Resep Tahu Kupat Blabak Magelang, Kuliner Khas Yang Disajikan di Rumah - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 01 Februari 2021

Resep Tahu Kupat Blabak Magelang, Kuliner Khas Yang Disajikan di Rumah

 


Assalamualaikum Sobat. Pandemi entah kapan berakhir. PPKM Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali jilid II pun dimulai lagi. Perpanjangan PPKM ini ditetapkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 02 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Jumat (22/1) lalu.


Saya ingin menuliskan sedikit tentang kondisi pandemi terkini. Enggak banyak kok, sekadar menjadi pengantar.


Sebagai warga yang menginginkan pandemi lekas berakhir, saya menyambut baik peraturan ini. PPKM (jilid II) yang sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 11-25 Januari 2021, tidak mampu menekan pengurangan. Pasien yang positif covid menembus angka 1 juta lebih. 


Sedih, pengen nangis ketika melihat berita tentang penderita covid ini. Apalagi ada dua adik ipar kami yang baru saja menjalani perawatan di rumah sakit di Bogor dan di Semarang. Alhamdulillah minggu kemarin mereka sudah diijinkan pulang untuk melanjutkan isolasi mandiri di rumah. Dengan adanya kejadian ini keluarga menjadi berjarak kembali. Meski mereka berdua tertular bukan karena acara keluarga karena memang tidak pernah bertemu. Masing-masing tertular di kota yang berbeda. Keluarga kami udah lebih dari 6 bulan belum bertemu. 


Biasanya akhir tahun menjadi saat yang kami nantikan. Berkumpul di rumah Ibu, kemudian merencanakan perjalanan ke satu tempat wisata, silaturahmi famili, atau kulineran. Dan karena pandemi ini semua kegiatan rutin ini dihapus demi menjaga keselamatan keluarga besar Bani Suhada.

Foto saat ngumpul
di Depok, Desember 2019

Menyajikan Kuliner Khas di Rumah


Namun pandemi juga bikin saya rajin mengolah menu yang biasanya menjadi kuliner favorit saat jalan-jalan. Salah satunya adalah kuliner khas Blabak Magelang yaitu Tahu Kupat yang terkenal kelezatannya. 


Rasa kuliner ini seger. Bisa dijadikan makanan berat ataupun pembuka. Tapi saya sendiri makan seporsi seperti yang ada di foto ini juga udah kenyang. Kadang malah nggak pakai ketupat atau lontong. 

Sajian kuliner ini isinya ada irisan ketupat, sayur kol, taoge, taburan seledri, bumbu kacang dan kuah gula jawa yang dibubuhi asam Jawa. Pasti udah kebayang dong nikmatnya.


Kuy ikuti resep yang udah saya coba dengan tes rasa hingga tiga kali ini. Yang pertama kata suami, rasanya kurang mantap. Ya udah saya tambahkan garam di kuah nya. Eh masih juga ada yang kurang. Ternyata memang kudu ditambahkan juga bawang putih. Jadi kalo nanti menurut teman-teman, rasanya kurang mantap, bisa kok disesuaikan dengan lidah masing-masing ya.


Resep Tahu Kupat Magelang ala Mamak Wati




Bahan:

3 buah ketupat. Saya  pakai lontong, yang ada ini sih

5 buah tahu, goreng jangan sampai kering

6 lembar kol, rajang halus

8 sdm munjung tauge, rebus sebentar

200 gram kacang tanah, goreng

2 siung bawang putih

6 buah cabe rawit merah, boleh kurangi atau tambah cabe sesuai selera. Dan rebus sebentar.


Toping :

Kecap manis secukupnya

Bawang merah goreng

Seledri cincang


Kuah gula merah:

700 ml air

100 gram gula merah/aren

2 siung bawang putih, cincang

1 lembar daun salam

1 sdt Garam 

Sedikit asam jawa (saya pakai seukuran jempol)


Cara Membuat :

1. Buat kuah gula merah : rebus semua bahan kuah sampai mendidih, kemudian saring.


2. Uleg halus bawang putih, cabe rawit, kacang goreng dalam cobek. Yang nguleg kacang bukan saya, dibantu paksuami, hahahaa. Urusan uleg bumbu ini memang udah selalu dibantu beliau sejak lama. 


3. Tata dalam piring : ketupat, irisan tahu goreng, kol iris, tauge rebus, sambel kacang, siram dengan kuah gula merah, taburi dengan irisan seledri dan bawang merah goreng, bubuhkan kecap manis. Sajikan.

Catatan : untuk 5 porsi


Nah udah selesai dan nggak ribet juga kan masaknya. Bisa dijadikan menu harian atau saat hari libur. Oiya untuk ukuran udah kering atau belum tahunya, selera juga ya. Karena kami nggak suka tahu yang digoreng sampai kering. Terutama si bungsu lebih suka tahu yang udah terlihat kekuningan, dia pesannya setengah matang.


Yuk Mom, sajikan kuliner khas dari kota Magelang ini untuk keluarga. Lumayan sih jadi obat kangen ketika harus di rumah aja. Wassalamu'alaikum.

