Resep Roti Manis Isi Pisang dan Sosis - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 16 Februari 2021

Resep Roti Manis Isi Pisang dan Sosis


Assalamualaikum Sobat. Hujan yang mengguyur Kota Semarang selama sepekan kemarin, bikin orang serumah pada rajin ke dapur. Si bungsu abis shalat Shubuh aja udah heboh di dapur. Ngambil baskom, whisk atau pengocok telur, dan perkakas lainnya. Kemudian dia juga ngambil bahan untuk bikin kue. 


Saya bingung sepagi ini mau bikin kue brownis? Kesukaan si bungsu memang kue ini, enak katanya karena bikin kenyang. 

"Aku mau bikin pancake, Buk,"

"Ya udah bikin aja. Ibu nggak bisa bantuin ya, mau siapin masak dulu."


Udara dingin memang bikin gampang lapar ya. Karena besoknya dia ngajakin saya bikin roti manis. 

"Ibu udah lama nggak bikin loh Dek. Resep andalan ibu udah hilang, apa bisa ya. Nanti kalo nggak jadi gimana?"

"Cari cara bikinnya di youtube aja, nyontek resepnya juga," 

Usulan ini yang bikin saya enggak bisa nolak. Sekarang memang enak ya bagi penyuka makan tapi enggak pengen beli. Bisa ngelihat resep atau cara bikinnya di Youtube atau media sosial lainnya. Seperti waktu saya pengen bikin kupat tahu Magelang. Saya nyontek resep di Instagram meski tetep aja ada koreksi rasa sesuai lidah saya.


Silahkan baca : Resep Tahu Kupat Blabak Magelang


Baking Siang Hari, Makan Roti Malam Hari, Besok Udah Ludes

Akhirnya setelah menemukan resep yang kayaknya gampang, dan bahannya juga udah ada di rumah. Saya pun mempersiapkan wadah, bahan utama, dan isian roti manis. Si bungsu kebagian nyiapin loyang dan oven listrik. 


Saya bikin roti manis sejak nimbang, nguleni adonan, hingga membentuk dan memasukkan oven itu butuh waktu 3 jam. Tapi diselingi kegiatan lain ketika proses proofing yang dilakukan dua kali. Jadi nggak melulu di depan adonan terus. Karena saya manggang roti pakai oven listrik juga. Udah ada penanda waktu yang mengingatkan roti udah selesai dipanggang.


Ini dia hasil panggang roti manis yang beberapa tak sesuai ekspektasi. Tapi alhamdulillah masih ada yang bagus sih. Dan so far, anak-anak dan suami suka dengan karya perdana roti manis setelah lama nggak bikin. 


Daaan ... jadi dapat order bikin roti manis lagi. Hmm, butuh waktu istirahat dulu deh seminggu, wkwkwkk.

Oiya ada kejadian saya lupa proofing untuk adonan roti manis kosongan. Jadi hasilnya agak bantat gitu lah. Tapi tetap aja si bungsu doyan, bahkan dia yang ngabisin untuk dinikmati bareng minum kopi. Dasar tuh bocah gede, apa aja masuk mulut deh.

Roti manis bantat 

Apa itu proofing?

Dilansir dari Masterclass, proofing adalah sebuah tahapan dalam pembuatan roti untuk mengaktifkan ragi dalam adonan dengan memberi waktu pengistirahatan untuk proses fermentasi. (sumber : masterclass) 

Selama fermentasi, sel-sel ragi dalam adonan beragi mengonsumsi karbohidrat dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Hal ini menyebabkan adonan mengembang atau naik.

Istilah proofing dapat merujuk pada setiap tahap fermentasi, khususnya fermentasi akhir yang terjadi setelah adonan dibentuk, tepat sebelum dipanggang.


Nah, saya kasih contekan cara bikin roti manis versi saya  ya. Saya memang akhirnya menggunakan resep lama setelah bongkar lemari buku. Ini setelah saya nonton resep di youtube dan bingung mau nyontek yang mana. Yuk bikin bareng anak-anak, sebenarnya caranya gampang dan bisa ditinggal kok. Asal jangan ditinggal tidur saat lagi nguleni aja.

