Review Film : BOMBSHELL, Ketika Kerajaan News TV Digoncang Skandal - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 17 Februari 2020

Review Film : BOMBSHELL, Ketika Kerajaan News TV Digoncang Skandal

Review Film : BOMBSHELL, Ketika Kerajaan News TV Digoncang Skandal



Assalamualaikum Sahabat. Saya merasa banget menjadi penonton yang dimanjakan dengan hadirnya film-film Hollywood sepanjang Nopember - Desember 2019, dan berlanjut hingga Januari 2020.

Hampir tiap minggu adaa aja film yang bisa dipilih untuk menjadi hiburan setelah sibuk kerja ngumpulin duit untuk umroh sekeluarga. Iya, saya sisipkan harapan di artikel ini, siapa tahu kan ya banyak yang baca dan ikut mendoakan ikhtiar kami agar bisa umroh awal tahun 2021 bareng keluarga suami.

Nah, waktu nonton film Bombshell ini tuh aslinya saya masih recovery dari sakit asam lambung. Bosen di rumah selama seminggu di atas kasur. Paling kegiatannya ke kamar mandi, makan sesendok dua sendok, baca buku, nonton film di TV, ngobrol sama suami dan anak-anak kalo mereka lagi di rumah. 

Akhirnya rengekan saya didengarkan suami. Nunggu waktu longgar suami juga, jadi dipilih lah tanggal 14 Januari 2020 nonton Bombshell. Trus milihnya waktu juga abis makan siang. Dan karena cuma tayang di XXI yang ada di Paragon Mall, akhirnya malah jalan-jalan sesudah film berakhir. Oiya sekarang udah nggak tayang di bioskop, hahahaa kelamaan nulis review nya juga ya.


Baik laah, saya tuliskan aja ya tentang film Bombshell dan tiga pemainnya. Ah kayaknya saya bakal spoiler nih, hahahaa. Yah gimana, itu juga ceritanya berdasar kisah nyata yang pernah terjadi di Amerika. Kayaknya semua yang ngikuti berita online pun bakal udah baca kisah Roger Ailes kan?!

Film Bombshell diangkat dari skandal pelecehan seksual yang terjadi di kantor saluran berita Amerika Serikat, Fox News pada tahun 2016. Sebagian besar tokoh dalam film ini ada yang ada sungguhan, namun ada pula tokoh rekaan. Kayaknya untuk memperkaya cerita dan tokoh di film ini.

Sinopsis Film Bombshell, Hati-Hati Dengan Pelecehan di Kantor


Terungkapnya skandal Ailes dimulai ketika Gretchen Carlson (diperankan Nicole Kidman) mulai ambil tindakan atas tingkah menjijikkan pria itu kepadanya. Carlson adalah mantan pembawa acara dalam stasiun televisi tersebut yang mengaku kerap menerima pelecehan seksual dari Ailes.

Roger Ailes sering mengomentari bentuk tubuh dan penampilannya. Ia juga meminta Carlson untuk memakai pakaian ketat saat sedang on air. Ketika ia mengeluh tentang rekan prianya yang bicara merendahkan, Ailes malah mengabaikan klaimnya dan menudingnya sebagai pembenci pria.

Dalam berbagai pertemuan, Roger Ailes sering meminta para wanita berpose untuk ia nilai. Banyak pegawai wanita yang diminta untuk melayani nafsunya.

Sadar tak mudah untuk melawan Roger Ailes, Carlson mengumpulkan bukti-bukti selama satu tahun untuk mendukung laporannya. Carlson pun mulai menyewa pengacara untuk mengurus kasusnya. Ia berjaga-jaga sebenarnya karena udah merasa bakal dikeluarkan oleh Ailes. 

Pada 2014, ia mulai merekam aksi pelecehan seksual yang dilakukan Ailes lewat iPhone-nya secara sembunyi-sembunyi. Meski punya bukti yang cukup, perjuangan Carlson belum selesai. Pada hari kontrak kerjanya berakhir, Carlson  dipecat. 

Carlson kemudian menyewa pengacara untuk menangani kasusnya. Namun ia tidak menggugat Fox. Gretchen Carlson hanya menggugat Roger Ailes secara personal.  Tak mundur, ia malah terus menunjukkan taringnya dengan meminta setiap perempuan yang pernah kerja di Fox untuk gabung. Ia bahkan sampai memasang software khusus di ponselnya agar Ailes dan Fox tak bisa mengacaukannya.

Setelah gugatan masuk, tanpa diduga, enam orang wanita muncul dan ikut mengungkap pelecehan seksual yang dilakukan Roger Ailes. Bahkan, ada juga yang membantu menyediakan investigasi khusus untuk masalah ini.

Menyikapi masalah tersebut, Roger Ailes dan istrinya membantah. Mereka balik mengatakan, bahwa orang-orang itu mencoba memersekusinya.

Sepanjang investigasi, makin banyak pegawai Fox yang buka suara, termasuk Megyn Kelly (yang diperankan Charlize Theron dalam Bombshell). Kelly dijuluki sebagai wajah masa depan stasiun televisi tersebut saat itu. Ia mengungkap tingkah Roger Ailes padanya. 


