Tips Optimasi Blog Agar Trafik Meroket - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Tuesday, 25 September 2018

Tips Optimasi Blog Agar Trafik Meroket



Assalamualaikum sahabat. Ada yang pengen tahu Tips Optimasi Blog Agar Trafik Meroket ? Ada banyak artikel serupa yang bisa kalian baca di Google. Yang ingin saya tulis adalah pengalaman selama tiga tahun lebih mengelola blog yang udah TLD a.k.a Top Level Domain.

Saya sendiri meski udah enam tahun mengelola blog dengan tagline My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi, baru tiga tahun ini pakai alamat sendiri. Nggak numpang di blogspot lagi.

Waktu itu karena dikomporin sama teman blogger juga, kalo blog kita punya domain sendiri bakal terlihat lebih profesional. 

- Sewa Domain Untuk BLog Personal

Punya blog masih blogspot atau udah domain sendiri tentu beda. Blog personal yang udah TLD tentu bikin performa blog meningkat. Jadi TLD blog personal memang penting banget.

Eh tapi tentunya blog kita nggak sekedar udah punya domain sendiri atau TLD. Banyak banget poin penting agar blog kita dilirik untuk kerjasama dengan brand atau perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasanya.

Begitu udah dotcom, saya rajin nulis artikel di blog www.hidayah-art.com. Saya masih ingat awal blog udah TLD itu Maret 2015. Bulan Maret 2015 saya mulai serius mengelola blog dengan memperbanyak nulis dan posting artikel. 

Pada bulan Maret itu pula saya ikut menjadi bagian dari blogger hellosemarang. Sebuah website yang menyajikan artikel wisata dan kulineran. 



Sebuah pengalaman baru menjadi kontributor website wisata yang bikin branding saya adalah blogger traveler. Meski baru sebatas pulau Jawa, terutama Jawa Tengah aja sih saat itu. 

Namun tetap saja menjadi kontributor website bikin saya makin semangat nulis artikel wisata. apalagi saya dan keluarga memang penyuka jalan-jalan dan kulineran. Jadi klop deh kesukaan kami sekeluarga memang mendukung banget, bisa ditulis untuk blog milik sendiri maupun untuk kebutuhan website hellosemarang.

- Tips Cara optimasi Blog

Udah sewa domain, rajin nulis artikel, trus pengennya juga pembaca yang berkunjung ke blog makin banyak. Itu sih impian saya sebagai blogger newbie. Hahahaa.

Ternyata meski udah rajin nulis artikel, tak menjamin blog ramai pengunjung. Apalagi membaca semua artikelnya. Yaaa mimpi tetap lah mimpi.

Namun saya tentunya tak patah semangat. Dari artikel yang ada di Google, saya pun mencari tahu tentang gimana caranya menarik minat pengunjung agar membaca isi blog saya.


Saya pun mencari informasi tentang tips cara optimasi blog. Karena kalo blog kita jadi bagus, banyak pengunjung yang tak sekedar membaca, namun juga menitipkan komentar, tentunya senang dong.

Dari berbagai artikel tentang cara optimasi blog, saya pun mulai mengaplikasikan di blog. Beberapa di antaranya yang sudah saya lakukan adalah : 

- Otoritas Blog


Yang dimaksud Otoritas Blog itu berhubungan dengan kepemilikan blog. Google lebih mengutamakan blog dengan akun yang tidak anonim. Blog memiliki identitas yang jelas dengan menyajikan profil diri pengelolanya. 

Seperti label About Me yang menjelaskan dari nama, kesukaan, tujuan mengelola blog, dan sebagainya. Di blog www.hidayah-art.com pun udah ada label About Me. Silahkan mampir baca ya, kenalin saya dengan lebih akrab 😄

Sebagian lagi ada yang menyebut Otoritas Blog adalah Domain Authorithy (DA). Semakin besar nilai DA sebuah blog, artinya semakin bagus kualitasnya di mata Google. Blog dengan DA tinggi juga memiliki kesempatan semakin sering terindeks di Google. Blog saya lumayan juga DA-nya, di bilangan 35.