Resep Roti Manis Isi Pisang Kismis dan Sosis keju


Bahannya :

2 Kuning Telur

1 Putih Telur

110 ml susu

110 ml air hangat

1 1/2 sdt garam

2 1/2 sdt ragi instant

1 sdt pelembut (saya pakai SP)

75 gr Gula Pasir (25 gr untuk tes keaktifan ragi, sisanya campur di adonan)

75 gr butter (boleh diganti margarin)

500 gr Terigu protein tinggi (cakra)

Bahan Pelengkap :

- Pisang raja/pipit (dimasak dengan margarin dulu)

- Kismis (boleh diganti meses, coklat, atau yang lain)

- Keju mozarela, saus pedas, mayonais

Cara Buat Roti Manis :

- Tes keaktifan ragi instan dengan cara, masukkan ragi dan 25 gram gula pasir ke dalam air hangat. Aduk dan sisihkan. Tunggu 10 menit. Kalo ragi nya aktif akan terlihat cairan akan naik dan berbuih.

- Setelah ragi terlihat muncul buihnya, mulai siapkan adonan

- Dalam wadah, masukkan terigu, telur, gula, butter, garam, pelembut. Campur dengan menggunakan spatula. 

- Bila sudah tercampur, tuang cairan dengan ragi yang sudah muncul buihnya ke dalam wadah tepung. Uleni hingga tercampur semua. Kemudian masukkan susu. 

- Terus uleni hinga kalis elastis. Tanda kalis adalah saat ditarik dengan dua tangan, adonan tidak terputus. Lakukan proses proofing dengan menutup baskom menggunakan plastik. Baru ditutup lagi dengna serbet agar hangat. Tunggu selama 45 menit.

- Setelah 45 menit, cek adonan. Biasanya adonan udah mengembang dua kali lipat. Kempiskan adonan. Mulai siapkan loyang untuk oven adonan roti.



Bentuk Roti dan Isi dengan Pelengkap

- Siapkan alas untuk membentuk adonan. 

- Untuk membentuk adonan, saya buat yang gampang aja. Adonan dibagi dua. Kemudian setengah bagian adonan saya bagi lagi menjadi 8 bagian. Sengaja nggak saya timbang karena nantinya juga dinikmati sendiri kan. Beda kalo mau dijual harus ditimbang biar sama ukurannya.

- Setelah menjadi 16 bagian, bentuk bulatan.

- Satu persatu adonan kecil ini dibentuk sesuai selera. 



Bentuk Adonan Roti Manis Sesuai Selera :

Untuk roti isi pisang



Saya pipihkan adonan dan bagian ujung diisi pisang seta kismis. Kemudian lipat dengan menekan adonan hingga tertutup rapat dan isinya tidak terlihat. Bagian ujung yang terbuka, iris-iris menggunakan spatula atau pisau roti dari plastik. 

Kemudian gulung bagian adonan yang ada isian ke arah ujung adonan yang udah diiris. Rekatkan dan taruh di wadah mangkuk kertas. Susun di loyang. Bentuk semua adonan sesuai yang diinginkan (jumlah roti isian). Kemudian lakukan proses proofing lagi dengan mendiamkannya selama 25 menit. 

Setelah itu adonan dipanggan di oven, menggunakan api bawah, suhu 170 derajat, dan selama 15 menit.



Hasilnya agak gosong karena saya kelupaan menggunakan api atas bawah. Harusnya di 10 menit pertama menggunakan api bawah aja. Baru lima menit terakhir, ganti api atas bawah.

Untuk roti isi sosis


Pipihkan juga seperti cara membentuk roti pisang. Namun langsung letakkan di mangkuk kertas. Isi dalamnya dengan sosis, beri hiasan keju mozarella.



Tambahkan toping dengan saus tomat, saus pedas, dan mayonaise. Taburi seledri kalo suka. Harusnya taburi peterseli, tapi karena nggak ada ya saya gunakan seledri, hihii.

Lakukan proofing. Dan oven dengan cara sama seperti di atas. 



Nah, gampang kok prosesnya. Lakukan aja langkah seperti di atas. Insyaa Allah bakal jadi deh. Dan roti manis isi pisang dan roti manis isi sosis siap disajikan sebagai cemilan. 


Di rumah sajian ini saya pikir bisa ya untuk dua atau tiga hari. Ternyata dugaan saya salah. Malam itu roti nya udah matang, besok sore nya udah ludes. Masya Allah, anak-anak suka banget, terutama yang bungsu. Karena kakaknya cuma kebagian sebiji roti sosis. 


Saya memang membagikan roti isi ini pada adik dan ibu yang rumahnya berdekatan. Tapi cuma 4 buah aja. Sisanya dinikmati si bungsu. 


