Menu Nusantara, Sajian Kuliner Kenangan di Resto Chanadia Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 19 November 2020

Menu Nusantara, Sajian Kuliner Kenangan di Resto Chanadia Semarang



Assalamualaikum Sahabat.  Minggu lalu saya dan suami berjumpa dengan beberapa teman SMP. Ceritanya ada seorang teman yang punya rencana menikahkan putri sulungnya. Dan hari Minggu kemarin dijadikan waktu yang tepat untuk bagi undangan.


Sebenarnya undangan dibuat dalam bentuk pdf dan tidak dicetak. Jadi teman kami ini membagikan di WhatsApp. Namun memang ketemuan ini dijadikan alasan untuk ngobrol seru seputar rencana mantu teman kami. Sekaligus ajang kangen-kangenan setelah sekian lama, ada sekitar 8 bulan lebih nggak bisa bertemu. Hikss, sedih yaa.


Suasana restoran yang dekat dengan land mark Kota Semarang, terasa memiliki atmosfer yang menyenangkan. Kebetulan kami ngumpul jam 10, masih pagi dan resto nya masih sepi. Restonya terdiri dari dua lantai, dan kami memilih lantai 1 aja. Padahal udah ditawari untuk memilih lantai 2 dan ada fasilitas lift juga. 


Kami memilih makanan sesuai selera masing-masing. Ada sih yang sempat bingung memilih menu saking banyaknya pilihan, hahahaa.


Menu di Resto Chanadia ini banyak memang dan bikin bingung kalo sebelumnya enggak ada bayangan mau makan apa. Saya sendiri memilih Lontong Cap Go Meh karena lagi malas makan nasi. Bayangan saya, kalo makan nasi ntar porsinya banyak dengan lauk yang beragam. Eh ternyata yang memilih menu kayak saya ada 5 orang termasuk suami saya. Ahhh pada sehati nih seleranya.


Restoran Chanadia Cipta Rasa

Resto ini sebenarnya udah lama ada dan jadi pilihan keluarga atau pekerja yang kantornya sekitar Simpang Lima. Apalagi restonya memiliki jam operasional gasik yaitu buka jam 07.00 sampai 21.00 WIB.


Bagi mereka yang bekerja dan gak sempat sarapan, bisa mampir makan di Chanadia ini. Dengan dua tempat pilihan makan yang nyaman, pengunjung bisa duduk tenang sambil menanti menu yang dipesan dihantarkan. 


Oiya untuk menunggu menu pesanan, ada yang pernah nulis di Google review kalo penyajiannya lama. Mungkin kebetulan aja pengunjung saat itu sedang ramai. Kemarin saya dan teman-teman nggak nunggu lama. Untuk pesanan tercepat, ada Nasi Rawon yang dipesan teman sebelah saya duduk. Padahal dia pesan yang terakhir malah dapat duluan. Saya lihat selisih waktu dari pesan dan disajikan oleh pegawainya, sekitar 15 menit. Enggak terlalu lama kan?!


Kayaknya memang kudu sabar kalo nemu resto yang pengunjungnya banyak. Karena itu saya kadang nggak jadi mampir misal ke resto dan melihat pengunjung padat gitu. Mending cari resto lain. Kecuali kalo memang resto itu menawarkan hal unik atau kelebihan di lokasi yang bisa untuk foto-foto, hahahaa. Mayan lah ya kalo restonya punya tempat untuk foto kece, bisa ngasih makan sosmed. Eh itu kata siapa ya, ada deh pokoknya.


Nah, saatnya ngasih intipan menu yang kami pesan minggu lalu ya. Yuk silahkan dinikmati foto dan ulasan ala saya. Karena saya cuma mencicipi Lontong Cap Go Meh, jadi nggak bisa ngasih ulasan sesuai lidah saya untuk menu lainnya. Tapi kata teman-teman sih masakan yang mereka pilih, memiliki rasa yang otentik. Enak, dan enak banget, kata mereka. Ya sudah lah, saya percaya aja.


Restoran yang memiliki nama Chanadia Cipta Rasa ini memiliki menu pilihan yang beragam. Rata-rata menu nusantara dan jadi berasa mengenang kulineran di tempat asalnya. 


Menu Pilihan saya dan teman-teman :

Nasi Rawon


Makanan khas dari Jawa Timur ini sajiannya seperti umumnya nasi rawon. isinya ada nasi yang disajikan terpisah dengan kuahnya yang masih panas menguarkan aroma khas. Di piring nasi tersaji telur asin yang udah dibelah jadi dua, tauge, dan sambel terasi. Untuk rasa sih kata teman saya enak. Mohon maaf ya teman-teman saya selalu ngomong gitu kalo ditanya rasa masakan.