- Menggunakan Templae yang SEO Friendly

Blog saya pernah diklaim loading nya lama. Waktu itu saya kurang meresponnya, karena yang protes nggak lebih dari tiga orang. Namun seiring berjalannya waktu, saya curiga dengan menurunnya trafik pengunjung blog.

Beruntung seorang teman blogger membantu saya, dengan mengganti template yang SEO Friendly. Kemudian slide foto saya dan anak-anak yang selama ini menghiasi bagian bawah header pun dihilangkan. 

Si sulung udah lama berencana menghilangkan slide foto itu. Namun kesibukannya yang nggak henti membuat hal itu tertunda. 

- Bikin konten yang menarik

Kalo ini sih udah banyak yang tahu ya, dan pasti setuju. Post artikel yang menarik, tentu mengajak pengunjung betah berlama-lama membuka blog kita. Nggak hanya satu artikel namun bisa saja nge-klik tulisan lainnya.

Terutama yang sering dicari pengunjung blog adalah artikel organik. Yaitu artikel yang menuturkan pengalaman si pengelola blog. Seperti artikel yang memuat tips, info, cara melakukan sesuatu, resep masakan, dan sebagainya.

Konten is the king, mba Indah Julianti, MakPuh KEB, pernah mengucapkan kalimat itu saat memberikan sharing materi tentang blog. Konten memang raja dari sebuah isi blog. Gaya penceritaan seperti story telling, menjadikan pembaca bagaikan teman yang tengah diajak bicara, merupakan artikel yang juga banyak dicari.

Oiya, yang penting juga adalah artikel harus memiliki minimal 500 kata. Kalo mau menulis hingga 1000 kata, perhatikan pemotongan tiap paragrafnya. Satu paragraf maksimal berisi tiga atau lima kalimat. 

Pakar SEO malah menganjurkan maksimal tiga kalimat. Kalian bisa melihat contoh konten pada portal berita Kalimatnya dalam satu paragraf paling terdiri dari satu atau dua saja.

- Customize Image

Foto merupakan pendukung sebuah artikel. Pembaca bakal bosan disuguhi artikel panjang tanpa foto sama sekali. 

Sejak menjadi kontributor website wisata, saya jadi mengerti bahwa ukuran foto yang paling bagus untuk artikel itu butuh di customize. Artinya gambar yang kita ambil dari kamera smartphone, senjata andalan blogger, biasanya berukuran gede. Baik resolusi maupun dimensi foto tersebut. Saya biasanya pakai aplikasi Photoshop di laptop. Maksimal ukuran dimensi foto yang bagus adalah 100 kb.

- Pasang Google Search Console

Saya mengenal salah satu fasilitas dari Google ini dari event belajar bareng Shinta Ries saat dia ke Semarang. Saat itu saya masih bingung penerapan di website saya pegimana, haahhaa. Trus saya pun belajar dari blog milik Pakdhe Abdul Cholik. Saya membaca dengan seksama dan mencerna perlahan. Maklum deh kalo gini saya ngaku dengan usia yang udah tua, butuh belajar pelan-pelan. 

Namun ketika sudah praktek beberapa kali, ternyata mudah sih. 

Dan jangan lupa, lakukan juga Fetch as Google begitu publish artikel. Fungsi Fetch adalah membuat artikel baru terindex dengan cepat. Hal ini yang sangat penting dilakukan apabila kita baru menyelesaikan sebuah postingan, agar artikel langsung dimasukkan kedalam daftar pencarian google pada saat itu juga.


Katanya sih ini merupakan tehnik SEO sederhana yang paling bagus dan bermanfaat. Alasannya adalah google sudah menyediakan fasilitas tersebut. Tentunya dengan catatan udah pasang Google Search Console.




- Sewa Domain di Mana Enaknya?

