Langkah Membuat Branding Produk - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 10 Februari 2021

Langkah Membuat Branding Produk


Assalamualaikum Sobat. Menjadi pemilik satu usaha saat ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Ada beberapa langkah yang harus dijalani untuk mengenalkan usaha pada konsumen. Baik itu usaha yang baru didirikan maupun sudah berjalan beberapa waktu. 


Bahkan bisa juga bahwa menjalankan satu perusahaan diibaratkan seperti melalui lautan luas dengan satu kapal.


Karena itu, proses branding produk dapat dianggap sebagai gimana caranya membuat kapal itu supaya kuat. Sehingga kita dapat sanggup melalui lautan yang ganas. Satu perusahaan tidak mungkin berdiri tiada usaha branding yang dikerjakan dengan baik dan berkepanjangan.


Branding produk sering dipandang seperti usaha untuk meningkatkan citra satu perusahaan dengan ongkos yang mahal. Lantas, bagaimana dengan perusahaan kecil yang pengin mengawali usaha mereka dengan usaha branding? Tentunya sesuai dengan kebutuhan akan tetapi mempunyai anggaran kecil? Baca penjelasan berikut ini yuk.


Usaha Branding Perusahaan dengan Anggaran Kecil

Bila Anda menanyakan apa perusahaan kecil atau usaha rintisan, bisa mengawali proses branding perusahaan mereka dengan anggaran seadanya? Jawabnya bisa, dan secara keseluruhan dapat bila diupayakan. Namun, usaha yang dikerjakan pasti sedikit berlainan dengan usaha yang mempunyai banyak bujet untuk melakukan proses branding.


Di bawah ini bermacam usaha yang dapat dikerjakan oleh perusahaan untuk melakukan proses branding produk dengan anggaran kecil.


1. Lakukan konsumen servis dengan baik sekali

Apa Anda ketahui apa kemampuan paling besar dari satu usaha? Jawabnya ialah orang. Jaringan usaha memercayakan kemampuan jalinan orang pada orang. Ini terkait dengan servis pada konsumen setia.




Jika satu perusahaan pengin lakukan aktivitas branding dengan anggaran kecil, hal pertama yang dapat dikerjakan ialah lakukan servis sebaik-baiknya. Konsumen setia yang telah nyaman akan servis dari perusahaan tentunya akan bertandang atau lakukan pemesanan kembali ke perusahaan itu.


Disamping itu, perusahaan bisa mendapatkan fasilitas promo gratis dari beberapa konsumen setia. Tahukan saat konsumen setia merasakan kepuasan pada produk atau servis yang diberi perusahaan? Mereka biasanya akan memberitahukan pada orang paling dekat untuk memakai barang atau service layanan dari perusahaan itu. Jadi, otomatis turut mempromokan dengan cara gratis. 


2. Memviralkan produk dengan membuat content inovatif

Sekarang ini, perusahaan yang berusaha adopsi perubahan tehnologi, beberapa langkah semakin maju dibanding beberapa perusahaan yang tidak memakainya. Dengan perkembangan tehnologi, bermacam proses branding dengan anggaran kecil bisa dikerjakan. Misalkan, dengan membuat content inovatif yang memiliki kandungan bermacam informasi produk dalam content yang dibungkus dengan hasrat komedi terkini.




Content itu bukan tidak kemungkinan jadi trending. Content yang trending akan meningkatkan citra dari satu perusahaan, dan pada akhirnya usaha perusahaan akan bertambah karena branding murah itu. Disamping itu, perusahaan bisa juga membuat content berbentuk artikel dengan kerja sama bermacam web dan website untuk tampilkan produk mereka.


3. Lakukan branding lewat situs official perusahaan di sosial media

Salah satu perihal penting yang perlu dikenang saat mengatakan proses branding dengan anggaran kecil ialah sosial media. Sekarang ini, sebagian besar orang memakai sosial media. Adanya basis itu, bukan mustahil perusahaan yang barusan dirintis dapat lakukan branding secara besar meskipun dengan ongkos yang rendah.


