Persiapan Teknis Penyelenggaraan Ibadah Haji Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 02 Maret 2020

Persiapan Teknis Penyelenggaraan Ibadah Haji Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

Persiapan Teknis Penyelenggaraan Haji Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah


Assalamualaikum Sahabat. Sebelumnya saya ingin bertanya, sejauh mana kalian tahu tentang biaya operasional penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia? Bagaimana proses penyelenggaraan ibadah haji, mulai dari setoran awal, pelunasan BIPIH, manasik, hingga masuk asrama haji?

Tidak semua orang bisa mengetahui proses penyelenggaraan ibadah haji. Saya ingin bercerita ketika tahun 2014 melaksanakan ibadah haji bersama suami. Saya beruntung sepupu kerja di bagian urusan haji kota tempat saya tinggal. Jadi ketika calon jemaah haji lain belum tahu kabar tentang porsi keberangkatan, saya udah tahu lebih dulu. 

Bahkan saya sudah ikut manasik (bimbingan haji) sejak dua tahun sebelumnya. Kebetulan sepupu ini punya kenalan ustad yang mengadakan manasik di masjid dekat rumahnya. Butuh effort sih ikut manasik ini karena diadakan setiap hari Minggu setelah shalat Isya. Sementara hari Minggu kan identik dengan acara keluarga. Jadi sering menolak datang ke acara yang nggak penting banget kalo udah jelang maghrib.

Karena dari pembicaraan kenalan, kerabat, teman yang udah pernah berangkat haji, dibutuhkan ilmu yang benar untuk bekal ke tanah suci. Seperti yang dituturkan oleh salah seorang pembicara, berangkat haji nggak hanya urusan duit. Namun juga butuh fisik dan bekal ilmu agama yang benar.


Hadir di Rakor Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Bersyukur selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 25 - 27 Februari 2020 saya bersama empat blogger yang tinggal di Semarang dan sekitarnya diajak hadir dalam Rapat Koordinasi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah dari Kanwil Kemenag Jawa Tengah. 



Hari pertama diisi dengan materi Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, juga persiapan penyelenggaraan Operasional Haji 1441H/2020M. Untuk hari kedua materi Kebijakan Pembinaan Ibadah Haji Reguler, Teknis Pelaksanaan Pendaftaran, Pembatalan, Pelunasan Haji Reguler, Pelimpahan Porsi, Pengkloteran dan Dokumen Jamaah Haji sesuai dengan regulasi terbaru. 

Kegiatan hari kedua dilanjutkan sore hari dengan materi Dukungan Jaringan Siskohat dan Anggaran Operasional PKOH pada Penyelenggaraan Haji Embarkasi dan Kabupaten/Kota, lantas malam harinya dengan materi Pedoman Operasional Kelompok Bimbingan, PPIU, dan Haji Khusus sesuai Regulasi Terbaru. 

Untuk hari ketiga yang juga hari terakhir, disampaikan materi Dukungan Management dan Anggaran dalam Penyelenggaraan Haji di Jawa Tengah. 


Acara yang padat bergizi menurut saya dan selalu berakhir hinggal malam ini, mampu membuka mata dan mencerahkan. Ternyata banyak info yang belum diketahui masyarakat, khususnya calon jemaah haji. 

Saya juga melihat gimana semangatnya peserta dari seluruh Kota/Kabupaten  perwakilan Kanwil Kemanag di Provinsi Jateng yang hadir. Semangat yang positif dan menular pada diri saya untuk mendengarkan dengan tekun. Sembari share juga ke media sosial beberapa info penting untuk teman saya di dunai maya.



Karena saya pernah menikmati fasilitas dari petugas haji, jadi merasakan gimana sibuk dan susahnya mereka mengatur jemaah haji Indonesia. Tidak mudah memang mengakomodasi seluruh keinginan jemaah haji. Mengurus kebutuhan jemaah dari tanah air, mengelola bus antar kota, menyiapkan pesawat, bus Shalawat di tanah suci, Boks makanan, Hotel, maktab, dan kesehatan. 

Saat itu kami jemaah haji kloter 17 dari Embarkasi SOC, merasa puas dan bersyukur dengan pelayanan dari petugas haji. Baik saat berada di tanah air maupun selama di Arah Saudi.


Sharing Seputar Teknis Pelaksanaan Penyelenggaraan Ibadah Haji 

Selama tiga hari di Griya Persada Bandungan, beberapa pakar dan praktisi memberikan informasi yang wajib diketahui petugas dari perwakilan Kota/Kabupaten yang hadir. Bahkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah pun hadir untuk sharing materi.