Nah, yang ingin saya tanyakan pada kalian, udah beli domain sendiri atau belum? Eh sebelum mikir sewa domain, kalian udah punya blog apa belum? Buruan buat website dulu, isi dengan konten yang menarik dan bermanfaat, trus sewa domain. Sesederhana itu sih kalo pengen serius menekuni dunia blogging.

Saya mau cerita kalo dulunya awal mau TLD-in blog ini, bingung mau sewa domain di mana. Trus tiba-tiba si sulung menyarankan untuk sewa domain ke Niagahoster aja. 

Iya anak saya yang rekomendasikan untuk nanya-nanya seputar TLD pada Niaga Hoster. Blog ini pun yang bikin juga si sulung dibantuin adeknya yang waktu itu masih kelas 5 SD. Hahahaa.

Emaknya waktu itu masih gaptek banget. Tapi pengen jadi blogger. Ya meski sampai sekarang juga masih gaptek deh.

Tapiiii ... setidaknya saya terus belajar, mencari tahu, membaca beberapa blog yang menjelaskan seputar optimasi blog. Kan pengen jadi blogger nge-hits, bisa diundang kemana-mana, dapat job review yang banyak, dan semoga semuanya berkah, aamiin.

Buat kalian yang masih galau karena numpang di blogspot, segera deh sewa domain untuk blog nya. Percaya deh, cuma bayar sewa domain yang sedikit, kalian bakal memetik rejeki yang berlipat kali. 

Beda kalo wordpress yang bayarnya lebih mahal. Namun tetap deh bakal tergantikan biaya sewa hosting nya dari job yang bakal mengalir ke rekening. Gimana, udah tertarik buat website? Segera yuk buat website dan sewa domain dari hostinger terpercaya. Wassalamualaikum Sahabat.

49 comments:

  1. keren amat mba DA udah 35 iya nih aku masih bingung begimana sih PV bisa meroket huhuhu mau coba praktekin lagi ah sapatau bisa jutaan pv-nya hahhaa aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku segala cara nyoba2, entah yang mana yang nyangkut, hahahaa

      Delete
  2. wah itu anak kelas 5 SD tapi udah canggih bener ya.. hihi btw DA PA saya masih 25 25 aja nih huhu

    ReplyDelete
  3. aku juga mbk di laptop selalu siap buka Search Consule.

    ReplyDelete
  4. Langsung disimpen, pas banget lagi butuh naikin PV, DA, PA. Terima kasih ya mbak.

    ReplyDelete
  5. Teorinya sih tau tapi njalaninya kok susah2 sulit ya hihihi..

    ReplyDelete
  6. Mantap tipsnya Mbk aku pun sudah mencoba tips ini harus makin rajin lagi menulis artikel abadi ya di blogku

    ReplyDelete
  7. Mbaaak.. aku belum pasang google search console. Itu begimana caranya? Ajarin dong Mbak.

    ReplyDelete
  8. Sepertinya banyak belajar lagi aku, agar blog tidak gado-gado

    ReplyDelete
  9. aku sudah baca beberapa tips serupa tapi lupaa terus untuk menerapkannya hehehe. Semoga bias ingat dan konsisten dengan strategi sederhana SEO ini

    ReplyDelete
  10. Yang google search console aku belum paham mba, coba deh yak pelajari pelan2. Mau ikut kelas mba Untari jg kayaknya blm bs, takut ga konsen ada bocah huhuhu...

    ReplyDelete
  11. Halo mbaa. Aku juga kurang paham niih mba ama google search consule ini. Kayaknya aku harus lebih giat juga nih buat belajar SEO blog. Makasih yaa

    ReplyDelete
  12. Nah kan akunya diingetin lagi buat fetch as ke google search console tiap abis publish tulisan. Aku nggak pernah ngelakuin Mbak ��

    ReplyDelete
  13. Untuk pasang google search console ini aku belum ngerti Maaak... harus banyak belajar lagi deh.