Nasi Gudeg

Seperti nasi gudeg umumnya, di resto ini penyajiannya ditata di atas daun dengan isian nasi dan lauknya. Ada telur semur, sambel goreng krecek tahu, suwiran ayam opor, krupuk, dan sambel.


Nah waktu teman yang memesan nasi gudeg ini meminta tambahan lauk berupa paha, ternyata nggak bisa. Jadi menunya yang ada sesuai di daftar aja ya.

Nasi Iga Penyet

Sajian nasi iga bisa dipilih cara masak digoreng atau dibakar. Kemudian selain nasi dan iga, isi menunya ada bakso goreng, tahu tempe, lalapan, dan sambal.


Kalo dilihat sih menu ini kurang menarik selera makan saya. Tapi teman saya bilang lumayan rasanya, iga nya juga nggak alot. 

Nasi Langgi

Terdiri dari nasi, empal kremes, bakmi, sambel goreng, kering tempe, serundeng, telur dadar potong, dan perkedel kentang. Kata teman yang mencicipi nasi khas Semarang ini, pedesnya kurang nendang. Jadi dia pun mengambil jatah sambel milik teman kami. Saya yang merasa harus mengurangi pedas, juga menyalurkan sambel goreng dari piring untuk teman ini. 


So far, rasanya enak dan menjadi menu andalan kalo makan di Chanadia ini. Saya lihat emang sambelnya kurang. Sambel gorengnya harus lebih dibanyakin deh buat penyuka pedas.

Lontong Opor Cap go Meh

Makanan khas dari kawasan Pecinan Semarang ini juga ada di Chanadia Cipta Rasa.  Meski cukup sering makan lontong khas ini, saya tetap memilih menu andalan di resto yang ada di Semarang. Rata-rata memang ada sajian menu ini di banyak resto di kota ini.


Isinya seperti biasa, ada lontong tentu aja, suwiran ayam opor, telur masak semur, lodeh terong, sambel goreng, bumbu abeng, dan bubuk kedelai. Rasanya menurut saya lebih manis bila dibandingkan dengan warung makan yang ada di pecinan, langganan saya. Tapi so far, enak sih, bumbunya pas, santannya enggak kental, opor ayamnya juga empuk.




Selain makanannya yang bikin kenyang dan puas, ada juga sajian jajanan. Ada jajanan kekinian, tahu petis, tahu chanadia, mendoan, bakwan jagung dan sayuran, aneka bubur, pisang bakar, resoles, lumpia, salad buah, dan jajanan lainnya.


Ada juga minuman es lilin, varian rasa kacang ijo dan rujak serut. Duuhh jadi ingat rasa es rujak serutnya enak banget. Dinikmati saat siang panas seperti di Kota Semarang, cucok banget.

Bakwan jagung dan sayur

Ya, sejak pandemi yang menghalangi kami ngobrol dan bertatap muka, perjumpaan Minggu lalu seakan menjadi pelepas rindu. Setelah makan abis tak tersisa, kami tetap duduk di tempat. Teman kami memesan jajanan untuk teman ngobrol. Pilhan kami ada mendoan, tahu petis, dan bakwan jagung. Sayang saya hanya sempat motret foto bakwan sayur. Jajanan lainnya habis seketika. Ini lapar apa doyan sih, gurau kami semua dan ngakak bareng.



Menu di Chanadia Cipta Rasa ini rata-rata memang menu nusantara dari berbagai daerah. Makan di sini serasa mengenang menu sajian yang pernah saya nikmati di beberapa daerah. 


Seperti rawon yang khas dan pernah saya nikmati di tempat asalnya di Surabaya. Meski rasanya tentu masih kalah ya kalo makan di tempat asal. Atau nasi Bali yang jadi kuliner khas, mengingatkan kenangan saya saat wisata di Bali. Isi sajiannya seperti di tempat lain, khas menu Nasi Bali. Ada sate lilit, ayam betutu, kacang panjang lawar, sambel matah, kulit goreng, dan krupuk. 


Menikmati kuliner nusantara di kota sendiri seperti ini mampu menghilangkan rindu jalan-jalan ke tempat wisata di seluruh Indonesia. Sementara ini menikmati hidadangan nusantara dulu lah ya. Nanti kalo keadaan benar-benar udah pulih, semoga bisa menikmati langsung di tempat asalnya. Yuk, makan dulu ya sob. Wassalamualaikum.