Narasumber dari praktisi serta pakar di bidang masing-masing, yaitu :

Prof. DR. H. Nizar Ali sebagai Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama RI

MA, H. Khoirizi S.Sos., MM sebagai Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI

Drs. H. Ahyani, M.S.I sebagai Pelaksana Tugas Kakannwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

Drs. H. Muh. Saidun, M.Ag sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

H. Ahmadi, S.Ag sebagai Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji dan Umrah pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

Drs. H. Zaenal Fattah sebagai Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

Drs. H. Muhammad Syafiq sebagai Kepala Seksi Akomodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

H. Abdul Djalil, S.Kom, MSi sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah


H. Fitriyanto, S.Ag,M.PdI sebagai Kepala Seksi Sistem Informasi Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.



Tentang Biaya Operasional Ibadah Haji


Dulu calon jemaah setor BPIH ke rekening Kementerian Agama. Sekarang tidak begitu lagi. Setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji disetor ke BPKH.

Sekarang juga ada dua jenis penyebutan, yaitu BPIH kepanjangannya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji. Definisinya adalah sejumlah dana yang digunakan untuk operasional ibadah haji.

Sementara Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih), definisinya adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh warga negara yang akan menunaikan ibadah haji.



Besaran BPIH ditetapkan oleh Presiden paling lama 30 hari setelah usulan BPIH mendapatkan persetujuan dari DPR RI. BPIH bersumber dari Bipih, Nilai Manfaat, Dana Efisiensi, dan/atau sumber lain yang sah ditetapkan oleh Presiden atas usul Menteri setelah mendapat persetujuan DPR RI.

BPIH digunakan untuk membiayai komponen utama anggaran operasional haji, seperti penerbangan, pelayanan akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, Perlindungan, Pelayanan di Embarkasi, Keimigrasian, Premi Asuransi & Perlindungan lainya, biaya hidup (living cost), pembinaan jemaah haji dan tanah air dan Arab Saudi, pelayanan umum baik di dalam negeri dan di Arab Saudi, serta pengelolaan BPIH.

Prof. DR. H. Nizal Ali selaku Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama RI menjelaskan dalam slide presentasi tentang berbagai kemajuan penyelenggaraan Haji dan Umrah.



Seperti perkembangan IKJHI (Index Kepuasan Jemaah Haji Indonesia) dari tahun 2014 sampai tahun 2019 yang menunjukkan hasil memuaskan yakni dari 81,52% meningkat menjadi 85,91%.

Sementara itu perlu kalian tahu tentang alur dari perlengkapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H atau 2020 M :



Adapun rencana perjalanan haji dimulai dari jemaah haji masuk asrama haji pada tanggal 25 Juni 2020. Dan nantinya pada tanggal 05 September 2020 jemaah akan kembali ke tanah air. 

Sebagai orang yang pernah menikmati fasilitas pelayanan dari pemerintah saat ibadah haji tahun 2014, saya dan suami merasa puas. Sungguh kami merasa beruntung bisa berangkat haji dengan inovasi yang terbaik pada saat itu.

Nah, bagaimana inovasi yang dilakukan oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk tahun 2020 ini?

Prof. DR. H. Nizar Ali menjelaskan ada 10 inovasi yang terbaru ini adalah :
- Kloter Berbasih Wilayah
Ada penyusunan pramanifes kloter dilakukan sedini mungkin untuk mengefektifkan bimbingan manasik di Kecamatan. Karena untuk pembagian regu dan rombongan memang berbasis di wilayah ini.

- Respon Darurat
Tentu bakal ada penyiapan respon tanggap darurat di Armuzna (Arafah-Muzdalifah-Mina) sebagai bagian dari prosedur Pusat Krisis dnegan melibatkan Muassasah.

SOP manajemen mitigasi saat ada bencana dengan integrasi atau mengkombinasikan alokasi petugas Armuzna (219), menjadi petugas pendukung dnegan rekrutimen bersama petugas pendukung yang memenuhi syarat (yaitu kompetensi, syarat masuk, tes masuk).

- Pelayanan Terpadu dan Sistem Pelaporan
Mengefektifkan Pelayanan Terpadu di tingakt Daker (daerah kerja), terutama Daker Makkah dan Madinah.

Penyempurnaan sistem pelaporan berbasis aplikasi mobile untuk laporan kloter dan pelayanan petugas yang terintegrasi dengan Siskohat.

- Penambahan Konsumsi 
Penambahan konsumsi pada masa peak season yaitu 3 hari sebelum dan 2 hari setelah Armuzna dnegan model makanan siap saji.

