Membeli Asuransi Kesehatan Semakin Mudah, Jangan Sia-Siakan! - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 25 November 2021

Membeli Asuransi Kesehatan Semakin Mudah, Jangan Sia-Siakan!

Membeli Asuransi Kesehatan Semakin Mudah, Jangan Sia-Siakan!



Assalamualaikum. Hidup sehat merupakan hal yang tidak disadari dibutuhkan namun seringkali terlupakan. Kesehatan kini telah menjadi kebutuhan pokok manusia untuk melangsungkan hidupnya, tidak lagi cuma sandang, pangan, dan papan saja. Mungkin banyak di antara kita yang merasa kesehatan mahal hanya untuk sebagian kecil orang saja. Namun, nyatanya kesehatan mahal itu untuk semuanya. 


Badan Pusat statistik (BPS) pada tahun 2020 menyatakan bahwa biaya kesehatan mengalami laju inflasi dengan tren yang menaik setiap tahunnya bahkan jauh dibandingkan inflasi harga lainnya secara umum.  


Pandemi covid-19 menjadi penanda bagi kita bahwa kesehatan sangatlah mahal dilihat dari seberapa cepat penyebarannya dan tidak mengenal kalangan, baik tua maupun muda, kaya ataupun miskin, yang sering di rumah ataupun tidak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga hidup yang sehat. 


Dengan resiko-resiko yang mendatang yang dapat menyerang kesehatan kita maupun keluarga, penting bagi kita untuk memberikan perlindungan sejak dini agar ketika kita jatuh sakit tidak mengalami kerugian yang besar. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan membeli produk asuransi kesehatan. 


Gencarnya berbagai kampanye untuk kita melek asuransi, membuat masyarakat semakin paham mengenai pentingnya asuransi untuk proteksi diri maupun orang tersayang. 


Saat ini banyak perusahaan asuransi yang berlomba untuk menawarkan produk asuransi terbaiknya untuk masyarakat dengan berbagai macam manfaat yang menggiurkan dan premi yang affordable. Misalnya saja, pada awal pandemi belum ada asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan terhadap covid-19. Namun saat ini sudah banyak bermunculan asuransi covid 19 yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan dapat dipilih oleh masyarakat untuk memberikan perlindungan lebih dari covid-19 dengan perawatannya yang mahal.


Perkembangan teknologi membantu dalam mencerdaskan masyarakat, dalam mengerti mengenai asuransi. Selain itu juga membantu masyarakat dalam kemudahan untuk membeli produk asuransi. Saat ini banyak perusahaan asuransi yang juga memberikan kemudahan dalam membeli produk asuransi yang ditawarkannya melalui platform digital. 


Namun, terdapat hal yang perlu diperhatikan bagi kamu sebelum membeli asuransi kesehatan secara online, simak penjelasan berikut!


Memahami produk dengan baik

Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah pemahaman kamu mengenai produk asuransi yang ditawarkan. Apabila kamu membeli secara offline, perusahaan asuransi tentunya akan bertanggung jawab untuk menjelaskan secara rinci produk asuransi kepada kamu calon pembeli. 


Namun, apabila kamu membeli secara online, tanggung jawab untuk memahami produk sangat besar bobotnya di tangan kamu mengingat ketiadaan agen asuransi yang dapat menjelaskan ke kamu secara rinci produk yang ditawarkan. Kamu harus memahami mengenai kewajiban kamu sebagai tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung, manfaat produk asuransi, fitur asuransi yang disediakan, dan mekanisme klaim yang ada pada produk asuransi tersebut. 



Meskipun menawarkan kemudahan dalam proses aplikasinya, namun membeli asuransi secara online, khususnya Asuransi Kesehatan Online, sangat rentan membuat peserta asuransinya kecewa karena tidak memahami produk dengan seksama. 


Memahami besar premi dan mekanisme pembayarannya

Hal yang perlu kamu perhatikan lagi adalah besar premi yang harus dibayarkan apakah sudah sesuai dengan kemampuan finansial kamu untuk membayar premi tersebut. 


Pada dasarnya, besar premi dapat menentukan manfaat yang kamu terima dari produk asuransi yang akan kamu pilih. Jangan mudah tergiur dengan premi yang murah. 



Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan periode pembayaran dari premi produk asuransi yang akan kamu pilih.


Keamanan dan privasi

Era digital seperti ini tidak luput dari cyber-crime. Kalau kamu ingat banyak kejadian yang menyangkut kerahasiaan data yang diupload secara online (kasus jokowi dengan sertifikat vaksinnya, foto KTP, dsbnya). 



Pastikan situs yang kamu kunjungi untuk mendaftar asuransi secara online memang menyediakan keamanan data yang terjamin. Pastikan juga kebijakan keamanan dan privasi terkait penggunaan dokumen dan data yang kamu upload pada situs tersebut. 


Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mendaftarkan asuransi kesehatan secara online. Jangan sampai hal yang harusnya memudahkan kamu malah membuat kamu kecewa di masa mendatang, ya! Wassalamualaikum.

22 komentar:

  1. Noted bangeeet Mba.
    Apalagi di usiaku yg menanjak senja, waduh, yg namanya bodi ini kok kayak gampang tumbang.
    Wajib bgt punya asuransi, tapi ya kudu wise dann hati2.

