Review Drama Korea Forest of Secrets, Kisah Sang Jaksa dan Detektiv - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 22 September 2020

Review Drama Korea Forest of Secrets, Kisah Sang Jaksa dan Detektiv



Assalamualaikum Sahabat. Kali ini saya ingin menuliskan review drama Korea. Ah aneh juga ya, kan selama ini saya nulis reveiw film Hollywood dan belum pernah drakor. Ya enggak apa sih sesekali karena penasaran dan udah nonton juga. Sayang kalo enggak dituliskan review nya.

Sinopsis Forest of Secrets :

Forest of Secret menceritakan seorang jaksa Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo), yang tidak bisa merasakan emosi terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Waktu usia sekolah dasar dirinya pernah menjalani operasi otak. Hwan Shi Mok seorang jaksa yang dingin, rasional, dan memiliki integritas. Meskipun sebagian besar jaksa di kantor kejaksaan banyak yang menerima suap.

Pada suatu hari rangkaian pembunuhan disusun rapi oleh seseorang. Dan menggiring Hwan Shi Mok ke lokasi terjadinya pembunuhan. Di TKP dia bertemu dengan Letnan Han Yeo Jin (Bae Doo Na). Pertemuan yang membuat keduanya saling mengenal dan terjebak dalam labirin misteri. Mereka bersama saling memberantas korupsi di masing-masing departemennya. Serta mengusut pembunuhan berantai yang saling terkait.


Review Forest of Secrets :

Sebetulnya saya udah lama banget nggak nonton drama Korea. Assliii... saya takut kecanduan seperti jaman dulu. Tapi drakor sekarang ternyata kan ada tayangan tunda. Nggak kayak dulu yang hanya ada di beberapa TV Nasional. Saat ini ada banyak pilihan bagi pecinta drakor. Saya sendiri nonton Forest of secrets di VIU. Gratis ya, yang original dan bukan yang premium.

Yuk deh mulai ceritanya!

Hwan Shi Mok, dulunya waktu masih usia SD pernah ngalami sakit kepala yang memunculkan emosi berlebihan. Ketika marah, dia akan membanting benda apa aja yang ada di hadapannya. Ketika hatinya sedang senang, dia akan tertawa berlebihan. Akhirnya ketika sakitnya sudah tak tertahankan, dia pun menjalani lobotomi. Operasi di otak yang ternyata memiliki efek samping. 

Dia tak lagi memiliki emosi bahkan susah mengekspresikan sedih, bahagia, atau jatuh cinta.  Bahkan dia dijuluki psikopat karena tidak pernah merespon lawan bicaranya. Dia sesekali mengalami sakit kepala yang luar biasa. Pernah mobilnya berhenti mendadak di tengah lalu lintas yang ramai. Karena dia mengalami sakit kepala yang tak tertahankan. Untungnya nggak berapa lama sakitnya reda. 

Cerita berlanjut dengan kehadirannya di tempat pembunuhan, rumah milik korban yaitu Park Moo Sung (diperankan oleh Um Hyo Sup). Mok pula yang menghubungi kantor polisi untuk melaporkan pembunuhan. Ini lah yang bikin dia masuk sebagai calon tersangka. Dia sendiri merasa dijebak, namun dia berhasil menangkap pelaku. Seorang tukang servis TV.

Bahkan di sini pula perjumpaan pertamanya dengan Letnan Han Yeo Jin, yang gemas karena Mok tidak merespon pertanyaannya. Hahahaa, iya sih wajahnya datar gitu. Cool banget!



Tapi ternyata, pelaku yang tukang servis TV ini bukan pembunuh yang sebenarnya.  Si tukang servis TV-nya ini ngambil perhiasan, otomatis dia jadi tersangka dan di penjara. Tapi dia tidak terima, karena dia bukan pembunuh, bahkan akhirnya gantung diri di dalam selnya. Park Moo melakukan ini agar pihak jaksa yang telah memasukkannya ke bui, merasa bersalah. Sebelumnya dia sempat menulis surat kepada Hwan Shi Mok.

Awalnya kasus dipegang Hwan Shi Mok, tetapi ada juniornya jaksa wanita Young Eun Soo (Shin Hye Sun) memiliki keinginan sama. Dia ingin membuktikan bisa mengungkap kasus. 