    ReplyDelete
  14. Makasih tips-tipsnya ya mba Wati, mesti lebih optimasi lagi nih biar blog saya maki kece kayak blognya mba Wati

    ReplyDelete
  15. Aku ngeblognya udah lama tapi TDLnya di akhir 2015. Itu juga butuh perjuangan pasang inilah itulah

    ReplyDelete
  16. Tak cukup hanya beli domain, dan isinya gak rajin ya, tetep ada bebrapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa bulan kemaren saya cuti ngeblog. Duh rasanya sayang banget, ada banyak moment yang terlewat gitu MBak. Sekarang mule rajin ngeblog lagi, sayang sama blog yang udah dibuat dan dipesanin nama domainny

    ReplyDelete
  17. Wah makasih ya mbak untuk tipsnya kudu dicoba nih

    ReplyDelete
  18. Siap dipraktekkan! Btw, aku juga pake niagahoster lhooo..hehehee

    ReplyDelete
  19. Mau banget ih diajarin cara pake google search console biar makin ciamik kaya blog nya mba Wati ;)

    ReplyDelete
  20. Nampol sekali ini artikel. Saya merasa gimana gitu yg masih suka asal nulis. DA pun masih di angka 21 :(

    ReplyDelete
  21. Aku kadang suka lupa fetch as google nya mbak :)

    ReplyDelete
  22. Mbak Wati, makasih lho tulisannya.. aku beneran belum tau tentang google search console. besok aku coba cari tau di blog pakde deh.. makasih ilmunya ya, Mbak..

    ReplyDelete
  23. Jadi bocoran tipsnya gabung sama niagahost, pengen.
    Mba Hiday keren banget ih tipsnya, aku pengen menerapkan. Semoga bisa belajar juga pelan-pelan, aku paling males yang namanya utak-atik gitu.

    ReplyDelete
  24. Aku juga pernah baca hal di bawah ini, mba:

    "... pakar SEO malah menganjurkan maksimal tiga kalimat. Kalian bisa melihat contoh konten pada portal berita Kalimatnya dalam satu paragraf paling terdiri dari satu atau dua saja"

    Aku masih sering menemukan bloger yang tidak mengindahkan fakta di atas, atau mungkin belum tahu, ya...?

    Bahkan ada yang satu paragraf bisa lebih dari 5 baris.
    Bikin mata cepat lelah, ya, mba...

    ReplyDelete
  25. Keren tipsnya mbak..Blog aku baru TLD 3bulan ini, alhamdulillah perlahan tapi pasti DA mulai naik. Sering kepoin blogger yg kasih tips ttg pemeliharaan blog..salah satunya artikel ini.

    ReplyDelete
  26. Baru kenal istilah fetch dan Google Search Console. Langsung tertaril mencari tau lebih jauh. Tfs mba.. Apalagi buat newbi seperti saya

    ReplyDelete
  27. Langsung praktek !
    Bermanfaat sekali ini utk pemula seperti saya.
    Hehehehe

    Tertarik kenal lebih dalam ttg google search console

    ReplyDelete
  28. Ntah kenapa aku lg bosan banget ya mbak ngurusin yg beginian haha
    Tp klo gak diurusin kasian blogku jd sepi hihihi
    anw, makasih tipsnya ya mbak, mau dipraktekin lg

    ReplyDelete
  29. Google Console itu website apa gimana ya mbak? Aku baru ngerti kalau harus Fetch as Google segala supaya terindeks sama Google artikel kitanya.

    ReplyDelete
  30. mumet mbak kalau baca postingan gak ada gambarnya, ternyata itu berpengaruh juga ke seo ya

    ReplyDelete
  31. Waini, mb Wati malah bikin penasaran yg google search console. Besok pagi hunting ah...