Kalo sobat pernah bikin juga, bisa loh kasih saran agar ditambahkan bahan apa lagi untuk resep saya. Siapa tahu nantinya bisa saya coba kalo mau bikin roti manis lagi. Sampai juga dalam oprek dapur Wati selanjutnya. Wassalamualaikum.

40 komentar:

  1. aku kemlecer ama roti pisang manisnya mba wati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk bikin lah, Nita pasti bisa karena gampang nguleni aja

      Hapus
  2. Roti sosisnya nih menggoda. Kapan2 wajib untuk dicobain biar intan makin seneng ngemilnyAaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya begitu jadi langsung habis tak tersisa yang sosis itu. Anak-anak suka, ayok bikin dan minta bantuan suami nguleni adonannya kalo bumil takut capek

      Hapus
  3. Aku sukaaaa roti pisang. Pasti selalu nyarinya itu dulu haha.. Mbaa..proofing itu gimana? Hihi maaf awam dapur nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya, udah aku tambahin di atas mbak. Kemarin kok lupa gak aku jelasin

      Hapus
  4. Ya ampun menggiurkan sekali mbak roti sosisnya saingan dengan Alde nih mas kalau perkara makan roti sosis hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak cowok makannya bikin seneng emaknya ya mbak

      Hapus
  5. Mbak...bacanya sambil cleguk2 nih. Apalagi liat foto2nya. Rotinya menul2 banget kaya pipinya keumala hehehhe... btw aku copas resepnya nyq ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mina, bikin bareng anak-anak kalo pas ngumpul yaa

      Hapus
  6. Dua kudapan ini, sempurna jadi partner ngemil pas ngunjuk kupi irengan dan teh tawar

    BalasHapus
  7. Selalu seneng lihat orang pinter masak. Pengen juga nyoba bikin2 gitu, tapi kok kalah sama malas ya hihi. Tapi tetep kusimpan nih mbak resepnya, siapa tahu bermanfaat suatu hari.

    BalasHapus
  8. Kelihatannya enak banget, Mbak...
    Dulu pas di Semarang aku kadang nyoba bikin roti meskipun hasilnya masih belum empuk.
    Sejak punya anak 2 apalagi di sini, blm punya oven jadi alasan buat nggak nyoba-nyoba resep. Pengen eksplorasi lagi deh. Semoga segera bisa punya oven listrik incaranku ��

    BalasHapus
  9. Kayaknya kalau saya, akan lebih menyukai yang isi sosis ketimbang isi pisang dan kismis. Dan aku jadi kepingin menikmati roti isi sosis... Sungguh, postingan ini bikin ngiler maksimal...

    BalasHapus
  10. ya ampun mak, aku tuh sempet ngobrol sama nyokap mau bikin roti sendiri di rumah, belajar bikin roti maksudnya, eh dapat resep roti manis isi pisang dan sosis dari kamu

    BalasHapus
  11. Woooww ... Udah baking aja nih mbak Wati. Kirain masih sibuk sama taneman. Ternyata udah melipir ke perdapuran toh? Salut mbak, aku masih belum ngeklik bikin roti manis nih. Masih seputar brownies yang gampil gampil aja hehehe

    BalasHapus
  12. Semua kesukaan nih, pisang sama sosis. Bahannya juga simple ini ya mbak, aku tuh pengen belajar baking tapi nggak ada oven di rumah hahaha. Kapan2 aku tanya2 ya mbak kalo mau baking :*

    BalasHapus
  13. Mamak multitalenta ini hahhaha
    aku belum pernah bikin roti mbaaa Hiday.. Moga ada rejeki beli open kapan-kapan amiin. Maundiincipin ya kapan-kapan

    BalasHapus
  14. Mbaaa, huenaakkk inii
    Aku mau coba bikin juga ahh

    Btw, ini kan udah mau Ramadhan.
    mungkin bisa sharing resep kue kering mba :D
    Rencana aku pingin bikin siihh

    BalasHapus
  15. huwaaa...aku kok masih takut ya bebikinan roti. Taaakut gagal lagiii hihihi.
    Asli, bikin roti itu challenge bgt buat aku. Pernah bikin, jadinya ngembang tapi kempes. lain waktu, malah keras kayak batu hahaha..