Dalam perjalanannya, setelah vonis baru ketahuan kalo pembunuh bukan tukang TV. Semula dia dianggap berjasa, dipuji-puji. Namun ketika Park Moo gantung diri, streslah dia dan keadaan ayahnya semakin memburuk. 

Ayah dari jaksa Young ini mantan menteri, yang dijebak melakukan korupsi. Dengan menjadi jaksa, Young Eun Soo ingin membuktikan jika ayahnya tidak bersalah. Episode-episode awal sih, dia sering berantem karena tidak tahu jika Hwan Shi Mok itu pernah operasi yang tidak bisa merasakan emosi. Tapi bukan berarti Hwan Shi Mok ini dingin atau psikopat seperti yang disangkakan temannya para jaksa ya.

Akting Kece Pemeran Utama dan Pendukung



Yang seru dari drakor ini adalah akting seluruh pemainnya keren abis. Sejak berhenti nonton drakor, saya nggak tertarik dengan genre romance. Tapi karena tantangan nulis tema arisan drakor, saya harus  nyari drakor yang menarik untuk saya ikuti tayangannya sampai habis. 

Sempat loh saya nanya pada teman blogger yang suka nonton drakor dan menuliskan review-nya. Namun entah mengapa kok saya belum ketemu judul drakor yang cocok, hahahaa.

Akhirnya gak sengaja ketemu Stranger, Forest of Secrets. Dari nonton trailer nya aja udah bikin saya langsung nonton episode 1 seketika itu juga. Trus lanjut hingga episode 6 dan tak mampu berhenti. Dan Forest of Secrets jadi drakor favorit saya sementara ini.


Selain jalan ceritanya yang penuh teka-teki, bikin penasaran banget. Juga info tentang kasus pembunuhan yang berujung pada terbukanya kasus korupsi besar-besaran di tubuh kejaksaan. Jalan ceritanya dibuat perlahan-lahan dalam pengungkapan siapa tersangka pembunuh yang sebenarnya. Bahkan sampai episode ke 10, jadi penonton memang dibuat bersabar nontonnya.

Akting seluruh pemainnya benar-benar memukau. Terlihat alami, tidak ada yang bertele-tele ngomong gak penting. Saya paling nggak suka drakor dengan percakapan lebai. Namun Forest of Secrets ini tidak bakal kalian temukan kalimat itu. Terselip juga percakapan yang aslinya lucu, tapi karena si Mok ekspresinya datar, jadi geli sendiri melihat reaksi lawan mainnya yang gemas. Dan Hwang Shi Mok langsung jadi aktor drakor favorit saiyaah. Hahahahaa.

Letnan Hen Yeo Jin yang akhirnya menjadi teman seperjuangan *eciyeee, suka nggodain si om jaksa yang kece. Tapi gak pernah dapat tanggapan. Biasanya Yeo Jin akan memberikan gambar diri Jaksa Mok saat sedang serius dan fokus dengan kasus yang dihadapi. 

Korupsi yang terjadi nggak hanya di kejaksaan tapi juga di kepolisian. Pembunuhan yang kedua, lagi-lagi Mok yang ketahuan ngejar-ngejar si korban, terjadi di rumah korban pertama. Hmmm, sampai di sini aja udah kelihatan banget ketegangan yang sengaja dibangun dengan pelan-pelan.

Ada juga jaksa Seo Dong Jae (Lee Jun Hyuk), yang menjadi teman di kejaksaan, orang nya tengil sih menurutku. Udah jadi tersangka, rempong menyembunyikan bukti namun tetap aja ketahuan anak buah tim khusus. 

Oiya tim khusus ini dibentuk atas usulan seseorang yang masih misterius. Tim ini dipimpin oleh jaksa Mok, dengan dibantu Letnan Yeo Jin, jaksa muda Eun Soo, detektiv Jang Geon, dan beberapa staf jaksa.

Ada juga jaksa yang kesannya baik, suka membantu, tapi ternyata dia lah yang jadi biang masalah alias tersangka. 

Seperti yang Letnan Yeo Jin bilang :

Yang selama ini dekat dengan kita, bekerja bersama, tak pernah terlihat bahwa dia melakukan hal yang diduga. Mengapa kita tak pernah tahu atau curiga?

