Menjadi Mitra ISC, Berjualan Tanpa Modal - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 25 Februari 2021

Menjadi Mitra ISC, Berjualan Tanpa Modal



Assalamualaikum Sobat. Kondisi pandemi ternyata membawa hikmah yang tak sedikit. Salah satunya adalah tumbuhnya usaha kecil menengah dari mantan pekerja perusahaan, yang terdampak pandemi. Saya menemukan usaha baru bermunculan, dari penjual makanan, masker, dan lainnya. Mereka mempromosikan jualannya dengan menggunakan media sosial. 


Saya sendiri selama pandemi belum punya rencana memulai usaha. Selama ini saya jualan salah satu produk perlengkapan rumah tangga. Sebelumnya saat anak-anak masih kecil, saya juga pernah usaha rumahan bikin lunpia dan pisang coklat. Sebenarnya lumayan banget hasilnya. Sayangnya saya kelelahan karena waktu itu masih ngantor. Akhirnya berhenti  deh meski pemilik warung dan kantin menyayangkan keputusan saya ini. 


Usaha jualan produk plastik yang saya tekuni juga sebenarnya belum mencapai omzet berjumlah besar. Sekarang omzetnya malah menurun karena pandemi, orang sayang beli produk dengan harga mahal. Yup, saya emang jualan produk yang terkenal harganya lumayan mahal. Produk yang dapat garansi seumur hidup ituuh.


Menjadi Pembeli Produk UMKM Milik Teman


Awal pandemi suami sempat menawarkan pada saya untuk jualan sembako. Tapi saya tolak karena merasa sungkan pada tetangga yang juga jualan sembako. Padahal kan nggak perlu sungkan. Namanya juga usaha, pasti wajar aja ada kompetitor. Justru harus menjadi semangat meningkatkan omzet jualan.


Jadi ketika pandemi saya justru sibuk belanja produk milik teman. Ada beberapa teman, kerabat, dan tetangga yang terdampak pandemi. Mereka di-PHK dan beruntungnya masih mendapatkan uang pesangon. Jadi dengan uang pesangon itu lah mereka memulai usaha.



Awal pandemi saya mengalami kecelakaan kecil, jempol saya terkilir ototnya. Udah diperbaiki namun kan nggak bisa melakukan pekerjaan rumah tangga. Jadi langkah termudah yang praktis adalah membeli makanan siap saji. Catering di tempat jualan tetangga, pesan frozen food pada teman, atau ojek online, semua itu jadi pilihan saya belanja. Katanya belanja produk jualan teman itu salah satu langkah menolong mereka yang terdampak pandemi.



Bersyukur banget loh hidup di jaman serba digital ini. Saya merasa terbantu dengan kehadiran semua jualan yang bisa dipesan secara online. Bayangkan saja semua produk saat ini bisa kalian temukan dengan mudah. Media sosial menjadi tempat promosi yang praktis, gampang, dan bisa menjangkau secara luas.



Saya beberapa kali tergiur pesan makanan setelah nggak sengaja stalking instagram. Atau pernah juga memesan petis yang udah dibumbui pada salah seorang anggota grup jualan di Facebook. Menyenangkan banget kan, cukup dengan menggunakan jari, semua terpampang di pandangan calon konsumen.


Berkenalan Dengan ISC (Indo Supply Chain)



Sejak pandemi saya jadi keranjingan belanja online. Belanja apa aja, dari wajan teflon sampai tanaman hias. Dari beras sampai lap dapur. 



Mengapa sih keranjingan belanja online saat pandemi? Karena menuruti anjuran pemerintah dan tenaga kesehatan, di rumah saja untuk mencegah penularan virus. Dan tentunya karena belanja online identik dengan harga promo, dapat diskon, dan lainnya. Apalagi kalo ongkir gratis. Senang dong pastinya. Siapa di sini yang juga cinta ongkir gratis? Komentar ya nanti, hahahaa.



Salah satu hasil kepo saya saat buka instagram adalah akun @iscglobe yang waktu itu promosi jualan sembako. Asik juga nih belanja beras bisa dapat  keuntungan lebih. Biasanya kan beli sembako atau barang kebutuhan dasar itu hanya dikonsumsi. Nggak ada manfaat yang bisa dinikmati. Tapi kalo belanja di Indo Supply Chain (ISC), ada manfaat yang bisa dinikmati oleh pembeli atau konsumen.



Jadi ISC adalah perusahaan yang bergerak dengan sistem penjualan langsung. Selama ini masyarakat lebih mengenal sebagai MLM. Bedanya dengan MLM umumnya adalah, ISC memiliki prinsip gotong royong. Dengan gabung menjadi Mitra ISC, kalian tidak hanya mendapatkan manfaat untuk diri sendiri. 