    BalasHapus
  2. asuransi apalagi asuransi kesehatan,
    terlepas dari ada yang setuju dengan basic agama, di era kita hidup ini dibutuhkan mbake

    aku pernah jadi agen asuransi
    menghadapi banyak orang yang tanya ini dan itu, menolak dan lain lain

    pertanyaannya cuman satu : Kamu merasa ini perlu untukmu tidak, jika tidak, ya sudah

    BalasHapus
  3. Sepakat, pemahaman terhadap produk asuransi kesehatan memang penting banget. Harus membaca detail syarat dan ketentuannya. Biar nggak salah pilih dan menyesal kemudian

    BalasHapus
  4. ngomongin asuransi jadi inget deh sama perseteruan ayah dan anaknya yang udah meninggal itu, ngurusin warisan dan asuransi

    BalasHapus
  5. Masa pandemi banyak yang sakit, ga heran kebutuhan akan asuransi kesehatan atau yang khusus covid jadi meningkat. Cuma memang kalau beli asuransi secara online, perlu hati2 ya karena pengisian data pribadi bisa berbahaya jika tidak waspada. Kalau urusan data pribadi, aku prefer ngisi manual tidak secara online via situs.

    BalasHapus
  6. Bener banget mbak, saat berencana membeli produk asuransi kita harus memahami produk yang kita beli dengan baik dan membaca secara teliti klausul-klausul dalam perjanjian agar kelak tidak timbul masalah. Hal penting lainnya tentang premi, pastikan sesuai kemampuan ya mbak.

    BalasHapus
  7. Memang harus pintar-pintar dan jeli memilih asuransi ya, jangan sampai terjebak memilih yg kurang tepat dan ga sesuai kebutuhan ��

    BalasHapus
  8. Pemahaman terhadap produk asuransi benar banget harus dipelajari dengan baik. Jangan sampai salah memilih asuransi kesehatan ya mba. Makasih remindernya mba :)

    BalasHapus
  9. Iyaa betul, nih mbak. Kalau mau kirim2 data via internet gitu suka takut. Nanti malah disalahgunakan atau yg lebih parah bisa tersebar. Makanya pilih asuransi pun mesti jeli..

    BalasHapus
  10. Sekarang berasuransi semakin mudah dan murah juga karena ada yang preminya terjangkau banget ya mbak. Sebisa mungkin kita manfaatkan ya untuk proteksi kesehatan

    BalasHapus
  11. Sebelum membeli produk asuransi harus paham dulu supaya gak salah memilih dan tau manfaatnya terlenih dahulu ya mbak.
    Asyiknya sekarang asuransi kesehatan juga bisa diperoleh secara mudah dengan online

    BalasHapus
  12. Sejak ada BPJS (dengan segala kelebihan dan kekurangannya) masyarakat semakin melek akan manfaat asuransi kesehatan. Bagi yang mampu, tak ada salahnya membeli asuransi tambahan. Toh, manfaatnya akan kembali ke diri sendiri. Tapi memang seperti yang ditulis mbak Wati, perlu memerhatikan beberapa hal supaya tidak merasa terjebak.

    BalasHapus
  13. Betul banget mbak jangan asal daftar asuransi apalagi online harus perusahaan terpercaya dan pahami aturannya karena asuransi ini jangka panjang ya

    BalasHapus
  14. yah, kadang aku suka dengarin penjelasan para agen soal asuransi, nambah pengetahuan juga, beda kalo online, harus bisa nyari info sendiri, yah meski bisa dilihat di video, baca e book dll, tapi tetap aja kalo dengar langsung akan lebih cepat paham

    BalasHapus
  15. Wah ada ya asuransi yang nangung covid?
    Tp emang sangat dibutuhkan sih soalnya pengalaman temen suami walau ada yg ditanggung BPJS tapi sbnrnya ada obat yang gak kecover dan itu bisa puluhan juta huhu
    Kalau memilih asuransi emang kudu dipelajari betul ya mbak

    BalasHapus
  16. Sekarang beli premi asuransi itu lebih gampang. Yang penting kredibilitas perusahaannya harus kita pelajari terlebih dahulu ya mbak Wati

    BalasHapus
  17. asuransi itu penting ya mbak
    senang deh, klo sekarang semakin mudah bagi kita untuk membeli produk asuransi

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, semakin banyak informasi mengenai asuransi ini.
    Karena diharapkan selain mengedukasi juga memberikan nilai lebih dan kekurangan sebuah produk asuransi.

    BalasHapus
  19. sepakat banget mbak Wati, kita perlu menjadi calon nasabah yang cerdas ya. apalagi sekarang serba online harus selektif memilih asuransi kesehatan online.

    BalasHapus
  20. Menentukan besaran premi yang akan kita pilih emang penting nih mba. Perhatikan kemampuan kita dalam membayarnya sesuai periode yang kita pilih. Jangan sampai kecewa di kemudian hari karena kekuranganpahaman tentang yang satu ini ya.

    BalasHapus
  21. Belum punya produk asuransi kesehatan nih. Terus kapan hari pas jenguk teman yang biaya pengobatannya mahal, ku kaget dong, ternyata semuanya jadi ringan karena dia punya asuransi kesehatan. Ya ampun..saya kapan nyadarnya ini..selama ini kaget tiap bayar sendiri, eh tapi gak juga beli-beli produk asuransi.

    BalasHapus
  22. sejak pandemi, aku belajar banyak hal. Terutama soal kesehatan. Dulu ogah banget mikirin asuransi kesehatan, tp skrg udah jadi prioritas.

    BalasHapus