada tanggal yang sama 110 tahun lalu!


Kurang dari seminggu kemudian, dua lagi sisa-sisa jenazah wanita muda yang hilang pada tanggal yang sama di abad yang berbeda, ditemukan di Spring Lake. 


Penemuan-penemuan menggemparkan ini membuat semua orang bertanya-tanya. Apakah ada pembunuhan copycat yang kebetulan mengetahui detil-detil pembunuhan di tahun 1890-an dan mempraktektikkanya di abad ke 2 atau si pembunuh sendiri yang bereinkarnasi dan mengulangi aksinya? 


Siapa pun dia, si pembunuh telah memilih Emily untuk menjadi korban ke tiga, menggenapi lingkaran pembunuhan antar abad.


The Sister's Keeper - Jodi Picoult

Tahun 1990: Brian dan SaraFitzgerald tinggal di Upper Darby, Amerika Serikat. Kate, anak mereka,  berusia dua tahun saat didiagnosis menderita APL. Jesse, sang kakak dinyatakan tidak cocok menjadi donor allogenik, sementara donor dari orang yang tidak berhubungan darah sangat berbahaya dan resiko kematiannya tinggi. Setelah itu, Brian dan Sara berencana menciptakan anak dengan mendatangi para ahli genetika guna memperoleh kecocokan sempurna dengan Kate. Ya, nantinya anak itulah yang akan menjadi donor allogenik guna menunjang hidup Kate.



Malam tahun baru 1991, bayi penyelamat itu lahir. Beberapa jam setelah lahir, Anna sudah menyumbangkan sel darah tali pusat untuk kakaknya, Kate. Setelah itu Anna menjalani puluhan suntikan, transfusi darah, dan operasi agar Kate bisa melawan leukemia yang dideritanya. Hingga usianya 13 tahun, sudah tak terhitung lagi sumbangan yang diberikan Anna pada Kate. Dan saat ini, ibunya meminta Anna mendonorkan ginjalnya untuk Kate yang nyaris sekarat.


Menginjak usia remaja, Anna mulai berani mempertanyakan tujuan hidupnya. Sampai kapan ia harus terus menyuplai kebutuhan kakak perempuannya? 


Hal ini membuat Anna memberanikan diri mendatangi pengacara dan menuntut keluarganya sendiri dengan gugatan ingin mendapatkan kebebasan medis untuk dirinya sendiri. Meskipun Anna baru berusia 13 tahun tapi pemikirannya dan ketegasannya layak diacungi jempol. Keputusan ini cukup berat bagi Anna, meskipun yang mengambil keputusan ini dirinya sendiri.


Dengan bantuan Campbell, pengacaranya, Anna melakukan perdebatannya. Pertimbangan demi pertimbangan sempat membuat Anna menjadi galau saat ia memikirkan apakah harus tetap maju menyelesaikan pertentangan yang ia mulai, ataukah ia harus menyerah dengan alasan lawan yang dihadapinya adalah orang tuanya sendiri.

Cerita yang mengaduk emosi pembaca ini beneran jadi pembelajaran ketika keluarga memiliki masalah kesehatan. Dari sisi moral ada banyak tantangannya. Kali ini penulis terlalu banyak memasukkan karakter dalam ceritanya. Jadi sebagai pembaca, saya awalnya bolak balik buka halaman sebelumnya agar lebih mengenal satu persatu semua tokoh di dalam cerita.

Northern Light - Nora Robers

Nate Burke adalah seorang anggota kepolisian di Baltimore yang memutuskan berhenti dari pekerjaannya. Ia pindah dan menjadi kepala polisi baru di Lunacy, sebuah kota kecil di Alaska. 


Luka masa lalu masih mengikutinya. Ia dulunya polisi di divisi yang menangani kasus pembunuhan. Karirnya sukses namun tidak dengan rumah tangganya, istrinya selingkuh dengan seorang kerabat. Alasannya karena Nate terlalu fokus pada pekerjaannya.




Novel yang diterbitkan tahun 2004 ini menampilkan sisi romansa antara Nate dan Meg, salah seorang wanita tinggal sendiri di Lunacy. Hubungan keduanya begitu pas seiring dengan terungkapnya peristiwa pembunuhan lima belas tahun lalu yang kembali mencuat.


Sebelum itu karir Nate hancur saat menyaksikan kematian langsung teman sejawatnya, tepat dihadapan pria itu. Hati Nate hancur dan sejak kejadian itu ia kehilangan semangatnya sebagai seorang polisi.