Prinsipnya memang gotong royong. Dan Gotong Royong menjadi nama merk produk dari Indo Supply Chain. Dengan gabung jadi mitra dan belanja, kalian bisa membantu UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia untuk berkembang maju. Tahu dong Indonesia identik dengan gotong royong.



ISC merangkul UKM dari seluruh Indonesia.  Bagi ISC keberhasilan terbaik adalah ketika dicapai bersama-sama. Semangat kebersamaan dan gotong royong diusung dan menjadi dasar dibentuknya sistem bisnis ISC ini.


Adakah Keuntungan Gabung di ISC?


Tentu saja kalian akan mendapatkan keuntungan bila menjadi mitra ISC.


Kentuntungan yang kalian dapatkan adalah :


- Tidak Butuh Gudang atau Toko

Menjadi mitra ISC itu asik, karena kalian bisa berjualan tanpa harus menyiapkan gudang atau toko untuk etalase produk dagangan. Karena transaksi penjualan dilakukan secara daring. Mitra bisa memesan produk di aplikasi atau website ISC. 


- Tidak Butuh Modal Besar

Nah ini yang diminati oleh setiap orang. Pengen usaha tapi nggak ada modal? Di ISC untuk jadi mitra tidak perlu bayar biaya registrasi. Kalian cukup registrasi dan langsung menjadi mitra ISC. Intinya sih kalian bisa bisnis tanpa modal dengan menjadi mitra ISC.


Untuk mendapatkan komisi 1% tiap bulannya, mitra wajib membeli produk seharga 95 ribu rupiah. Ini merupakan ketentuan untuk menutup Order ISC setiap bulan. Bulan ini tutup order pada tanggal 27 Februari 2021 pukul 14.00 WIB.


- Gratis ongkir di area pengiriman ISC

Saat ini Indo Suply Chain memiliki 5 cakupan wilayah pemasaran. Yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Denpasar. Kalian bisa melihat peta yang menandakan warna hijau itu masuk layanan gratis ongkos kirim.




Sementara ISC Store terletak di Cibubur, Surabaya, Denpasar, Semarang, dan Bandung. Dan Distribusi Center ada di Tangerang Selatan dan Yogyakarta.


- Komisi 1 % Belanja di Aplikasi atau Website ISC



Kalo kalian menjadi mitra, akan mendapat keuntungan berupa komisi 1 % dari total pembelanjaan setiap bulan. Jadi kalian bisa belanja kebutuhan dasar pribadi, teman, tetangga, atau kerabat, dan bonusnya dapat komisi 1%. Seneng pastinya ya.


- Kemitraan Bisa Diwariskan

Oiya, kemitraan ini berlaku seumur hidup. Nah misalkan mitra meninggal, gimana dong dengan posisi kemitraannya? Gampang banget sob, mitra di ISC ini bisa diwariskan. Iyaa, keren ya. Jadi saat isi data untuk registrasi sebagai mitra, ada kolom isian untuk menulis kan nama ahli waris.


Produk ISC


Produk yang dipasarkan oleh ISC adalah produk-produk kebutuhan dasar yang dibutuhkan semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Beras Premium Gotong Royong adalah produk pertama dari ISC. Kemudian produk lainnya adalah madu randu super, nasi jagung, bumbu pecel, sambel bawang, sambel ijo, keripik pisang, gudeg, dan masih banyak lagi. Semua produk ini menggunakan merk GOTONG ROYONG.




Saya udah belanja produk Gotong Royong berupa Sambel Hijau dan Sambel Bawang. Keduanya memiliki rasa pedas yang masih wajar lah. Tapi bagi penyuka pedas saya kasih rekomendasi Sambel Bawang yang pedasnya serasa menggigit lidah, hahaha.


Oiya saya mau nambahin tentang informasi yang saat ini pasti dibutuhkan, kondisi masih pandemi kan ya. Gaya hidup yang mulai memperhatikan kebersihan demi kesehatan bersama harus terus dilakukan. Salah satunya adalah menyediakan hand sanitizer.



ISC memiliki produk hand santizer yang ramah untuk kulit tubuh kita. Bahannya terdiri dari 70 % alkohol, foodgrade,  dan bentuknya spray. Setelah digunakan di telapak tangan itu langsung kering. Jadi kita bisa langsung menggunakan tangan untuk makan. Apalagi cairan hand sanitizer ini terasa lembut di tangan.



Nah, jangan takut dengan harga di ISC. Karena ISC mengikuti peraturan dari pemerintah. Bahwa untuk beras, gula, dan sembako lainnya ada dalam batas harga yang ditetapkan pemerintah.