Moral stori dari drama Korea Forest of Secrets adalah :

- Tidak semua orang yang menampakkan sikapnya adalah seperti yang terlihat. Bisa saja dia terlihat kalem tapi hatinya jahat. Atau terlihat dingin dan tak peduli tapi ternyata punya tekad kuat menolongmu. Jadi lah teman yang baik, terima kekurangannya seperti kamu menerima kelebihan

- Seseorang kadang menjadi sosok yang menyebalkan hingga kamu tak peduli. Tapi ketika sosok ini tiada, baru terasa kosong. Kamu kembali mengingat kebersamaan kalian, saat minum bersama teman yang lain atau kegiatan lainnya

- Menjadi teman yang baik, nggak harus memberikan kado yang mahal. Bisa juga dengan menjadi teman yang perhatian saat dibutuhkan. Atau beri kado sederhana yang ternyata menjadi kenangan bagi si teman 

Suweeer, saya terkesan banget dengan drakor pilihan yang tak sengaja malah jadi awal yang seru dan mengesankan. Setelah sekian lama (ada 10 tahun lebih) nggak nonton drakor, Forest of Secrets menjadi pilihan yang the best.

Kalian harus nonton, terutama kalo suka dengan genre thriller atau misteri pembunuhan. Tapi jangan harap juga menemukan romansa dalam drakor ini, nggak ada sama sekali. Meski saya merasakan Eun Soo atau Yeo Jin menaruh hati pada Hwang Shi Mok. Tapi Mok sendiri nggak merasa, hahahahaa. 

Kayaknya harus ada romansa dikit lah untuk sequel Forest of Secrets. Penonton berharap banget nih! 
Wassalamualaikum.

50 komentar:

  1. Mbak Wati, aku blas nggak ngeh dunia perdrakoran, hehehe. Tapi kok ya penasaran beberapa kali baca bolg teman ngebahas drakor. APakah aku harus lihat juga ya. Penasaran...

    BalasHapus
  2. Wah sepertinya seru ya mba.. ini seri juga kah mba? Aku nek serial panjang kok mules duluan..hihi..

    BalasHapus
  3. Aku dulu suka banget sama genre thriller, tapi kok sekarang milihnya yang lucu-lucu aja deh hehehe

    BalasHapus
  4. Film2 bergenre hukum itu aku suka nonton tapi biasanya yang US-series nih belum pernah nyoba drakornya. Perlu nyobakah? Kira-kira greget mana nih.

    BalasHapus
  5. drakor tahun berapa bun, saya belum pernah nonton. sebelumnya lebih tertarik ke cerita2 yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang ringan konflik tapi bagus juga in rekomendasinya biar jadi tahu tentang kehidupan jaksa dn detektiv kayak gimana

    BalasHapus
  6. Wah seru nih ceritanya noted masuk wishlist...biar bisa ditonton habis romance yang masih on going

    BalasHapus
  7. Yuni paling suka drakor dengan tema detektiv-detektiv sih. Dan forest of secret ini belum pernah yuni tonton. Oke, mari kita ceki-ceki di viu. Ada nggak drakor ini di viu. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum pernah nih nonton drama korea bertema detektif. Pernahnya ya baca komik sama nonton film hollywood aja.

      Hapus
  8. Kayaknya SERUUU nih Mba
    Baiqlaahh, setelah baca review mba Wati, daku bakal masupin drakor ini di next must-watch-drama-list!
    Makasiiyyy

    BalasHapus
  9. Genre thriller ya mbak tadinya pas baca judulnya tak kira drama cinta2an gtu. Simpen dulu review nya pankapan nonton

    BalasHapus
  10. Aku baca reviewnya sambil deg-degan mbak. Udah lama ga nonton film thriller atau detektif kek gini. Anak lanang gegara gabut PJJ akhirnya nontonin drakor model kek gini

    BalasHapus
  11. SUsah kalau ketemu orang yang ekspresinya datar. Ga tahu dia kayak apa meesponnya. bisa bikin stress sendiri. Tapi.....
    Saya bisa juga seperti itu kalau di lingkungan masa kecil. WKwkwkwk