- Manasik Sepanjang Tahun
Pelaksanaan program inisiasi manasik sepanjang tahun bagi jemaah untuk menambah pengetahuan manasik haji. Wah senangnya bisa mendapatkan waktu yang panjang untuk info seputar ibadah, dari rukun, sunnah, dan wajib haji. Juga tentunya hal penting lainnya untuk diketahui oleh jemaah.

Manasik jemaah lansia, uzur, dan sakit diadakan tersendiri.

- Efisiensi proses Visa
Efisiensi proses visa dengan verifikasi dan visa request dilakukan di Kanwil. Paspor tidak perlu dikirim ke pusat jadi lebih praktis.

- Penomoran Maktab
Diharapkan nomor maktaf di Armuzna disesuaikan dnegan nomer maktab di Makkah yang berbasis zonasi.

- Penyusunan Regulasi 
Adanya percepatan penyusunan regulasi teknis karena sudah terbitnya UU No. 8 Tahun 2019 tentang PIHU.

- Non-Teller dan Non-Tunai
Mengefektifkan pembayaran non teller untuk pelunasan haji. Apalagi sekarang semua transaksi keuangan bisa dilakukan secara online, dengan mobile banking ataupun via transfer antar bank.

Inovasi terbaru tentang penyediaan living cost yang tidak lagi diberikan dalam bentuk tunai. Rencananya akan diberikan dalam bentuk kartu debit sekaligus menjadi kartu identitas jemaah dan sebagai sarana transaksi. Namun sepertinya inovasi ini bakal ditunda pelaksanaanya karena masih banyak jemaah berusia lansia yang tidak akrab dengan transaksi non tunai.

- Perbaikan Proses Badal dan Safari Wukuf
Penyusunan prosedur dan regulasi bersama antara Kemenag dan Kemenkes untuk kesejahteraan jemaah selama Armuzna.

Dengan 10 inovasi Haji diharapkan penyelenggaraan ibadah Haji dapat lebih meningkatkan indeks kepuasan jemaah. Mungkin kalian bisa ikut share juga, tentang 10 Inovasi Haji ini untuk informasi bagi saudara, orang tua, ataupun teman yang masih dalam daftar antrian berangkat haji.

Terima kasih pada Kanwil Kemenag Jawa Tengah atas undangannya untuk hadir dalam Rakor Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama. Terima kasih juga pada Bapak Dony yang sudah memberikan kesempatan untuk kami, hingga mendapatkan info terkini seputar penyelenggaraan ibadah haji.

Semoga adanya kerjasama media dari blogger dengan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah ini, bisa memberikan banyak manfaat untuk semua pihak. Wassalamualaikum.

28 komentar:

  1. Sebagai umat muslim. Ibadah haji menjadi hal yang didambakan. Mengenal tata cara dan ketentuan-ketentuannya lebih dini dapat jadi bekal untuk persiapan kedepannya.

    Salam BCC

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah banget ya mBa bisa menyaksikan secara langsung prosesnya. Berkontribusi dan bersinergi kayak gini menyenangkan sekali. Buat aku yang belum haji jadi bersemangat.

    BalasHapus
  3. Mudah2an bisa mendapat panggilan ke baitullah juga aku mba 🙏

    BalasHapus
  4. Wah, kirain saya penyelenggaraan ibadah haji tuh begitu-begitu doang, ternyata terus dikembangkan inovasinya ya, mantap...
    Semoga saya juga bisa diundang menjadi tamu Allah...

    BalasHapus
  5. aku daftar haji bareng suami dan bapak mertua. tahun ini insha Allah bapak mertua berangkat haji duluan karena faktor usia. semoga lancar dan ga sabar menyimak ceritanya pulang haji nanti

    BalasHapus
  6. Wah iya mbak, tak semua orang bisa mengetahui proses penyelenggaraan ibadah haji

    Dan petugas haji juga pasti sibuk dan capek ya melayani jemaah. Nah, kita sebagai blogger punya peran untuk menyebarkan informasinya, seperti yang dilakukan mbak Hidayah ini...

    BalasHapus
  7. Kementerian Agama provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan blogger ya untuk sosialisasikan persiapan teknis penyelenggaraan ibadah haji. Bagus, ya. Jadi makin banyak yang tahu.

    BalasHapus
  8. Bermanfaat banget informasi seperti ini jadi tau sengala persiapannya.

    BalasHapus
  9. Belum daftar haji..nih, terus katanya..nunggu puluhan tahun..juga..

    Semoga Allah beri kesempatan aku naik haji..aamiin..

    Baca kaya gini ada sedih2nya..hehhe, kapan bisa kesana..