ISC Bisa Untuk Semua


ISC itu bisa untuk semua orang. Kalian juga enggak harus ikut usahanya. Karena itu ada pembagian untuk istilah kegiatan dalam ISC. Yaitu :


- Kalo udah jadi mitra, jadi pebisnisnya boleh

- Udah jadi mitra, tapi hanya suka jadi reseller

- Join karena suka produknya, tapi pakai untuk dirinya sendiri

- Kalian nggak mau jadi mitra, tapi suka dengan produknya. Nah, kalian bisa titip beli di mitra yang kalian kenal. Nanti produk yang kalian pesan akan langsung dikirim ke alamat kalian.

- Hobi menyisihkan sebagian pendapatannya dengan membeli produk ISC untuk disumbangkan ke yayasan, sedekah, dan lainnya. Misalnya pengen donasi ke satu lokasi yang tertimpa bencana alam. Kalian bisa minta tolong di divisi ISC Care untuk mengantarkan donasi dalam wujud produk ISC ke tempat tujuan. Jadi ISC Care ini memang salah satu misi sosial ISC.


Legalitas ISC


ISC telah dilengkapi perizinan dan legalitas lengkap untuk menjalankan bisnis dengan sistem penjualan langsung. Harga terjangkau dan tidak di mark up karena sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) untuk beras premium. ISC juga secara resmi telah terdaftar oleh pemerintah dengan tergabung dalam APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) yang telah diakui oleh Federasi Penjualan Langsung Internasional (World Federation of Direct Selling Assosiation/WFDSA).


Mau Dong Mendapat Manfaat Lebih, Caranya Bagaimana?


Di atas saya sudah menjelaskan tentang manfaat dan fasilitas menjadi mitra. Intinya semua fasilitas yang diberikan oleh ISC dilakukan melalui aplikasi. Jadi kalo misalkan kalian udah jadi mitra dan ingin membeli produk di store atau DC, apa bisa? Bisa saja, tapi kalian meski sebagai mitra tidak bisa mendapat gratis ongkos kirim.



Wah memang lebih enak belanja produk ISC melalui aplikasi ya. Ada manfaat lebih dibandingkan datang langsung ke store ISC.



Jadi, sobat sudah tertarik gabung menjadi mitra ISC kah? Prosedur menjadi mitra itu gampang banget. Kalian bisa masuk ke website ISC dan klik bagian kanan atas. Ada fitur yang terdiri dari : BerandaProdukTentang KamiInformasiTanya JawabISC LinkRegistrasi, dan Mitra area. 



Pilih Registrasi, nanti isi semua data yang ada dalam formulir tersebut. Untuk menjadi mitra, kalian wajib isi semua data. Kecuali kalo tidak punya NPWP, boleh dikosongkan aja bagian itu.




Dalam formulir kalian akan diminta isi ID Upline dan Nama Upline. Kalo kalian belum kenal atau nggak tahu siapa Nama Upline beserta ID nya, bisa cek dengan memilih fitur ISC Link. Kemudian pilih Kode Pos. Dan isi dengan kode pos tempat kalian tinggal. 




Nanti akan muncul apakah ada mitra terdekat dengan kalian. Nah kalian bisa menggunakan salah seorang mitra yang ada dalam daftar. ID mereka udah tercantum, jadi bisa kalian gunakan untuk isi data ID Upline dan Nama Upline. Boleh juga kalian hubungi nomer kontak yang tercantum, tapi ini tidak wajib ya.



Mungkin kalian bingung, mengapa harus isi data bank? Nah, data bank itu memang harus diisi juga. Gunanya agar kalian kalo udah jadi mitra dan mampu meraih penjualan tiap bulannya, bisa menerima komisi. Jadi komisi ini akan ditransfer langsung ke rekening tabungan mitra setiap bulan.


Asik yaaa kalo udah jadi mitra bisa semangat jualan kaaan?! Saya sendiri hepi begitu mendapat email verifikasi sebagai Mitra ISC. Saya belajar berjualan dengan menawarkan produk ISC. Tentu saja saya tidak akan ngotot ngajakin mereka untuk gabung menjadi mitra. Dirayu aja dulu, gimana manfaat belanja dengan mendapat keuntungan dobel. Sudah ah, saya mau menjaring calon pelanggan dulu. Siapa tahu nanti kerabat dan teman-teman saya terbujuk ikut langkah saya menjadi Mitra ISC. Wassalamualaikum Sobat.


Tulisan ini diikutsertakan pada Blogging Competition Indo Supply Chain bersama komunitas blogger Gandjel Rel






Dokumentasi :

- Gambar diambil dari Website iscglobe.com

- Dokumentasi pribadi

- Dari website ISC Globe dengan edit Canva

23 komentar:

  1. Boleh juga nih menjadi mitra ISC, apalagi hari gini masih pandemi tentu semua orang butuh uang. Kalau tanpa modal gini meringankan beban penjual ya. Macam2 ada sambal, HS dan lainnya. Ternyata kita bisa cari upline terdekat juga biar praktis berbisnis :) TFS mb Wati.