    BalasHapus
  12. oh ini Stranger, Forest of Secrets yng pertama ya?
    Karena ada sequelnya, tapi saya belum sempat nonton
    Pastinya keren juga :D

    BalasHapus
  13. Wah suka saya nih Forest of Secrets, kisah jaksa n detektif ya... Kebetulan lg hunting drakor yg recommended. Makasih ya Mba Wati, nonton jg ahh

    BalasHapus
  14. Waw gentrenya bener-bener triller banget ya mba. Aku penyuka drakor juga tapi belum pernah nonton yang genre ini. Soalnya aku penakut hahaha ��. Suka ga kuat liat yang sadis atau bedarah-darah gitu. Tapi buat yang suka gentre triller, drakor ini pasti cocok ya dan bkin penasaran juga ceritanya

    BalasHapus
  15. Whaaat? Udah 10 tahun lebih nggak nonton drakor? Jangan-jangan kayak saya yang habis nonton Full House terus nggak nonton lagi? Wkwkwk ...

    Tapi kemarin-kemarin saya sempat nonton juga sih dan rasanya drakor kurang cocok buat saya. Waktunya itu loh yang bikin saya malah stress. Udah capek duluan kerja seharian, dampingi anak sekolah, mengerjakan kerjaan sampingan, wah kalau ketemu drakor yang bagus, saya pilih nonton pas beneran senggang gitu jadi nggak pakai nonton per episode karena bikin penasaran hahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, terakhir nonton Full House, hahahaw...lama banget liburnya ya

      Hapus
  16. Waahh seru ini..
    Thriller.
    Kayak lawless lawyer ya ini mbak

    BalasHapus
  17. Kayaknya bagus nih dari reviewnya. Masuk daftar dulu deh, kapankapan nontonnya wkwkwk.. ((((teteup)))) kalau ngedrakor tuh mesti kelarin kerjaan dan sediakan waktu lowong dulu~

    BalasHapus
  18. Kayaknya seru nih drakor. Apalagi saya suka drakor bertemakan misteri dan thriller. Makasih reviewnya Mbak. Ntar nonton ah.

    BalasHapus
  19. Aku nonton nih mbak, gemes sama aktornya mukanya datar banget hahaha...seru ceritanya...

    BalasHapus
  20. Menarik juga ya drama ini, aku nggak terlalu suka genre tapi sepertinya ini menarik

    BalasHapus
  21. aku belum pernah nonton forest of secret nih. lumayan suka sama genre dan ceritanya sih, tapi suka lupa kalau mau nonton :P

    BalasHapus
  22. Wah, Nungma jadi kepo dengan masa 10 tahun Mbak Watik off ngedrakor. Hihi. Ulasan teman2 soal drakor, membuat Nungma berpikir. Mungkin suatu hari nanti bisa meluangkan waktu untuk ngedrakor, tapi kayaknya lebih milih genre yang lucu2 aja. hehe

    BalasHapus
  23. Emang top markotop nih ya drakor bisa begitu viralnya sampe banyak orang mau mereview ceritanya sampai detail

    BalasHapus
  24. Wah, arisan nulis ada groupnya mbk? Seru banget.. Tantangan ya buat yang nggak biasa review film, mau nggak mau jadi review. Ini beberapa kali wira wiri di Viu kayaknya, cm aku belum tertarik ahahaha. Gara2 baca review ini kok pingin lihat

    BalasHapus
  25. Sebetulnya teman baik memang bukan yang selalu kasih hadiah. Saya juga setuju. Memang teman baik itu yang bisa mengerti gimana kita

    BalasHapus
  26. Makin banyak penggemar drakor sejak pandemi, haha...
    Ini bisa jadi rekomendasi film seru karena genrenya misteri gitu ya.

    BalasHapus
  27. Ceritanya bagus mba, jadi pengin nonton. Tapi ada satu bagian yang kayaknya bikin rada males, soal operasi otak yang terus bikin dia ga punya emosi. Emang beneran ada kayak gitu ya? *namanya juga film buuuu... :))

    Aku kok malah pengin nonton Voice ya mba. Tapi alahayyy panjang amat ada ber-season season gitu.

