Resep dan Cara Bikin Pizza Tanpa Mixer, Gampang Banget - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 21 Februari 2021

Resep dan Cara Bikin Pizza Tanpa Mixer, Gampang Banget


Assalamualaikum Sobat. Akhir-akhir ini saya dan si bungsu, Naufal jadi rajin bebikinan cemilan. Apa aja deh yang bisa kami buat dan sajikan untuk bapaknya dan kakaknya. Si bungsu memang rajin oprek di dapur. Kadang juga dia bikin sendiri sarapannya, seperti nasi goreng, pancake, dan jenis sarapan lain.


Kebetulan sebelumnya udah bikin roti manis yang diisi pisang kismis dan sosis. Karena bahan membuat roti ini masih sisa, Naufal ngajakin saya bikin pizza.


Silahkan baca : Cara Bikin Roti Manis Isi Pisang atau Sosis


Saya pun mencari resep atau cara bikin pizza yang mudah, tanpa di-mixer. Karena pengaduk yang untuk bikin roti punya saya hilang satu. Masa mau pakai pengaduk untuk cake? 


Begitu nyari di channel Youtube, saya memilih resep dari Mama Atha Naufal. Salah satu youtuber yang suka berbagi cara bikin masakan atau baking.

Namun untuk resep pizza yang saya tulis di sini, bahannya udah disesuaikan dengan persediaan yang ada di lemari dapur.

Pinggiran pizza diisi
dengan sosis dan keju mozzarella

Yuk ikuti resep, dari proses persiapan hingga pembuatan pizza ini. Cara bikinnya gampang, tanpa mixer, dan sudah pasti enak.


Bahan dan Cara Membuat Saus :


- Rebus 3 buah tomat utuh. Kalo sudah matang, kupas kulitnya dan haluskan daging tomatnya. Sisihkan.

- 2 butir bawang merah, 1 bawang putih, cincang dan tumis hingga harum. 

- Masukkan cornet beef, tumis hingga berubah warna. Masukkan tomat yang sudah halus. Tambahkan pasta tomat kalo ada, saya pakai saus tomat 2 sdm.

- Tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya. Aduk terus dan jangan sampai hangus. Aduk hingga kuah menyusut. Sisihkan.


Bahan Cek Ragi Aktif :

- 1 sdt ragi instan

- 1 sdm gula pasir

- 150 ml air putih hangat

Ketiga bahan ini dicampur dan diaduk. Ini untuk mengecek keaktifan ragi yang digunakan. Tunggu selama 10 menit kalo cairan naik dan berbusa, tanda ragi aktif dan bisa digunakan untuk bahan pizza.

Olesan:

- 1 kuning telur, kocok 


Bahan lainnya :

- 350 gr tepung terigu protein tinggi

- 1/4 sdt garam (campurkan kedalam tepung)

- 1 butir telur

- 2 sdm minyak goreng


Cara buat adonan pizza :

- Campur terigu, garam, telur, dan minyak goreng. Aduk, tambahkan ragi yang sudah dites keaktifannya. 

- Aduk menggunakan spatula atau tangan. 

- Uleni hingga kalis. Nggak usah khawatir meski adonan lengket ya sob. Yang penting udah tercampur semua bahannya. Nanti kalo udah didiamkan adonan udah gak lengket lagi.

- Dalam wadah bersih, olesi dengan sedikit minyak goreng. Letakkan adonan yang udah Kalis dalam wadah. Tutup dengan plastik bening hingga rapat. Tutup lagi dengan serbet agar hangat.

- Diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.



- Siapkan loyang dan olesi dengan sedikit minyak goreng. 

- Olesi tangan dengan minyak goreng.  Ambil adonan yang sudah mengembang, kempiskan. Bulatkan adonan dan bagi adonan menjadi dua bagian. 

- Satu bagian saya bentuk dengan memipihkannya. Letakkan di loyang, olesi dengan kuning telur tipis aja. 

- Isi dengan toping yang sudah disiapkan.


TOPING: (sesuai selera)



- Sosis, iris sembarang

- saus, saya bikin sendiri

- keju mozzarella, keju milky soft potong kecil-kecil

- bawang bombai, iris kotak kecil


Oven Pizza :

- Panaskan oven selama 10 menit.