    BalasHapus
  16. waaaah keren sukses bikin rotinya, wah jadi lebih hemat dan sehat ini bisa bikin roti sendiri,,, ah jadi pengen belajar bikin roti juga,,, thank you resepnya,,,

    BalasHapus
  17. Roti isi pisangnya menggoda. Kalau saya sih, paling juga bakal sama dengan si bungsu, kalau bisa dilahap sekarang, ngapain nunggu besok hehehe....

    BalasHapus
  18. aku sebenarnya suka gitu lihat orang baking, tapi kenapa akunya g pengen belajar ya
    uda nyerah duluan, hehe
    roti manis ini bisa jadi kudapan favorit anak anak di rumah ya mbak

    BalasHapus
  19. roti buatanmu bikin ngiler mba Hiday.
    Aku pengen, bisa bikin roti-roti gitu tapi alatnya belum komplit.
    Semoga bisa nabung beli oven. Asekk

    BalasHapus
  20. Wah enak banget ini. Dan iya, aku jadi kangen baking dan main ragi lagi deh. Udah lamaaaa terkahir kali bikin roti. Besok-besok mau bikin ah. Nyontek resepnya ah.

    BalasHapus
  21. Mbak..akutuh belom pernah bikin roti snediri..huhuhu, beberapa kali gagal jadi lebih pilih cake, brownies...yang gampang.
    Aku jadi semangat coba lagi nih, resep Mbak Wati aja . Mosok selama pandemi bolak-balik coba itu ini tapi belom coba lagi bikin roti. Semangat diriku!

    BalasHapus
  22. maaaaak cakep beener ini rotinya menul menul sekaliiiiiii.. Aku cuma pernah nyobain buat roti tawar aja nih, jadi pengen cobain buat roti isi gini jugaaa.. nanti mau cobain resepnya ah.

    BalasHapus
  23. Menggiurkan sekali sih mbak rotinya..aku masih angan-angan saja untuk bisa bikin roti seenak ini hihi..

    BalasHapus
  24. Menggoda sekali itu rotinya, pengen nyobain bikin yang isi sosis. Pas banget ini ada bahan-bahannya di rumah. Semoga besok aku gak mager bikin cemilan untuk di hari Minggu.

    BalasHapus
  25. Ya Allah, kak..
    Cantik-cantik sekali rotinyaa...Ini persis di Bread Talk.
    Wanginya pas manggang pasti sampai tetangga yaa..hihii...lezaatt~

    BalasHapus
  26. Mantap...sy beberapa kali bikin roti hasilnya kurang memuaskan kurang empuk akhirnya kapok pilih bikin donat aja hehehe.

    BalasHapus
  27. Wah jadi laper pengen makan roti nih pas buka postingan ini... Roti paling asik buat latihan kayaknya emang jenis roti pisang dan sosis ya..

    BalasHapus
  28. wah wah tampak lezatnyaaaa, aku jadi mau belajar baking karena sesungguhnya aku masak cuma untuk makanan sehari-hari aja dan camilan terbiasa untuk beli hehe

    BalasHapus
  29. Waah, senangnya bisa bikin roti manis isi pisang dan sosis di rumah. Rotinya terjamin kehalalan dan kebersihannya ya, Mbak
    Eh saya baru tau cara membuat efek garis di atas rotinya. Ternyata bagian ujung yang terbuka, diiris-iris menggunakan spatula atau pisau roti dari plastik. :)

    BalasHapus
  30. Keren banget mbaaa rotinya. Bisa dijual nih. Aku kemarin bikin donat aja gagal hahaha

    BalasHapus
  31. Anak anakku penggemar roti mb. Sangking sukanya roti tawar isi 15 lembar paling hanya 2 hari paling lama. Tapi aku gak bisa bikin jadi beli terus huhu

    BalasHapus
  32. Rajin bikin-bikin masakan dan roti nih Mb Wati. Moga-moga kapan-kapan kebagian hihiii.. enak tuh yang sosis mbaaa..

    BalasHapus
  33. aku ngileeer lihatnya, hahah... pengen tapi ga telaten menguleni apalagi ada bayi. Yah jadinya malah main playdough.

    nunggu kalau ibuku datang aja deh jadi ada yang bantuin.

    BalasHapus
  34. aku jadi pingin juga nih mbak wati. pingin bikin tapi kok malas ya.. hahaja. maunya makan aja apalagi yang sosis

    BalasHapus
  35. yaampuun ini bikin ngiler ajaa. kirim - kirim dong kerumah. kwkwkw aku gak mau bikin btw, maunya dikirim matengnya ajah~ LOL

    BalasHapus