7 Makanan Korea Yang Cocok Untuk Teman Nonton Drama atau Film Korea - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 26 Juli 2022

7 Makanan Korea Yang Cocok Untuk Teman Nonton Drama atau Film Korea

Assalamualaikum. Nonton drama Korea atau Film Korea yang paling asik tentu di rumah aja. Sambil rebahan, atau sesuka kalian aja menikmati jalannya cerita drakor. Meski saya bukan penggemar addict drakor, namun bila ketemu sinopsis yang menarik, bukan tak mungkin menjadi pilihan hiburan di rumah.



Oia di blog ini saya udah pernah menuliskan review drama Korea dengan genre detektif. Kalian yang pengen nonton bisa cek dulu dalam artikel Reveiw Drakor Forest of Secret ya teman-teman.


Nonton drama Korea paling asik kalo sambil ngemil. Eh ngemil atau makan ya, hmmm?!


Kalo ngelihat jenis makanan Korea yang akan saya tuliskan di artikel ini dilihat dari wujudnya mengenyangkan semua. Jadi sepakat ya saya sebut makanan Korea agar nggak ada yang protes nantinya, hahahaa.


7 Makanan Korea Jadi Teman Nonton Drama Korea atau Film Korea

Makanan Korea mudah ditemukan di Indonesia, baik di restoran, warung, ataupun yang instan di minimarket dan supermarket. Tren makanan Korea yang berkembang cukup pesat di berbagai belahan bumi, tentu karena hadirnya drama Korea dan Film Korea yang beredar di jagad maya. 


Drama Korea yang terdiri dari beberapa hingga puluhan serial, sering loh terselip adegan makan. Penampakan makanan Korea yang terlihat menarik, lezat, bikin kita mupeng juga mau nyobain. Apalagi kalo makanan yang sedang dinikmati oppa Korea itu bisa ditemukan di negara kita. Makin lah semangat buat nyari keberadaan resto atau kedai yang menyajikan masakan Korea.  


Ini lah 7 Makanan Korea Untuk Teman Nonton Drama Korea/Film Korea :

1. Ramyun

Pertama mengenal makanan ini justru dari resto Jepang yaitu ramen. Beda Ramen dan Ramyun apa sih, apa cuma beda penyebutan aja? Selain beda pelafalan, beda asalnya, juga beda bahan mie nya. Mi ramen biasanya dibuat sendiri dengan tekstur tebal. Kalo ramyun Korea biasanya pakai mi yang keriting.


Perbedaan berikutnya ada pada topingnya. Kalo ramen biasanya lebih variatf dibanding ramyun. Ramen sering menggunakan toping gyoza, katsu, telur, jamur, ayam. Kalo ramyun lebih sederhana, hanya bawang bombai, telur, dan jamur. Cita rasa ramyun juga identik  dengan pedas asam. Bisa jadi karena disajikan dengan kimchi, sehingga membuat rasanya semakin lengkap

2. Tteokbokki

Sebagai orang yang bukan pecinta drama Korea, saya justru kenal makanan ini dari channel YouTube salah seroang konten kreator. Kemudian karena penasaran, saya nyari channel lainnya yang mengulas tteokbokki. 

Yang masak si bungsu,
beli ttokpokki instan di minimarket 


Jadi ketika suatu hari saya nonton drakor dengan adegan pemainnya makan tteokboki, udah nggak kaget dong. Sering juga disebut kue beras dan memiliki cita rasa yang pedas dengan tekstur kenyal. Meski dulunya dikenal sebagai hidangan para raja, sekarang tteoobokki justru gampang ditemukan dalam kemasan instan yang dijual di minimarket. Oia ada juga nama lain dari tteokbokki yaitu ttokpokki. 

3. Kimchi

Ahhh ini dia makanan Korea yang pertama kali pernah saya cicipi. Makanan yang terbuat dari sayuran dan difermentasikan dengan bermacam bumbu pedas, biasanya menjadi makanan pendamping.


Kimchi merupakan makanan tradisional Korea yang berusia ribuan tahun. Dari website Visit Korea, kimchi udah ada sejak abad keempat. Fermentasi sayuran ini dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Butuh ketelitian, kebersihan, dan ketekunan dalam proses pembuatan kimchi. Bahan sayuran lobak, wortel, dan sawi putih ditambah cabai merah, yang berguna untuk menghambat proses pembusukan saat proses pembuatannya. Pantas aja ya rasa kimchi tuh pedesnya kayak setan, bikin ndower bibir, hahahaa.

4. Bulgogi

Siapa yang tak kenal dengan makanan Korea ini? Bulgogi adalan makanan dengan bahan dasar daging. Irisan daging tipis tipis dan direndam bumbu menghasilkan cita rasa masakan yang kuat dan khas. Bumbunya terdiri dari jahe, kecap asin, bawang putih, gula, minyak wijen, lada.