    BalasHapus
  2. menarik banget nih bisnis di mitra msc, banyak jenis produk yang dijual, seperti beras Premium Gotong Royong adalah produk pertama dari ISC. Kemudian produk lainnya adalah madu randu super, nasi jagung, bumbu pecel, sambel bawang, sambel ijo, keripik pisang, gudeg, dan masih banyak lagi. Semua produk ini menggunakan merk GOTONG ROYONG.

    BalasHapus
  3. Aku juga suka belanja produk makanan di teman-temanku, Mbak. Sambal bawang dan sambal ijonya enak banget itu. Ditambah ayam goreng atau ayam bakar enak banget. Lalapnya pakai mentimun dan kemangi.

    BalasHapus
  4. makinbanyak yang berjualan seperti ini dan memudahkan mereka yang memang membutuhkannya ya mba. Sukses bisnisnyaaa yaaa

    BalasHapus
  5. ISC punya beragam produk ya untuk dijual, enak juga kalau kitna mau sekalian usaha tanpa modal pula. Aku tertarik sama sambal nya mbak

    BalasHapus
  6. Untuk bisa jadi mitra Indo Supply Chain ini semoga suatu saat nanti terjangkau di wilayah Sulawesi dan bisa gratis ongkir juga.

    BalasHapus
  7. Nih asyik banget ya, bisa belanja juga banyak keuntungan jika jadi mitra. Apalagi produknya yang kita perlukan di keseharian. Wah menarik banget gabung ke ISC, bisa berjualan tanpa modal

    BalasHapus
  8. Menarik sekali konsepnya ISC ini, produknya banyak dan cuma buth 95 ribu aja perbulan buat minimal belanja. Sayang cakupannya baru ada di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Denpasar.

    BalasHapus
  9. Produknya lumayan lengkap, enaknya lagi bisa diantar sampai rumah yaa..

    BalasHapus
  10. ini peluang dagang yg luar biasa nih mbaa
    jadi mitra berjualan tanpa modal
    produk2nya dibutuhkan utk keseharian pulak

    BalasHapus
  11. Sejak pandemi ini aku juga jadi terjun ke dunia jualan. Hal yang ga kepikiran sebelumnya. Sempat mikir ini prospeknya bagus ga ya? Tapi ternyata banyak teman-teman yang berhasil. Aku jadi terpacu buat ikutan sukses. Good luck buat jualannya ya, Mak. Produk-produk kebutuhan rumah ini emanag ga ada matinya. Pasti bakal ada terus permintaannya

    BalasHapus
  12. Saya baru tau loh tentang ISC, keren banget ya konsepnya, enak untuk semua...

    BalasHapus
  13. Dengan saling bekerjasama begini, tentu akan menguntungkan para penjual dan pembeli yaa, kak..
    Beneran usaha dari hulu ke hilir. Dan senangnya, tidak membutuhkan modal.

    BalasHapus
  14. Boleh nih Peluang banget ya Gabung di ISC, bisa nambah penghasilan bnget apagi Kita gak perlu stock barang...

    BalasHapus
  15. Jadi pengen juga nih menjajal peluang bergabung ISC. Semoga suatu saat ISC juga meng-cover wilayah saya di Mataram, Lombok, sini.

    BalasHapus
  16. Mba terus sekarang jempolnya gimana? Untunglah yah zaman kian memudahkan.kita ga masak bisa beki jadi apalagi ada produk ISC gini

    BalasHapus
  17. wah dengan jadi mitra ISC kita bisa berjualan tanpa modal yaaa, memudahkan banget nih buat kita yang baru mau mulai usaha

    BalasHapus
  18. Aku seneng loh mba ada ISC ini, bisa belanja beras hingga sabun tanpa perlu keluar rumah. Free ongkir pula, jadi makin double happynya. :)

    BalasHapus
  19. Wah aku pengen nyoba belanja di sini nih mbak Wati. Suamiku selalu wanti2 kalau belanja mending di UMKM katanya. Membantu masyarakat kecil

    BalasHapus
  20. Wah keren juga nih ISC. cus ah lihat dulu produknya kayak apa. Ikut memajukan produk UKM Indonesia ya.

    BalasHapus
  21. Bisnis tanpa modal sangat diperlukan ya, apalagi saat pandemi ini orang banyak kehilangan pendapatan dan ekonomi keluarga menurun

    BalasHapus
  22. Seru nih belanja di ISC, dapat komisi ya...jadi semangat..

    BalasHapus
  23. Bisnis tanpa modal sangat diperlukan banget apalagi pada saat pandemi gini pasti kehilangan pendapatan yah

    BalasHapus