19 komentar:

  1. Kirain prasmanan,trus ada sajian sajian Khusus, karena kan untuk resepsi wedding
    Ternyata pesan mirip aktivitas resto biasa ya?
    Yang menarik menu nya Indonesia banget, kesukaan saya
    Buat catatan kalo saya ke Semarang lagi nih

    BalasHapus
  2. Berarti restoran Chanadia Cipta Rasa lokasinya dekat banget dari simpang lima semarang ya kak. Saya penasaran dengan lontong cap gomeh. Karena di tempat saya yang ada ya lontong Medan.

    BalasHapus
  3. masakan jawa,,kudoyan...manis pedas,,,walaupun aku berdarah sulawesi namun lebih cocok ama rawon, lontong cap go meh dll haha

    BalasHapus
  4. Makanan khas di Semarang ini mengingatkan saya akan perjalanan di Lasem, berapa tahun lalu. Masih ingat banyak kuliner khas yang pertama saya cicipi. Ah kangen ke sana lagi nih jadinya

    BalasHapus
  5. Duh salah waktu nih aku mampir ke sini jam segini. Perut oto-keroncongan. Lapaaaar lihat makanan yang bikin ngiler begini. Dan memang sih ya, makanan-makanan begini ini tuh selera kita semua ya.

    BalasHapus
  6. Tidaaaaaaaaak! membaca dan melihat gambar dari blog wati ini aku sedih mbak, huhuhu. Sedih karena sejak pandemi belum pulang kampung, dan di kalimantan sini menunya memang tidak sevariatif kalau dijawa

    BalasHapus
  7. Ah naksir dengan nasi rawonnya. Di lingkungan rumah saya jarang banget yang jual. Kalopun ada, rasanya kurang enak. Jadi bisa dihitung pake jari makan rawonnya.

    BalasHapus
  8. Enaaaakkkk semua ini mah!
    Duh, aku lama bangeettt ga main ke SMG
    Semoga thn 2021 ada rezeki bisa ke SMG dan maem sepuasnyaaaa di sini

    BalasHapus
  9. Hmm, jadi ini nih yang membuat daku jadinya ngiler onlen Haddeh 😁.

    Menunya enak-enak mbak, jadi rekomendasi oke bila suatu saat daku singgah ke sana.

    BalasHapus
  10. Sebagai penggemar berat masakan iga, Menu Nasi IGA Penyet nya bikin aku jadi kepingin makan iga :D Eh tapi iganya alot ya? Hmm...cara masaknya ada yang keliru kalau begitu. Di sini di BSD andalanku makan iga di hotel Grand Zuri :D

    BalasHapus
  11. makanan yg disajikan adalah makanan khas indonesia ya mbak, aq ngiler pgn makan opornya..
    suasana restorannya juga sangat nyaman

    BalasHapus
  12. Kumpul ketemuan sama teman di resto begini, seru ya Mba. Setelah lama sekali nggak berjumpa.

    Makanannya khas Indonesia banget. Paling menggoda tuh nasi iga penyet.

    BalasHapus
  13. Aku tuh penggemar makanan tradisional dari pada Barat hehehe. Kayaknya kapan-kapan wajib ke situ, apalagi bisa buat sarapan ya

    BalasHapus
  14. Ternyata di chanadia menunya nusantara ya aku kira tuh menu2 western gitu. Boleh kapan2 dicobain

    BalasHapus
  15. Oh ini di kawasan Simpang Lima ya mba.. jadi pengen mampir juga kapan2..nyicip aneka menu tradisional Nusantara ya mba ..

    BalasHapus
  16. Bisa banget ni ke Resto Chanadia buat bayar kangen kuliner nusantara.
    Secara kuliner nusantara memang selalu ngangenin, karena unik dan pastinya rasa yang lezat.

    BalasHapus
  17. Jam operasionalnya gasik banget ya buk jam 7 pagi. Apalagi menunya juga Indonesia bgt, pdhl masakan-masakannya tuh resepnya menurutku agak ribet. Apalagi bikin lontongnya. Huhuhu. Aku yergoda lontong opprnya bukkk

    BalasHapus
  18. Rawon-nya bikin ngiler, Mbak... Lontong Cap gomeh-nya juga ����
    Menunya Indonesia banget dan banyak makanan khas Semarang-nya juga. Ini cocok buat yang wisata kuliner ke Semarang

    BalasHapus
  19. Belum pernah coba makan di sini mba Hiday. Udah berbulan-bulan nggak dolan semarang.
    Kangen dolan, semoga kapan2 bisa makan di sini. Menunya menggoda.

    BalasHapus