Review Film Bombshell ala hidayah-art(com)

Film yang mengedapankan tiga aktris dengan talenta menawan. Mereka adalah Charlize Theron, Nicole Kidman dan Margot Robbie, beraksi di film Bombshell. Mengangkat tema pelecehan seksual, Bombshell menjadi sebuah tontonan yang menghibur.

Bombshell memotret ketatnya persaingan antar-jurnalis perempuan di Fox News. Tak jarang, jurnalis perempuan harus mengandalkan keelokan fisiknya demi mendapat tempat di program bergengsi atau jam tayang utama.


Picture taken by imdb(com)
Ada tiga karakter yang mendapat sorotan di film Bombshell; Megyn Kelly (Charlize Theron) yang mendapat sejumlah masalah terkait wawancaranya dengan Donald Trump. Gretchen Carlson (Nicole Kidman) yang kariernya terancam karena sikapnya yang kritis dan cenderung membangkang. Serta Kayla Pospisil (Margot Robbie) jurnalis muda yang ambisius. Aslinya karakter Kayla ini nggak ada di kisah nyata. Jadi sengaja ditampilkan untuk menambah cerita saja kayaknya.

Karier ketiganya, dan jurnalis Fox News lainnya, bergantung pada peran sang direktur utama, Roger Ailes (John Lithgow). Terhadap jurnalis perempuan, Roger tak cuma senang mengeksploitasi kecantikan mereka. Ia juga menciptakan situasi agar para jurnalis perempuan bersaing ketat, demi mendapatkan waktu siaran di jam utama. Situasi memanas setelah Gretchen dipecat, dan mengaku mendapat pelecehan seksual dari Roger.


Kayak bukan Charlize Theron ya
Picture by imdb
Sutradara Jay Roach mengemas Bombshell dengan kece. Alur film dibikin lebih dinamis. Layaknya dunia kerja yang penuh persaingam tajam dari sesama pekerja.

Dalam film ini pun atmosfer persaingan digambarkan dengan penuh intrik. Sayangnya, film yang skenarionya digarap Charles Randolph ini lebih banyak mengangkat sisi sensasional, ketimbang emosional para karakternya. Munculnya skandal pelecehan seksual justru dimanfaatkan sejumlah jurnalis perempuan muda untuk cari muka ke atasan. Dan tidak memberi dukungan pada sesama rekannya. 

Sebenarnya saya penasaran, mengapa tak banyak adegan yang menunjukkan seberapa hancur, atau kuatnya karakter tokoh utama dengan masalah yang mereka hadapi. Yang ditunjukkan itu gimana Kelly, Carlson dan Kayla mencari cara agar tujuan mereka tercapai. 

Charlize Theron tampil prima. Penampilannya dalam film ini bikin saya pangling. Ekspresi dan gestur tubuhnya terlihat berbeda. Intinya bukan Charlize banget. Riasan dan gaya berpakaiannya pun menambah kekuatan dari karakter Megyn Kelly. 

Yang saya suka tuh riasan dan busana para wanita di Bombshell semuanya modis tanpa kesan menor. Nah hal ini menjadi nilai tersendiri. Sementara Margot Robbie, terlihat effortless dengan peran yang dibawakannya. Nicole Kidman meski karakternya terbilang penting, tapi dia kurang menonjol dibanding dua teman mainnya.

Duhhh pengen spoiler banget deh dengan jalan ceritanya plus intrik di film ini.  Saya suka dengan celetukan para pemainnya yang bikin ngakak atau senyum geli. Ada juga kisah Kayla berjuang ingin mengenakan celana panjang. Namun mendapat larangan dari teman dan  manajer nya. 

Ending cerita tentu yang diharapkan semua perempuan. Tokoh jahat masuk bui dan membayar kerugian pihak korban. Semua bahagia tentunya.

Asliii, film nya menghibur dengan pesan moral tentang menjaga attitude di tempat kerja. Jangan takut speak up misalkan ada yang melakukan pelecehan di tempat kerja. Meskipun yang melakukannya adalah pimpinan kamu. Jangan sampai kemilau pekerjaan menjadikanmu silau dan menutup mata dengan pelecehan seksual di tempat kerja. Gimana, udah nonton film Bombshell juga? Sharing kuy. Wassalamualaikum.

24 komentar:

  1. Menarik nih kayanya filmnya. Pelecehan sexual masih saja terjadi di lingkungan kerja. Harus dicegah dgn berani bersikap

    BalasHapus
  2. Beloooom nonton mbaaa.
    Wah seru pisan ya keknya, pelecehan seks di tempat kerja huhuh, penasaran akutu..