Perusahaan bisa membuat situs official di beberapa basis seperti Facebook dan Instagram. Hal ini dilakukan supaya beberapa konsumen setia gampang mengikut perubahan aktivitas terkini dari perusahaan. Karena itu perusahaan harus mempersiapkan team spesial yang bekerja mengurus aktivitas perusahaan di sosial media.


Makin kerap perusahaan mengupdate berkenaan aktivitas yang dikerjakan, perusahaan akan makin diketahui.


Dari bermacam penjelasan di atas, bisa kita simpulkan jika proses branding satu perusahaan sangat kemungkinan dikerjakan walau dengan anggaran yang kecil. 


Sepanjang perusahaan punya niat benar-benar untuk memajukan usahanya, seluruh rencana branding dapat dikerjakan. Bisa dilihat kan, dengan memakai beberapa cara yang sudah disebut awalnya. 


Yang tak kalah pentingnya adalah janganlah lupa untuk meningkatkan kualitas produksi dari perusahaan. Tujuannya adalah supaya beberapa konsumen setia tidak sedih dengan citra merek yang digaungkan oleh perusahaan.


Nah gimana sobat, ada rencana untuk memulai bisnis baru? Atau mungkin sudah merintis bisnis dan sedang merancang branding usaha anda? Boleh dicoba cara di atas, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.

24 komentar:

  1. Membuat banding yang baik dan positif ini harus extra ya mbk usahanya. Ngga langsung prosesnya. Makannya penting banget memperlakukan konsumen servis dengan baik

    BalasHapus
  2. untuk membuat branding produk ini memang perlu melakukan beberapa hal agar branding terhadap produk yang dibuat

    BalasHapus
  3. Sekarang banyak cara buat branding produk apalagi lewat online. Sosial media juga bisa banget. Tinggal kitanya buat semangat

    BalasHapus
  4. Konsumen yang loyal menjadi salah satu cara branding produk ya. Apalagi memasarkan via media sosial itu wajib deh di zaman sekarang. Sebab kalau pebisnis tidak berusaha mampu di bidang digital, maka bisa tergilas oleh kompetitor :) TFS mbak Wati.

    BalasHapus
  5. Pemanfaatan media sosial untuk branding usaha sekarang penting banget ya... Semua orang sekarang cari info di media sosial. Pemilik usaha harus kreatif bikin konten untuk menarik minat konsumen.

    BalasHapus
  6. Branding salah satu yg harus dipikirin ya mba. Sekarang semua udah digital, maju. Bisa lebih cepat meluas infonya. Yg penting jangan lupa kualitas ya. Noted 😍

    BalasHapus
  7. Branding produk jika sudah tercapai mesti dijaga memang ya..Jadi mesti terus meningkatkan kualitas konsumen setia tidak sedih dengan citra merek yang digaungkan oleh perusahaan jika ada penurunan. Karena kadang ada yang sudah moncer eh belakangan kualitas malah menurun

    BalasHapus
  8. Sekarang membuat konten viral memang dianggap bisa meningkatkan branding suatu produk. Tetapi, tentunya harus tetap berhati-hati. Banyak konten yang sekadar asal viral. Padahal risikonya justru jadi boomerang bagi produk tersebut. Ya meskipun jadinya terkenal juga

    BalasHapus
  9. Untuk usaha kecil, branding berbiaya kecil adalah pilihan paling masuk akal. Selain dengan service paripurna, untungnya sosial media dan promosi digital sekarang semakin marak. Yang perlu dilakukan agar branding semakin maju adalah meningkatkan kreativitas tim pemilik brand :)

    BalasHapus
  10. Branding saat ini penting banget untuk sebuah produk yah mbaak
    Kemaren sempet ada kasus heboh yang viral banget di twiter tentang brand yang keberatan produknya direview oelh youtuber, duh harus re-branding lagi tuh kayaknya ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya, pelajaran berharga banget dr kasus brand E ini yaa.. Saya suka produk2 E, tapi kok ikutan sebel dengam cara management merespon review bebas yg dilakukan customernya.