Irisan daging yang dimarinasi dengan campuran bumbu ini kemudian ditumis. Ada bahan pelengkap lainnya, seperti jamur, daun bawang, dan taburan wijen. Sayangnya pertama kali makan bulgogi ini ketika sosial media belum muncul. Ya tahun 2004 saat diajakin makan bersama teman-teman di resto Korea di Semarang oleh bos. Nggak ada sesi foto-foto dan dijadikan konten seperti sekarang.

5. Kimbab

Kalo mendengar atau membaca nama masakan ini jadi teringat dengan akun channel YouTube salah seorang konten kreator yang tinggal di Korea. Ya Kimbab Family yang terdiri dari suami istri dan tiga putri putra yang manis dan menggemaskan. 

Picture from sutterstock


Dulu saya mengira kimbab sama dengan sushi dari Jepang. Ya karena bentuknya mirip juga kan. Namun ternyata tetap berbeda karena isiannya tak sama. Kalo Kimbab isinya sederhana, yaitu telur, daging yang telah dibumbui, mentimun atau acar. 

Yang menarik adalah kimbab udah banyak ditemukan juga di negeri ini. Bahkan ada loh usaha Makanan korea di Malang yang menyajikan kimbab dari dapur rumahnya. 

6. Odeng atau Eomuk



Apakah kedua makanan ini sama, teman-teman? Katanya kalo odeng itu versi evolusi dari Jepang. Karena memang dikenal sejak masa pendudukan Jepang di Korea Selatan. Identik dengan nama kue ikan, memang bahan baku utama dari ikan yang digiling. Kemudian dicampur bumbu dan dibentuk menjadi seperti lembran yang kemudian ditusuk dengan lidi dan direbus. 

Kalian udah pernah nyoba odeng atau eomuk? Bagi dong cerita di kolom komentar di bawah artikel ini.

7. Hotteok

Pancake yang bisa diisi rasa manis, asin, dan gurih ini merupakan makanan Korea Selatan yang disukai warga dunia. Kudapan khas musim dingin di negara ginseng ini juga udah dikenal akrab dengan lidah orang Indonesia.

Picture by stellanspice.com


Kue yang menggunakan bahan dasar campuran tepung terigu dan tepung ketan, air, gula, susu, ragi instan, ini dibentuk menyerupai bola karen proses proofing. Kemudian adonan ditekan-tekan hingga pipih di wajan datar setelah sebelumnya diisi sesuai selera. Isiannya kebanyakan manis, yaitu coklat, madu, kacang tanah, kayu manis, dan lainnya. Hotteok enak disajikan dalam keadaan panas yang baru diangkat dari wajan. 


Gimana dengan beragam makanan Korea yang bisa dijadikan cemilan saat nonton drakor, teman-teman? Atau kalian tertarik untuk nyoba bikin di dapur sendiri? Ahhh, saya sendiri suka masak dan membagikan resepnya di blog ini. Nggak apa ya meski niche blog ini Lifestyle blog namun bisa juga kok menampilkan resep masakan. Namanya juga blog gado-gado, atau nasi rames, semua ada deh di sini. 


Di antara ke tujuh masakan Korea di atas, mana yang udah pernah saya bikin sendiri di rumah? Ada tiga makanan Korea yaitu Tteokbokki/Ttokpokki, Hotteok, dan Bulgogi. Bulgogi ini cukup sering juga saya sajikan karena anak-anak suka. Tapi mereka nggak mau kalo saya kasih taburan wijen setelah diangkat dari wajan. Maunya ya polosan aja gitu.


Eh ngomongin makanan Korea gini malah bikin saya lapar. Kalian pasti juga kan, ngaku aja deh. Hehee. Yuk masak yang mudah aja, ngerebus ttopokki dari kemasan instan beli di minimarket, teman-teman. Nikmati sambil nonton drakor pilihan kalian. Gimana, setuju kaaan?! Wassalamualaikum.

Sumber artikel :
- katadata
- parapuan.co
- orami.co.id

23 komentar:

  1. Ah beginilah dampak drama Korea, jadi kepincut juga sama makanan orang sana kayak Ramyeon sama tteokbokki pas banget buat temen nonton drakor, hehe. Hettoek juga suka roti satu ini rasanya khas banget, tapi jarang ada di sini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Dari semua makanan korea ini cuma Hotteok yang belum saya coba. Penasaran ah mau nyoba rasanya seperti apa. Pengen nyobain semua isiannya manis, asin

    BalasHapus
  3. Suka semuanya, apalagi ramen dan hotteok, roti manis. Kalo yang pedes suka sakit perut jadinya.

    BalasHapus
  4. Hotteok ini sama Dorayaki tuh sama atau beda ya? Aku yang pecinta drama Korea malah belum pernah menikmati makanan Korea lho Mbak Wati 😂 soalnya lidahku gak cocok sama rasa pedas

    BalasHapus
  5. Wah suka semua!
    Beberapa kali makan kimbab kebetulan mungkin karena restonya terkenal ya jadi seleranya udah disesuaikan dengan lidah Indonesia

    kalo odeng ya udah, karena sekarang bumbu dan bahan mentahnya tersedia tinggal beli dan masak sendiri di rumah!