    BalasHapus
  28. Mba Hiday selamat hahahaha lulus nonton ya akhirnya. Ini udah ada sekuelnya mba season two udah ongoong sampe episode 12. Tambah rame mba.

    BalasHapus
  29. Mbak Wati memangnya tahun berapa yang sempat "kecanduan seperti jaman dulu"?

    Penasaran dengan akting tokoh jaksa yang dingin itu .. kayak apa ya dia memainkan perannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu masih on going, gak ada pilihan nonton kayak sekarang. Jadi nonton seminggu sekali, sampai selesai tengah malam aku tungguin. Pagi nya kelabakan deh, kapok

      Hapus
  30. Sempat daku suka banget sama genre thriller,
    tapi makin ke sini milihnya yang kocak kocak dan ga pake mikir, hehehe

    BalasHapus
  31. Aku malah doyan romance, mba. Kalau tentang detective biasanya cek pemainnya dulu. Forcest of secret ini aku belum nton, kayanya seru ya mba.

    BalasHapus
  32. Wah, mb Wati 10 tahun lebih ga nonton drama Korea ya hihi..Aku sih ga ngikutin judul manapun wkwkwkwk... Kalau cerita tentang pembunuhan ngeri juga ya. Seru yg romantis2an aja ๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
  33. Aku kalau nonton drama Korea pasti yang comedy romance gitu dan belum pernah coba nonton tentang jaksa. Nampaknya ini boleh dijadikan list tontonan drakor selanjutnya.

    BalasHapus
  34. Drama ttg jaksa ini jadi pilihan favorit setelah genre medis, seruu soalnya

    BalasHapus
  35. whaaa seru seru! ada yaak itu operasi jadinya ga bisa punya emosi. Masuk malpraktek apa gak sih ini? hahaha ... tapi bahaya juga kalau orang ga mengekspresikan emosi.

    BalasHapus
  36. Wah seru nih, tokoh utamanya juga menarik.... Kapan-kapan pengen nonton juga ah, gratis di viu yah...

    BalasHapus
  37. wuah aku penasaran sama tema detektif yg kayak gini mbaa, cuss cari di Netflix nih

    BalasHapus
  38. Wah, menarik nih kisahnya. Terakhir aku nonton gendre hukum gini kapan ya. While were u sleeping deh yg terakhir. Duh lama banget. Jd pengen nonton yg ini

    BalasHapus
  39. Ga ngikutin drakor tp penasaran klo udah baca review drakor di blog . Suka yg temanya romance heheh

    BalasHapus
  40. Aku belom pernah nonton deh drama ini. Baik yang season 1 atau pun season 2. Kata temen sih seru banget. Dan baca review dari sini bikin kudu nonton deh. Masuk list to watch!

    BalasHapus
  41. Saya pun masih ragu melihat drakor krn takut nggak bisa mengakhiri alias ketagihan. Tapi kalau baca review teman-teman kok jadi pengen nonton juga. Sungguh dilema..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  42. aku juga lagi ngikutin ini maaaak, aku malah taunya judulnya strangers. Hihi. Suka bener sama chemistry hwang si mok dan letnan han. Kaya berasa cocok dan kompak aja gt walaupun ga ada bumbu bumbu romantisnya yaaa.. hihi

    BalasHapus
  43. Wah, as look interesting nih, i am never see this drama. I more like drama comedy romantic

    BalasHapus
  44. Wah menarik ya..jadi penasaran pengen nonton juga nih...Cari waktu dan chanenl darkornya duluah...

    BalasHapus
  45. Aku nonton drama Stranger ini jugaa..
    Tapi judulnya juga Forest of Secret.

    Memang menyelami dunia manusia itubermacam-macam sikap. Beruntung sang tokoh utamanya mengidap penyakit gak bisa merasakan emosi orang lain.
    Huhuu...sedih juga sebenarnya...

    BalasHapus
  46. Jadi penasaran sama filmnya. Eh hari ini aku baru langganan VIU. Ntar coba nonton aah

    BalasHapus
  47. ceritanya seru yaa.. bagus nih buat tontonan di kala senggang.. pesan moralnya bagus buat jd renungan hidup.. penggemar Korea direkomendasikan nonton film ini..

    BalasHapus