      Hapus
  11. Menciptakan brand agar terkenal positif dan menjadi incaran para pelanggan bukan hal mudah. Perlu kerja keras ya, Mbak. Meskipun kadang viral terus jadi terkenal, kadang juga diviralin negatif.

    BalasHapus
  12. janganlah lupa untuk meningkatkan kualitas produksi dari perusahaan. --> poin ini yang super duper pentiiiingg, Mba
    Kadang, saking seriusnya ngurus branding/marketing/promosi dll, tim produksi malah keteteran. Trus quality control ga terjaga. Hufft, ini biasanya sering menimpa usaha kuliner UMKM, apalagi yg lagi laris di GoFood.
    Semoga mereka bisa evaluasi ya

    BalasHapus
  13. Branding di Tiktok kayaknya menarik ya mbak peluangnya besar untuk dikenal apalagi kalau video nya menarik ngga sekadar beriklan

    BalasHapus
  14. Nggak mudah buat branding ya, Mba. Terutama bikin konten viral yang bisa jadi dikenal banyak orang. Memang bangun usaha itu butuh kreatifitas kalau usahanya mau langgeng dan banyak pelanggannya.

    BalasHapus
  15. Branding produk tuh gampang asalkan melakukan semua trik2 diatas ya,apalgi jaman now Sosial media mendukung banget, perbaiki kualitas dan konten yang inovatif, konten marketing, unik, cepet banget ngebrandingnya.

    BalasHapus
  16. Akujadi ingat nih, konten kreatif di tiktok, Mbak.
    \
    jadi dia tuh punya butik baju muslimah gitu. Dia tu gak bikin konten yang berhubungan dengan baju yang dijual, tapi dia bikin konten komedi gitu, dan ujung-ujungnya ya, ngasih lihat meski dikit jualannya.

    memang saat ini yang diperlukan itu sumber daya kreatif yaa

    BalasHapus
  17. Kadang sedih juga branding diri ini,
    kelihatannya TIDAK BERHASIL dibanding teman teman lain, tapi pas tengok yang udah berhasil, iya juga ya, pastinya mereka berusaha berkali kali lipat!

    BalasHapus
  18. Branding produk ini memang penting banget ya mbak. Dan bener kalau budget pas-pasan emang harus usaha ekstra supaya produknya di kenal orang. Dan ternyata, nggak cuma produknya yang harus diperhatikan, tapi layanan pada konsumennya juga

    BalasHapus
  19. Yes memviralkan dengan konten yg inovatuf jgn konten yg gak mendidik hehe
    Bener banget soal konsumen servis tu biasanya akan sangat mempengauhi pasar, apalagi zaman skrng org tu kalau pakai produk yg dia suka bisa sukarela posting di medsos dan itu jd semacam marketing jg secara tak langsung ya?

    BalasHapus
  20. Berarti branding "palugada" ini gak bener yaa, kak?
    Suka bingung kalau ditawarin temen yang jualannya ganti-ganti dari waktu ke waktu. Tapi salut banget sama kemauannya dalam belajar berbisnis.
    Tentu penuh tantangan.

    BalasHapus
  21. Saat ini sosmed Memang jadi andalan untuk branding produk ya mbak, semakin positif brand di mata kostumer akan bermakna bagi keberhasilan usaha

    BalasHapus
  22. Penting banget ya mba membranding ini.. salah satu suksesnya suatu usaha ya dimulai dengan branding yang bagus

    BalasHapus
  23. Memviralkan produk ini butuh strategi juga ya. Kalau sudah viral kita juga harus siap stok yang banyak agar tidak mengecewakan konsumen

    BalasHapus