- Masukkan loyang dengan pizza yang siap dipanggang. Panggang dengan api bawah, 180 derajat, selama 20 menit. Setelah 15 menit pertama, ganti dengan api atas dan bawah selama 5 menit.

- Setelah tanda pizza matang (oven listrik biasanya ada bunyi pengingat menandakan makanan yang dipanggang sudah matang), angkat dan keluarkan dari oven.

- Pizza siap disajikan bersama saus dan mayonaise, atau sesuai selera.


Catatan : Pizza yang dihasilkan terdiri dari 1 pizza loyang ukuran sedang dan 8 pizza mini.


Itu yang warna ijo, 
Cabe hijau yang saya petik dari
tanaman depan rumah

Nah nggak butuh waktu lama, pizza yang disajikan langsung menuju perut babe, si kakak, dan Naufal. Eh ibuk juga ikut nyicipi ding, hahahaa.


Sayangnya kemarin saya nggak ada energi untuk ngambil videonya. Padahal yang membuat adonannya adalah si bungsu. Memang dia yang semangat ngajak bikin pizza. Jadi kudu tanggung jawab juga kan nguleni adonan, hehehee.

Ngambil foto sembunyi2

Rencananya minggu ini saya dan si bungsu akan bikin pizza lagi. Cuma hari apa, saya belum tahu. Tergantung Naufal aja nanti. Karena dia yang akan nguleni adonan pizza dan saya cukup menyiapkan semua bahannya.


Semoga saya bisa merekam proses pembuatan pizza dan menayangkan lagi di YouTube. Sementara ini nonton aja yuk video yang udah tayang. Lumayan lah ada sedikit tips yang sudah saya sisipkan di video.

Yuk lihat ya video nya :



Terima kasih sudah membaca cerita pengalaman saya dan si bungsu bikin pizza. Alhamdulillah rasanya enak, terbukti nggak ada sehari pizza udah habis. Lebih hemat dibanding beli di mall. Sampai jumpa dengan uji dapur Mbak Wati berikutnya ya Sob. Wassalamu'alaikum.

24 komentar:

  1. Ya ampun mbk.. Seru banget. Itu pizzanya menul menul sekali. Rasanya pingin nyomot 5 ahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara gara lihat ini aku pingin bikin pizza mbk yang bentuknya diliat pinggir ya ahahaha. Selama ini bikinnya datar aja wkwkwk

      Hapus
  2. Wow, bikin kulit pizzanya bener2 from scratch ini ya mbaaa
    assoy geboooy!
    Saya blum pernah nih, kalo bikin dari tepung terigu.

    biasanya dari roti tawar yg potong kecil2 trus dicampur ama telor.
    Kapan2 mau coba recook resep pizza ini ahhh

    BalasHapus
  3. Mba, nguleninnya berapa lama ya mba ? Mau bikin pizza tapi kadang nguleninnya itu butuh tenaga ekstra :D

    BalasHapus
  4. Sudaaah lamaaa ga bikin pizza ala bunda lisdha and krucils hihihi. Gara-gara sekarang sangat dekat dengan PH dan selama pandemi ini PH suka banyak promosi. Errrrrr, jadi terlena deeeh. Kapan2 bikin deh sama krucil. Bikin sendiri, pastinya lebih puasss meski soal masih suka berubah-ubah hahaha

    BalasHapus
  5. Huaaaaaa....mupeng! Ternyata bisa jadi pizza enak juga ya ngadonin tanpa mixer hihihihi. Pr buat aku nih beli loyang, ragi. Btw pasta tmat sama saus tomat beda yach? Bikinnya kudu dikali 2 nih. Pasti baru jadi langsung diserbu. Topping- macam2 sesuai selera apa aja bakalan yummy. Makasih resepnya ya mb Wati :D

    BalasHapus
  6. makasih resepnya mbak. pizzanya bikin aku ngiler deh hehe. sementara masih beli aja sih mbak, kalo bikin nggak punya ovennya (alesan hehehe).

    BalasHapus
  7. Jadi pengen nyobain juga ini bikin pizza tanpa menggunakan mixer, nampak lebih mudah juga y mbak. LIhat hasilnya langsung kepengen banget itu deh, enak banget ini pasti.