    ReplyDelete
  32. Rata-rata tekniknya udah pernah saya denger. Cuma yang bagian satu paragraf sebaiknya 3 kalimat aja, ini baru tau. Thanks sharing Mbaa :*

    ReplyDelete
  33. google search console, ku mau pelajari itu lagi mbak. dulu pernah dengar, tp blm dalami lagi. thanks udah ingatin mbak..

    ReplyDelete
  34. Google consoule sudah pasang. Da rajin kirim email juga ngasih tai ini itu. Tapi belum tau cara Fetch Google. Makasih banyak sharingnya,Mbak :)

    ReplyDelete
  35. Aku awalnya belum paham apa itu Google console? Karena emang awam. Tapi setelah baca ini, ternyata kinerjanya saaangat sederhana. Nuhun ilmunya Mbak Wati

    ReplyDelete
  36. Wah wah, boleh-boleh nih tipsnya dipake. Cek ah blogku biar bisa traffic-nya tinggi. :D

    ReplyDelete
  37. Berharap bisa meroket jugaa...
    Tapi tentu tidak semudah itu yaa..
    Perlu banget trik seperti ini.
    Hiihi..

    ((kaya lagi ujian))

    ReplyDelete
  38. Mbaaa...pankapan belajar bareng yuukkk...ajarin aku lah yg soal fetch as google ini. Mau juga donk biar blogku selalu terindeks oleh google.

    ReplyDelete
  39. setiap buka laptop selain email pasti buka google search console, masih taraf belajar sih mba, terima kasih ulasan lengkapnya mba..

    ReplyDelete
  40. Saya lagi bermasalah dgn GA nih belakangan Mbak. Pusing deh lihatnya. Apa karena habis ganti template ya?huhuhuh.
    Padahal udh terapkan yg Console itu juga lho, hikss

    ReplyDelete
  41. Waaaaaa.... keren ni tips-tipsnya, aku catetin ah biar ikut kece juga DA PAnya.... Makasi ya Mba....

    ReplyDelete
  42. Jd keinget blogku blm kuoptimasi. Kapan hari disarankan utk mempercepat loading sama mas2 provider hostingnya.
    Wah Niaga Hoster ya? Saya blm pernah pakai tapi dr review2 yg ada bagus jg ya katanya servisnya :D

    ReplyDelete
  43. Keren tipsnya Mbak. Saya juga ada rencana ganti template yang lebih SEO friendly.

    ReplyDelete
  44. Makasih tips nya mba... Soal loading lambat, aku juga dah pernah..

    Dulu aku asal comot foto dr gallery, tanpa edit, tanpa kompress..



    ReplyDelete
  45. oh jadi sebaiknya satu paragraf itu 3-5 kalimat aja ya. Aku seringnya panjang-panjang.

    ReplyDelete
  46. Sbnrnya aku jg ga ngerti Pv DA dll dr blogku, krn ga pernah coba cek :D. Mungkin krn buatku blog itu sbgai tempat berbagi, nulis penglaman sendiri saat traveling supaya ga lupa dan nyalurin hobi nulis, makanya aku ga pernah cari tau ttg page view dan lain sebagainya :D.

    Tapi kenapa aku ttp pakai domain dan hosting sendiri, itu supaya akunya rutin nulis. Sayang kan udh bayar mahal tiap thn, tp kalo ga diupdate tratur :). Makanya aku ttp brusaha nulis sebaik mungkin, dgn bahasa bercerita, rajin BW, ya supaya blog bisa ttp ada yg datangin :D

    ReplyDelete
  47. DA PA blog mbak Wati banyak sekali. Blog yang udah TLD memang bagus kalo menurutku apalagi kalo udah kayak blog Wati ini yang sering diajak kerja sama dengan brand ternama.

    ReplyDelete
  48. Saya bener-bener kepengen blog seperti Ibu Hidayah sulis,walaupun seorang wanita,ternyata mampu membuat optimasi blog,terimankasih info nyabya Bu,semoga ini dapat menjadinrujukan di website ku kelak

    ReplyDelete