    BalasHapus
  3. Film ini yang saya tunggu-tunggu kemarin cuman sampe skg belum sempat nonton, hmm. Aduh, aku gak baca reviewnya ya mbak....soalnya aku mo nonton. Aku fans berat Nicole Kidman

    BalasHapus
  4. aku juga udah nonton mba..Happy to know that the issue of sexual harassment that takes place in the working space receive the attention it deserves

    BalasHapus
  5. Keren banget ini alur ceritanyaaaa
    sukaaakk dgn perempuan yg berani SPEAK UP!
    Dan ya ampyuun, mereka tuh effortlessly kece yaa, bajunya bagus2

    BalasHapus
  6. Berarti ini berdasarkan kisah nyata juga, ya. Perempuan memang rentan deh pelecehan. Udah berani speak up masih bisa dijungkirbalikan juga faktanya. Semoga kejadian seperti ini tidak lagi terulang

    BalasHapus
  7. Belum nonton tapi kayanya menarik apalagi angkat isu pelecehan seksual. Bisa dibilang, korban tuh butuh kekuatan besar buat ungkapin hal ini karena biasanya banyak yang gak bisa kasih bukti

    BalasHapus
  8. Aku belum nonton filmnya dan seneng banget baca spoilernya di sini, hehehe.. Suka ama ceritanya. Apalagi endingnya memuaskan. Jadi penasaran pengen nonton langsung filmnya

    BalasHapus
  9. Aku udah nonton di tv tapi miniseri di FX, pemerannya beda. Dapat perhargaan juga utk kategori miniseri. Ya ampun gemes banget sama Roger Ailesnya. Skandalnya memang besar banget, sampai skrg fox news suka dinyinyirin netizen. Memang bagus buat tema layar lebar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya mbak, aku tahu juga tapi malah belum nonton. Katanya yang serial juga bagus ya

      Hapus
  10. Duh mba aku telat tahu film ini mba. Andaikan tahu sejak awal ya mba :( . Bagus nih kalau ada film yang berhasil angkat pelecehan seksual di kantor

    BalasHapus
  11. Wah, sepertinya film yang seru sekali mbaaaak!
    Memang dalam kasus pelecehan seksual tuh walau jelas2 wanita yang jadi korban, tapi penyelesaiannya suka gak jelas dan sangat memihak. Makanya banyak yang gak berani bersuara huhuhu.

    Segenap wanita memang harus bersatu padu melawannya secara bersama-sama yah. HArus kompak! Girls Power!

    BalasHapus
  12. Ikut belajar menyerap wawasan dari review filmnya Mbak. Secara kalau nonton sendiri entah jaman mana, hehehe di Cianjur kan tidak ada bioskop

    BalasHapus
  13. Pengen nonton deh jadinya. Pengen tahu cara2 langkah2 Carlson mengungkap kejahatan pelecehan seksual yg dilakukan oleh ailes. Menarik

    BalasHapus
  14. Sudah lama banget aku tak ngikuti perkembangan film Hollywood nih. Baca ulasan tentang Bombshell ini kayaknya menarik ya ini filmnya. Apalagi isu yang diangkat tentang pelecehan di kantor juga sering terjadi di kehidupan nyata. Perlu masukin ke list nih untuk nonton film ini

    BalasHapus
  15. Pengeeeenn nonton ini dong!
    Saya udah pernah baca reviewnya di blog siapa ya? atau pernah ada yang komen di saya katanya film ini bagus, tapi kok ya lupa, untung baca ini, wajib ditulis nih nanti lupa lagi hahaha :)

    BalasHapus
  16. Belum nontoooon, dan baca review ini jadi pingin ngelihat langsung�� kemasan filmnya menarik ya mengangkat pelecehan seksual yang sering terjadi dikehidupan nyata.

    BalasHapus
  17. Ternyata kerasnya jadi wartawan harus ada pelecehan. Banyak perempuan jadi korban karena kita berani bersuara.

    Mari bersuara jangan diam saja kaya film bombshell

    BalasHapus
  18. Sayang sekali aku tidak menonton film Bombshell. Dari review yang ditulis Mba wati jadi makin penasaran. semoga film ini ada di Netflix hehehehe

    BalasHapus
  19. Wah kalau ga baca ini aku ga tau soal.skandal itu mba...kudet kalau soal begini akutu..hehe

    BalasHapus
  20. Wah ini cerita ttg wanita karier di dunia pertelevisian ya mbak? Ternyata filmnya masih2 baru rilis Januari kmrn ya, kirain tdnya film lawas. Tapi gak tau nih bulan ini masih tayang gak ya kira2 aku jd penasaran jg pengen nonton kalau pemeran utamanya cewek2 yang punya power dan mandiri gini :D

    BalasHapus
  21. Wah ceritanya seruuu! Kalau kisah ini benar-benar berdasarkan kisah nyata jadi miris juga ya. Memang sudah seharusnya, yang menjadi korban untuk berani terbuka. Supaya kejadian yang sama tidak terulang lagi

    BalasHapus
  22. Aku jadi teringat dengan kasus yang terjadi baru-baru ini. Antara seorang therapist dengan pasiennya, yang ternyata seorang celebgram. Jadi bingung juga yaa...pasti ada berita yang ditambah, dikurangi bahkan dibumbui.

    BalasHapus
  23. Aku belum nonton film ini dan malah baru tau ada film ini heuheuu ga update banget akuh. Yups aku juga setuju sama dandanan para wanita ini,elegant malah terkesannya.

    BalasHapus