27 komentar:

  1. Duh, jadi pingin bikin. Catet ahhh. Kalau di daerahku gak ada yg jualan tahu kupat semacam ini. Beda budaya kulinernya kali ya. Makan tahu begini hanya kalau pas main ke daerah sekitar Jawa tengah dan sekitarnya. Terakhir makan mirip begini di solo, tahun lalu

    BalasHapus
  2. INI MAKANAN KECINTAAN AKUUUU
    Jadi, bapakku kan asli Temanggung, mba.
    Deket Magelang, tho.
    Kalo aku pulkam ke TMG, selaluuu diajak makan ke warung yg jualan tahu kupat.
    suegerrr, enaakkk, duh kangen bangetttt :D

    BalasHapus
  3. ow.. auto lapar liat fotonya. yummy

    BalasHapus
  4. wadidaw mba watie...aku langsung kebayang dalam mukutku pengennnnnn

    BalasHapus
  5. Belum pernah cobain kupat tahuu. Noted deh, semoga suatu waktu kesampain nyicipin Tahu Kupat Mamak Wati ... eh .... bukannya mau nyoba bikin malah mau nyobain masakan Mbak Wati ini mah hihi.

    BalasHapus
  6. Wow sedap banget ini mbak, dan rasanya seger ya ada asam jawanya. Jadi pengin nyobain nih, sepertinya aku belum pernah makan tahu kupat ini. Mamaku pernah bikin tahu diberi taoge dan irisan kol, tapi bumbunya bumbu kecap, beda dengan ini.

    BalasHapus
  7. Wah cocok iki, pas suamiku seneng banget tahu kupat kayak gini mba. Takcontek ah resepnya. Gampang dan murmer yo mba bahannya.

    BalasHapus
  8. maakk.. udah lama nih aku gak makan tahu kupat khas Magelang yang bikin ngecess.. makasi ya buat resep nya aku jadi mau coba di rumah

    BalasHapus
  9. Sebagai urang sunda, aku taunya kupat tahu Bandung hehehe :D Nah ini ada yang beda namanya tahu kupat blabak Magelang. Sebenarnya sih mirip aja ya, mungkin ada perbedaan rasa sedikit. Pastinya enak disantap rame2 dong. Jangan lupa cabai rawitnya yang banyak yach hehehe :D

    BalasHapus
  10. Situasi pandemi memang memaksa kita tinggal di rumah saja, berjauhan dengan keluarga. Tapi semuanya demi kebaikan bersama. Tak apa, kan waktunya sekarang bisa mengulik berbagai menu kesayangan keluarga ya Mbak. Seperti tahu kupat blabak magelang ini. Lihat fotonya saja sudah bikin ileren, apa lagi ikut nyoba kali ya :)

    BalasHapus
  11. Aw..Aw..nambah lagi nihh resep cemilan buat di rumahh.
    Tahu Kupat Blabak, yang beda sama kupat tahu di Sunda ga pake kol.
    Hhuuuu, ternikmat ini, aku pernah makan waktu pas mudik ke Magelang, udah lamaaa bangeet.

    BalasHapus
  12. Aku tuh suka banget sama tahu kupat Magelang, dekat rumah mamahku ada yang jual dan aku selalu beli kalau kesana karena saking enaknya. Ini dapat resepnya untuk bikin, penasaran aku pengen bikin ah di rumah.

    BalasHapus
  13. Duh duh ngences banget baca artikel ini mbak..enak banget kupat tahu Magelang ini di masa pandemi bisa kita bikin sendiri ya di rumah karena nggak bisa keluar kota dulu

    BalasHapus
  14. wah aku belum pernah nyobain makan tahu kupat blabak magelang... mau doongg cip icip :)

    BalasHapus
  15. Aku kurang doyan kupat tahu, soalnya penyajiannya selalu aja bareng tauge, sedangkan aku nggak suka tauge. Kalau kupat tahunya nggak pakai tauge, kayaknya aku lebih demen deh :)

    BalasHapus
  16. Belum pernah coba... Unik ya... Terbayang rasanya lebih segar karena ada kuah gula plus asam jawa...

    BalasHapus
  17. Saya baru tau loh, tahu kupat blabal magelang ini. Penampilannya keliatan kayak soto tapi ada tahunya hehehe
    Next time kalau ke Magelang lagi, mau nyoba nyicipin ah...kayaknya enak nih

    BalasHapus
  18. Kapan2 main ah ke rumah Mba Wati terus nagih minta dibikinin kupat khas Blabak ini ahh. .. Enaak banget liatnya, pernah coba juga dan emang ngangenin sih

    BalasHapus
  19. Asyiiik dpt resep kupat tahu. Lontongnya buat sendiri kali yaa.. soalnya deket rumah saya ga ada yg jual.. hiks.

    BalasHapus
  20. Duh ngiler nih liat kupat blabak. kayanya seger gitu ya maaak.. Jadi pengen nyobain bikin juga niiihhh, ijin nyontek resepnya ya maaaak

    BalasHapus
  21. Mirip tahu kupat yang biasa dibikin ibuku deh. Haduh kebayang enaknya nih. Simpen resepnya ah. Kali aja pas mood masak bisa nyoba.

    BalasHapus
  22. Kuliner yang aku rindukaaan...
    Meski di Bandung juga ada kupat tahu, tapi bumbunya beda sama punya Jawa Tengah.
    Cobain resep Resep Tahu Kupat Magelang kak Wati.

    BalasHapus
  23. noted resepnya mbak. ternyata tahu kupat itu perpaduan tahu dan ketupat ya. di aceh belum ada yang jual tahu kupat, kapan-kapan aku mau coba juga bikinin. kalau diganti dnegan lontong bisa juga kan?

    BalasHapus
  24. Auto mau aku praktekin ah karena suamiki suka banget kupat tahu. Aku ga bisa bikinnya tapi peenah diajak makan kupat tahu waktu di Sleman. Ternyata mudah ya buatnya

    BalasHapus
  25. Jadi pengen cobain bikin mba, secara kupat tahu blabak emang top rasanya.

    BalasHapus
  26. masku tak bikinin ini pasti senneg kupat tahu ben inget rumah magelangan mba

    BalasHapus