    BalasHapus
  8. Aku tuh kalau pake pizza gagal mulu, Mak. Bantat aja jadinya. Waktu itu aku langsung campurin aja ragi ke adonannya. Nah kalau lewat cara Mak Wati ini malah dicampur air dan bahan lainnya dulu, ya? Ngiler lihat tampilan pizzanya. Menul-menul ngembang. Topingnya juga bikin ngiler. Jadi pengen bikin pizza lagi, setelah sebelumnya aku dibuat kapok hihihi

    BalasHapus
  9. wah semangat banget Naufal nguleni adonannya. Kalau anakku udah gedhe, tak incer jadiin mantu ini hehehe

    BalasHapus
  10. Wah, sama sih mbak sejak pandemi anak2 malah jadi pada rajin ke dapur
    Karena mereka hobi makan tapi mamanya ngomel gak boleh terlalu boros, akhirnya mereka inisiatif suka nyari2 resep sendiri ehehehe

    Boleh juga nih nanti nyoba bikin pizza dengan toping yang seadanya aja di kulkas ehehehe. Makasih resepnya yah mbaaak

    BalasHapus
  11. Bikin pizza begini tuh suka lebih lama bikinnya daripada ngabisinnya hehehe. Tetapi, memang puas banget sih kalau semuanya pada suka. Jadi pengen bikin lagi ya, Mbak

    BalasHapus
  12. Pengen banget ada yang bantuin ngadon, kayaknya mikir ngadon udah malas duluan hehe.. Memang bikin kayak gini harus ikhlas adonin kalau nggak ada mixer. Kangen ngadon, tapi malas gimana dong wkwkw..

    BalasHapus
  13. Wahhh aku pengen banget coba ini, tapi aku tak punya oven ada solusi lain gak ya. Kan kayanya gak mungkin di kukus ya. Btw, kalo saus tomatnya pake saos botolan enak gak ya

    BalasHapus
  14. Hm yummy

    Aku pernah Mbak, kepingin pizza di jam 9 malam. Udah deh cari di Youtube dong, ketemunr esep adonan pizza tanpa lama, cukup 5 menit jadi adonan tanpa mixer juga

    Kakak sama nih, seperti anaku. kalau ibunya sedang bikin maakanan, pasti dia turun tangan ikut bantuin

    BalasHapus
  15. Seruuu...kekompakannya ini yang gak akan terlupakan.
    Pizzanya pasti semakin lezat karena turun dari oven, langsung disadap rame-rame.
    Aaah...kangeeen Ibuk jadinyaa...

    BalasHapus
  16. wahh bisa ya tanpa mixer, patut dicoba nih
    btw seru ya masak bareng bareng gini, jadi sekalian meningkatkan bonding ni

    BalasHapus
  17. Aduh pizza, bikin inget deh udah lama gak bikin. Aku pun kalo bikin pizza gak pake mixer juga. Gak punya sih mixer buat roti. Pake mixer biasa takut rusak. Diuleni pake tangan aja. Alhamdulillah ngembang dan lembut rotinya.

    BalasHapus
  18. Nyma..nyam...jadi laper pengen makan pizza... Spertinya gampang ya bikin pizza...tinggal umek2 ajah gak perlu pake mixer..

    BalasHapus
  19. hahahaha... saya sih ga sanggup nguleni manual pakai tangan mba.. manja banget yaa saya pakai mixer tetep walau bisa diuleni pakai tangan. Semangat Abang bontooot..

    BalasHapus
  20. Wih istimewa nih apalagi sausnya bikin sendiri dr awal, bukan botolan hehe
    Nguleni manual luar biasa bangeeeettt, aku kyknya pakai mesin pembuat rotiku deh haha. Tapi resepnya msh bisa nih aku contek mbak. Jd laper2 malam2 gini mbayangin makan pizza hehehe

    BalasHapus
  21. Lo bisa banget ini dipraktikkan juga apalagi pada doyan ngemil semua ini di sini hahaha
    Siap eksekusi karena ada keju juga

    BalasHapus
  22. Ya ampun aku jadi pengen coba bikin, jadi tanpa mixer ya. Bisa dipraktikkin sama anak-anak nanti nih.

    BalasHapus
  23. Pengen bikin pizza tapi aku nggak punya oven...hiks2x, baca ini jam segini sumpah bawaan jd ingin ngemil

    BalasHapus