    BalasHapus
  10. Apalagi yang mau berhaji kan dari beragam latar belakang ya Mbak..
    Pemahamannya terhadap peraturan bisa berbeda-beda.
    Penting banget perluasan sosialisasi peraturan, termasuk dengan melibatkan para blogger :)

    BalasHapus
  11. Iya nih Mbak. Pergi haji bukan urusan duit juga, tapi fisik dan ilmu. Sayang banget ya kalau udah lama-lama nabung terus mengorbankan waktu dan urusan lain tapi jadi mubazir karena ga siap ilmunya. Ya ilmu ibadah juga persiapan teknisnya kayak gini

    BalasHapus
  12. Mantap ya mba semakin mengembangkan pelayanan dengan inovasi-inovasi baru sehingga memudahkan jemaah nantinya :)

    BalasHapus
  13. Ternyata layanan ibadah haji ada inovasinya. Semoga dg perbaikan setiap tahun makin baik pula pelayanannya.
    Dan bener apa yang disampaikan Mba Wati, masih banyak masyarakat yg belum tahu tentang ketentuan dan tata cara haji. Acara kemarin benar-benar deh, bergizi dan bermanfaat banget.

    Terlebih lagi kami yang belum pernah naik haji, sebagian besar berpikirnya hanya duitnya saja. Padahal banyak juga yg perlu dipersiapkan untuk melaksanakan ibadah haji.

    BalasHapus
  14. Wahh, saluuutt dengan kiprah tim Penyelenggara Ibadah Haji.
    Semogaaaa semuanya lancaaarrr, wabah corona udah brenti, jadi Haji dan Umroh pun lancar jayaaa

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah insyaAllah pelayanan haji semakin baik dari waktu ke waktu ya. Entahlah dengar korona jadi bertanya tanya. Doakan yang terbaik ya mba. Aamiin

    BalasHapus
  16. Masya Allah dapat banyak ilmu dengan membaca artikel ini tentang berangkat haji sebagai umat muslim pengen banget menunaikan ibadah haji semoga keluarga kami dimudahkan.

    BalasHapus
  17. Impian banget bisa ke tanah suci, semoga bisa terwujud paling tidak start dari ibadah Umroh dulu. Bersyukur sekali bisa tahu step-step penyelenggaraan ibadah haji, jadi tahu jika ada inovasi baru dalam pelayanan ibadah haji, semoga semakin banyak masyarakat yang mengakses informasi ini.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya Mbak rakornya menambah ilmu bagaimana cara teknis pengelolaan haji oleh kementrian Agama. Btw, masa tunggu haji di Jateng berapa tahun ya?

    BalasHapus
  19. Wah Kemenag udah sering undang blogger ya, asyik dong kapan ya di daerahku kemenagnya bisa undang blogger buat publikasi programmnya

    BalasHapus
  20. Acaranya sangat seru dan bermanfaat banget ya mba karena ada acara pengelolaan haji seperti ini jadi lebih jelas banget

    BalasHapus
  21. Bagus nih Mba acaranya. Sekarang pihak pengurus haji memang harus terbuka ya dalam pelaksanaan haji. Biar berita di masyarakat ga simpang siur

    BalasHapus
  22. senangnya bisa berangkat haji tahun ini. Lihat infografisnya banyak layanan yang bertambah dibanding tahun lalu, semoga melancarkan proses ibadah para jamaah.

    BalasHapus
  23. Wah, teknis dan persiapan ibadah haji ini lumayan banyak ya. Salut buat mereka yang bekerja di balik ibadah haji ini. Banyak banget yang diurus. Duh, saya jadi mupeng kepengen segera bisa ibadah haji. Semoga Allah memampukan kita semua untuk bisa menunaikan ibadah haji ini.

    BalasHapus
  24. Kalau ngomongin hajian seneng sekali ya mbak. Tahun kmrn alhamdulillah ortu udah berangkat. Saya juga masih menunggu giliran, semoga sama Allah diijabah bisa diberi kesempatan ke sana. Acara seperti itu kyknya nambah semangat utk brusaha kerasa nabung dan memantaskan diri supaya segera dipanggil yaaa :D

    BalasHapus
  25. Semoga dengan beragam inovasi haji semakin membuat khusyu jamaah haji Indonesia, semoga kami bisa ibadah haji, penutupan sementara untuk wni segera dibuka kembali

    BalasHapus
  26. Rakornya bermafaat bgt ya mbak.
    Duh baca ini jadi semakin ingin lebih cepat dtg ke rumah Allah

    BalasHapus
  27. Senangnya..
    Tau A sampai Z tentang ibadah haji bikin serasa dekat ke Baitullah ya

    BalasHapus
  28. semoga segera bisa menghajikan orang tua :')

    BalasHapus