    BalasHapus
  6. Sejujurnya aku kurang suka rasa kimchi. Orang bilang rasa asamnya itu seger, di aku enggak. Mungkin di lidahku gak cocok. Kalau yang lain cocok semua. Buat temen nonton drakor paling suka topoki. Jajan online biasanya, tinggal makan. Di BSD sini ada 1 yang cocok banget di aku, rajin beli di satu tempat itu aja.

    BalasHapus
  7. Wah bikin ngileeer semuanya, yang paling gampang dibikin di rumah sih emang ramen lah yah. Tapi anak cewek aku pinter bikin teokboki sampek beli sendiri saos gochujang dan sekarang malah jadi jualan teokboki bikinan sendiri lhooo haha *malah promo jualan anak"

    BalasHapus
  8. pernah makan kimchi, ramyun, toppoki, kimbab sama hotteok, mayan yaa bisa membuat kita jadi kesemsem sama Korea hihi terutama drakornya hihihi dulu pernah bikin kimchi sama orang Korea langsung, kayak mudah, tapi susah bagi kita mah, tapi enak banget lho buatan dia.

    BalasHapus
  9. wah mbak Wati sudah pernah masak sendiri 3 diantara 7 hidangan Korea ini. Saya satupun belum pernah mencicipi.

    Anak saya pernah beli ttopokki instan, terus dia masak. Tapi ya cuma sekali itu aja, nggak cocok di lidahnya

    BalasHapus
  10. mbaaa aku belum cobain hotteok, ini macam bakpia bukan sih? ahh jadi laper kan aku, okay nanti siang pesen online jajanan khas korea ah

    BalasHapus
  11. Dari sekian menu diatas aku belum nyobain kimchi sama hotteok mbak, kapan hari baru nyobain odeng. Enak juga ya dinikmati pake saos pedas manisnya

    BalasHapus
  12. kayaknyaaa banyak makanan Korea yang enak ya mba.. aku pun sering jajan makanan Korea yang yummy - yummy

    BalasHapus
  13. Ah iya
    Klo nonton drama Korea bawaannya pengen makanan Korea juga
    Biasanya aku sambil makan ramen or toboki

    BalasHapus
  14. Auto lapar memang kalo nonton drama korea.
    Aku suka mendadak makan mie tengah malam, uhuhuu...jadi gagal diet gegara ngiler ramyeon.

    BalasHapus
  15. Belum pernah mencoba bikin sendiri maak, gak hobby masak.
    Naah sekarang banyak tersedia makanan korea di gofood dkk kami memanfaatkan itu plus promonya pasti yaa...

    Mager dirumah sambil.pesen2 makanan, happy weekend maak 👌

    BalasHapus
  16. Kimbab ini seperti enak dimakan tapi lumayan modal ngebuatnya ya terutama rumput laut yang lembaran heheh... asli pengen juga sesekali bikin biar bekal anak juga bervariasi. Semua menunya pengen nyobain deh.

    BalasHapus
  17. Makanan Korea yang udah umum banget di Indonesia ini ya mak.. Termasuk mudah didapat..emang cucok sih buat temen nonton drakor hehe..Harus sedia banyak nih biar makanan bisa nemenin sepanjang acara

    BalasHapus
  18. Karena kusuka asin pedas, maka pilih Tteokbokki sama Kimbab aja buat nemenin ngedrakor. Tapi ini ngayal sih, ahahaha

    Ngedramanya malam. Jadi sebisa mungkin gak ngemil. Paling makan Tteokbokki pas siang atau sore. Ini pun pilih yang instan juga

    BalasHapus
  19. Aduuhhh racuun bgt ini maah
    aku suka drakor. Tp kyknya baru coba topokki ama corn dog aja
    Mauukk nyoba yg lain jugaaaaa

    BalasHapus
  20. Nyam2 kalau aku penggemar berat Tteokbokki alias toppoki hehehe
    Suka nyetok gitu, apalagi yang rasanya pedas :D Kadang aku makannya sama nasi dan lauk juga. Kalau kimbab ku suka makannya pas lagi piknik hehe :D

    BalasHapus
  21. Kimchi satu-satunya dari menu di atas yang pernah saya cicipi. Suka banget dengan sayuran fermentasi ini, meski rasanya agak aneh di lidah orang indonesia. Btw, kabarnya sayuran fermentasi ini juga baik utk kesehatan ya mbak. Sayangnya belum bisa bikin sendiri.

    BalasHapus
  22. Hihihihiii aku kurang suka sama drakor dan makanannya. Cm dari tampilan yg mirip kue apem boljug tuh hehehe

    BalasHapus
  23. Aku langsung ngeces lihat ramyeun ya wkkww, enak banget kayak mie instannya indonesia. Enak dibuat makan sambil nonton, sama satu lagi aku suka, tteokbokki. Kenyal pedes, enyaaak

    BalasHapus