Nate pergi ke Lunacy. Sebuah kota kecil di Alaska dengan pemandangan persis di dalam lukisan-lukisan. Deretan pengunungan tinggi bersalju, padang landai dan luas, juga rumah-rumah dari kayu bagai miniatur di dalam bola salju. 


Nate menikmati tugasnya sebagai kepala kepolisian di sebuah kota kecil. Di sini tidak terlalu banyak pekerjaan yang serius; berurusan dengan para pemuda pemabuk yang senang membuat kekacauan di tempat umum. Atau membereskan salju yang menutupi jalan-jalan, dan pekerjaan-pekerjaan remeh lainnya.


Di satu sisi, Nate tidak bisa mengabaikan sosok Meg, seorang penerbang lokal. Ia mulai menyukai perempuan itu, sebagaimana lelaki itu menikmati cahaya kutub, atau aurora borealis. Lalu tibalah momen ini, sebuah peristiwa genting terjadi di pegunungan di atas kota lunacy. Sekelompok anak-anak memutuskan mendaki di tengah badai salju. Untung saja rombongan itu berhasil diselamatkan dan sejarah kelam Lunacy ikut terlihat bersamaan dengan evakuasi rombongan tersebut.


Sesosok mayat dengan benda tajam tertancap di dadanya. Mayat yang ternyata adalah ayah dari Meg yang hilang 15 tahun yang lalu. Penemuan ini menghadirkan teror pada warga Lunacy, terlebih lagi salah seorang warganya ditemukan bunuh diri dengan surat yang menyatakan dirinya sebagai pembunuh 15 tahun lalu. Kecurigaan muncul dan Nate berusaha menemukan pelaku sebenarnya dibalik dua kasus pembunuhan itu.


Cerita dalam buku ini mengajak kita masuk kedalam suasana Lunacy dengan penggambaran yang begitu jelas oleh sang penulis. Selain itu, karakter Nate dibangun dengan pondasi yang begitu kuat. Memiliki hati lembut namun juga penyendiri, Nate digambarkan sebagai sosok penyelidik dengan intuisi kuat.


Dari kelima judul buku favorit saya, sudahkah kamu juga membacanya? Bahkan ada dua buku di atas yang saya baca lebih dari dua kali saking suka dengan jalinan ceritanya.

Namun masih ada lagi buku favorit lainnya yang belum pernah saya tulis di blog ini. Sementara ada kesempatan lain waktu untuk menuliskannya. Wassalamu'alaikum.

11 komentar:

  1. Dari 5 list kayaknya yang pernah baca John Grisham. Novelnya yang pertama kali kubaca kayaknya Street Lawyer pas SMP 🤣

    BalasHapus
  2. Bukunya bagus-bagus. Saya tertarik yang On the street where you live, kira-kira bisa beli dimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di market place masih ada kok mba, coba aja cek dengan keyword judul buku yang dimaksudkan

      Hapus
  3. Kayaknya, kakak suka cerita-cerita yang temanya hukum ya. Aku juga suka sih tema cerita ini. Apalagi kalau ada visualisasinya juga,. Pasti lebih seru dan mendebarkan ya.

    BalasHapus
  4. Yang John Grisham dan Nora Robert saya sudah baca juga mba..suka juga dg karya2 merwka lainnya, klo yg 3 lagi sy blm pernah baca nih..jd penasaran pengen baca juga euy..

    BalasHapus
  5. Bagus2 nih buku favorit Mbak Wati, kebetulan suka dengan genrenya nih. Yang Grisham itu aku udah baca apa belum ya, kok lali hehehee...

    BalasHapus
  6. Karya-karya John Grisham aku juga suka mba, seru-seru jalan ceritanya. Sejak SMP ketagihan genre thriller nih ^^

    BalasHapus
  7. John Grisham dan Nora Roberts aku juga suka karya-karya mereka, Nicholas Sparks juga punya beberapa novelnya toss dulu dong Bu bacaan kita sefrekuensi nih ehehe

    BalasHapus
  8. mbaak aku belum baca semuaaa, tapi coba kubaca ahh rekomendasi mbak wati sepertinya seruuu

    BalasHapus
  9. Ternyata sukanya yang berbau misteri dan detektif-detektifan, nih. Pernah baca bukunya John Grisham juga, tapi lupa judulnya. Bacaan berat, bener-bener kudu mengenal tokoh-tokohnya.

    BalasHapus
  10. Khasnya John Grisham pasti cerita soal hukum dgn tokoh utama pengacara kalo nicholas spark cenderung romance ya mbak. Aku pun punya banyak kolekai 2penulis itu. Jodi Picoult juga apik

    BalasHapus